CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr

10 Tips Belajar Di Rumah dengan Efektif Selama Pandemi Virus Corona

Cecepkocep.com - Saat ini dunia sedang dibuat cemas dengan merajalelanya virus corona. Di Indonesia sendiri telah ada ratusan orang yang sudah dikonfirmasi terpapar virus vorona. Sementara itu kasus yang sembuh tidak seimbang dengan jumlah orang yang meninggal. Oleh karena itu pemerintah membuat peraturan kepada siswa untuk belajar di rumah.

Supaya tidak lebih banyak lagi orang yang terpapar virus corona, akhirnya ada satu ide yang dilakukan oleh masyarakat bernama social distancing. Perilaku ini mengharuskan kita untuk meminimalisir aktivitas di luar rumah.

Sebagai dampak dari social distancing, akhirnya muncul anjuran untuk work from home atau bekerja di rumah untuk sebagian perusahaan. Tidak hanya karyawan, social distancing juga berlaku untuk para pelajar. Pelajar maupun mahasiswa dianjurkan untuk belajar di rumah secara online.

10 Tips Belajar Di Rumah dengan Efektif

Tips Belajar Di Rumah dengan Efektif
Tapi sayangnya banyak siswa yang mengeluh dengan melakukan pembelajaran di rumah. Mereka lebih senang belajar di kampus atau sekolah. Apalagi uang jajan harian dikurangi hehehe.

Nah sebenarnya kamu bisa ko belajar dengan lebih menyenangkan di dalam rumah. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya belajar di rumah lebih menyenangkan.

1 Sediakan Tempat Nyaman

Sebagian besar orang memilih belajar di atas kasur selama selama diam di rumah. Menurutmu apakah itu adalah pilihan yang tepat? Hmm, memang sih belajar di atas kasur itu nyaman, tapi sayang kenyamanan itu hanya efektif untuk beristirahat.

Coba deh bayangkan ketika kamu belajar di atas kasur, pasti pegel kan? Ya iya lah karena kamu tidak punya sandaran yang pas untuk menopang punggung dan posisi kamu akan cenderung lebih menunduk. Akhirnya pilihan belajar di atas kasur bukanlah piihan yang tepat karena kamu akan sulit konsentrasi dan fokus terhadap apa yang sedang kamu pelajari.

Supaya belajar kamu lebih efektif dan produktif, sebaiknya cari tempat duduk yang nyaman. Tempat duduk tersebut harus punya sandaran dan busa yang bisa membuat kamu nyaman untuk duduk. Cari juga meja yang tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.

2. Sediakan Peralatan Pendukung

Ketika belajar di sekolah, mungkin kamu akan sering meminjam peralatan ke teman. Misalnya pinjem pulpen, pensil, atau penghapus ke teman. Nah ketika belajar di rumah sendiri, akhirnya peralatan kamu sangat minim. Kamu terpaksa deh harus mencarinya dulu.

Hal ini tentu saja kurang efektif karena hanya akan membuang-buang waktu belajar kamu. Untuk mencari pulpen atau pensil setidaknya kamu harus membuang waktu sekitar 10 menit. Padahal kalau waktu itu digunakan, setidaknya 3-4 soal bisa kamu kerjakan.

Hal seperti itu memang terlihat sepele, tapi akan berpengaruh buruk juga kalau kamu tidak dipersiapkan terlebih dahulu. Jadi sebelum mulai belajar, sebaiknya siapkan peralatannya terlebih dahulu. Paling tidak siapkan peralatan utama untuk proses belajar kamu seperti pulpen dan pensil.

3. Jauhkan Benda yang Tidak Penting

Belajar di rumah itu pasti selalu saja ada hal-hal yang mengganggu, misalnya benda-benda yang tak penting yang bisa membuatmu tidak fokus. Sebaiknya kamu jauhkan benda-benda atau apapun yang bisa mengganggu aktivitas belajar kamu. Misalnya smartphone, game, TV, dan lainnya.

Pada dasarnya rumah merupakan tempat untuk istirahat dan bersenang-senang, jadi kurang efektif kalau digunakan untuk belajar. Oleh sebab itu kamu harus menjauhkan apapun yang bisa menghambat produktivitas kamu.

4. Siapkan Koneksi Internet

Koneksi internet merupakan hal yang sangat penting ketika melakukan pembelajaran di rumah. Karena tanpa internet kamu tidak bisa mendapatkan materi pelajaran. Terlebih lagi kamu juga harus terhubung dengan guru atau dosen dengan menggunakan beberapa aplikasi belajar.

