CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr

Random

10+ Pentingnya Penggunaan Email Profesional dalam Bisnis

Iklan Billboard 970x250

10+ Pentingnya Penggunaan Email Profesional dalam Bisnis

Pentingnya Penggunaan Email Profesional dalam Bisnis

Keberadaan ilmu teknologi yang tengah berkembang pesat telah mempengaruhi pola kehidupan manusia, termasuk dalam hal berkomunikasi. Jika dulu kita mengirim surat kepada orang lain dalam bentuk tulisan di atas kertas lalu mengirimnya ke kantor pos. Tapi untuk sekarang polanya telah berubah, yaitu dengan menggunakan email.

Untuk tingkatan yang lebih tinggi lagi, email juga bisa digunakan untuk bisnis. Bahkan teknik pemasaran menggunakan email (email marketing) masih sangat efektif. Sudah banyak para pebisnis yang berhasil meningkatkan penjualan dengan teknik pemasaran ini.

Pemasaran menggunakan teknik email marketing tentu saja akan lebih baik lagi jika menggunakan email yang profesional. Maksud email profesional yaitu email yang dibuat khusus untuk berbisnis. Sehingga akan orang akan lebih percaya dengan layanan atau produk yang akan kamu jual.

Sebelum membahas lebih jauh lagi tentang email profesional, saya akan sedikit memberikan ulasan tentang email itu sendiri. Saya akan mengulas sedikit mengenai pengertian email, cara kerjanya seperti apa, dan manfaatnya apa saja. Simak ulasan lengkapnya di bawah. Selamat membaca.

Apa Itu Email?

Email adalah singkatan dari Electronic Mail yang kalau kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya surat elektronik. Sama seperti surat, hanya saja email menggunakan format digital dan kita hanya bisa mengirimkannya menggunakan koneksi internet.

Karena alasan itulah email akan membuat kita bisa mengirim pesan dengan lebih cepat. Selain itu kita juga bisa menghemat waktu karena untuk mengirim pesan sampai tujuan hanya memerlukan waktu beberapa detik saja. Berbeda dengan surat jaman dulu yang harus menunggu berhari-hari untuk sampai ke tujuan.

Tidak hanya berisi tulisan saja, kita juga mengisinya dengan konten audio, video, dan gambar. Dengan begitu, tentu saja email ini akan membuat kita bisa mengirim pesan dengan lebih lengkap lagi. Informasi yang akan kita berikan ke orang yang kita tuju akan lebih lengkap, sehingga orang tersebut bisa mencerna pesan dengan lebih cepat.

Saat ini keberadaan email tidak hanya digunakan sebagai alat untuk mengirim pesan saja. Tapi sekarang email juga menjadi persyaratan utama dalam pembuatan akun sosial media seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Bahkan tidak hanya untuk akun sosial media, untuk bisa daftar ke salah satu platform kita juga harus memiliki email.

Cara Kerja Email

Sebenarnya cara kerja email tidak berbeda jauh dengan surat tradisional yang berbentuk fisik. Jika dulu harus mengirimnya melalui kantor pos, sekarang kita mengirmnya dengan cepat dengan bantuan koneksi internet. Selain itu isi pesan yang ada di dalam email juga akan lebih lengkap karena bisa disertai dengan audio, video, dan gambar.

Untuk mempermudah pemahaman kamu mengenai cara kerja email, silahkan untuk memperhatikan gambar di bawah ini.

Bagaimana Email Bekerja?
  • Tahap pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka email terlebih dahulu. Kamu bisa membukanya di Yahoo, Gmail, atau tempat pembuatan mail lainnya. Setelah itu kamu tinggal menulis pesan yang bisa dilengkapi dengan gambar, video maupun gambar. 
  • Setelah menulis, kamu juga harus memperhatikan instruksi yang diberikan pada aplikasi email yang digunakan. Misalnya kamu haru mengisi alamat email tujuan dan judul emailnya itu sendiri.
  • Setelah mengirim email, server email yang kamu gunakan akan mengidentifikasi alamat email yang kamu tuju. Kemudian server akan mengirimkan pesan yang kamu buat ke email server lain yang lokasinya dekat dengan server email yang dituju. Bahkan satu email yang kamu kirim akan dikirimkan melalui beberapa server yang tergantung dari rute yang dilaluinya.
  • Setelah email terkirim ke tujuan, maka pesannya akan tersimpan di server email penerima. Jika sudah tersimpan, si penerima bisa membuka dan membaca pesan tersebut.
  • Ketika si penerima itu membuka pesan di inbox atau kotak pesan, maka dia akan kembali meminta email baru yang terdapat di server yang kemudian mengunduhnya ke dalam komputernya. Setelah itu, kamu tinggal melihat dan membaca pesan yang telah diunduh tersebut.

