CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr

Random

10 Trik Dasar Memotret dengan Kamera HP untuk Mendapatkan Foto Berkualitas Bagus

Iklan Billboard 970x250

10 Trik Dasar Memotret dengan Kamera HP untuk Mendapatkan Foto Berkualitas Bagus



Cecepkocep.com - Untuk menghasilkan foto yang berkualitas bagus kamu tidak perlu menggunakan kamera DSLR yang terbilang cukup mahal. Dengan menggunakan kamera HP saja kamu sudah bisa mendapatkan foto yang ciamik. Terlebih HP ini selalu kamu gunakan setiap harinya, jadi kamu bisa memotret kapanpun dan dimanapun.

HP yang rilis belakangan ini memiliki spesifikasi kamera yang mumpuni, sehingga sangat menunjang untuk menghasilkan foto yang berkualitas. Hanya saja kamu perlu mengetahui cara dan teknik memotret dengan baik dan benar supaya bisa menghasilkan foto yang bagus layaknya menggunakan kamera.

Nah pada artikel ini saya akan berbagi sedikit tips dan trik kepada kamu tentang cara memotret objek dengan kamera HP. Meskipun menggunakan kamera yang terbilang pas pasan (saya menggunakan HP Xiaomi), ternyata fotoyang dihasilkan juga cukup bagus. Paling tidak hasilnya layak dan akan membuatmu pede ketika diunggah ke IG atau FB.

Seperti apa caranya? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Bersihkan kamera

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membersikan kamera HP-nya terlebih dahulu. Ketika tangan kamu menyentuh kamera, bisa saja ada minyak atau keringat yang menempel yang akhirnya akan menghasilkan noda tipis pada lensa kamera tanpa kamu sadari.

Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan tisu bersih ataupun pembersih khusus. Dengan begitu, noda yang menempel pada lensa kamera tidak akan mengganggu hasil foto kamu.

2. Pencahayaaan yang Cukup

Bagus atau tidaknya foto yang kamu hasilkan tergantung pada pencahayaan. Pencahayaannya harus cukup jika kamu ingin memotret dengan kamera HP. Perlu kamu ketahui ya bahwa kamera HP itu tidak sesensitif mata kita yang bisa melihat dengan jelas meskipun di keremangan.

Usahakan ya supaya cahaya yang menerangi objok yang akan kamu foto mencukupi. Biasanya memtoret di luar ruangan (outdoor) memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan di dalam ruangan (indoor). Sebab di luar ruangan memiliki pencahayaan yang sangat bagus dibandingkan di dalam ruangan.

Jika kamu memotret di dalam ruangan, usahakan untuk menggunakan lampu flash. Tapi kamu harus menggunakannya dengan efektif,  sekitar 2 hingga 3 meter. Jadi kamu jangan harap bisa menerangi seisi ruangan dengan flash ya.


3. Jangan di-zoom

Lensa kamera pada HP biasanya memiliki Panjang focal 25 hingga 28 mm yang dikenal sebagai lensa sudut lebar. Jadi kamu jangan heran kalau objek yang dipotret lebih kecil dibandingkan dengan objek sebenarnya.

Salah satu hal yang membuat kita tergoda ketika memotret dengan HP adalah melakukan pinch to zoom. Sebaiknya kamu jangan melakukan hal seperti ini. Karena melakukan zoom itu seperti halnya melakukan cropping foto di komputer. Dengan begitu, resolusi fotonya menjadi menurun dan terpotong. Resolusi foto akan semakin kecil jika kita melakukan zooming semakin besar.

Lebih baik kamu memotret objek dengan cara mendekatinya dan foto dari dekat. Jika ingin mendapatka hasil yang lebih bagus lagi, kamu bisa membeli HP dengan kamera ganda seperti iPhone 8 Plus. HP ni memiliki lensa yang lebar dan lensa semi-tele. Dengan begitu kamu tidak perlu zoom objek secara digital.

