CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr

Random

10 Cara Mencegah Virus Corona Covid-19 yang Harus Kamu Coba

Iklan Billboard 970x250

10 Cara Mencegah Virus Corona Covid-19 yang Harus Kamu Coba

Cecepkocep.com - Saat ini virus corona telah menyerang banyak orang di seluruh dunia. Virus benar-benar meresahkan kehidupan manusia. Tak banyak juga orang yang khawatir, putus asa, bahkan tidak tahu harus melakukan apa. Tapi sebenarnya ada beberapa cara mencegah virus corona yang cukup efektif. Apa saja itu?

Sampai sekarang belum banyak orang yang tahu asal-usul Covid-19. Sejak pertama kali muncul di Wuhan, China, kini virus mematikan ini telah menyebar ke berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia. Yang lebih mengerikan lagi dari virus ini adalah korbannya tidak memiliki gejala atau ciri-ciri yang serius. Jadi mereka akan terlihat sehat-sehat saja.

Cara Mencegah Virus Corona dengan Efektif

Cara Mencegah Virus Corona Covid-19
Supaya virus ini tidak menyebar lagi ke banyak orang, sebaiknya kita berjaga-jaga dengan memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas. Virus mematikan ini bisa kita tangani dengan baik secara pribadi dengan sadar akan pentingnya kesehatan dan kebersihan. Untuk mengetahui tindakan apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mencegah virus corona, silahkan untuk melihat ulasannya di bawah ini.

1. Mencuci Tangan

Mencuci tangan dengan benar merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah virus corona. Bagaimana cuci tangan yang benar? Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun dan bilas kurang lebih selama 20 detik.

Pastikan seluruh bagian tangan dicuci sampai bersih, termasuk pergelangan tangan, punggung tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu keringkan dengan tisu, handuk bersih ataupun mesin pengering tangan.

Kalau kamu adalah seorang pekerja komuter yang selalu berada di dalam transportasi umum, bersihkan tangan dengan sanitizer. Karena kamu akan kesulitan untuk menemukan air dan sabun di dalam kendaraan. Gunakan sanitizer yang memiliki kandungan alkohol minimal 60% supaya bisa membasmi kuman dengan lebih efektif.

Perlu kamu ketahui bahwa virus corona tidak menular melalui kulit, tapi sistem pernapasan seperti hidung, mata, dan mulut. Dalam hal ini virus akan menular ketika tangan menyentuh yang terkontaminasi virus. Kemudian kamu menyentuh bagian wajah yang memiliki banyak organ pernafasan. Oleh karena itu setelah beraktivitas jangan dulu menyentuh bagian wajah, tapi cuci tangan dulu.

2. Menggunakan Masker

Cara Mencegah Virus Corona Covid-19
Cara mencegah virus corona yang selanjutnya adalah menggunakan masker dengan baik dan benar. Masker sangat berguna untuk mencegah masuknya kotoran ke dalam mulut atau hidung. Tapi sebagian besar orang juga tidak tahu dalam menggunakan masker dengan baik dan benar.

Perlu kamu ketahui bahwa masker itu memiliki dua tipe yang bisa digunakan untuk mencegah virus corona, yaitu masker bedah dan masker N95. Masker bedah digunakan sekali pakai, harganya terjangkau, mudah ditemukan, dan nyaman digunakan. Banyak orang yang menggunakan masker ini.
Cara memakai masker bedah yang benar yaitu sisi berwarna pada masker harus menghadap keluar. 

Sementara sisi dalamnya yang berwarna putih menghadap wajah dan harus menutupi dagu, hidung, dan mulut. Meskipun kurang efektif dalam mencegah paparan kuman, tapi masker ini tetap bisa kita gunakan untuk menurunkan resiko penyebaran penyakit infeksi termasuk virus corona.

Sementara untuk masker N95 dirancang khusus untuk menyaring partikel berbahaya di udara dan lebih direkomendasikan untuk mencegah virus corona. Tapi masker ini kurang nyaman digunakan dan harganya juga relatif murah.

Ketika melepaskan masker, baik masker bedah ataupun masker N95, jangan menyentuh bagian depan masker. Karena banyak kuman yang menempel di bagian tersebut. Setelah melepas masker, segera mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau sanitizer supaya tangan kita bersih.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Berbagai macam penyakit akan sulit masuk jika daya tahan tubuh kita sangat kuat, termasuk juga virus corona. Oleh sebab itu kita harus meningkatkan daya tahan tubuh supaya tetap prima. Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat.

