CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr

Random

Build Item, Tutorial Lengkap, dan Cara Bermain Wanwan Mobile Legends 2020

Build Item, Tutorial Lengkap, dan Cara Bermain Wanwan Mobile Legends 2020


Cecepkocep.com - Wanwan merupakan hero oriental baru di Mobile Legends yang rilis setelah Ling. Wanwan termasuk marksman yang menurut ane sangat OP jika kita bisa menggunakannya dengan baik dan benar. Sebab dia memiliki skill yang  lengkap.

Kita bisa bermain tarik ulur dengan mudah ketika memainkan hero Wanwan. Tapi sayangnya hero ini cukup sulit digunakan. Meskipun OP, tingkat kesulitan hero ini lebih tinggi dari memainkan hero Ling ataupun Gusion. Tapi lebih mudah jika dibandingkan dengan Fanny.

Salah satu yang menurut ane paling rumit adalah penggunaan skill pasif dan ultimate-nya. Skill ulti tidak akan bisa digunakan jika skill pasif tidak bisa berjalan dengan sempurna. Padahal skill ultinya ini pedes banget lho gaes kalo udah aktif. Bahkan hero tankpun bakal kewalahan jika kita sudah bisa menguasainya.

Nah pada artikel kali ini ane mau berbagi sedikit pengalaman ketika bermain hero Wanwan. Yuk kita lihat ulasannya di bawah ini.

Kelebihan dan Kelemahan Wanwan

Sama seperti hero pada umumnya, Wanwan juga memiliki kelebihan dan kelemahan yang harus kita ketahui sebelum mengetahuinya. Berikut kelebihan dan kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh Wanwan.

Kelebihan Wanwan

Tank Killer

Skill Pasif Wanwan akan mebuatnya bisa memberikan Weakness kepada hero lawan, yaitu berupa 4 titik lemah (kiri, kanan, depan, belakang). Jika titik lemah ini terserang, maka Wanwan akan memberikan tambahan true damage sebesar 2.5% berdasarkan Max HP targetnya. Dengan begitu, semakin besar darah lawan, maka true damage yang akan diberikan juga akan semakin besar.

Damage Wanwan juga akan meningkat sebesar 30% jika berhasil mengenai 4 titik lemah lawan. Kemampuan inilah yang membuat Wanwan menjadi tank killer. Damage yang dia berikan sangat besar, bahkan untuk hero tanker dengan pertahanan tinggi sekalipun.

Skill Super Lengkap

Wanwan merupakan marksman yang memiliki skill lengkap. Skill pasifnya akan membuatnya sangat lincah. Karena skill ini akan membuatnya bisa melakukan dash pendek setelah menyerang dengan basic attack. Efek dash ini bisa kita maksimallkan lagi dengan item attack speed.

Skill pertamanya bersifat AOE dan bisa memberikan sedikit crowd control kepada lawan berupa stun. Meskipun durasi CC ini tidak begitu lama, tapi sangat membantunya untuk mengejar ataupun kabur.

Kemudian skill keduanya bisa membaut Wanwan terlepas dari semua efek CC. Cara kerja dari skill ini mirip seperti spell Purify. Dengan begitu, Wanwan termasuk hero yang akan sangat sulit untuk dicuduk, meskipun oleh hero-hero locker sekalipun.

Sulit kena Ganking

Menurut ane Wanwan ini termasuk marksman yang sangat sulit untuk diciduk. Tapi itu juga tergantung dari skill pemainnya. Sebab hero ini sangat lincah, dia bisa melakukan dash tanpa batas, kemudian punya skill immune juga. Menurut pengalaman ane, Wanwan ini kuat banget melawan hero-hero close combat sekalipun. Tapi tergantung supirnya juga sih hehehe.

Baca juga: Build Item, Tutorial Lengkap, dan Cara Bermain Silvanna Mobile Legends

Kelemahan Wanwan

Sangat Lembek

Memang sudah wajar kalau marksman itu sangat lembek dan mudah mati. Oleh sebab itu kamu harus bisa bermain aman ketika memainkan hero ini. Terlebih Wanwan ini termasuk hero yang cukup sulit untuk positioning. Oleh sebab itu kamu memerlukan perlindungan ekstra dari tank di tim kamu.