Untuk menggunakan aplikasi tersebut, tentu saja kamu membutuhkan koneksi internet. Jangan terlalu jauh dulu, untuk menggunakan aplikasi WhatsApp saja kamu membutuhkan internet. Apalagi kalau kamu harus menggunakan email untuk mengirimkan tugas ke dosen atau guru.

Dari sini kita bisa tahu kalau koneksi internet merupakan hal yang sangat penting selama social distancing. Kamu tidak harus memasang internet di dalam rumah ko. Gunakan saja kuota internet dan smartphone untuk membantumu dalam menyelesaikan kewajiban.

Oh iya, gunakan juga provider internet yangu bagus digunakan di rumahmu. Jangan sampai proses pembelajaran kamu terhambat akibat koneksi internetnya yang lemot.

5. Pencahayaan Optimal

Supaya mata kamu tidak sakit dan pusing, pencahayaan di tempat belajar kamu juga harus diperhatikan. Jangan sampai pencahayaan ruangan kamu minim ya. Karena hal itu akan membuat mata kamu rusak, bahkan bisa membuat kepalamu pusing.

Belajar di ruangan yang minim cahaya atau redup juga bakal membuatmu malas untuk belajar. Karena mata kamu akan bekerja lebih ekstra untuk melihat. Akibatnya mata kamu akan cepat lelah dan letih yang akhirnya akan membuatmu mengantuk lebih cepat.

6. Sediakan Cemilan

Tips Belajar Di Rumah dengan Efektif
Belajar di rumah itu sama melelahkannya seperti belajar di sekolah atau kampus. Tubuh kita memang tidak akan banyak bergerak, tapi otak kita akan banyak berpikir. Sehingga energi yang ada dalam tubuh kita juga akan tetap terkuras. Bahkan berpikir bisa menguras lebih energi dibandingkan aktivitas fisik.

Nah supaya belajar kamu tidak cepat lelah, sebaiknya sediakan cemilan. Sebaiknya cemilannya juga harus yang sehat-sehat ya seperti buah-buahan atau kacang-kacangan. Jangan terlalu banyak memakan cemilan berkalori tinggi karena kamu cenderung tidak akan lebih sering beraktivitas fisik.

Baca juga: 10+ Makanan yang Dipercaya Bisa Mencegah Infeksi Virus Corona

7. Buat Jadwal Belajar

Meskipun belajar di rumah, kamu tetap harus bisa disiplin. Misalnya di sekolah mulai belajar jam 7 pagi, kamu juga harus belajar di waktu yang sama meskipun di rumah. Sebaiknya ikuti jadwal pelajaran seperti di sekolah.

Ketika waktunya istirahat, lakukan juga istirahat untuk merelaksasikan tubuh dan pikiranmu. Ketika waktu belajarnya sudah berakhir, proses pembelajaran juga harus dihentikan. Kecuali kalau tugas kamu belum selesai ya.

8. Cek Tugas Sekolah

Meskipun belajar di rumah bukan berarti kita bersantai tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru atau dosen. Kamu tentu saja punya tanggung jawab setiap harinya, entah itu belajar ataupun mengerjakan tugas.

9. Bertanya jika Kesulitan

Kamu juga bisa bertanya kepada guru atau dosen jika kamu sulit dalam memahami materi pelajaran. Kalau kamu belum mengerti dengan tugas yang diberikan, jangan malu untuk menanyakannya kepada guru.

10. Evaluasi

Hal ini juga sangat penting untuk kamu lakukan untuk mengetahui seberapa efektifkan belajar kamu di rumah. Apakah tugas yang kamu kerjakan tepat waktu atau tidak. Meskipun belajar di rumah, kamu tetap harus berpacu dengan waktu. Karena membuang waktu dengan percuma akan membuat tugas semakin menumpuk.

Itulah beberapa tips belajar di rumah dengan efektif dan produktif selama pandemi virus corona. Social distancing merupakan langkah yang tepat kamu lakukan untuk meminimalisir penyebaran virus corona. Tapi belajar di rumah akan membuat siswa kurang konsentrasi karena banyak faktor yang mengganggunya.

Jangan lupa untuk membagikan artikel tips belajar di rumah dengan efektif ini ke sosial moda ya. Karena mungkin saja teman-teman kamu sangat membutuhkan informasi ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Related Posts
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Post a Comment