4. Pegang HP dengan Stabil

Semakin stabil kamera yang kita gunakan, maka kualitas foto yang dihasilkan juga akan semakin bagus. Jadi, usahakan tangan kamu harus tenang ketika mengambil foto. Jika diperlukan, kamu bisa memanfaatkan benda yang lebih stabil untuk sandaran. Misalnya kamu memanfaatkan pohon atau tembok untuk membantu kestabilan tangan. Atau kamu juga bisa menggunakan tripod jika ingin memotret foto dengan lebih serius.

Baca juga: 6 Cara Mudah Menghilangkan Goresan Di Layar Laptop dan TV LCD

5. Gunakan Resolusi Tinggi

Saat ini banyak HP atau smartphone yang telah dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan kamu bisa memilih resolusi foto yang ingin kamu gunakan. Salah satu cara yang bisa kamu terapkan untuk menghasilkan foto yang bagus adalah dengan memilih resolusi tinggi (high resolution). Sebelum memotret, kamu harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu di pengaturan kamera pada HP yang kamu gunakan.

Karena foto yang dihasilkan memiliki resolusi tinggi, maka ukuran hasil fotonya juga akan besar. Jadi sebaiknya kamu cek dulu kapasitas penyimpanan smartphone. Foto-foto dengan resolusi tinggi membutuhkan kapasitas penyimpanan yang luas.


6. Foto dari berbagai Sudut

Sudut atau angle merupakan salah satu faktor yang membuat kualitas hasil jepretan kamu bagus atau tidak. Memtoret dari sudut yang biasa tentu saja hasilnya pun juga akan biasa-biasa saja. Oleh sebab itu cobalah untuk memotret objek dari berbagai sudut.

Misalnya kamu bisa jongkok atau memtoret dari sudut yang lebih rendah dari objeknya. Aku yakin foto yang dihasilkan akan memiliki kesan khusus dan tidak biasa jika dilihat. Sudut foto yang beragam akan sangat berguna untuk mendapatkan hasil foto yang berbeda dan unik.

7. Gunakan Mode HDR

Sebagian besar smartphone masa kini memiliki fitur mode HDR pada kameranya. Fungsi mode ini yaitu untuk mengambil foto dengan objek stasioner. Mode ini akan membuat pencayaan dan bayangan di dalam foto dieskspos secara merata. Mode ini juga sangat berguna pada kontras tinggi. Kamu bisa menggabungkan dua foto dalam satu foto untuk eksposur secara bersamaan dengan mode HDR.

8. Edit dengan Aplikasi

Cobalah untuk mengedit foto dengan aplikasi edit foto yang memiliki kualitas bagus. Dengan begitu kamu bisa melakukan editing dengan lebih mudah. Silahkan kamu download aplikasi edit foto yang bagus di Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Tapi kamu jangan mengedit foto dengan berlebihan. Kenapa begitu? Sebab hal ini akan menghilangkan originalitas foto yang kamu hasilkan. Perlu kamu ketahui ya kalau aplikasi itu hanya digunakan untuk ‘mempercantik’ bukan untuk mengubah.


9. Gunakan Aturan Pertiga

Salah satu trik yang terdapat di dalam dunia fotografi adalah aturan pertiga. Teknik ini akan membuat hasil jepretan kamu lebih berkualitas. Teknik ini yaitu memposisikan objek sejajar dengan jalur horizontal atau vertikal. Dengan kata lain, mata kita akan fokus kepada gambar yang terbagi menjadi tiga, dimana subjeknya berada di bagian pusat foto tersebut.

10. Kenali Waktu jeda Shutter

Kamera pada HP memiliki jeda shutter lag, yaitu waktujeda antara kita memencet dan saat kamera mengambil foto. Berbeda dengan kamera DSLR yang akan dengan cepat mengambil foto setelah kita memencet eksposur. Jadi kamera pada HP itu lelet. Jadi kamu harus mengenali waktu jeda ini dengan baik supaya tangan kita tetap tenang ketika setelah menekan shutter.

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa kamu gunakan untuk menghasilkan foto yang berkualitasbagus dengan menggunakan kamera HP. Jika kamu melakukan Teknik di atas dengan benar, hasil fotonya kemungkinan akan bagus meskipun dengan HP yang biasa-biasa saja. Dengan memiliki foto bagus, kamu bagikan ke media social seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post