Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Peluang Usaha Di Kampung yang Menguntungkan Tahun 2020


Peluang Usaha dan Bisnis Kecil Kecilan Di Kampung
Cecepkocep.com – Memulai usaha itu bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Kita tidak hanya bisa melakukannya di perkotaan, tapi di perkampungan atau pedesaan juga bisa. Dan ternyata sudah banya juga orang yang sukses dari membuka bisnis usaha di perkampungan.

Potensi bisnisn usaha yang dilakukan di pedesaan cukup tinggi dan bisa menghasilkan keuntungan yang melimpah. Banyak peluang usaha yang bisa dilakukan di pedesaan yang ternyata mampu memberikan masa depan yang cerah, bahkan di daerah terpencil sekalipun. Bahkan mereka bisa membiayai anak mereka hingga bangku perkuliahan dengan hanya membuat usaha di daerah perkampungan.

Lalu usaha apa saja yang kira-kira berpotensi menguntungkan di pedesaan? Berikut beberapa bisnis usaha yang menurut saya memiliki prospek cerah untu dilakukan di perkampungan dan pedesaan.

1. Bisnis Usaha Pertanian

Peluang usaha yang paling berpotensi di pedesaan adalah pertanian. Tanah atau lahan yang berada di daerah pedesaan masih belum tercemar bahan-bahan kimia dari pabrik, sehingga hasil panen yang akan didapatkan akan lebih besar. Jadi, lahan yang masih kosong bisa kita gunakan untuk menanam tumbuhan .

Tak perlu membutuhkan lahan yang begitu luas, memanfaatkan lahan kosong di belakang rumah saja bisa menguntungkan jika kita tanami dengan sayuran. Ketika panen tiba, kamu bisa memasarkannya ke masyarakat sekitar, atau dititipkan ke warung-warung. Jika skalanya sudah besar, kamu bisa menjual hasil panen ke pasar atau bahkan ke kota-kota besar. Jika demikian, nilai jualnya akan semakin mahal.

Kamu tidak harus menanam tanaman yang rumit perawatannya kok. Misalnya saja menanam kunyit, jahe, kapol, dan cabai. Jika kita bisa merawatnya dengan benar, niscaya hasilnya pun juga akan maksimal.

2. Bisnis Usaha Peternakan

Selain bisnis pertanian, kamu juga bisa membuat usaha peternakan di desa. Usaha ternak yang biasa dilakukan di perkampungan adalah ayam, domba, kambing, dan entog. Kamu juga tidak membutuhkan lahan yang begitu luas untuk membuka usaha peternakan.

Biasanya, di perkampungan itu memiliki lahan di belakang rumah. Nah lahan tersebut bisa kita gunakan untuk membuat kendang ayam atau entog, dan sebagian lagi digunakan untuk bercocok tanam sayuran. Dengan begitu, kotoran hewan tersebut digunakan utuk pupuk tanaman.

Jika memiliki modal yang cukup besar, kamu bisa membeli domba atau kambing. Nilai jual hewan ini ternyata sangat tinggi, apalagi ketika lebaran idul Adha tiba. Ini adalah waktu yang tepat untuk menjual hasil ternak kambing kamu.


3. Bisnis usaha Hewan Air

Jika kalian memiliki balong atau lokasi rumah di dekat sungai, kamu bisa memulai bisnis yang berhubungan dengan hewan air. Kamu bisa beternah ikan lele ataupun jenis ikan yang lainnya. Bahkan sebenarnya kamu tak perlu balong untuk usaha ikan lele, karena kamu bisa memanfaatkan terpal. Kamu bisa beternah ikan lele dengan sistem bioflok.

Jika kamu hidup di dekat laut, tentu saja potensi dari usaha hewan ini akan lebih menguntungkan. Karena kamu bisa menjual ikan-ikan yang memiliki nilai jual tinggi seperti kepiting, udang, cumi-cumi, dan hewan lainnya. Bahkan jika memiliki kemampuan yang luas dan modal yang cukup, kamu bisa memulai usaha menjual Lobster yang tentu saja memiliki nilai jual sangat tinggi.


4. Bisnis Usaha Menjahit

Bisnis usaha menjahit di pedesaan ternyata cukup menguntungkan. Karena menjahit adalah profesi yang dijalani oleh bapak saya, ternyata keuntungannya juga lumayan menguntungkan. Yang kita perlukan hanyalah mesin jahit dan bahan-bahan lainnya seperti benang, kain, dll yang harganya tidak terlalu mahal.

