Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Trik Mendapatkan Keuntungan Bisnis Pulsa Tanpa Buka Konter

Keuntungan Bisnis Pulsa
Jika dulu kita bertransaksi secara offline dan menggunakan online, kini sudah berubah seiring berkembangnya zaman. Sekarang kita sudah lebih suka dengan transaksi secara online karena dinilai lebih mudah dan nyaman. Kondisi ini sekarang banyak dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan bisnis pulsa.

Peluang ini menjadi sasaran empuk untuk sebagian banyak orang, terutama yang suka berbisnis. Sekarang sudah banyak orang yang menjual berbagai macam pulsa secara online. Apalagi bisnis pulsa ini tidak akan hilang karena sepi pembeli.

Dari sini banyak orang yang bertanya berapa sih keuntungan bisnis pulsa yang mereka dapatkan? Ok pada artikel kali ini saya akan sedikit mengulas bisnis pulsa yang mungkin bisa kamu jadikan referensi sebelum memulai usaha ini. Simak ulasannya di bawah ya.

Prospek Jualan Pulsa

Sebelum memulai bisnis, sebaiknya kamu cek dulu apakah usaha ini akan menguntungkan atau tidak. Tentu saja ini sangat penting mengingat kamu ingin menguntungkan dari bisnis ini.

1. Modal Kecil

Berapa modal jualan pulsa? Sebagian besar orang sudah tahu kalau untuk menjadi agen pulsa tidak perlu memerlukan modal yang sangat besar. Dengan modal di bawah Rp500 ribu pun kamu sudah bisa menjalani usaha ini. Kecuali kalau kamu ingin menjadi distributor pulsa yang tentu saja membutuhkan modal yang sangat besar.

2. Mudah Dijalankan

Bisnis jualan pulsa sangat mudah untuk dilakukan karena memiliki sistem yang sederhana. Bisnis ini bisa dijalankan oleh pelajar sampai ibu rumah tangga. Kamu hanya perlu menjualnya langsung ke pelanggan atau merekrut sub agen jika ingin mendapatkan keuntungan bisnis pulsa yang lebih besar.

3. Tidak Perlu Sewa Tempat

Kalau niat banget pengen jualan pulsa, kamu tidak harus punya modal besar untuk sewa kios untuk tempat jualan. Kamu bisa melakukan usaha ini di rumah karena basisnya sudah online. Kamu hanya perlu modal HP dan koneksi internet untuk memulai jualan pulsa. Setelah itu kamu tinggal jualan deh di rumah sambil rebahan hehehe.

4. Minim Resiko

Semua bisnis tentu memiliki resiko yang harus ditanggung oleh para pelakunya. Nah untuk bisnis pulsa resiko yang akan kamu dapatkan tidak terlalu besar. Paling resikonya hanya rugi karena tidak balik modal. Hal itu terjadi jika banyak orang yang ngutang dan tidak bayar.

5. Tak Lekang Oleh Waktu

Bisnis ini sangat berbeda dengan bisnis jualan barang yang cepat kadaluarsa seperti makanan. Deposit pulsa yang kamu beli dari distributor tidak akan basi meskipun dipendam dalam waktu yang lama. Selain itu bisnis ini juga tidak bergantung pada tren seperti bisnis pakaian.

6. Target Pasar Luas

Bisnis jualan pulsa memiliki target pasar yang sangat luas mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Karena sekarang sebagian besar orang sudah bergantung pada HP. Tapi HP saja tidak berguna kalau tidak bisa digunakan untuk menghubungi orang lain atau bermain game. Oleh karena itulah target pasar bisnis ini sangat luas.

Baca juga: Peluang Usaha dan Bisnis Kecil Kecilan Di Kampung yang Menguntungkan

Bagaimana Sistem Jualan Pulsa?

Semua jenis operator pulsa (XL, Telkomsel, Indosat, dll) disediakan oleh provider masing-masing. Kemudian dari provider akan disalurkan kepada agen pemasaran resmi yaitu distributor. Keberadaan distributor dari masing-masing provider sangat sedikit di setiap kotanya.

Distributor nantinya akan menyalurkan lagi pulsa dari setiap provider kepada server yang menyediakan penjualan pulsa elektrik ataupun pulsa fisik berupa voucher dan kartu perdana. Pihak distributor akan mendapatkan keuntungan atau diskon sebesar 2,5% dari masing-masing provider.