Manfaat Email

Seperti sudah saya singgung sebelumnya, bahwa email merupakan persyaratan penting dalam pembuatan akun suatu platform selain berfungsi juga untuk membuat pesan. Tapi sebenarnya banyak sekali manfaat dari email ini. Apa sajakah itu?

1. Mengirim dan Menerima Pesan

Peranan paling penting dari email yaitu untuk mengirim dan menerima pesan. Kita bisa dengan cepat mengirim pesan kepada orang kita tuju, bahkan waktu pengirimannya ini hanya dalam hitungan detik saja.

Tapi cepat dan lamanya pengiriman tergantung dari kecepatan internet baik oleh kita sebagai pengirim pesan maupun si penerima pesan itu sendiri. Kalau koneksi internet kencang, proses pengiriman dan penerimaan pesan akan lebih cepat.

2. Mengirim dan Menerima File

Salah satu ciri khas dari email ini yaitu bisa mengirimkan konten atau file baik dalam bentuk link, audio, video, dan gambar. Biasanya file tersebut akan ditambahkan dalam bentuk lampiran (attachment) pada email. Untuk itu, kamu harus memperhatikan komponen-komponen penting dalam menulis pesan pada jenis aplikasi email yang kamu gunakan.

3. Mendaftar di Berbagai Situs/Platform

Coba kamu perhatikan, sebagian besar layanan website atau platform saat ini mengharuskan mendaftar menggunakan email untuk membuat akun. Kamu memang bisa mendaftar menggunakan akun Facebook, tapi akun Facebook juga dibuat dengan menggunakan email.

Berbagai website, platform, dan aplikasi membutuhkan verifikasi dari penggunanya. Salah satu cara untuk melakukan hal tersebut pengguna harus memiliki email yang valid. Karena alasan itulah email sangat penting sebelum kamu memulai aktivitas di berbagai website, platform, dan aplikasi.

4. Untuk Branding

Email juga bisa kita gunakan sebagai identitas diri kita di dunia maya atau personal branding. Orang lain yang ingin berhubungan dengan kita harus menghubungi email terlebih dahulu. Bahkan ketika kamu ingin terjun di dunia bisnis online, email merupakan sebuah keharusan yang harus dimiliki.

Hal ini sangat berhubungan dengan poin sebelumnya. Email menjadi persyaratan yang sangat mutlak untuk memulai aktivitas di berbagai layanan digital. Misalnya ketika kamu akan menggunakan smartphone, tentu saja kamu harus melakukan aktivasi terlebih dahulu dengan akun gmail.

5. Pemasaran Online

Kamu juga bisa melakukan pemasaran online dengan memanfaatkan email. Bahkan sekarang sudah banyak orang yang sukses meningkatkan penjualannya dengan melalui email marketing.
Memang saat ini popularitas pemasaran dengan email tergolong 'jadul' karena popularitasnya kurang jika dilakukan pemasaran dengan sosial media seperti Instagram. Tapi sampai saat ini email marketing termasuk metode penjualan yang masih sangat efektif.

Jenis-Jenis Email

Kalau kita mengacu kepada pengertian email yang sudah saya jelaskan diatas, email memiliki tiga jenis. Ketiga jenis email tersebut adalah Pop Mail, Webmail, dan Forwad Mail. Ketiganya masih digunakan sampai sekarang.

1. Pop Mail

Dari namanya saja kamu mungkin sudah bisa menebak ya. Ya, ini adalah email yang berbasis pop. Pop sendiri merupakan singkatan dari post office protocol. Pengguna ISP biasanya akan mendapatkan email jenis ini. Perusahaan akan memberikan jenis email ini kepada para karyawannya.

2. Webmail

Sudah cukup jelas ya kalau Webmail adalah email yang berbasis pada web. Untuk bisa mengaksesnya kita harus membuka halaman website penyedia layanan email tersebut. Misalnya adalah Gmail, Yahoo, dan Microsoft.

3. Forward Mail

Forward Mail adalah email yang meneruskan (forward) email yang kita terima ke alamat email lain. Mereka yang sering bergunta-ganti alamat email biasanya akan menggunakan jenis Forwad Mail.

Email Bisnis vs Gratisan

Email Gratis vs Email Berbayar
Sebenarnya email itu hanya ada dua macam yaitu gratis dan berbayar. Fungsi utama dari kedua macam email tersebut memang sama seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Tapi email berbayar tentu saja memiliki banyak fitur yang tidak dimiliki oleh email berbayar.

