Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Aplikasi Media Sosial Terbaik untuk Promosi Bisnis Online 2020

Cecepkocep.com - Saat ini semua orang bisa berkomunikasi dengan mudah meskipun jaraknya sangat jauh. Perkembangan teknologi telah membuat kita bisa berkomunikasi dengan hanya memanfaatkan internet. Perkembangan ini ternyata juga berimbas pada transaksi jual beli yang membuat kita tidak harus bertemu langsung untuk bertransaksi.

Saat ini kita bisa memanfaatkan jual media sosial untuk melakukan jual beli online maupun promosi bisnis. Padahal pada awalnya aplikasi media sosial tersebut hanya digunakan untuk saling kirim pesan secara online dan berbagai foto dan video. Tapi sekarang aplikasi ini dimanfaatkan untuk keperluan bisnis seiring dengan maraknya jual beli online.

5 Media Sosial Terbaik untuk Bisnis Online

Tidak semua aplikasi media sosial sangat cocok digunakan untuk promosi bisnis atau jual beli online. Setidaknya ada 5 aplikasi sosial media yang sudah banyak digunakan oleh banyak orang. Langsung saja kita lihat pembahasannya di bawahi.

1. Instagram

Instagram merupakan aplikasi sosial media untuk berbagi foto dan video. Popularitas aplikasi ini semakin tinggi setelah di dalamnya memiliki fitur yang sangat menarik seperti Instastory dan Instagram Live. Karena itulah banyak para pebisnis yang menggunakan aplikasi ini untuk melakukan promosi ataupun transaksi.

Di aplikasi Instagram, kita bisa follow dan orang lain atau di-follow (follower). Semakin banyak follower, kita akan lebih banyak mendapatkan suka dan komentar. Jadi jangan heran kalau para public figur seperti artis dan pejabat memanfaatkan aplikasi ini untuk berinteraksi dengan penggemarnya.

Memiliki banyak follower juga berdampak besar pada bisnis online. Selain sebagai media sosial, Instagram juga sangat efektif untuk mempromosikan bisnis. Terlebih lagi sekarang Instagram menyediakan akun bisnis yang dikhususkan untuk keperluan bisnis para penggunanya.

Cara mendapatkan uang di Instagram tidak hanya menjual produk saja, tapi kita juga bisa menjual jasa dan bisnis lainnya. Kunci utama supaya bisa sukses berbisnis di instagram yaitu follower. Semakin banyak follower, kemungkinan mereka untuk membeli produk atau jasa yang kita tawarkan juga besar.

2. Facebook

Sebelum Instagram, Facebook merupakan aplikasi sosial media yang sangat populer. Ketika dibuat pertama kali oleh Mark Zuckerberg pada 2014, aplikasi ini hanya digunakan untuk berkirim pesan dan berbagi foto dan video saja.

Tapi seiring dengan berjalannya waktu, Facebook juga dimanfaatkan untuk berjualan atau promosi online. Karena aplikasi ini memiliki fitur lengkap yang akan mendukung kita untuk berjualan. Salah satunya adalah Fanpage yang bisa kita gunakan untuk mempromosikan bisnis online kita.

Kalau ingin mendapatkan tanggapan dari banyak orang, kita bisa memanfaatkan fitur Facebook Ads. Iklan berbayar ini cukup efektif untuk meningkatkan penjualan dengan cara mendapatkan banyak pengikut tertarget terlebih dahulu.

Selain Fanpage, kita juga bisa berjualan ataupun promosi online dengan menggunakan Group Facebook. Biasanya fitur ini digunakan untuk membahas satu topik saja. Sehingga sangat cocok kalau digunakan untuk berjualan maupun promosi.

Kita juga bisa memanfaatkan fitur Marketplace yang telah dirilis beberapa waktu lalu. Kita bisa berjualan bebas di pasar online buatan Facebook. Sama seperti berjualan di Bukalapak dan Tokopedia, kita bisa memposting foto produk yang dijual dan disertai dengan deskripsinya.
Bagaimana tertarik untuk bisnis online di Facebook?

Baca juga: 10 Usaha Sampingan Anak Kuliah Bermodal Kecil yang Patut Dicoba

3. Youtube

Youtube merupakan aplikasi sosial media yang dikhususkan untuk berbagi video secara gratis. Kita bisa menemukan berbagai video sesuai dengan kategori. Tidak hanya itu, kita juga bisa memberikan like atau dislike dan mengomentari video yang kita tonton.

YouTube ini sangat efektif untuk promosi dan jualan online karena orang cenderung lebih suka menonton video video dibandingkan membaca artikel. Jadi kita bisa mempromosikan bisnis atau berjualan di aplikasi ini.

Selain bisa diakses secara gratis, kita juga bisa membuat video dengan mudah. Dengan modal kamera smartphone saja kita bisa merekam berbagai jenis produk. Selanjutnya kita tinggal upload deh ke akun Youtube kamu. Sangat mudah bukan?

4. Twitter

Twitter juga termasuk aplikasi sosial media yang sangat cocok digunakan untuk bisnis online. Memang aplikasi ini tidak se-populer Facebook dan Instagram, tapi kalau kita bisa menemukan pengikut yang tertarget, penjualan kita akan meningkat.

Salah satu pemuda asal Bandung, Reza Nurhilman, berhasil menjual banyak ‘kripik setan maicih’ lewat media sosial Twitter. Dia berhasil mendapatkan penggemar tertarget, sehingga bisa menjual ratusan kripik per harinya di Twitter.

Kalau ingin mencoba berbisnis online di Twitter, kita bisa belajar dari beliau dengan cara memperbanyak pengikut tertarget. Kalau serius, mungkin kita bisa bisa lebih berhasil dengan mengirim tweet secara kontinu, promosi ke akun twitter bisnis, dan cara lainnya.

5. Pinterest

Aplikasi ini hampir mirip seperti Instagram yang lebih berfokus pada gambar. Jadi kita bisa upload foto-foto terbaik dari produk yang akan dijual di Pinterest. Supaya banyak orang yang tertarik, kita harus mendesain foto semenarik mungkin. Sehingga mereka bisa tertarik untuk membeli produk kita.

Baca juga: Trik Mendapatkan Keuntungan Bisnis Pulsa Tanpa Buka Konter

Itulah beberapa aplikasi media sosial terbaik yang sangat efektif digunakan untuk promosi atau berjualan secara online. Jadi kalau kalian punya rencana bisnis online, cobalah untuk memanfaatkan media sosial tersebut supaya bisa dikenal oleh banyak masyarakat luas. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.
Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

1 comment for "5 Aplikasi Media Sosial Terbaik untuk Promosi Bisnis Online 2020"

Berlangganan via Email