Sangat Bergantung pada Skill

Menurut ane sih hero ini sangat bergantung pada skill, terutama skill pasif dan ultimate. Memang basic attack Wanwan akan tetap sakit di late game. Tapi tanpa skill ultimate, damage yang akan dia berikan tidak akan besar. Oleh sebab itulah dia akan kalah jika berhadapan dengan marksman lain di late game seperti Irithel, Bruno dan Moskov.

Skill Ultimate Sangat Ribet

Yang paling merepotkan dari hero Wanwan ini adalah skill ultimate-nya. Sebab skill ini tidak bisa digunakan jika tidak menyerang semua titik lemah musuh. Pada permainan sesungguhnnya, kita akan kesulitan untuk menyerang 4 weakness musuh. Apalagi mereka akan mundur jika sudah terkena 2 atau 3 weakness. Mereka akan cenderung bermain defensif jika kondisinya sudah seperti ini.

Baca juga: Build Item, Tutorial Lengkap, dan Cara Bermain Baxia (Bixi) Mobile Legends

Cara Counter Wanwan

Wanwan sangat lemah melawan hero-hero yang memiliki CC burst tinggi seperti Aurora, Eudora, dan Chou. Semua hero assassin sangat kuat melawan Wanwan karena semua hero ini memiliki burst damage tinggi dan tentu saja lincah, misalnya adalah Hayabusa, Gusion, dan Ling.

Wanwan juga sangat lemah terhadap hero marksman lain yang memiliki jangkauan serangan lebih jauh. Kita harus hati-hati ketika berhadapan dengan Lesley, Layla, Clint, dan Irithel. Hero-hero tersebut memiliki jangkauan serangan cukup luas.

Lawan Terkuat Wanwan

Wanwan sangat kuat melawan hero-hero tank meskipun memiliki defense yang tinggi. Sebab dia memiliki skill pasif yang bisa memberikan true damage. Bahkan dia juga sangat kuat melawan hero-hero close combat (fighter).

Kemudian hero-hero seperti Gord, Vexana, dan Kimmy juga lemah jika berhadapan dengan Wanwan. Sebab mereka tidak memiliki skill kabur yang bagus. Sementara Wanwan memiliki skill dash yang tak terbatas, sehingga bisa mengejar mereka dengan mudah.

Penjelasan dan Kombo Skill

Sama seperti hero pada umumnya, Wanwan juga memiliki 4 skill utama yang terdiri dari 3 skill aktif dan 1 skill pasif. Berikut penjelasan semua skillnya beserta kombo terbaiknya.

Skill Pasif: Tiger Pace

Wanwan akan memberikan mark yang disebut Weakness kepada target hero musuh. Dia akan memberikan true damage sebesar 2,5% dari Max HP target ketika serangannya mengenai weakness. Jika dia berhasil mengenai semua weakness target, maka damage yang akan dia berikan akan meningkat sebesar 30% selama 6 detik.

Pasifnya ini menjadikan Wanwan menjadi tank killer seperti Karrie. Pasif Wanwan ini mirip seperti pasif item Demon Hunter Sword. Dengan begitu, menggunakan item ini akan membuat Wanwan bisa memberikan banyak true damage. Apalagi kalau dikombinasikan lagi dengan Endless Battle dan Thunder Belt, Wanwan akan banyak memberikan true damage.

Pasif yang lainnya yaitu Wanwan bisa bergerak dalam jarak pendek ketika dia melakukan basic attack. Kecepatan gerakannya ini akan meningkat jika attack speed yang dia miliki juga meningkat. Dengan begitu, salah satu cara untuk memaksimalkan pasifnya ini yaitu dengan menggunakan item attack speed tinggi.

Skill 1: Swallow's Path

Wanwan akan melemparkan Fire Swallow ke arah yang kita tentukan, memberikan physical damage sebesar 100(+40% Total Physical ATK) di sepanjang jalurnya dan bisa memicu Tiger Pace (skill pasif).

