Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10 Jurusan Kuliah yang Banyak Diminati dan Menjanjikan di Masa Depan

jurusan kuliah yang banyak diminati
Saat ini sudah banyak jurusan kuliah yang banyak diminati oleh siswa lulusan SMA. Memilih jurusan kuliah tentu saja sangat penting sebelum akhirnya kamu bisa kuliah di suatu universitas. Karena jurusan akan berdampak pada karirmu di masa mendatang.

Dari sekian banyak program studi yang ada di Indonesia, setidaknya ada beberapa jurusan yang sangat diminati oleh banyak siswa SMA. Berikut ini adalah 10 jurusan kuliah yang banyak diminati yang bisa kamu jadikan referensi dalam menentukan jurusan kuliah.

1 Kedokteran

Jurusan ini memang membutuhkan biaya perkuliahan yang terbilang sangat mahal. Tapi banyak siswa lulusan SMA yang ingin mengenyam pendidikan di jurusan kedokteran. Hal ini bisa dilihat dalam proses masuk perguruan tinggi seperti SNMPTN dan SBMPTN.

Kedokteran juga termasuk jurusan memiliki peminat cukup stabil di setiap tahunnya. Ya, memang karena prospek kerja dari jurusan ini sangat cerah dengan menjadi tenaga medis. Jadi wajar saja jika dana untuk kuliahnya juga cukup tinggi.

Profesi untuk menjadi dokter juga akan mendapatkan gaji yang sangat besar. Tapi bukan itu saja, menjadi dokter juga bisa membantu banyak orang yang tengah sakit. Profesi ini tentu saja sangat dibutuhkan karena kesehatan sangat dibutuhkan oleh setiap orang.

Kalau memang kamu punya tekad yang kuat dan dana yang cukup, tak usah ragu lagi untuk mengambil jurusan kedokteran. Beberapa universita yang memiliki jurusan kedokteran adalah UI, UGM, UNAIR, UNIBRAW, UNDIP, dan UNS.

2. Hukum

Jurusan kuliah yang banyak diminati adalah hukum. Tidak hanya itu, jurusan hukum juga termasuk 10 jurusan yang paling cepat mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Hal ini terbukti dari survey yang telah dilakukan oleh Higher Education Statistic Agency di Inggris.

Hampir semua perusahaan besar itu membutuhkan seorang legal officer dan disanalah para lulusan hukum bekerja. Mereka bertugas mengurusi perusahaannya yang berhubungan dengan hukum. Di Indonesia sendiri juga sudah banyak yang membutuhkan para ahli di bidang hukum.

Jadi kamu sebenarnya tak perlu takut lagi untuk mengambil jurusan hukum. Karena banyak perusahaan yang telah menantu kamu di masa mendatang. Beberapa universitas terbaik Indonesia dengan jurusan hukum adalah UGM, UI, dan UNDIP.

3. Ekonomi

Semua perusahaan pasti membutuhkan ahli ekonomi supaya bisnis atau usahanya berjalan dengan baik. Oleh karena itu jurusan ekonomi sangat dibutuhkan di lapangan kerja. Peminat yang menginginkan kuliah di jurusan ini juga tergolong cukup tinggi.

Jurusan hukum juga memiliki cakupan yang luas ketika sudah lulus. Kamu bisa memilih lapangan pekerjaan yang akan ditekuni. Salah satu bidang ekonomi yang juga bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah adalah jurusan Akuntansi.

Kamu bisa bekerja sebagai akuntan di perusahaan yang sudah pasti membutuhkan jurusan ini. Kamu juga bisa bekerja sebagai jasa akuntan publik yang akan mengurus rekam jejak transaksi, menyiapkan surat-surat keuangan, hingga pengurusan pengembalian pajak (tak returns).

Seorang sarjana ekonomi juga berpeluang bekerja di tim HRD selain di divisi Finansial atau akunting. Jadi cakupan jurusan ekonomi itu sangat luas dan kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan sangat mudah. Beberapa universitas terbaik Indonesia dengan jurusan ekonomi adalah UGM, UI, UNS, dan UNAIR.

Baca juga: Semoga Lulus! Inilah Cara Menghitung Nilai Rapor untuk SNMPTN 2020

4. Teknik Informatika

Jurusan kuliah yang banyak diminati adalah teknik informatika atau teknik komputer. Prospek pekerjaan lulusan jurusan ini ternyata cukup menjanjikan meskipun tidak bekerja di perusahaan. Faktor lain yang membuat jurusan ini sangat banyak diminati yaitu karena hampir semua pekerjaan sudah dialihkan menjadi berbasis komputer.

Karena alasan itulah teknik komputer atau informatika memiliki peluang yang sangat cerah di masa depan. Penghasilan yang akan kamu dapatkan setelah bekerja di bidang komputer juga tergolong cukup tinggi. Jika tak ingin bekerja, kamu juga bisa bekerja untuk diri sendiri dengan membuat software, website, dan sebagainya.

Beberapa universitas terbaik Indonesia jurusan Teknik Informatika adalah UGM, ITB, dan UI.

5. Ilmu Komunikasi

Salah satu jurusan menarik di bidang IPS adalah ilmu komunikasi. Kenapa menarik? Karena sebagian besar para lulusan di jurusan ini akan bekerja di industri kreatif. Industri ini akan terus berkembang hingga masa mendatang. Oleh karena itu jurusan ilmu komunikasi memiliki prospek kerja yang cukup cerah ketika sudah lulus nanti.

