CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr

Random

Harus Tahu! Inilah Cara Penularan Virus Corona yang Kamu Waspadai

Iklan Billboard 970x250

Harus Tahu! Inilah Cara Penularan Virus Corona yang Kamu Waspadai

Cecepkocep.com – Virus corona atau COVID-19 telah menyebar dengan cepat ke berbagai negara. Bahkan virus ini menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Cara penularan virus corona lebih ini lebih mudah dibandingkan virus lainnya. Penyakit ini akan lebih berbahaya jika menyerang orang yang lanjut usia dan memiliki daya tahan tubuh lemah.

Perlu kita ketahui bahwa virus COVID1-9 akan menyerang sistem pernapasan yaitu hidung dan mulut. Virus ini telah menelan banyak korban jiwa bahkan orang yang terinfeksi juga sudah lebih banyak. Oleh karena itu mereka membutuhkan penanganan yang intensif.

Gejala atau ciri-ciri orang yang terinfeksi virus ini juga tidak terlihat seperti flu biasa. Mereka akan terlihat normal seperti orang sehat. Oleh karena itu banyak orang yang tidak sadar bahwa mungkin saja mereka sudah terinfeksi virus corona.

Cara Penularan  Virus Corona

Cara Penularan Virus Corona
Menurut World Health Organization (WHO), COVID-19 akan menular melalui orang yang telah terinfeksi virus corona. Penyakit ini akan mudah menyebar melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut ketika seseorang bersin atau batuk.

Tetesan kecil itu kemudian akan mendarat di benda atau permukaan. Lalu tetesan tersebut akan disentuh oleh orang yang sehat. Setelah itu orang itu akan menyentuh bagian wajah sepeti hidung, mulut, dan mata. Saat itulah virus corona akan menyerang sistem pernafasan.

Supaya tidak lebih banyak lagi menelan korban jiwa, kita harus mengetahui pengetahuan cara penularan virus corona. Untuk lebih lengkapnya simak informasinya di bawah ini.

1. Berjabat Tangan

Tangan merupakan anggota tubuh yang sangat rentan terhadap serangan kuman, virus, dan bakteri. Apalagi setelah kita melakukan banyak aktivitas seperti membuang sampah, menyentuh hewan, bercocok tanam, dan masih banyak lagi. Nah penularan virus corona juga bisa menular melalui jabatan tangan.

Ketika kita berjabat tangan dengan orang yang sudah terinfeksi, virus akan berpindah ke tangan kita. Oleh karena itu kita dianjurkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu setelah berjabat tangan dan jangan menyentuh bagian muka terlebih dahulu.

Pada dasarnya virus ini tidak akan menyerang kulit, tapi menyerang sistem pernafasan yang ada di dalam wajah seperti hidung dan mulut. Nah ketika virus menempel di tangan kita dan tidak sengaja menyentuh wajah sebelum mencuci, maka virus corona akan menyerang sistem pernafasan.

2. Menyentuh Permukaan Benda yang Terkontaminasi

Salah satu karakteristik dari virus corona yaitu bisa menempel di permukaan benda dan bisa bertahan hingga berhari-hari. Dengan begitu kita akan mudah terkena infeksi ini jika sering memegang benda yang sudah terkontaminasi.

Oleh karena itu kita harus hati-hati memegang benda di tempat umum yang memang sudah memiliki banyak orang yang terinfeksi virus corona. Misalnya tombol lift, pemegang eskalator, kursi, dan pintu. Nah upayakan setelah memegang benda-benda tersebut jangan menyentuh wajah dan mencuci tangan terlebih dahulu.

3. Bepergian ke Tempat yang Sudah Terjangkit

Saat ini berpergian ke tempat-tempat ramai seperti mall sangat beresiko. Apalagi kalau kita pergi ke tempat-tempat yang sudah terpapar virus corona. Di Indonesia sendiri sekarang sudah banyak orang yang terpapar virus ini dari berbagai daerah.

Supaya virus corona ini tidak menyebar lagi ke banyak orang, sebaiknya jangan bepergian terlebih dahulu. Jika tidak ada keperluan yang mendesak, sebaiknya diam saja di rumah. Jadi liburannya kita tahan dulu untuk saat ini dan #dirumahaja.

4. daya Tahan Tubuh Lemah

Virus corona akan mudah menyerang orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Sebenarnya tidak hanya corona, penyakit lainnya juga akan mudah menyerang orang yang seperti itu. Oleh karena itu kita harus menerapkan pola hidup sehat seperti menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan, sering berolahraga, dan mengkonsumsi makanan sehat.

Baca juga: 10+ Makanan yang Dipercaya Bisa Mencegah Infeksi Virus Corona

5. Batuk dan Bersin

Cara Penularan Virus Corona
Penularan virus corona juga bisa terjadi lewat batuk dan bersin. Jadi sekarang kalau ada orang yang batuk dan bersin jangan kita dekati.  Karena bisa saja virus akan keluar dari mereka. Setelah itu akan terbang dan menempel ke area wajah kita seperti hidung dan mulut.

6. Melalui Udara

Karakteristik lainnya dari virus corona ini yaitu bisa bertahan di udara selama beberapa menit. Jadi meskipun kita tidak melakukan kontak langsung dengan penderita, kita juga bisa terpapar virus ini. Oleh karena itu pemerintah menghimbau untuk tidak keluar rumah jika memang ada sesuatu yang sangat mendesak. Selain itu gunakan masker sebagai alat pelindung.

7. Melalui Droplets

Droplet merupakan partikel kecil yang berasal dari mulut penderita yang mengandung kuman penyakit. Partikel kecil ini biasanya dihasilkan dari bersin, batuk, bahkan berbicara. Tapi partikel droplet ini tidak akan bertahan di udara dalam kurun waktu yang lama atau mengendap di udara.

Nah ternyata virus corona juga bisa menular melalui droplets. Penularannya bisa mulai dari permukaan benda yang terkena virus corona, hingga terbang meleati jarak tertentu hingga 1 meter ke orang lainnya.

Baca juga: 10 Cara Mencegah Virus Corona Covid-19 yang Harus Kamu Coba

Itulah informasi kali ini tentang cara penularan virus corona yang patut diperhatikan oleh banyak orang. Sampai saat ini penelitian masih terus berlanjut untuk mencari tahu sumber, penyebaran, hingga obat untuk menyembuhkan penyakit ini.

Sekarang kita harus tetap waspada supaya kita tidak terinfeksi oleh virus COVID-19. Virus ini tidak hanya membahayakan diri sendiri, tapi juga orang lain di sekitar kita. Jadi sekarang jangan keluar rumah terlebih dahulu jika memang tidak akan keperluan mendesak. Yuk kita lawan virus corona bersama-sama. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post