Setelah beberapa detik, Wanwan akan memulighkan Swallow Dagger dari Fire Swallow (kinerjanya seperti skill 2 Gusion), memberikan Physical Attack sebesar 60(+85% Total Physical ATK) kepada lawan di jalurnya dan menyebabkan efek slow kepada mereka sebesar 30% selama 1.5 detik.

Lawan yang terkena Swallow Dagger sebanyak dua kali akan terkena efek Stun selama 0.5 detik.

  • Cooldown: 10/9.6/9.2/8.8/8.4/8.0
  • Pemakaian mana: 85/90/95/100/105/110
  • Basic Damage: 100/120/140/160/180/200
  • Swallod Dagger Damage: 60/72/84/96/108/120

Skill 2: Needles in Flower

Wanwan akan terlepas dari semua Crowd Control seketika, menimbulkan Tiger Pace dan melepaskan Deadly Needle kepada lawan yang ada di dekatnya dengan memberikan Physical Damage sebesar 150(+60% total Physical ATK).

  • Cooldown: 16/15.2/14.4/13.6/12.8/12
  • Pemakaian Mana: 100/95/90/85/80/75
  • Basic Damage: 150/170/190/210/230/250

Skill Ultimate: Crossbow of Tang

Wanwan akan mengaktifkan Crossbow-nya dan menembakkan panah kepada lawan selama 2.5 detik. Setiap panah akan memberikan Physical Damage sebesar 70(+65% Total Physical ATK). Ketika skill ini masih aktif ketika membunuh lawan, Crossbow-nya akan menyerang target lain dan durasinya akan meningkat selama 1 detik dan attack speed-nya juga meningkat sebesar 40% (maksimal 3 kali).

Ketika Wanwan kembali mengambil Crossbow-nya atau menmbunuh hero lawan, Tiger Pace akan aktif lagi.

Skill ultimate ini hanya bisa digunakan jika sudah menyerang semua weakness musuh. Dengan begitu kalian harus menyerang 4 target dari semua sisi (depan, belakang, kiri, dan kanan). Skill ini bisa digunakan kepada lawan yang tidak kena weakness, asalkan weakness lawannya sudah pecah semua.

Skill ultimate ini dianggap sebagai basic attack dan jumlah panah akan semakin banyak jika attack speed-nya juga tinggi.

  • Cooldown: 40/37.0/34.0
  • Pemakaian mana: 130/150/170
  • Basic damage: 70/90/110

Kombo Skill

Hal pertama yang tentu saja harus kamu lakukan adalah memmberikan weakness kepada targe hero lawan. Kamu bisa menciptakan weakness ini dengan basic attack ataupun skill. Tahap yang menurut ane paling sulit yaitu menyerang semua weakness musuh.

Kita bisa menyerang weakness bagian depan dengan mudah. Sementara untuk menyerang weakness dari belakang kita bisa menggunakan skill 1, sebab skill 1 akan menyerang dari belakang ketika kembali ke Wanwan. Dengan begitu kita harus menyerang lawan target dari sisi kanan dan kiri.

Jika weakness lawan sudah pecah, baru kamu bisa menggunakan skill ulti. Gunakan skill ini pada lawan yang memiliki darah tipis seperti marksman dan mage. Kombo ini awalnya memang sulit dilakukan, tapi setelah Wanwan di-buff, skill  ulti ini lebih mudah diaktifkan.

Baca juga: Build Item, Tutorial Lengkap, dan Cara Bermain Masha Mobile Legends

Build Item Wanwan Terbaru

Build Item Wanwan yang menurut ane sangat cocok yaitu lebih memaksimalkan attack speed dan true damage. Berikut Build Item Wanwan versi ane. Gunakan build baris pertama jika ingin bermain agresif karena berfokus pada damage. Sementara build item baris kedua lebih defensif. Gunakan build item baris kedua jika melawan banyak hero burst damge tinggi.

Build item wanwan terbaik dan tersakit 2020

Swift Boots

Ane lebih menyarankan menggunakan Swift Boots untuk item sepatu. Sebab selain berfungsi untuk meningkatkan movement speed, tapi juga berfungsi untuk meningkatkan attack speed. Dengan memiliki attack speed tinggi di awal permainan, tentu saja pergerakan Wanwan akan lebih cepat.

