Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menghitung Bunga Pinjaman Agar Sesuai Dengan Kemampuan

Cara Menghitung Bunga Pinjaman

Cara menghitung bunga pinjaman - Satu hal penting yang biasa kamu perhatikan ketika akan mengajukan pinjaman yaitu angsuran yang harus dibayarkan sampai lunas dan plafon yang tersedia. Angsuran kredit merupakan jumlah pinjaman ditambah dengan bunga yang dibebankan kepada nasabah yang menggunakan kredit tersebut.

Banyak orang yang mengabaikan masalah bunga pinjaman. Tapi kenyataannya cara menghitung bunga pinjaman juga mempengaruhi nilai total pinjaman. Setiap jenis kredit memiliki cara perhitungan bunganya masing-masing dan kebijakan yang diterapkan pada masing-masing kredit juga tidak sama.

Sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu cara menghitung bunga pinjaman sebelum mengajukan permohonan kredit. Hal ini perlu kamu lakukan untuk memeriksa kebenaran perhitungan bunga yang ditetapkan pada kredit kamu.

Kalau kamu sudah memiliki pengetahuan dari tentang perhitungan bunga dasar yang diajukan, kamu bisa melakukan analisa. Kira-kira berapa cicilan atau angsuran yang harus kamu bayar dan jangka waktu pinjaman itu bisa lunas. Dengan begitu kamu bisa mengatur keuangan dengan lebih efektif dan optimal.

Cara Menghitung Bunga Pinjaman

Umumnya ada 3 jenis bunga yang ditawarkan oleh setiap lembaga penyedia pinjaman seperti bank. Ketiga jenis bunga pinjaman tersebut adalah suku bunga flat, suku bunga efektif, dan suku bunga anuitas. Yuk kita simak cara menghitung bunga pinjaman ketiganya di bawah ini.

1. Suku Bunga Flat

Cara menghitung bunga pinjaman flat lebih mudah dan sederhana jika dibandingkan dengan cara perhitungan suku bunga yang lainnya. Kamu bisa mendapatkan contoh perhitungannya pada brosur kredit tanpa agunan ataupun kredit kepemilikan kendaraan bermotor.

Ketika kamu menawarkan kredit motor, pada brosurnya akan menemukan kolom yang berisi angsuran yang harus kamu bayar setiap bulannya. Deretan angka tersebut berlaku samapi angsuran kamu lunas. Nah jumlah angsuran pada kolom tersebut dihitung dengan metode flat.

Misalnya Tuan Jack mengajukan kredit tanpa agunan sebesar 240 juta dengan jangka waktu pelunasan 12 bulan. Selain itu akan dibebankan bunga pinjaman sebesar 10% per tahun. Berapa angsuran yang harus dibayar oleh Tuan Jack setiap bulannya?

Rinciannya pinjamannya seperti ini:

Jumlah pinjaman: Rp240 juta
Bunga per tahun: 10%
Jangka waktu: 12 bulan
Cicilan pokok: Rp240 juta : 12 bulan=Rp20 juta/bulan
Bunga perbulan: (Rp240 juta x 10%) : 12 bulan = Rp2 juta
Angsuran setiap bulan: Rp20 juta + Rp2 juta = Rp22 juta

Jadi total pinjaman yang harus dibayarkan oleh Tuan Jack setiap bulan sampai lunas adalah Rp22 juta. Nah kalau tahu perhitungannya, kamu bisa tahu tuh berapa bunga perbulan dan setoran yang harus dibayar setiap bulannya.

Karena ini adalah bunga flat, maka angsuran yang harus dibayar oleh Tuan A akan tetap atau tidak akan mengalami perubahan.

Baca juga: Trik Mendapatkan Keuntungan Bisnis Pulsa Tanpa Buka Konter

2. Bunga Efektif

Perhitungan bunga efektif akan membuat angsuran kamu semakin sedikit sering dengan lamanya pinjaman. Dalam praktiknya, penerapan bunga angsuran dihitung berdasarkan sisa jumlah total pinjaman. Sistem ini biasa digunakan untuk kredit jangka panjang seperti KPR.

Seiring berjalannya waktu, beban bunga yang harus kamu bayar nilainya akan semakin berkurang. Nilainya akan lebih kecil jika dibandingkan dengan bunga flat. Supaya tidak bingung, kamu bisa memperhatikan ilustrasi di bawah ini.

