CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr

Cara Membuat Internal Link BACA JUGA yang SEO dalam Artikel

Cara Membuat Internal Link BACA JUGA

Cecepkocep.com – ketika berkunjung ke suatu blog, kamu pasti akan menemukan kalimat “Baca juga”. Bahkan kamu akan menemukan 5 link dalam satu artikel. Terus tujuannya buat apa sih?

Tujuan kalimat Baca juga tidak lain untuk membuat para pengunjung betah di blog yang mereka kunjungi. Mereka bisa berlama-lama berada di blog, bahkan mereka bisa puas dengan konten-konten yang kita buat sebagai pemilik blog.

Nah pada artikel kali ini saya akan sedikit berbagi kepada kalian tentang cara membuat link Baca juga yang SEO. Jika menerapkannya dengan benar, maka artikel kita bisa dengan mudah dideteksi oleh mesin pencari.

Sebelum membaca lebih lanjut, kalian bisa bereksperimen sendiri apakah cara yang akan saya bagikan ini efektif atau tidak untuk performa blog kamu. Karena tips yang saya bagikan ini juga merupakan eksperimen saya sendiri dibandingkan ikut-ikutan melihat blog orang lain.

Cara membuat link Baca juga di tengah artikel ada dua cara yaitu secara otomatis dan manual. Nah setiap orang memiliki pemahaman yang berbeda dengan dua cara tersebut. Jadi cara yang saya bagikan ini tidak akan berhasil 100% untuk meningkatkan SEO karena itu adalah pengalaman saya pribadi.

Link Baca juga Otomatis

Di atas adalah salah satu contoh link Baca juga otomatis berada di tengah artikel. Fasilitas link Baca juga di tengah artikel sudah disediakan oleh pembuat template, jadi kita tidak perlu repot lagi untuk membuat link seperti di atas. Misalnya ketika kamu membeli template Igniplex dari Mba Igniel, fasilitas tersebut sudah tersedia.

Tapi menurut saya fasilitas tersebut cukup mengganggu kalau artikel yang kita buat itu pendek. Ketika artikel yang kita buat itu hanya ada beberapa paragraf saja, tampilan link baca juga terkadang akan membuat para pengunjung blog cukup terganggu.

Kalimat link yang tampil sama dengan judul artikel aslinya, sehingga akan membuat blog kita memiliki banyak kalimat duplikat di setiap postingannya Nah duplikat kalimat dalam sebuah blog itu kurang begitu bagus secara SEO. Karena pertimbangan itulah saya melepas link Baca juga secara otomatis di tengah artikel.

Link Baca juga Manual

Berbeda dengan cara di atas, kita bisa meletakan link pada keyword yang kita inginkan jika menggunakan link Baca juga secara manual. Bahkan kita tidak perlu menyisipkan kata “Baca juga” dan langsung menyisipkan link pada keyword yang kita bidik.

Kalau kamu sering membaca berita di situs-situs berita seperti Detik, kamu akan melihat keyword yang diselipkan link. Nah situs-situs besar pun juga menggunakan link baca juga secara manual. Hanya saja kelemahannya kita harus membuat internal link secara manual.

Sementara kelebihan dari membuat link Baca juga secara manual ini yaitu akan membuat pengunjung betah. Mereka tidak akan terganggu dengan link baca juga sampai 5 poin dan artikel kita akan enak untuk dibaca. Kita juga bisa meletakan link pada keyword yang kita inginkan supaya tidak terjadi duplikat kalimat dalam postingan.

Baca juga: Cara Membuat Blog Gratis Di Blogger dan Wordpress

Cara Membuat Internal Link Manual

Cara membuat internal link baca juga secara manual sangat mudah untuk dilakukan. Kalau kalian ingin memasukkan link pada keyword, maka blok keyword tersebut. Atau kalian juga bisa membuat tampilan link sendiri setelah kata “Baca juga”. Setelah itu klik add link, maka kalian akan melihat jendela seperti di bawah.

Text to display merupakan kalimat yang muncul di dalam postingan yang kemudian akan diisi dengan link. Sementara Link to (Web address) merupakan link yang ingin kita masukkan ke kalimat yang tampil.

Beri centang pada pilihan “Open this link in a new window” jika link tersebut terbuka di jendela baru tanpa menutup artikel lama. Kalau sudah klik OK untuk save. Internal link yang kita masukkan adalah Dofollow, kalau ingin nofollow beri centang pada pilihan “Add ‘rel=nofollow’ attribute”.

Itulah tips dan trik cara membuat internal link baca juga secara manual. Tidak hanya blog kecil-kecilan seperti Cecepkocep, metode tersebut juga digunakan pada situs-situs besar seperti Tribunnews, Detik, dan Kompas. Terlebih membuat link baca juga secara otomatis akan sangat mengganggu untuk artikel pendek.

Kamu jangan terpaku pada cara ini. Kalau performa blog kamu bagus dengan menggunakan link Baca juga otomatis, maka pertahankan. Kalau tidak, coba untuk menggunakan link baca juga manual. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.
Related Posts
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Post a Comment