Sebenarnya kamu sudah bisa menebak mana email berbayar dan email gratisan. Biasanya email gratis dibuat di web yang menyediakan layanan email (webmail) seperti Gmail dan Yahoo. Oleh karena itu dalam nama email akan menyebutkan nama website pembuat website tersebut. Misalnya namakamu@gmail.com atau namakamu@yahoo.com.

Hal tersebut akan berbeda ketika kamu menggunakan email berbayar. Kamu tidak akan menggunakan domain seperti @gmail dan @yahoo pada email kamu. Format email berbayar bisa kamu sesuaikan dengan bisnis yang kamu jalankan. Format penulisan emailnya yaitu namakamu@namadomain. Misalnya kocep@cecepkocep.com.

Ketika kamu akan terjun ke dunia bisnis online, memiliki email berbayar merupakan sebuah keharusan. Kamu harus segera beralih dari email gratis ke email bisnis. Sebenarnya sah-sah saja melakukan bisnis dengan hanya menggunakan email gratis.

Tapi sayangnya menggunakan email gratisan akan membuat bisnis kamu kurang terlihat profesional. Kepercayaan calon pelanggan akan kurang tinggi jika email yang kamu gunakan masih gratisan. Coba kamu perhatikan contoh email di bawah ini.
  1. cecepsuparman@gmail.com
  2. kocep9874@yahoo.com
  3. kocep876@outlook.com
  4. info@nasipadang.com
  5. service@yukmenjahit.com
Jawab dengan jujur, menurut kamu email mana yang terlihat profesional. Aku yakin kamu akan memilih email nomor 4 dan 5. Karena kedua email tersebut lebih profesional dan akan meningkatkan kepercayaan konsumen untuk membeli produk atau jasa kamu.

Pentingnya Penggunaan Email Profesional dalam Bisnis

Email domain yang berbayar harus segera dimiliki oleh para pebisnis atau pengusaha. Karena email domain akan meningkatkan profesionalitas perusahaan itu sendiri. Keberadaan email yang profesioanl sangat penting dalam berbinsis online.

Banyak sekali keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan email yang profesional. Apa saja itu? simak pembahasannya di bawah.

1. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Menggunakan email berbayar ternyata akan meningkatkan kredibilitas bisnis yang kamu jalankan. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Versign, ternyata 65% konsumen setuju bahwa perushaan yang menggunakan email berdomain terlihat lebih kredibel dibandingkan dengan email gratisan.

Kamu sendiri juga kurang percaya terhadap perusahaan yang menggunakan email gratisan. Bahkan sebagian besar dari konsumen akan memasukkan email tersebut ke daftar spam. Jika sudah terjadi hal seperti itu, kemungkinan email kamu yang samapi kepada konsumen tidak akan sampai karen telah terkena blacklist.

2. Untuk Memperkuat Branding

Saya sudah singgung sebelumnya bahwa email bisa digunakan untuk branding, tapi jenis email yang digunakan harus berbayar. Kekuatan branding kamu akan lebih kuat dibandingkan dengan menggunakan email gratisan.

Ketika kamu melakukan promosi kepada konsumen dengan menggunakan email gratisan, kemungkinan mereka akan menganggapnya sebagai angin lewat. Meskipun membukanya, mereka juga tidak akan tahu bahwa itu adalah email dari perusahaan kamu kecuali jika di dalam pesannya ada pernyataan.

Dari sana kita tahu bahwa kamu sudah dianggap gagal dalam melakukan promosi kepada calong pelanggan. Kamu sudah melewatkan kesempatan kamu untuk memperkuat branding perusahaan. Kamu tentu ingin meningkatkan jumlah penjualan bukan? Oleh sebab itu kuatkan branding usaha kamu dari sekarang.

3. Bisnis Kamu Mudah Ditemukan

Ketika kamu melakukan promosi kepada konsumen dengan menggunakan email perusahaan, mereka akan memperhatikan alamat email tersebut. Mereka akan lebih penasaran dengan perusahaan atau bisnis kamu. Dengan begitu kemungkinan besar mereka akan melakuakn pembelian terhadap produk atau layanan dari usaha kamu.

Misalnya Rina adalah karyawan yang tugasnya bertugas melakukan promosi melalui email. Nama emailnya adalah Rina@cecepkocep.com. Ketika dia mengirimkan pesan ke email kamu, kamu tentu saja penasaran. Kamu tentu akan kepo dimana sih Rina bekerja.

Dari sana kamu sudah bisa tahu dimana dia bekerja dengan melihat domain emailnya yaitu cecepkocep.com. Otomatis kamu akan berkunjung ke situs cecepkocep.com untuk melihat perusahaan dimana Rina bekerja.