Beberapa jurusan turunan dari ilmu komunikasi adalah jurnalistik, periklanan, hubungan masyarakat, dan sebagainya. Ketika kamu sudah lulus di bidang ini, kamu akan mempelajari cara menyampaikan pesan dengan efektif dan efisien. Kamu juga harus mempelajari manfaat teknologi dan penemuan baru yang sesuai dengan perkembangan jaman.

Misalnya kamu harus mempelajari pengaruh media sosial, tren hiburan yang sedang populer, dan faktor-faktor lainnya. Sementara tren dan teknologi akan terus berkembang tiada henti. Dengan begitu prospek lulusan jurusan ini sangat cerah. Beberapa universitas terbaik Indonesia jurusan ilmu komunikasi adalah UGM, UI, dan UNAIR.

6. Teknik Elektro

Perkembangan dunia teknologi semakin pesat, sehingga semua aktivitas akan selalu berhubungan dengan elektronika. Misalnya kamar kita akan terang di malam hari karena adanya lampu yang dialiri oleh listrik. Nah listrik itu juga dikenal sebagai elektronika.

Bidang yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan kelistrikan adalah teknik elektro. Prospek kerja lulusan jurusan ini sangat luas mulai dari perusahaan peralatan listrik, perusahaan umum, konsultan listrik, sampai bekerja di perusahaan pembangkit tenaga listrik.

Oleh karena itulah Teknik Elektro menjadi jurusan kuliah yang banyak diminati. Beberapa universitas terbaik Indonesia dengan jurusan teknik Elektro adalah UGM, ITB, dan UI.

7. Teknik Mesin

Jurusan kuliah yang banyak diminati yang selanjutnya adalah teknik mesin. Jurusan ini sangat cocok nih buat kamu yang suka hitung-hitungan. Karena ketika kamu kuliah di jurusan ini  kamu akan mempelajari prinsip fisika untuk mendesain mesin, manufaktur, hingga pemeliharaan sistem mekanik.

Kalau diperhatikan, setiap harinya kita juga dibantu dengan keberadaan mesin seperti pabrik, kendaraan bermotor, sampai robot. Oleh karena itulah lulusan jurusan teknik mesin sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Beberapa universitas terbaik Indonesia jurusan teknik mesin adalah UGM, ITB, dan UI.

8. Psikologi

Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia yang mana perilaku tersebut adalah manifestasi dari jiwa seseorang. Jadi jurusan psikologi tidak hanya berhubungan dengan mengurus orang yang memiliki penyakit jiwa. Jangkauan jurusan ini sangat luas lho.

Misalnya ada psikologis klinik dimana nantinya kamu akan bekerja sebagai seorang terapis dan konselor psikologis. Kamu juga bisa bekerja sebagai konsultan di sebuah perusahaan yang perannya tentu saja sangat dibutuhkan. Tidak hanya itu, gaji untuk lulusan jurusan psikologi juga tergolong cukup tinggi.

Meskipun memiliki prospek kerja yang cerah di masa depan, tapi jurusan psikologi termasuk  jurusan kuliah yang banyak diminati. Beberapa universitas terbaik Indonesia jurusan Psikologi adalah UGM, UNAIR, UI, dan UNDIP.

Baca juga: Tips Trik Memaksimalkan Peluang Lolos SNMPTN 2020

9. Teknik Sipil

Teknik sipil merupakan jurusan kuliah yang di dalamnya akan membahas tentang perencanaan, pembangunan, hingga pemeliharaan suatu bangunan atau fasilitas umum. Mungkin dari kalian ada yang bertanya apa perbedaannya dengan teknik arsitektur?

Seorang lulusan teknik sipil akan mengerjakan suatu bangunan yang sebelumnya sudah dirancng oleh seorang arsitektur. Jadi, sarjana arsitektur lah yang akan merancang suatu bangunan supaya menjadi lebih menarik, efektif, dan efisien. Sementara untuk eksekutornya dikerjakan oleh sarjana arsitektur.

10. Teknik Kimia
Ketika masuk jurusan kimia, kamu akan belajar tentang berbagai hal di bidang pemrosesan senyawa kimia untuk menghasilkan sesuatu dari produk mentah menjadi produk jadi. Prospek kerja dari jurusan ini juga tergolong cukup menjanjikan dengan nominal gaji yang juga cukup menjanjikan.

Kamu bisa bekerja di pabrik-pabrik  pengelolaan proses kimia seperti industri pengolahan minyak bumi, obat-obatan, makanan, dan sebagainya. Beberapa universitas terbaik Indonesia jurusan Teknik Kimia adalah UGM dan UPN Veteran.

Itulah 10 jurusan yang paling banyak diminati oleh siswa lulusan SMA. Sebaiknya kamu jangan asal-asalan dalam memilih jurusan seperti memilih jurusan kedokteran yang prospek kerja dan gajinya sangat tinggi. Tapi perhatikan juga passion kalian ada di jurusan mana, sehingga bisa enjoy ketika kuliah nanti.

Jangan lupa untuk share artikel ini teman-teman kamu ya dengan cara membagikan ke sosial media. Dengan begitu artikel ini bisa lebih bermanfaat lagi untuk banyak orang. Terima kasih.
Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "10 Jurusan Kuliah yang Banyak Diminati dan Menjanjikan di Masa Depan"

Berlangganan via Email