Tuan Bob mengajukan pinjaman sebesar Rp240 Juta dengan bunga per tahun 10% dan jangka waktu kredit selama 12 bulan. Kira-kira berapa angsuran yang harus dibayarkan setiap bulannya?

Rumus perhitungan bunga efektif: SP x i x (30/360)

Keterangan:
  • SP: Saldo Pokok pinjaman dari bulan sebelumnya
  • i: suku bunga setiap tahunnya
  • 30: jumlah hari dalam satu bulan
  • 360: jumlah hari dalam satu tahun
Pokok pinjaman: Rp240 juta
Bunga: 10% per tahun
Jangka waktu: 12 bulan
Cicilan Pokok: Rp240 juta : 24 bulan = Rp10 juta per bulan

Angsuran Bulan 1
  • Bunga : Rp240 juta x 10% x(30 hari : 360 hari) = Rp2 juta
  • Jumlah angsuran: Rp10 juta + Rp2 juta = Rp12 juta
Angsuran Bulan 2
  • Bunga: Rp230 Juta x 10% x (30 hari : 360 hari) = Rp 1.916.666,67
  • Jumlah angsuran: Rp10 juta + Rp 1.191.666,67 = Rp 11.916.666,67
Angsuran Bulan 4
  • Bunga: Rp220 Juta x 10% x (30 hari : 360 hari) = Rp 1.833.333,33
  • Jumlah angsuran: Rp10 juta + Rp 1.833.333.33 = Rp 11.833.333,33
Angsuran Bulan 12
  • Bunga: Rp130 Juta x 10% x (30 hari : 360 hari) = Rp 1.083.333,33
  • Jumlah angsuran: Rp10 juta + Rp 1.083.333,33 = Rp 11.083.333,33
Dari perhitungan di atas kamu tentunya sudah bisa menebak bahwa jumlah angsuran yang harus kamu bayar akan semakin kecil seiring dengan berjalannya waktu.

Baca juga: Peluang Usaha dan Bisnis Kecil Kecilan Di Kampung yang Menguntungkan Tahun 2020

3. Suku Bunga Anuitas

Perhitungan suku bunga ini merupakan modifikasi dari cara menghitung bunga pinjaman efektif. Tujuannya tidak lain yaitu untuk mempermudah para nasabah dalam membayar cicilan setiap bulannya.

Perhitungan bunga anuitas akan menentukan besaran cicilan yang dibayar setiap bulan dengan jumlah sama. Akan tetapi bunga dan pokok cicilannya akan berubah setiap periodenya. Nilai bunga per bulannya akan berkurang tapi cicilan pokok akan membesar.

Perhitungan bunga ini akan membuat cicilan bulan pertama kamu sangat besar. Tapi seiring berkembangnya waktu akan terus mengecil sampai akhir pinjaman.

Rumus Perhitungan Bunga Anuitas: SP x i x (30/360)

Keterangan:
  • SP = Saldo Pokok pinjaman bulan sebelumnya
  • i = suku bunga pertahun
  • 30 = jumlah hari dalam sebulan
  • 360 = jumlah hari dalam setahun
Rumus perhitungan untuk bunga anuitas sama dengan rumus perhitungan bunga efektif.

Setelah mengetahui cara menghitung bunga pinjaman, kamu bisa memprediksi berapa cicilan yang harus dibayar setiap bulannya. Dari sini kamu juga bisa tahu kesanggupan kamu dalam membayar setiap bulan yang diajukan kepada bank.

Siapapun bisa mengajukan karena pada dasarnya penawaran bunga merupakan hal yang lumrah di dunia perkreditan. Tapi sebagian besar dari mereka tidak menyadari cara perhitungannya seperti apa. Sekarang kamu sudah tahu kan cara perhitungannya seperti apa?

Semoga artikel cara menghitung bunga pinjaman ini bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kamu melalui sosial media. Karena siapa tahu mereka membutuhkan informasi ini. Selain itu, artikel ini bisa lebih bermanfaat lagi untuk banyak orang. Terima kasih.
Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "Cara Menghitung Bunga Pinjaman Agar Sesuai Dengan Kemampuan"

Berlangganan via Email