4. Penjualan Meningkat

Ketika konsumen sudah mengetahui binsis kamu, secara otomatis kemungkinan besar penjualan akan meningkat. Oleh karena itulah kamu jangan menyepelekan kemampuan branding. Karena branding yang kuat bisa mengkonversi konsumen menjadi pelanggan yang membeli jasa atau produk kamu.

Kekuatan branding dengan teknik email marketing masih sangat efektif sampai saat ini. Sudah banyak para pebisnis yang berhasil menjual banyak produk atau jasa dengan menggunakan teknik klasik ini.

5. Bisa Backup Data Email

Sebenarnya website penyedia email gratis seperti Gmail juga menyediakan backup secara gratis. Tapi sayangnya fasilitas tersebut sangat terbatas. Hal ini tentu saja sangat berbeda jika kamu menggunakan email berbayar dimana kau bisa backup maupun restore pada semua akun email yang terhubung dengan domain perusahaan kamu.

Sementara itu, data yang akan kamu miliki tentu saja akan sangat banyak ketika menggnakan email bisnis. Karena di dalamnya akan ada pertukaran informasi, penawaran atau promosi, dan transaksi penting lainnya. Supaya data-data tersebut tidak hilang, kamu harus melakukan backup.

6. Kapasitas Penyimanan Besar

Website layanan email gratis seperti Gmail juga menyediakan kapasitas penyimpanan yang cukup bisar. Kamu memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB yang bisa digunakan untuk penyimpanan file di Google Drive.

Kalau hanya untuk keperluan pribadi itu memang bukanlah masalah. Tapi jika digunakan untuk keperluan berbisnis kapasitas penyimpanan 15 GB itu tidak akan muat. Kamu harus menggunakan layanan email berbayar supaya kapasitas penyiumpanannya sangat besar.

7. Bebas Iklan

Ucapkan selamat tinggal pada iklan jika kamu menggunakan email berbayar. Bahkan kamu tidak akan menerima pesan beriklan di kotak masuk (inbox). Dengan begitu produktivitas kamu akan tidak akan terganggu oleh berbagai promosi yang datang bermunculan.

8. Keamanan Akun Lebih Terjaga

Adanya iklan yang masuk ke dalam email kamu menandakan bahwa penyedia layanan email gratis bisa melihat isi email yang ada di dalam inbox. Dengan begitu informasi yang kamu miliki akan bocor ke pihak lain meskipun kemungkinanya sangat kecil.

Kamu tentu tidak ingin kan bisnis kamu bocor kepada mereka yang tidak bertanggung jawab? Hal itu tidak akan terjadi ketika kamu menggunakan layanan email berbayar. Karena mereka tidak akan mengintip isi pesan yang kamu terima ataupun kirim.

Salah satu kelebihan lainnya yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan layanan email berbayar adalah perlindungan dar spam, malware dan phising. Dengan begitu email berbayar akan meningkatkan keamanan privasi bisnis kamu.

9. Pengaturan Akun Lebih Fleksibel

Ketika bisnis kamu sudah cukup besar atau memiliki cukup banyak karyawan, tentu saja sudah tidak memungkinkan lagi menggunakan layanan email gratisan. Cara kamu untuk mengelola kinerja karyawan tidak akan efektif.

Misalnya saja ketika ada karyawan kamu yang keluar, kamu tidak mungkin menghapus akun emailnya karena kamu bukan pemilik akun email tersebut. Akan lebih sulit lagi kalau dia sudah mengganti kata sandinya.

Tidak hanya itu, kamu tidak bisa menggunakan alamat email yang sesuai dengan yang diinginkan. Karena mungkin saja alamat email tersebut sudah digunakan oleh orang lain.

Oleh karena itulah kamu harus menggunakan email berbayar. Karena semua akun karyawan akun kamu bisa dikelola dengan baik dalam satu perusahaan kamu. Kamu bisa sesuaikan dengan nama staf atau departemennya.

Layanan email berbayar juga akan membuat kamu bisa melakukan boradcasting. Fitur tersebut berfungsi untuk mengirimkan email ke email lain yang terhubung dengan domain perusahaan kamu.

10. Bisa Membuat Banyak Nama Email

Ketika kamu menggunakan email gratisan, kamu hanya bisa membuat satu alamat email saja seperti namabisnis@gmail.com. Tapi bagaimana kalau perusahaan kamu itu sudah besar dan memiliki banyak staf atau departemen? Padahal mereka harus punya email untuk menjalankan peran mereka masing-masing.

Nah dengan menggunakan email berbayar kamu bisa membuat email tak terbatas. Kamu bisa membuatnya sesuai dengan tugas karyawan kamu. Misalnya seperti ini.

