CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr

10+ Makanan yang Dipercaya Bisa Mencegah Infeksi Virus Corona

Cecepkocep.com – Sekarang sudah muncul penyakit yang benar-benar mengancam kehidupan manusia bernama COVID-19 atau dikenal penyakit Corona. Penyakit ini sudah populer karena sudah mewabah di seluruh termasuk Indonesia. Virus ini sudah semakin menyebar dan menelan banyak korban.

Lalu bagaimanakah cara melakukan pencegahannya? Adakah menu makanan yang bisa membuat manusia terhindar dari penyakit yang sangat mematikan ini?

Pihak pemerintah sudah menghimbau masyarakat Indonesia untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Selain itu juga diharuskan untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar, serta mengkonsumsi makanan yang sehat.

10 Makanan Pencegah Penyakit Corona

Salah satu cara supaya tubuh kita terhindar dari virus COVID-19 yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang baik akan membuat tubuh bisa kuat melawan berbagai virus termasuk corona. Berikut ini adalah beberapa makanan terbaik yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Jahe

Siapa yang menyangka kalau ternyata jahe bisa membuat tubuh kita kuat terhadap virus Corona. Ya, jahe memang dikenal sebagai makanan yang akan meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Karena di dalamnya terdapat kandungan polifenol dan gingerol yang memiliki banyak khasiat untuk tubuh.

Kandungan lainnya seperti ekspektoran sangat berguna untuk melegakan tenggorokan dan dada. Dengan begitu, jahe sangat cocok kita konsumsi untuk menyembuhkan batuk dan flu yang menjadi gejala terjangkitnya virus Corona.

2. Temulawak

Curcuma Xanthorrhiza atau lebih dikenal sebagai temulawak juga dipercaya sebagai tanaman yang cocok untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Karena di dalam tanaman ini terdapat banyak sekali vitamin. Selain itu juga mengandung nutrisi dan mineral lain yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Temulawak juga berkhasiat untuk meningkatkan fungsi ginjal dan anti radang karena didalamnya terkandung curcumin.

3. Sereh

Kandungan curcumin pada tanaman sereh juga dipercaya bisa menjadi penangkal penyakit COVID-19. Tanaman ini juga memiliki kandungan lain seperti vitamin B, kalium, zat besi, dan magnesium yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

Sebaiknya kita harus mengkonsumsi makanan yang satu ini supaya tubuh kita bisa terhindar dari virus corona meskipun kemungkinannya sangat kecil. Tapi jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya karena memiliki efek buruk juga untuk tubuh.

4. Kunyit

Tidak hanya sebagai bumbu dapur, kunyit juga bisa kita konsumsi untuk mengobati penyakit kanker. Selain itu kunyit juga bisa meningkatkan imunitas tubuh dari serangan virus. Nah kandungan curcumin dalam kunyit juga juga bisa dipercaya bisa menakan virus COVID-19 di dalam tubuh.

5. Bawang Putih

Tanaman yang biasa kita temukan di dapur ini ternyata bisa mencegah penularan virus Corona. Karena selain bisa meningkatkan daya tahan tubuh, bawang putih juga bisa menurunkan tekanan darah. Sehingga sangat bagus untuk memperlambat pengerasan pembuluh darah dalam tubuh.

Bawang putih mengandung allicin yang tanaman ini memiliki aroma yang khas dan aneh. Nah ternyata senyawa tersebut sangat berguna untuk melawan penyakit pilek dan infeksi lainnya. Khasiat antibakteri dan antivirus pada bawang putih juga akan meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Bawang putih juga mengandung senyawa lainnya seperti antioksidan, fosfor, seng, potasium, dan kalsium. Senyawa tersebut juga bisa memperkuat sistem pernapasan dan memperbanyak jumlah sel darah putih dalam tubuh. Sebagai pencegahan dari penularan virus corona, kita bisa mengkonsumsinya sebelum tidur.