Dari sini kita sudah bisa menebak bahwa distributor memiliki keuntungan paling besar dibandingkan server atau agen-agen di bawahnya. Bahkan untuk satu prover saja kan mengalokasikan pulsa elektrik sebesar Rp50 Miliar per bulannya kepada distributor.

Kira-kira berapa keuntungan distributor?

Kita anggap saja ya sebuah distributor akan mendapatkan pulsa dari satu provider sebesar Rp50 Miliar. Berarti keuntungan yang akan dapatkan yaitu 2,5% dari Rp50 Miliar itu yaitu sebesar Rp1,25 Miliar (Rp 5 Miliar x 2,5%).

Keuntungan itu baru didapatkan dari satu provider saja lho, belum lagi dari provider lain. Tapi untuk menjadi distributor tentu saja tidak mudah karena modal yang yang sangat besar. Jadi kalau kamu masih merintis, sebaiknya buang saja angan-angan untuk menjadi distributor.

Kalau baru merintis mending jadi server atau counter saja. Counter biasanya akan mendapatkan keuntungan lebih kecil dibandingkan server. Kenapa begitu? Karena server memiiki sub agen yang ada di bawahnya. Jadi kamu bisa merintis dengan menjadi server atau sub agen sesuai dengan modal dan relasi yang kamu miliki.

Kalau mau hitung-hitungan, bisnis pulsa menjadi server atau sub agen keuntungannya tidak terlalu besar. Anggap saja kamu bisa membeli pulsa sebesar Rp100 juta per bulan dengan keuntungan rata-rata 5% untuk setiap transaksi. Berarti keuntungan yang akan kamu dapatkan hanya sekitar Rp5 juta.

Memang sih kalau kamu menjualnya langsung ke pelanggan keuntungannya bakal kecil. Tapi lain cerita kalau kamu merekrut orang lain untuk menjadi sub agen di bawahmu. Semakin banyak sub agen, keuntungan yang akan kamu dapatkan juga akan semakin tinggi.

Perhitungan Keuntungan Bisnis Pulsa

Keuntungan Bisnis Pulsa
Usaha jual pulsa apakah menguntungkan ? Kalau kamu baca dengan seksama uraian di atas, seharusnya kamu sudah bisa menebak berapa keuntungan bisnis pulsa yang akan kamu dapatkan. Menjual pulsa ke pelanggan langsung akan mendapatkan keuntungan kecil. Jadi kamu harus merekrut sub agen yang ada dibawahmu.

Kalau kamu menjual langsung pulsa ke pelanggan, rata-rata keuntungan bisnis pulsa yang akan didapatkan berkisar Rp 1.000,00 sampai 2.000,00 per transaksi. Misalnya keuntungan jual pulsa 5000 adalah Rp 2.000,00. Angka ini tidak berubah mengingat jarang sekali para agen pulsa menjualnya melebihi rata-rata. Kalau kamu demikian, siap-siap saja dijauhi pelanggan hehehe.

cara menghitung keuntungan jual pulsa seperti ini. Kita asumsikan saja kalau dalam seharinya kamu bisa menjual pulsa sebanyak 30 transaksi dengan keuntungan per transaksi sebesar Rp 2.000,00. Berarti keuntungan yang akan kamu dapatkan yaitu sebesar Rp60 ribu. Berarti keuntungan jual pulsa perbulan kamu Rp1,8 juta per bulan.

Untuk mendapatkan keuntungan bisnis pulsa tambahan, kamu bisa menerapkan sistem downline atau merekrut agen di bawahmu. Para sub agen itulah yang nantinya akan menjual langsung ke pelanggan.
Anggap saja kamu memiliki downline sebanyak 30 orang dan kamu mengambil keuntungan dari setiap sub agen sebesar Rp 200,00 per pulsa. Kita asumsikan juga kalau setiap sub agennya mampu melakukan 30 transaksi.

Berarti keuntungan bisnis pulsa yang akan kamu dapatkan dari satu sub agen saja sebesar Rp 6.000,00 (Rp 200,00 x 30). Berarti kalau dari 30 sub agen, keuntungan yang kamu dapatkan sebesar Rp 180.000,00 per hari dan Rp 5,4 juta per bulan. Sangat besar bukan dibandingkan menjualnya langsung?

Cara Memulai Bisnis Pulsa

Untuk menjadi agen pulsa tentu saja kamu harus mendaftar terlebih dahulu kepada distributor yang berbasis online. Untuk mencarinya kamu tingga googling saja ya. Kalau punya modal besar, kamu juga bisa menjadi seorang distributor. Hanya saja kamu akan kesulitan karena akan ada banyak tekanan dari para pemain lama.