Kita bisa melakukannya dengan berolahraga secara rutin, mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti buah-buahan dan sayuran, serta pola tidur yang cukup. Itulah beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan begitu kita tidak akan mudah terjangkit berbagai penyakit.

Baca juga: Harus Tahu! Inilah Cara Penularan Virus Corona yang Kamu Waspadai

4.  Konsumsi Daging yang Matang

Cara mencegah virus corona yang selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi daging atau ikan matang. Karena mengkonsumsi daging yang belum masak akan berdampak buruk bagi tubuh. Jadi pastikan kalau daging atau ikan yang akan dikonsumsi harus benar-benar matang. Jangan sampai mengkonsumsi makanan yang mentah ya gaes.

5. Tidak Bepergian ke Tempat Terjangkit

Buat kalian yang ingin berlibur, sebaiknya tahan dulu. Apalagi kalau berpergian ke tempat-tempat yang sudah terpapar virus corona. Sekarang beberapa wilayah Indonesia telah banyak orang yang terpapar virus corona. Supaya tidak menyebar lagi, sebaiknya jangan bepergian ke tempat-tempat terjangkit dulu, apalagi kalau hanya untuk liburan.

6. Hindari Tempat Keramaian

Cara Mencegah Virus Corona Covid-19
Jarak antar manusia yang disarankan adalah 2 meter untuk mencegah penularan virus corona. Kalau kamu sering pergi ke tempat-tempat kerumunan tentu saja virus ini sangat mudah untuk menular. Jadi sebisa mungkin jangan terlalu sering berpergian ke tempat umum karena bisa jadi virus corona berada disana.

Ingat ya bahwa ciri-ciri orang yang terkena infeksi virus ini akan terlihat baik-baik saja seperti orang sehat. Jadi berpergianlah jika memang dibutuhkan, hindari tempat keramaian, dan gunakan masker dengan benar. Seandainya tidak ada kebutuhan penting, lebih baik di rumah saja ya.

7. Menjaga Jarak Sosial

Supaya tidak menelan lebih banyak korban, virus ini memaksa kita untuk saling menjaga jarak. Karena kalau jarak kita berdekatan dengan orang yang terjangkit, virus ini akan mudah menempel ke tubuh kita. Jadi anjuran pemerintah mengenai sosial distancing itu sangat tepat untuk mencegah menularnya virus corona.

8. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Virus ini akan menyerang sistem pernafasan seperti mulut dan hidung. Oleh karena itu kita jangan terlalu sering menyentuh wajah, apalagi setelah beraktivitas. Sebelum mencuci tangan jangan menyentuh wajah terlebih dahulu. Karena mungkin saja virus menempel pada tangan kita yang kemudian akan menyerang organ pernapasan jika tidak mencucinya terlebih dahulu.

9. Bersihkan Permukaan Barang yang sering Disentuh

Salah satu karakteristik lainnya dari virus corona ini yaitu bisa menempel di permukaan benda dengan waktu yang cukup lama, bahkan bisa berhari-hari. Oleh sebab itu kita harus lebih sering membersihkan permukaan barang yang sering disentuh seperti gagang pintu, keyboard, mouse komputer, HP, dan meja kerja.

Jangan lupa untuk membersihkannya dengan cairan desinfektan. Cairan ini berbeda dengan hand sanitizer ya yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

10. Konsumsi Makanan Sehat

Cara Mencegah Virus Corona Covid-19
Salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Makanan yang kita konsumsi harus mengandung vitamin, nutrisi, serta dan kandungan lainnya yang bermanfaat untuk tubuh. Dengan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, tidak hanya virus corona yang akan sulit masuk, tapi juga berbagai penyakit lainnya.


Itulah beberapa tips untuk mencegah virus corona. Caranya sangat mudah bukan? Ayolah mulai sekarang jangan terlalu sering keluar jika tidak ada keperluan mendesak. Mending diam di rumah aja supaya tidak lebih banyak lagi orang yang terpapar virus corona.

Selain dengan cara di atas, jangan lupa untuk terus selalu berdoa semoga virus ini bisa singgah dengan cepat. Apalagi sebentar lagi kita akan menghadapi bulan Ramadhan. Tentu saja kita tidak ingin menghadapi bulan suci dengan penuh kepanikan. Semoga artikel cara mencegah virus ini bermanfaat dan terima kasih.
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post