CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr

Random

10 Tips Efektif Bekerja Di Rumah Selama Pandemi Virus Corona

Iklan Billboard 970x250

10 Tips Efektif Bekerja Di Rumah Selama Pandemi Virus Corona

Cecepkocep.com - Sebagaimana telah kita ketahui bahwa Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengeluarkan anjuran untuk bekerja di rumah. Beliau memberikan anjuran untuk melakukan social distancing atau menghindari kerumunan demi menekan penyebaran virus corona atau COVID-19.

Bagi sebagian orang yang berprofesi bekerja online seperti freelancer, desainer, atau penulis mungin bekerja di rumah bukanlah sesuatu yang asing. Tapi untuk beberapa profesi lainnya yang harus bekerja di kantor akan sedikit berbeda.

Kemungkinan besar para pekerja kantoran tidak tahu apa saja yang mereka butuhkan supaya bisa bisa bekerja di rumah dengan efektif. Yang lebih buruk lagi mereka tidak bekerja tapi malah liburan. Hal ini tentu saja bertentangan dengan anjuran yang diberikan oleh pemerintah.

Cara Bekerja di Rumah dengan Efektif

Tips Efektif Bekerja Di Rumah
Kamu mungkin akan kebingungan ketika pertama kali melakukan pekerjaan dari rumah. Alangkah lebih baiknya kalau kamu mengikuti beberapa tips dan trik bekerja di rumah berikut ini.

1. Buat Ruangan Kerja Khusus

Ketika bekerja di kantor, kamu pasti akan memiliki meja dan bangu tersendiri yang telah disiapkan oleh perusahaan. Tapi bagaimana kalau bekerja di rumah?

Ya, inilah langkah utama yang harus kamu pikirkan ketika bekerja di rumah. Kamu harus berpikir dimanakah kira-kira meja kerja diletakkan supaya kamu bisa bekerja dengan efektif dan produktif. Karena bekerja di rumah bukan berarti bekerja di atas tempat tidur, sofa, halaman rumah, dll.

Bekerja di sembarang tempat akan membuat kamu stres, takut bekerja, bahkan ngantuk. Selain itu bekerja di atas tempat tidur juga akan membuat tubuh kamu cepat pegal. Jadi lebih baik siapkan meja dan kursi yang nyaman supaya kamu bisa bekerja dengan efektif dan efisien.

2. Rapikan Ruangan Kerja

Anggap saja kamu telah punya ruangan kerja khusus di dalam rumah. Supaya kamu bisa bekerja dengan fokus, maka ruangan kamu harus bersih dan rapi. Singkirkan juga benda-benda atau apapun yang akan membuat kamu tidak fokus seperti smartphone dan TV.

Kalau bisa usahakan untuk meletakkan kalender, papan tulis, atau catatan kecil untuk menulis hal-hal penting yang harus diselesaikan. Anggap saja kamu kerja di kantor dengan ruangan yang rapi dan bersih. Bagi sebagian besar orang mungkin tidak akan bisa kerja kalau ruangan kerjanya berantakan dan kotor.

3. Membuat Catatan To-Do-List

Tips bekerja di rumah yang selanjutnya adalah membuat catatan to-do-list. Hal ini perlu lakukan supaya kamu bisa mengerjakan pekerjaan tepat waktu. Selain itu kamu juga bisa menentukan prioritas pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

Membuat catatan to-do-list sangat bermanfaat supaya kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Sehingga kamu  bisa lebih banyak waktu untuk istirahat ataupun ngobrol bersama keluarga.

Perlu diketahui bahwa bekerja di rumah itu memiliki banyak tantangan, terutama harus membiasakan diri dengan ritme pekerjaan yang penuh distraksi. Misalnya keluarga serial film yang harus dirampungkan, bermain bersama keluarga, hingga kasur yang mudah dijangkau. Oleh karena itu catatan to-do-list sangat efektif untuk bekerja di rumah.

4. Tetap Berkomunikasi

Kekurangan lain bekerja di rumah adalah tidak intensifnya berkomunikasi dengan manajer atau ruang rekan kerja. Hal ini berbeda ketika kamu bekerja di kantor yang terus akan berkomunikasi dengan mereka setiap hari.

Sementara untuk mengerjakan pekerjaan dengan tepat kita harus berkomunikasi dengan mereka. Mereka juga akan memicu kita untuk bekerja disiplin, produktif, dan komitmen dengan apa yang harus kita kerjakan.

Meskipun kamu kamu memiliki bisnis sendiri dan bekerja di rumah, kamu tetap harus berkomunikasi dengan karyawan atau anak buah. Komunikasi yang berjalan denganlancara akan membuat pekerjaan bisa selesai dengan cepat dan mudah.

5. Sediakan Waktu Berinteraksi

Bekerja di rumah akan membuat kita tidak sering berinteraksi dengan orang lain. Hal ini akan membuat kamu kesepian selama beberapa saat. Oleh karena itu kamu harus menyediakan waktu khusus untuk berkomunikasi dengan orang lain di luar rumah.

Berkomunikasi dengan orang lain juga akan membantu pekerjaanmu selama dilakukan dengan seimbang. Bahkan kamu bisa menemukan ide-ide cemerlang setelah berinteraksi dengan mereka. Misalnya ketika otak kamu sedang stack, tutuplah laptop dan pergi ke taman dekat rumah.

6. Istirahat yang Cukup

Tips Efektif Bekerja Di Rumah
Luangkan waktu setiap dua jam untuk istirahat supaya kamu tidak jenuh ketika bekerja. Kamu bisa meregangkan tubuh, minum air putih, atau melakukan hal lain sejenak supaya pikiran kamu bisa fresh kembali.

Tapi jangan sampai rehat terlalu lama ya, apalagi sampai harus tidur. Dengan melakukan istirahat secara rutin, konsentrasi kamu untuk bekerja akan tetap terjaga sepanjang hari. Dengan begitu target apa yang kamu tetapkan akan selesai tepat waktu.

7. Konsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bervitamin akan meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga tubuh kamu akan kuat untuk menghalau pandemi virus corona. Oleh karena itulah kamu harus mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi selama bekerja di rumah.

Kamu bisa menyiapkan cemilan sehat di dalam ruangan kerja. Berpikir terlalu lama akan membuat energi dalam tubuh cepat terkuras, jadi kamu akan cepat lapar. Tapi makanan yang harus kamu sediakan harus minim kalori karena kamu tidak akan melakukan aktivitas fisik.


8. Siapkan Koneksi Internet

Koneksi internet merupakan hal yang sangat penting untuk orang yang bekerja di rumah. Koneksi internet sangat berperan penting untuk mengirim atau menerima data dari orang lain. Bahkan untuk berkomunikasi dengan manajer atau rekan kerja kamu membutuhkan koneksi internet.

Kamu tidak harus memasang layanan internet dari provider internet seperti Indihome. Gunakan saja kuota internet biasa dan tethering dari ponsel untuk dijadikan modem. Gunakan provider yang bagus di rumah. Jangan sampai pekerjaan kamu terhambat gara-gara koneksi internetnya lemot.

9. Siapkan Software Pendukung

Kalau pekerjaan kamu membutuhkan remote antar komputer, maka kamu membutuhkan aplikasi. Kamu harus menginstalnya khusus untuk laptop atau PC. Beberapa aplikasi yang bisa kamu install adaalh Chrome Remote Desktop dan Team Weaver.

10. Tidur yang Cukup

Kamu memang akan memiliki banyak waktu untuk tidur ketika bekerja di rumah. Berbeda ketika bekerja di kantor dimana kamu harus bangun pagi-pagi untuk siap pergi ke kantor. Apalagi kalau lokasi rumah kamu dengan kantor sangat jauh, waktu kamu akan habis di jalan.

Dengan bekerja di rumah, kamu seharusnya memiliki waktu yang cukup untuk tidur. Tidur yang cukup akan membuat kekebalan tubuh meningkat dan mempertajam ingatan. Dengan begitu kamu akan lebih produktif untuk bekerja di rumah.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan ketika bekerja di rumah. Kita berharap semoga virus corona ini bisa segera lenyap dan yang sudah terkena penyakit ini bisa sembuh. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke sosial media supaya teman kamu bisa tahu tips bekerja di rumah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post