  • Bagian Customer Service kamu bisa membuat nama email cs@cecepkocep.com
  • Bagian Technical Support diberi nama email support@cecepkocep.com
  • Bagian HRD diberi nama email hrd@cecepkocep.com
  • Bagian lowongan pekerjaan bisa diberi nama loker@cecepkocep.com
Kamu bisa membuatnya sesuai dengan kebutuhan. Tentu saja kamu akan membuat lebih banyak nama email jika perusahaan kamu sudah besar. Hal ini tentu saja juga akan meningkatkan profesionalitas bisnis kamu di mata konsumen.


11. Bisa Mengontrol Bisnis

Ketika masing-masing staff atau departmen perusahaan kamu sudah diberi alamat email, kamu bisa melakukan pengawasan terhadap komunikasi bisnis. Misalnya kamu memiliki 10 alamat email, maka kamu bisa melihat arus komunikasi yang terjadi di dalamnya. Kamu tinggal forward 10 email tersebut ke satu email induk dimana hanya kamu saja yang bisa mengaksesnya.

Tapi bagaimana jika karyawan kamu keluar (resign)? apakah email mereka harus dihapus? Kamu jangan menghapusnya, tapi hapus saja inbox-nya. Buatlah email forwading dengan nama karyawan kamu yang resign dan komunikasi akan terkirmi ke staf baru. Selanjutnya kamu tinggal memonitorinya tanpa harus kehilangan pelanggan.

Cara Mendapatkan Email Profesional

Cara Mendapatkan Email Profesional
Sekarang kamu sudah tahu kan betapa pentingnya email yang profesional? Mulai sekarang kamu sudah harus mempertimbangkan untuk segera beralih menggunakan email yang profesional, terutama untuk berbisnis. Lalu apakah sulit untuk membuat email profesional?

Cara untuk mendapatkan email profesional sebenarnya tidak sesulit dengan apa yang kamu bayangkan. Banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan email yang profesional. Kamu bisa menggunakan layanan email hosting, FlockMail. AliMail, dan Google Suite. Disini saya akan coba jelaskan satu persatu.

Email Hosting

Email Hosting termasuk salah satu layanan yang berfungsi untuk menyimpan data email dan fasilitas lainnya dalam mengirim dan menerima email. Layanan email hosting ini biasanya menggunakan server khusus untuk email.

Tapi ketika menggunakan email hosting, kamu tidak akan bisa membuat ataupun menyimpan data website. Kamu juga tidak akan mendapatkan addon ataupun sub domain. Email hosting memang dikhususkan untuk email saja dan tidak bisa digunakan untuk keperluan lain.

Untuk mendapatkan email profesional bisa kamu dapatkan gratis ketika membeli hosting. Tidak hanya email, kamu juga akan mendapatkan domain gratis. Salah satu website yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan Hosting Indonesia yang murah dan berkualitas adalah Rumahweb.

Rumahweb termasuk salah satu penyedia hosting dan domain legal terpercaya di Indonesia. Keberadaanya telah diakui oleh ICANN dan sudah teregister di PANDI (Penyedia Nama Domain Indonesia).

Cara Membuat Email Profesional dengan Hosting

Hal pertama yang harus kamu miliki sebelum membuat email profesional adalah hosting dan domain. Untuk mendapatkan layanan hosting yang berkualitas, kamu bisa berkunjung ke website resmi Rumahweb. Ketika kamu membeli hosting, biasanya kamu akan mendapatkan email hosting unlimited. Misalnya seperti pada gambar di bawah ini.

Contoh Paket Hosting Rumah Web

Langsung saja ya kamu login ke cPanel terlebih dahulu. Untuk mengakesnya kamu bisa bisa menggunakan link ini: https://domainkamu.com/cpanel. Ganti domainkamu dengan nama domain kamu yang kamu gunakan. Setelah itu itu klik menu “Email Accounts” untuk membuat email.

Cara Membuat Email Profesional dengan Hosting

Setelah itu klik menu “Create” yang terletak di sisi sebelah kiri.

Cara Membuat Email Profesional dengan Hosting

Di halaman selanjutnya kamu akan menemukan 3 kolom yang harus kamu isi. Ketiga kolom tersebut adalah username, password, dan kapasitas untuk akun email tersebut. Ketiga kolom tersebut harus diisi ya.

Cara Membuat Email Profesional dengan Hosting

Setelah mengisi ketiga kolom tersebut, kemudian klik menu “Create”. Selamat kamu telah selesai membuat akun email. Untuk mengakses email yang telah kamu buat kamu bisa lakukan dari webmail http://namadomain.com/webmail.

Kamu juga bisa menambah kapasitas email jika memang kapasitas yang sebelumnya kamu buat tidak mencukupi. Kamu bisa menambahnya dengan cara masuk ke cPanel > Email Account. Disana kamu akan melihat daftar email yang telah kamu buat.

Setelah itu kamu klik “Manage” dan masukkan space baru. Klik tombol “Update Email Setting” dan tunggu proses penambahan kuota hingga selesai.

Cara Membuat Email Profesional dengan Hosting

Flockmail

Kamu juga bisa mendapatkan email profesional dengan menggunakan layanan Flockmail yang tersedia di Rumahweb. Layanan ini sangat cocok digunakan jika kamu hanya membutuhkan email saja, tanpa hosting ataupun domain.

Layanan Flockmail Rumahweb

Kapasitas email yang akan kamu dapatkan dengan layanan Flockmail ini sangat besar hingga 30 GB. Kamu juga bisa mengaksesnya dari perangkat smartphone (iOS & Android) ataupun desktop (MacOS & Windows).

Tidak hanya sekedar bisa membuat email, layanan Flockmail ini memiliki fitur lain seperti kalender, kontak, screen sharing, video conference, dsb. Fitur lengkap yang terdapat pada layanan Flockmail ini akan mempermudah kerja kamu untuk berbisnis. Berikut beberapa fitur yang dimaksud.

1. ThreadThread Flockmail Rumah Web

Fitur ini akan membuat percakapan lebih mudah. Karena percakapan yang ada dalam subject akan ditampilkan dalam thread. Hal ini tentu saja akan membuatmu bisa mengikuti semua percakapan dalam topik sama dengan lebih mudah.

2. Advance Search
Advance Search Flockmail Rumah Web
Fitur ini akan membuatmu lebih cepat dan mudah dalam pencarian arsip email. Kamu bisa melakukan pencarian di mailbox yang telah tersedia. Kamu bisa mencarinya berdasarkan email pengirim/penerima, subject, tanggal, dan kata kunci tertentu.

3. Undo Send
Dengan fitur ini kamu tidak perlu lagi salah kirim. Fitur ini sangat berguna untuk meminimalisir kesalahan seperti typo, lupa menambahkan attachment, dan salah email. Dengan begitu fitur ini akan membuatmu lebih teliti dan percaya diri.

4. Read Receipts
Kamu bisa melakukan tracking apakah penerima email sudah membaca email yang kamu kirimkan. Kamu tinggal klik link yang ada di dalamnya, lalu download attachment-nya. Fitur ini tentu saja akan membuat semua email yang kamu kirimkan bisa di-track lebih mudah dan efektif.

5. Video Conference
Video Conference Flockmail Rumah Web
Kamu juga melakukan meeting dengan rekan kerjamu kapanpun dan dimanapun. Kamu tidak harus langsung bertatap muka dengan mereka dengan memanfaatkan fitur Video Conference.

6. Screen Sharing
Screen Sharing Flockmail Rumah Web


Fitur ini akan mempermudah kamu dalam melakukan presentasi secara online. Karena fitur Screen Sharing ini bisa membagikan tampilan desktop kepada peserta meeting.

7. Single View
Kalender Flockmail Rumah Web


Fitur Single View akan membuatmu bisa melihat kalender dengan lebih mudah. Dengan fitur Single View, kamu bisa melihat jadwal harian, mingguan, dan bulanan dengan lebih intuitif. Dengan begitu kamu bisa mengatur waktu dengan lebih efisien.

8. Calendar Sharing
Selain bisa mengatur waktu kerja dengan lebih efektif, kamu juga bisa menjadwalkan pekerjaan dengan lebih tepat. Kamu bisa memanfaatkan fitur Calendar Sharing untuk mengecek jadwal rekan kerja. Fitur ini juga bisa membantumu dalam menentukan jadwal event bersama tim.

9. Link Video Conference Terintegrasi
Calendar Call Flockmail Rumahweb


Kamu juga bisa menyertakan link video conference atau e-meeting pada kalender. Fitur ini tentu saja akan membuatmu lebih mudah dalam menentukan jadwal langsung pada kalender.

10. Bisa Diakses di Semua Perangkat
Flockmail Rumahweb bisa diakes di semua perangkat

Kelebihan lain dari layanan Flockmail di Rumahweb adalah bisa diakses di berbagai perangkat. Bahkan kamu bisa mengaksesnya meskipun sedang offline sekalipun. Flockmail ini tersedia dalam native application untuk Mac, Windows, Linux. Kamu juga bisa mengaksesnya di smartphone dengan sistem operasi Android dan iOS.

Alibaba Mail

Paket Alibaba Mail Rumahweb

Tidak jauh berbeda dengan Flockmail, Alibaba Mail juga termasuk salah satu cara untuk mendapatkan email profesional. Alibaba Mail sangat cocok digunakan oleh perusahaan besar karena kapasitas emailnya bisa mencapai 1 TB.

Kamu bisa mendapatkan layanan Alibaba Mail dari Rumahweb. Ada dua paket yang tersedia yaitu Standard dan Advance. Fitur-fitur yang dimiliki oleh Alibaba Mail dari Rumahweb ini juga sangat lengkap dan tidak jauh berbeda dengan Flockmail.

1. Webmail Cerdas
webmail Alibaba Mail Rumahweb
Kamu akan lebih mudah dalam membaca pesan dalam email karena percakapan yang berada dalam subject sama akan dijadikan dalam satu thread. Alibaba Mail juga dilengkapi dengan tagging dan folder yang berfungsi untuk mengelompokkan email supaya lebih efisien.

2. Time Management dengan Kalender
Calendar Alibaba Mail Rumahweb
Waktu pekerjaan kamu akan lebih efisien karena ada pengaturan kalender yang lebih tertata. Ke dalam kalender tersebut kamu bisa mengirimkan undangan meeting secara otomatis. Tentu saja hal ini akan membuat waktu kerjamu semakin mudah dan efektif.

3. Address Book Individu & Perusahaan
Address Book Alibaba Mail Rumahweb
Tidak hanya setiap karyawan saja yang memiliki kontak, perusahaan juga bisa memiliki email yang bisa diakses oleh karyawan. Kamu bisa membagikan kontak kepada kolega lain dengan lubah mudah dan permissionnya bisa diatur dengan lebih detail.

4. Tidak Akan ada lagi Tugas terlewat
Task Alibaba Mail Rumahweb
Email akan terintegrasi langsung dengan manajemen task dengan membuat pengaturan pekerjaan menjadi lebih terorganisir. Fitur ini akan memunginkan leader memberikan tugas kepada membernya dengan deadline tertentu.

5. File Sharing dengan Drive
File Sharing Alibaba Mail Rumahweb
Fitur Drive ini memungkinkan kamu bisa berbagi file kepada sesama tim member maupun ke pihak lain seperti pelanggan dengan permission yang bisa kamu atur sesuai kebutuhan. Kapasitasnya ini mencapai 10 GB dan kamu bisa berbagi file dengan lebih leluasa.

Google Suite

Contoh Paket Google Suite Rumah Web
Cara mendapatkan email profesional lainnya yaitu dengan menggunakan layanan Google Suite. Kamu bisa menggunakannya lebih mudah kamu cara kerjanya seperti akun Google yang biasa kamu gunakan. Kamu bisa mendapatkan layanan ini di Rumahweb.

Kamu bisa menikmati layanan Gmail, Docs, Drive dan kalender untuk bisnis pada Google Suite. Layanan ini juga bisa kamu akses di berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, dan komputer. Kapasitas penyimpanannya sangat besar mulai 30 GB sampai tak terhingga (unlimited). Dengan begitu sangat cocok untuk keperluan bisnis.

Cara Menggunakan Email Domain untuk Bisnis.

Kegiatan pemasaran (marketing) tidak bisa dilepaskan ketika menjalankan sebuah bisnis. Pemasaran merupakan kegiatan untuk memperluas jangkauan usaha kamu supaya dikenal oleh banyak orang. Saat ini kegiatan promosi juga sudah beragam mulai dari promosi langsung, promosi di sosial media, bahkan beriklan di berbagai media cetak.

Salah satu teknik promosi yang sangat efektif adalah email marketing atau pemasaran melalui email. Teknik email marketing sangat cocok untuk perusahaan yang tengah berkembang atau skala kecil karena tidak membutuhkan banyak biaya. Teknik ini lebih murah dan efektif dibandingkan dengan beriklan.

Jika perusahaan kamu masih berskala kecil, teknik email marketing ini sangat cocok digunakan. Karena kamu hanya memerlukan email untuk melakukan promosi. Penasaran seperti apakah cara melakukan teknik email marketing dengan efektif? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Subject Email

Dalam sebuah presentasi yang dilakukano leh Jay Baer dengan judul “What Your Customers Really Think of Your Email Program” menunjukkan bahwa 35% penerima email akan membuka email berdasarkan judul emailnya.

Subject Email merupakan poin penting yang harus diperhatikan dalam melakukan email marketing. Subjek email ini harus benar-benar kamu perhatikan supaya bisa menarik perhatian lebih banyak pelanggan. Kamu juga harus mengajak mereka untuk melakukan sesuatu seperti membeli produk atau jasa kamu.