Endless Battle

Item ini berfungsi untuk memberikan true damage. Item ini memiliki skill pasif yang bisa memberikan true damage. Selain itu item ini juga akan memberikan lifesteal yang akan membuat Wanwan bisa survive lebih lama ketika laning ataupun teamfight.

Demon Hunter Sword

Item ini berfungsi untuk meningkatkan attack speed Wanwan dan juga lifesteal. Terlebih item ini juga memiliki pasif yang bisa memberikan damage berdasarkan current HP musuh. Item ini sangat cocok digunakan untuk melawan hero-hero yang memiliki darah tebal seperti Hylos dan Uranus.

Corrosion Scythe

Item ini berfungsi untuk meningkatkan attack speed Wanwan. Attack speed dari item ini sangat besar, sehingga akan membuat Wanwan sangat lincah dan skill ultinya bisa memberikan damage yang sangat tinggi. Selain itu item ini juga akan memberikan efek slow kepada lawan meskipun kemungkinannya sangat kecil.

Berserker's Fury

Item ini berfungsi untuk memberikan critical damage pada lawan. Dengan begitu damage yang akan diberikan oleh Wanwan akan sangat besar.

Blade of Despair

Item ini berfungsi untuk meningkatkan physical attack yang sangat tinggi. Physical attack yang akan diberikan oleh item ini sangat tinggi jika menyerang hero lawan yang darahnya sekarat.

Emblem dan Battle

Emblem yang sangat cocok untuk Wanwan adalah Custom Marksman yang lebih berfokus pada attack speed. Susunan emblem yang biasa ane gunakan adalah sebagai berikut. Sementara untuk spell lebih baik menggunakan Retribution supaya bisa farming dengan lebih cepat. Kadang ane menggunakan Aegis jika di tim musuh banyak hero-hero burst damage tinggi seperti Hayabusa, Harley, dan Gusion.

emblem terbaik wanwan

Cara Bermain Wanwan

Positioning adalah Segalanya

Kunci utama ketika memainkan hero Wanwan adalah positioning. Kita harus bisa memposisikan diri dengan aman dan bisa mencicil weaknes lawan sebelum akhirnya bisa menggunakan skill ulti. Sebab untuk bisa memainkan hero Wanwan dengan efektif adalah sering menggunakan skill ultimate.

Yang menariknya lagi, jika kita berhasil kill lawan dengan skill ulti, maka skill ini akan menyerang hero lain di dekatnya dan durasinya akan bertambah 1 detik. Dengan begitu, skill ini akan sangat berguna ketika sedang terjadi teamfight. Hanya saja kalian membutuhkan positioning yang tepat untuk bisa melancarkan serangannya.

Tips Menyerang 4 Weakness

Untuk bisa mengaktifkan skill ulti, kita harus menyerang semua weakness musuh. Untuk weakness di bagian depan kita bisa serang dengan serangan biasa. Sementara di sisi kiri dan kanan bisa kita serang dengan serangan biasa saja sembari meloncat-loncat. Nah untuk bagian belakangnya kita serang dengan skill 1.

Simpan Skill 2

Simpanlah skill 2 untuk berjaga-jaga. Gunakan skill ini ketika situasinya tidak menguntungkan. Anggap saja skill ini seperti spell purify yang bisa digunakan ketika sedang tidak menguntungkan, terutama ketika kamu sedang terkena ganking. Jangan memberikan damage dengan skill ini, sebab damage yang diberikannya juga sangat kecil.

Waspada terhadap Hero Burst Damage Tinggi

Kamu harus waspada terhadap hero-hero yang memiliki burst damage tinggi seperti Assassin. Hero-hero one combo skill seperti Hayabusa, Saber, Aurora, Eudora, dan Chou harus kamu waspadai. Untuk jaga-jaga, kamu bisa menggunakan Aegis.

Itulah tutorial kali ini tentang hero Wanwan Mobile Legends. Semoga bermanfaat dan happy gaming.
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment