Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10 Usaha Sampingan Anak Kuliah Bermodal Kecil yang Patut Dicoba

Cecepkocep.com - Tugas utama seorang mahasiswa hanyalah belajar sebaik-baiknya. Hal ini tentu saja harus kita lakukan karena supaya kita bisa lulus tepat waktu dengan nilai yang memuaskan. Terlebih lagi seorang mahasiswa pasti akan memiliki tugas menumpuk yang harus dikerjakan tepat.

Tapi kuliah itu tidak harus mengerjakan tugas, belajar, dan berorganisasi. Tapi seorang mahasiswa juga dituntut harus kreatif, salah satunya harus jeli dalam melihat peluang bisnis yang sesuai dengan tugas yang dimiliki. Kamu bisa memulai usaha sampingan anak kuliah dengan modal yang tidak besar.

Kamu tentu saja tidak harus bergantung kepada orang tua terus. Dalam hati kamu juga pasti malu jika harus selalu menjadi beban orang tua, iya kan? Apalagi menjelang semester akhir kamu membutuhkan dana ekstra untuk menyelesaikan skripsi.

Usaha Sampingan Anak Kuliah Bermodal Kecil

usaha sampingan anak kuliah
Untuk memulai usaha atau bisnis, kamu tidak butuh modal besar. Kamu bisa memulainya dengan modal kecil bahkan tidak sama sekali. Dengan berbisnis, kamu akan lebih siap dalam menjalani kehidupan sesungguhnya setelah lulus kuliah.

Jika usaha kamu sudah berkembang, kamu tidak usah lagi frustasi mencari pekerjaan setelah lulus. Kamu bisa terus menekuni bisnis atau usaha yang telah kamu mulai sejak kuliah dulu. Berikut ini adalah usaha sampingan anak kuliah yang bisa kamu coba.

1 Jualan Pulsa Internet & Elektrik

Di zaman sekarang hampir semua orang memiliki HP, apalagi mahasiswa. Karena sekarang kita bisa berkomunikasi dengan mudah menggunakan HP. Bahkan kita juga bisa dengan mudah mencari berbagai hal di internet.

Koneksi internet merupakan hal yang paling dibutuhkan oleh seorang mahasiswa. Karena kita harus mencari referensi untuk mengerjakan tugas kuliah. Nah peluang ini bisa kamu manfaatkan dengan menjual pulsa internet dan elektrik.

Usaha sampingan anak kuliah ini sangat menguntungkan lho. Kamu bisa mempromosikannya kepada teman terdekat terlebih dahulu. Usaha ini akan semakin berkembang kalau kamu mengikuti berbagai organisasi karena teman kamu tentunya semakin banyak.

Baca juga: Trik Mendapatkan Keuntungan Bisnis Pulsa Tanpa Buka Konter

2. Les Privat

Usaha sampingan anak kuliah yang selanjutnya adalah les privat. Kalau kamu sedang kuliah di jurusan pendidikan, tak ada salahnya untuk mencoba usaha yang satu ini. Usaha ini akan sangat dibutuhkan ketika mendekati masa ujian nasional (UN) atau ujian masuk perguruan tinggi.

Kamu bisa mempelajari anak-anak sesuai dengan bidang yang kamu kuasai. Kalau kamu jago di bidang sains, kamu bisa menjadi guru les privat untuk mata pelajaran matematika, kimia, biologi, atau fisika. Kalau pandai berbahasa, cobalah untuk mengajar bahasa Inggris atau bahasa yang kamu kuasai.

Untuk memulai usaha les privat kamu tidak perlu modal lho. Kamu hanya perlu modal mental untuk menghadapi murid les. Modal yang lainnya adalah penguasaan materi yang akan kamu ajarkan. Akan lebih menguntungkan lagi kalau kamu memiliki kendaraan.

3. Penulis Freelance

Penulis Freelance
Kalau kamu suka nulis, tak ada salahnya untuk memulai usaha sebagai penulis lepas (freelance). Selain akan menambah skill menulis, uang sakumu juga akan bertambah. Modal yang kamu butuhkan juga hanya laptop dan koneksi internet.

Setiap artikel memiliki harga yang bervariasi tergantung dari tema, panjang tulisan, dan keinginan client atau media tempat kamu menulis. Kalau tulisan kamu sudah bagus dan berkualitas, setiap artikel bisa kamu jual seharga Rp25 ribu sampai Rp100. Lumayan besar bukan?

Untuk memulai usaha sampingan anak kuliah sebagai penulis freelance, kamu bisa menawarkan kemampuanmu di internet, media sosial, atau situs lainnya. Atau kamu bisa menawarkannya di beberapa situs freelance seperti Project, Sribulance, dan Fastwork.

4. Jualan Makanan

Cemilan atau kue merupakan makanan yang harus ada untuk menemani mahasiswa mengerjakan tugas. Peluang ini bisa kamu manfaatkan lho dengan berjualan makanan. Modal yang kamu butuhkan juga tidak besar lho.

Makanannya kamu bisa buat sendiri kalau bisa bisa membuatnya. Kalaupun tidak, kamu bisa membeli dulu lalu menjualnya kembali. Maksudnya kamu menjualkan makanan orang lain dan mengambil keuntungan yang sedikit dari sana.

Keuntungan yang akan kamu dapatkan memang kecil, tapi kalau ditekuni dengan serius akan bertambah besar lho. Meskipun kecil, keuntungannya itu bisa kamu gunakan untuk keperluan lain seperti membeli pulsa, internet, atau keperluan lainnya.

5. Bisnis Online Shop

usaha sampingan anak kuliah yang selanjutnya adalah bisnis online shop. Kamu menjual berbagai produk mulai dari baju, celana, hingga sepatu. Untuk menjalankan usaha ini sangat mudah karena sekarang sudah banyak yang menawarkan dropship atau reseller.

Selain kepada teman, kamu juga bisa menjual produk yang kamu jual ke konsumen lain di dunia maya. Untuk memulai usaha sebagai dropshipper kamu tidak membutuhkan modal selain internet. Hasilnya pun juga lumayan besar, tergantung pada seberapa tekun kamu menjalani bisnis ini.

Baca juga: Kelebihan dan Kelebihan Tentang Bisnis di Internet 

6. Penerjemah

Penerjemah merupakan usaha yang cukup menarik untuk kamu geluti, apalagi kalau kamu sedang kuliah di jurusan bahasa. Selain bisa meningkatkan skill bahasa, uang saku kamu juga akan bertambah. Kemampuan kamu akan terus berkembang karena tugas mahasiswa biasanya harus mengambil referensi dari jurnal atau artikel internasional.

Kamu juga tidak memerlukan modal untuk memulai usaha sampingan anak kuliah sebagai penerjemah. Modal utama yang kamu butuhkan adalah laptop dan kemampuan bahasa. Tarif dari jasa penerjemah itu juga cukup besar mulai dari Rp15 ribu sampai Rp20 ribu per lembar.

7. Jual Beli Buku Bekas

Usaha sampingan anak kuliah yang juga bisa kamu coba adalah jual beli buku bekas. Buku-buku bekas tentu saja sangat dibutuhkan oleh mahasiswa untuk menunjang kegiatan perkuliahan mereka. Nah peluang ini bisa kamu manfaatkan dengan menjual buku bekas dengan harga yang lebih terjangkau.

Membeli buku baru sangat mahal, jadi buku bekas menjadi alternatif untuk mahasiswa. Tapi buku yang dijual harus masih layak digunakan ya. Untuk buku bekasnya kamu bisa dapatkan dari teman atau orang lain yang sudah tidak membutuhkannya lagi. Kemudian kamu jual buku  bekas dari mereka kepada orang lain yang lebih membutuhkan.

8. Jasa Pengetikan

Jasa pengetikan termasuk bisnis yang cukup menjanjikan untuk mahasiswa. Karena jasa ini sangat berguna untuk menyelesaikan berbagai macam tugas yang diberikan oleh dosen. Dibandingkan mencetak sendiri, sebagian mahasiswa lebih memilih untuk menggunakan jasa pengetikan dan print.

Untuk memulai usaha ini kamu membutuhkan kemampuan mengetik yang baik. Akan lebih baik lagi kalau kamu bisa mengetik 10 jari untuk mempercepat proses pengetikan. Selain itu kamu juga butuh komputer dan printer. Kalau dananya terbatas, kamu bisa membeli bekas tapi masih berfungsi dengan baik.

Baca juga: 5 Jenis Investasi Pemula Modal Kecil yang Cocok untuk Pelajar & Mahasiswa

9. Menjadi Blogger

Menjadi Blogger
Selain menjadi penulis lepas (freelance), kamu juga bisa menjadi seorang blogger. Konten yang dibuat bisa mengulas tentang mata kuliah yang sedang kamu pelajari. Setelah itu kamu tinggal membuat blog baik itu melalui Blogger ataupun Wordpress.

Setelah blog kamu banyak pengunjung, selanjutnya monetisasi. Kamu bisa daftar Google Adsense, pasang iklan, atau menjual produk dari blog. Keuntungan yang akan kamu dapatkan akan semakin tinggi jika pengunjung blog kamu juga banyak. Oleh karena itu kamu harus membuat konten yang bermanfaat dan berkualitas.

10. Ojek Online

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan profesi yang satu ini. Nah kamu juga bisa mendapatkan duit dari pekerjaan sampingan yang satu ini. Selain pendapatannya cukup besar, waktunya juga sangat fleksibel.

Untuk memulai usaha ini, kamu membutuhkan kendaraan bermotor dan punya surat berkendara seperti SIM, STNK, dan KTP. Kalau persyaratannya sudah lengkap, kamu tinggal mendaftarkan diri saja ke penyedia jasa ojek online.

Kalau kamu menjalani profesi sampingan ini dengan tekun, penghasilan yang akan kamu dapatkan cukup besar lho. Bahkan bisa sampai Rp4 juta per bulan. Tapi ingat ya bahwa tugas utama kamu adalah kuliah.

Itulah usaha sampingan anak kuliah yang bisa kamu coba. Bisnis atau usaha tersebut akan terus berkembang jika kamu kelola dengan baik. Merupakan hal yang luar biasa kalau sebelum lulus kuliah sudah punya usaha sendiri.

Sekarang mahasiswa itu tidak harus bergelut dengan belajar, mengerjakan tugas, dan berorganisasi. Mulailah untuk melihat peluang sekitar dan manfaatnya untuk berbisnis. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikannya ke sosial media ya. Terima kasih.

Baca juga: 10 Bisnis Modal 1 Jutaan dengan Keuntungan Besar Terbaru 2020
Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "10 Usaha Sampingan Anak Kuliah Bermodal Kecil yang Patut Dicoba"

Berlangganan via Email