Subjek email harus benar-benar kamu perhatikan jika ingin teknik email marketing kamu berjalan baik. Kamu harus berpikir keras bagaimana pelanggan kamu menanggapi email yang kamu kirim. Akan lebih bagus lagi kalau mereka sampai melakukan transaksi.

2. Tampilan Email

Subjek email yang menarik belum tentu bisa menarik perhatian pelanggan karena tampilan email juga sangat berpengaruh. Tampilan email yang menarik akan membuat calon pelanggan kamu membaca isi pesannya hingga selesai.

Dalam sebuah penelitian oleh Direct Marketing Association, menunjukkan bahwa 88% orang akan suka dengan konten HTML. Sementara 12% lainnya lebih menyukai konten teks.

Oleh karena itulah setelah menentukan subjek email yang menarik, buat juga tampilan di dalam emailnya bisa menarik perhatian calon pelanggan kamu. Usahakan bahwa mereka harus melakukan sesuatu terhadap konten email yang kamu kirim. Misalnya dengan menekan tombol untuk mendapatkan promosi yang kamu tawarkan.

3. Permintaan Data Diri

Kamu harus mencantumkan formulir data diri ke dalam email tersebut jika ingin mengumpulkan lebih banyak calon pelanggan. Untuk menjalankan teknik ini, usahakan untuk meminta data yang penting saja. Misalnya alamat email yang berfungsi untuk meningkatkan kuantitas subscribe pada website kamu.

Perlu diperhatikan bahwa meminta data terlalu banyak akan membuat pelanggan kamu malas untuk mengisinya. Hal ini juga akan membuat mereka ragu untuk memberikan informasi, apalagi sekarang sudah banyak orang yang menyalahgunakan informasi melalui internet.

4. Testimonial Pelanggan

Kamu juga bisa mengisi konten email dengan testimoni dari pelanggan yang telah membeli produk kamu. Konten seperti ini akan membuat kepercayaan pelanggan kamu meningkat. Selain itu juga akan membuat subscribe email untuk website kamu menjadi lebih efektif.

Kalau memang usaha kamu masih berskala kecil, kamu bisa mencantumkan foto pelanggan yang puas dengan produk yang kamu tawarkan. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi bahwa perusahaan kamu menyediakan informasi berharga yang dicari oleh pelanggan kamu.

5. Promo

Untuk menarik lebih banyak pelanggan, kamu bisa menawarkan promo kepada orang yang telah melakukan subscribe. Misalnya kamu memberikan kode diskon yang dicantumkan dalam email. Kamu juga bisa menyertakan deadline dari kode diskon tersebut supaya mereka bisa cepat menuju website kamu.

Jika kamu sudah tahu strategi yang tepat untuk melakukan email marketing, bisnis kamu bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dengan hanya sekali kirim saja. Strategi ini juga terbilang cukup terjangkau, bahkan lebih efektif dibandingkan harus beriklan melalui media cetak.

Jadi kalau usaha kamu masih berskala kecil, teknik email marketing ini sangat cocok untuk diterapkan. Hanya saja kamu harus tepat sasaran dalam melakukannya supaya bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.

Penutup

Menggunakan email profesional sangat penting untuk menjalankan bisnis karena bisa meningkatkan jumlah penjualan produk atau jasa. Saat ini sudah banyak para pebisnis yang sukses dalam meningkatkan penjualan mereka dengan menggunakan email profesional. Meskipun terbilang jadul, tapi teknik pemasaran dengan email marketing masih sangat efektif digunakan hingga sekarang.

Referensi:
  • Marikxon Manurung. 5 Maret 2020. Pengertian Email dan Manfaatnya, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenis-Jenis Email. Maxmanroe.com. https://bit.ly/2vw58WF
  • Orenzi. 5 Maret 2020. Manfaat Gunakan Email Bisnis Daripada Email Publik (Gratisan). BOC.web.id. https://bit.ly/2PNaHXg
  • Aldwin Nayoan. 5 Maret 2020. 7+ Manfaat Email Hosting untuk Kesuksesan Bisnis Anda!. Niagahoster.co.id. https://bit.ly/2wwWiI0
  • Dina Amalia. 5 Maret 2020. 5 Manfaat Membuat Email dengan Domain Sendiri. idwebhost.com. https://bit.ly/39qfUwc
  • Rumah Web. 7 Maret 2020. Membuat Account Email Di cPanel. Rumahweb.com. https://bit.ly/32ZfkTu
  • Novia Widya Utami. 10 Maret 2020. Strategi Email Marketing Efektif yang Bantu Perkembangan Bisnis. Jurnal.id. https://bit.ly/2Q0SZjm
Sumber gambar:
  • https://bit.ly/2PVOQNF
  • https://bit.ly/2TBU0jT
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post