6. Sayur Brokoli

Sayuran brokoli juga bisa mencegah penularan virus corona. Karena di dalamnya mengandung vitamin A, C, dan C, serta mineral dan antioksidan. Ketiga vitamin tersebut bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Sementara antioksidan bisa mencegah proses oksidasi dan radikal bebas pada sel dan organ tubuh, sehingga tubuh kita akan menjadi lebih kuat.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Plant Food for Human Nutrition 2020, sayur brokoli terbukti bisa mengurangi stres oksidatif. Ini adalah kondisi dimana jumlah radikal bebas dalam tubuh melebihi kapasitas, sehingga tubuh akan mengalami oksidasi berlebih dan menimbulkan kerusakan pada sel dan organ tubuh.

7. Buah Sitrus

Sitrus merupakan jenis buah yang kaya akan vitamin C yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin ini juga akan meningkatkan sel darah putih yang sangat berperan penting dalam melawan bibit penyakit.

Beberapa yang termasuk ke dalam buah sitrus adalah anggur, lemon, jeruk nipis, jeruk mandarin, dan grapefruit. Cobalah untuk mengkonsumsi buah-buahan tersebut secara berkala untuk supaya terhindar dari paparan virus COVID-19.

8. Bayam

Makanan yang bisa mencegah penularan virus corona adalah sayur bayam. Sayuran ini memiliki berbagai vitamin yaitu vitamin A, C, B Kompleks,E, dan K yang bisa membantu tubuh untuk melawan virus-virus jahat.

Kandungan mineral utama lainnya seperti asam folat, kalsium, zat besi, potasium, dan magnesium juga sangat baik untuk tubuh. Sementara kandungan serat dan antioksidan akan membuat tubuh terhindar dari radikal bebas. Sehingga sayur bayam bisa menjadi makanan yang bisa mencegah penularan virus corona.

9. Ikan Berlemak

Tak perlu diperdebatkan lagi kalau lemak pada ikan sangat berkhasiat untuk tubuh dibandingkan lemak dari hewan lain. Nutrisi pada ikan bisa meningkatkan imune tubuh dalam melawan penyakit. Kandungan asam lemak omega 3, 6, dan 9 juga bisa mengurangi gejala sindrom metabolik, autoimun dan melawan radang.

American Heart Association (AHA) menganjurkan untuk mengkonsumsi ikan berlemak kurang lebih 2  porsi dalam seminggu. Satu porsi sekali makan yang dianjurkan adalah 80 gram atau seukuran dengan satu deck kartu. Beberapa ikan berlemak yang bisa kita konsumsi adalah sarden, salmon, herring, tuna, dan mackerel.

10. Minyak Zaitun

Berdasarkan beberapa penelitian mengungkapkan bahwa minyak zaitun mengandung antibakteri yang akan membuat daya tahan tubuh semakin kuat. Minyak ini bisa membantu tubuh dalam memerangi virus-virus jahat. Kita bisa menambahkan minyak ini ke dalam masakan atau dressing salad.

11. Madu

Kandungan eni, mineral, dan vitamin bisa menjadi penguat untuk tubuh. Selain itu madu juga bisa memberikan energi tambahan untuk tubuh. Kita bisa mengkonsumsinya secara langsung atau dicampur dengan yoghurt, minuman lain, dan berbagai hidangan lainnya.

12. Teh

Selain bisa memberikan efek ketenangan, teh juga bisa membuat daya tahan tubuh kita semakin kuat. Dalam sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang minum lima cangkir teh sehari akan memiliki lebih banyak interferon yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Itulah berbagai makanan yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai penyakit. Sekarang sudah banyak orang yang terinfeksi, jadi kita jangan menanggap COVOID-19 sebagai penyakit sepela. Untuk mencegahnya kita bisa mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, kita juga harus mengikuti aturan yang dibuat oleh pemerintah supaya virus corona tidak bisa menyebar lagi. Usahakan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan konsumsi makanan yang bergizi. Semoga virus mematikan ini bisa tiada sebelum bulan Ramadhan tiba.

Baca juga: Harus Tahu! Inilah Cara Penularan Virus Corona yang Kamu Waspadai
Related Posts
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Post a Comment