Orderan kamu akan semakin banyak ketika menjelang lebaran tiba. Orang-orang akan berbondong-bondong datang ke rumah untuk membeli baju dulag. Jika usaha menjahitmu laris, kamu bahkan harus bergadang selama 5 hari terakhir sebelum lebaran karena banyak pesanan yang menumpuk.

Waktu yang biasanya akan mendatangkan banyak pelanggan yaitu ketika tahun ajaran baru sekolah tiba. Di waktu ini akan banyak orang-orang yang membeli baju seragam sekolah. Dan ternyata setelah saya telaah, keuntungan dari menjual baju seragam sekolah ini untungnya cukup menjanjikan.

5. Membuka Usaha Toko Kelontong

Usaha membuka usaha kelontong tidak memerlukan lahan yang luas. Bahkan kamu bisa memanfaatkan teras rumah atau tempat kecil lainnya. Kamu tak perlu membuka toko kelontong yang besar karena membutuhkan ruangan yang cukup luas dan modal yang besar.

Kamu bisa menjual sembako yang memang sangat dibutuhkan oleh orang-orang di sekitar. Kamu juga bisa menjua makanan dan minuman ringan. Kamu bisa padukan toko kelontong tersebut dengan berjualan untuk anak-anak seperti Seblak, Basreng, Cireng, gorengan, dll. Bahkan jika memiliki hasil panen, kamu bisa menjualnya di toko kelontong kamu.

6. Bisnis usaha Kerajinan Tangan

Masyarakat di pedesaan umumnya memiliki ciri khas dan budaya yang kaya dan beragam. Hal inilah yang membuat mereka cukup piawai dalam membuat kerajinan tangan. Misalnya di desa saya masih banyak orang yang menjual peralatan memasak tradisional seperti Boboko, Aseupan, Ayakan, dan Nyiru. Ternyata kerajinan tradisional tersebut masih laku di daerah pelosok kampung.

Kamu juga bisa menjual hasil kerajinan kamu ke suatu daerah pariwisata, sehingga akan banyak wisatawan asing yang berkunjung. Coba saja kamu perhatikan di sekitar Malioboro Yogyakarta, banyak sekali kerajinan masyarakat yang dijual dan ternyata sangat memikat para wisatawan asing.

Untuk memulai usaha ini, kamu bisa membuat kerajinan tangan yang menjadi ciri khas daerah kamu. Misalnya membuat kerajinan tangan k ain tenun, gelang, atau kaling manik dengan corak tertentu. Aksesoris-aksesoris yang unik akan laris manis ketika banyak wisatawan asing datang ke daerah kamu.

7. Bisnis Usaha Menjadi Pengepul

Kalau di daerah saya Namanya tengkulak. Istilah umumnya adalah pengepul, yaitu orang yang pekerjaannya itu membeli barang atau produk hasi pertanian, perkebunan, perikanan, dan yang lainnya yang kemudian dijual lagi dengan harga yang lebih tinggi.

Singkatnya, pengepul itu adalah perantara atau distributor antara pihak produsen dan konsumen. Dengan begitu, kita harus punya kedekatan baik dengan konsumen ataupun produsen. Keuntugan yang didapatkan dari usaha ini ternyata juga cukup menguntungkan. Kita hanya perlu melakukan pendekatan kepada konsumen supaya mereka ingin menjual hasil panen mereka kepada kita.


Itulah beberapa peluang usaha dan bisnis yang bisa kamu coba di perkampungan. Jadi sebenarnya kamu ngga usah merantau ke kota. Jika memang di kampung memiliki prospek cerah kenapa tidak. Jika kamu bekerja keras dan cerdas, tak menutup  kemungkinan akan menjadi pengusaha sukses di kampung.

Manfaatkan saja sumber daya yang kamu miliiki. Jika Anda punya lahan di belakang rumah, manfaatkan bercocok tanam atau membuat kendang untuk beternak. Jika kamu memiliki relasi yang luas, kamu bisa menjadi tengkulak atau pengepul. Yang paling penting adalah ulet dan telaten, ketat dalam manajemen keungan, dan tentu saja adalah pengetahuan serta promosi yang kreatif. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "Peluang Usaha Di Kampung yang Menguntungkan Tahun 2020"

Berlangganan via Email