Kalau kamu ingin menjadi sub agen, carilah penyedia pulsa terpercaya dan rintisan usaha ini dengan penuh kesabaran. Kalau sudah menemukan distributor yang sreg, mulailah dengan modal kecil lalu jalani secara perlahan. Kamu bisa menjualnya langsung ke orang-orang terdekat seperti keluarga, teman, dan tetangga.

Tapi kalau kamu sudah punya modal yang besar untuk membeli deposit pulsa sebaiknya menjadi distributor saja. Kemudian mencari downline atau sub agen di bawahmu. Tapi mencari sub agen juga bukan merupakan pekerjaan mudah mengingat kamu harus punya kemampuan mengajak orang dengan baik.

Baca juga: Usaha Budidaya Ternak Kambing Etawa, Bisnis 'KAMPUNGAN'

Cara Berjualan Pulsa Tanpa Punya Konter

Saya akan memberikan sedikit tips dan trik cara bisnis pulsa dengan menjualnya langsung ke pelanggan. Saya tidak akan membahas bagaimana cara bisnis pulsa dengan merekrut sub agen. Karena kalau kamu punya kemampuan menarik orang dengan baik, kamu bisa dengan mudah merekrut orang.

1. Perhatikan Jumlah Kompetitor

Melihat kompetitor di daerah sekitar sudah merupakan hal yang lazim ketika dilakukan ketika akan memulai usaha. Begitu juga kamu kalau ingin mulai bisnis pulsa tanpa konter. Cobalah untuk mengecek jumlah kompetitor di sekitar kamu dulu. Jika tidak ada kompetitor satupun, berarti usaha kamu sangat potensial.

Kalau jumlah kompetitor masih sedikit, kamu bisa bersaing dengan mereka. Tapi dengan catatan pasar bisnis pulsa kamu itu pasarnya banyak. Kalau kompetitornya sudah lebih dari tiga, sebaiknya kamu ganti bisnis lain yang lebih berpotensi mendapatkan keuntungan.

2. Pelajari Kekuatan Kompetitor

Karena mereka memiliki target pasar yang sama, maka kamu juga tidak boleh buta dengan kekuatan kompetitor. Pelajari mereka, bagaimana cara mereka menjua pulsa ke pelanggan, dan sebagainya. Biasanya, para penjual pulsa yang tidak memiliki konter akan menjualnya dengan sistem hutang.

Cara ini sebenarnya cukup riskan karena akan menghambat perkembangan bisnis kamu. Jika memang kamu ingin menggunakan cara yang sama, maka kamu harus punya strategi lain untuk menghadapinya.

3. Jangan Bergantung Pada Jualan Pulsa

Kalau kamu menjadi agen pulsa dengan cara menjualnya langsung ke pelanggan, keuntungannya akan sangat kecil. Lain halnya kalau kamu memiliki sub agen yang ada di bawahmu. Keuntungannya tentu saja akan meningkat.

Tapi kamu jangan berkecil hati mengenai keuntungan. Kamu bisa menjual produk pulsa lain selain pulsa elektrik seperti token listrik, PPOB, dan pulsa kuota. Kalau dijalani dengan serius, keuntungan bisnis pulsa kamu akan meningkat dengan menjalani ketiga usaha tersebut.

4. Promosi

Supaya bisnis pulsa kamu bisa dikenal banyak orang, jangan lupa untuk melakukan promosi. Apalagi kalau kamu adalah penjual pulsa pemula, otomatis promosi harus dilakukan dengan serius dan konsisten. Kamu bisa melakukannya dengan memberitahu keluarga, teman, dan tetangga.

Kamu juga memasang banner di depan rumah atau kontrakan yang menandakan bahwa kamu berjualan pulsa. Kalau tak punya modal bikin banner, bikin aja dari kerta A4 lalu tempel di tembok atau kaca depan rumah.

Suka main Facebook atau IG? Manfaatkan kedua media sosial tersebut untuk promosi. Tapi perhatikan juga sopan santun cara promosi di media sosial. Salah satunya yaitu jangan promosi secara membabi-buta karena akan dianggap spam.

Itulah pembahasan mengenai bisnis pulsa. Sekarang kamu sudah tahu berapa kira-kira keuntungan bisnis pulsa yang akan didapatkan. Jangan lupa untuk share artikel ini ke sosial media kamu ya biar lebih bermanfaat lagi.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "Trik Mendapatkan Keuntungan Bisnis Pulsa Tanpa Buka Konter"

Berlangganan via Email