Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengamankan Akun Google Agar Tidak Mudah Dibobol

Cara Mengamankan Akun Google
Saat ini hampir semua orang di dunia memiliki akun Google. Karena akun ini bisa digunakan untuk membuat akun lain di berbagai situs seperti media sosial, forum diskusi, dan situs lainnya. Oleh karena itu memahami cara mengamankan akun Google sangatlah penting.

Daripada panik setelah akun kamu dibobol, sebaiknya luangkan saja waktu 10 menit untuk mengamankan akun Google sekarang juga. Caranya sangat mudah untuk dilakukan. Prakteknya sangat singkat, tapi dampaknya sangat besar untuk keamanan akun Google kamu.

Cara Mengamankan Akun Google

Nah, pada artikel kali ini saya akan sedikit berbagi mengenai tips dan trik mengamankan akun Google. Semoga tutorial bisa membantu kalian untuk mengamankan akun Google atau Gmail supaya tidak mudah dibobol oleh orang-orang jahil. Seperti apa caranya? Simak ulasannya di bawah ya.

Baca juga: Cara Mengamankan Akun Instagram Biar Tak Dibobol Hacker

1. Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

Google menawarkan metode baru untuk melindungi akun para penggunanya yaitu verifikasi 2 langkah (two factor authentication). Metode ini akan membuat semua orang tidak bisa mendapatkan akses ke akun Google dengan mudah.

Ketika buat akun google, kamu bisa mengaktifkan metode ini dengan mengaksesnya di halaman keamanan akun Google dan klik 2 Step Verification. Jika sudah aktif, Google akan melakukan verifikasi terlebih dahulu ketika kamu memasukkan email dan password. Google akan mengirimkan kode melalui SMS atau telepon.

2. Gunakan Password yang Sulit Ditebak

Sebisa mungkin kamu jangan menggunakan password dari nama dan tanggal lahir. Karena keduanya sangat mudah ditebak. Gunakanlah kombinasi huruf, angka, dan karakter lain (opsional).

Meskipun sulit ditebak, tapi kamu harus mudah mengingatnya. Jangan sampai kamu buat password rumit tapi kamu sendiri tidak menghafalnya.

3. Jangan Membocorkan Password

Password itu bersifat sensitif, jadi kamu jangan pernah memberikannya kepada orang lain. Misalnya kamu memberitahukan password Gmail kamu kepada teman. Nah dikemudian hari akun Gmail kamu itu dibobol. Siapa yang ingin kamu salahkan?

Supaya kepala kamu tidak runyam di kemudian hari, sebaiknya jangan membocorkan password Gmail kepada siapapun, termasuk teman kamu sendiri. Kamu ngga mau kan data penting kamu dibobol?

Baca juga: Cara Berhenti Berlangganan Semua Email Mengganggu dengan Mudah

4. Tambahkan Nomor Ponsel

Menurutku sangat penting untuk menambahkan nomor ponsel ketika membuat akun Google. Karena hal itu akan sangat berguna ketika kamu lupa passwordnya. Kamu bisa meresetnya melalui nomor ponsel.

Tapi kamu harus pastikan kalau nomor ponsel yang dimasukkan aktif dan milik kamu sendiri, bukan milik orang lain. Kamu juga bisa kok mengganti nomor ponsel untuk akun Gmail. Dengan begitu kamu tetap bisa melakukan pemulihan akun google.

5. Jangan Lupa untuk Logout

Banyak orang yang menyepelekan hal ini. Setelah login mereka lupa untuk logout. Kalau untuk di PC atau Laptop sendiri sih masih wajar, meskipun juga beresiko. Tapi kalau kamu melakukan hal ini di warnet atau laptop teman nantinya akan bermasalah.

Jadi setelah menggunakan akun Gmail kamu sebaiknya segera logout untuk meminimalisir sesuatu yang tidak diinginkan. Bahkan hal ini juga perlu kamu lakukan meskipun di laptop sendiri sebagai salah satu cara mengamankan akun Gogole.

6. Jangan Simpan Password di Browser

Ketika login di browser, biasanya kamu akan mendapatkan notifikasi yang menanyakan apakah password akun kamu akan disimpan atau tidak. Sebagian besar orang awam akan save atau menyimpannya di browser seperti pada gambar di bawah.

Cara Mengamankan Akun Google
Padahal kelalaian hal seperti sangat berbahaya. Karena orang jahil akan melihat password kamu yang telah tersimpan di browser. Jadi mulai sekarang mulai hentikan aktivitas berbahaya ini ya guys!

7. Waspada Terhadap Halaman Phising

Para hacker biasanya akan mencuri data korban dengan metode phising. Mereka akan memanfaatkan halaman login palsu yang 100% mirip dengan halaman asli untuk mencuri data kamu, termasuk password gmail.

Para hacker akan menggunakan alamat url yang hampir sama dengan url aslinya. Misalnya fezbuuuk.com yang meniru facebook.com.

8. Hapus Data Browser

Supaya akun Google kamu aman, sebaiknya hapus data browser yang telah kamu gunakan. Kamu bisa hapus, riwayat download, browsing data, password yang tersimpan, cache, cookies, dan sebagainya.

Caranya sangat mudah dimana kamu tinggal tekan tombol keyboard Ctrl + Shift + Del pada aplikasi browser yang kamu gunakan. Setelah itu pilih the beginning of time (untuk Google Chrome) dan Everything (untuk Mozilla). Setelah itu kamu tinggal centang semua pilihan dan klik Clear Now/Clear Browsing Data.

Punya Pendapat Lain?

Kalau kamu punya tips lainnya jangan lupa untuk menyampaikannya di kolom komentar ya. Semoga cara kamu itu bisa lebih bermanfaat lagi untuk banyak orang. Selain itu pendapat kamu bisa aku tambahkan ke dalam artikelnya.

Itulah sedikit tips dan trik cara mengamankan akun Google supaya tidak mudah dibobol dan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika bermanfaat. Semoga teman-teman kamu bisa tahu betapa pentingnya menjaga akun Google.

Baca juga: 10+ Pentingnya Penggunaan Email Profesional dalam Bisnis
Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "Cara Mengamankan Akun Google Agar Tidak Mudah Dibobol"

Berlangganan via Email