CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr

Build Item Terbaik Popol and Kupa ML 2020 dan Tutorial Lengkapnya

Cecepkocep.com – Server orignal Mobile Legends kembali akan kedatangan hero marksman baru bernama Popol and Kupa. Hero ini memiliki partner (Kupa) yang akan membantunya menyerang maupun bertahan. Kalau diperhatikan, hero baru ini memiliki karakteristik yang hampir mirip seperti Zhask.

Nah pada artikel ini saya akan memberikan tutorial dasar cara memainkan hero Kupa and Kupa beserta rekomendasi build item terbaiknya. Sebelum membahas lebih jauh, saya akan mengulas terlebih dahulu mengenai kelebihan dan kelemahan hero ini.

Kelebihan Popol and Kupa


1. Burst Damage Tinggi dan Crowd Control

Skill 1 Kupa akan memberikan damage yang sangat tinggi, apalagi kalau skill ultinya sedang aktif. Skill ini juga akan memberikan efek stun, sehingga sangat efektif untuk menyerang hero-hero lembek seperti mage dan marksman. Skill keduanya juga akan memberikan efek knock up kepada lawan yang ada di dekatnya.

Kita juga bisa memberikan perangkap pada lawan dengan menggunakan skill ketiga. Lawan yang terkena perangkap ini akan terkena efek immobilize dan slow.

2. Fast Farming & Push Tower

Karena memiliki partner, hero ini sangat cepat dalam menghancurkan tower ataupun farming. Kita juga bisa farming dengan cepat tanpa harus dibantu dengan tank di early game, sehingga kita bisa mendominasi permainan di early-mid game.

Kemampuan ini sangat cocok untuk melawan musuh yang suka bermain agresif push lane seperti Masha. Hero ini sangat cocok jika digunakan untuk  bermain objective, sehingga bisa mengakhiri permainan dengan lebih cepat.

3. Sangat Kuat di Early Game

Sebagian besar hero marksman sangat lemah di early game, tapi tidak demikian dengan hero Popol and Kupa. Hero ini sangat kuat di semua fase karena skill ultinya sangat merepotkan. Musuh bakal berpikir dua kali untuk by one dengan hero ini karena kemungkinan besar mereka bisa dibantai.

4. Tank Killer

Hero marksman ini juga sangat ampuh untuk membunuh hero-hero tebal seperti tanker. Kupa akan mendapatkan efek dari item Popol, sehingga dia bisa memberikan damage critical dan damage pasif dari item Demon Hunter Sword.

5. Mudah Digunakan

Popol and Kupa sangat mudah untuk dimainkan dan cara memainkannya kurang lebih sama seperti hero marksman pada umumnya. Kita harus pandai dalam menjaga jarak seperti maag tapi tetap mencicil musuh dengan basic attack dalam radius tertentu.

Kelemahan Popol and Kupa


1. Tidak Punya Skill Escape

Semua skill Popol and Kupa hanya bisa memberikan damage dan crowd control, sehingga dia tidak memiliki mekanisme kabur yang sangat baik. Dengan begitu kita harus bermain aman ketika memainkannya.

Kita sebenarnya bisa menggunakan skill 2 supaya Kupa melindungi kita. Tapi tetap saja kurang efektif jika musuhnya lebih dari 1.

2. Sangat Bergantung pada Kupa

Kupa benar-benar mematikan ketika sedang berada di mode Alpha Wolf. Tapi jika dia berada di mode normal, dia sangat mudah tewas. Apalagi jika pertandingan sudah memasuki late game, marksman atau assasin sangat mudah untuk membunuhnya.

Yang lebih parahnya lagi, skill 1 dan 2 tidak ada gunanya jika Lupa mati. Kedua skill ini hanya bisa digunakan untuk menghidupkan kembali Kupa dan ini juga memerlukan waktu. Jadi jangan sampai Lupa mati ketika sedang teamfight. Jika sudah mati sebaiknya pilih mundur saja.

3. Tidak Memiliki Damage Area

Kelemahan lainnya dari hero ini yaitu tidak memiliki skill area. Kita hanya bisa menargetkan pada satu hero lawan saja. Sehingga dalam teamfight Kupa bisa dengan sangat mudah untuk dibunuh.

Baca juga: Build Item Wanwan Terbaik dan Tersakit

Skill Set Popol & Kupa

Tidak hanya dari karakteristiknya saja, dari sisi skillnya pun Popol and Kupa hampir sama seperti Zhask. Dia memiliki 5 skill yang terdiri dari 4 skill aktif dan satu skill pasif. Berikut penjelasan masing-masing skill beserta kombonya.

Skill Pasif: We Are Friends

Ada 3 skill pasif yang dimiliki oleh Popol & Kupa, yaitu sebagai berikut.

Parpol akan selalu bertarung bersama dengan partner terbaiknya, Kupa. Ketika Parpol menyerang, Kupa juga akan ikut menyerang.

Jika Lupa tidak menerima damage dalam 5 detik, dia akan mendapatkan regen HP sebesar 10% dari Max HP miliknya setiap detik. Ketika Kupa mati, Popol bisa memanggilnya kembali dengan durasi summon selama 3 detik. Cooldown dari kemampuan ini selama 45 detik.

Setelah Kupa  menyerang musuh sebanyak 4 kali, basic attack Popol selanjutnya akan memberikan tambahan physical damage. Sementara Kupa akan mendapatkan mendapatkan regen HP sebesar 120% dari max HP Popol. Dia juga akan mendapatkan 100% atribut dari equipment Popol.

Skill 1: Bite ‘em, Kupa!

Popol akan melemparkan tombak ke targetnya dengan memberikan physical damage  dan akan memerintahkan Kupa untuk menyerangnya. Serangan Kupa akan memberikan physical damage dan akan terus menyerang selama 3 detik.

Skill Ulti Aktif:
Kupa akan semakin kuat ketika sedang berada di dalam bentuk Alpha Wolf. Serangannya akan semakin besar,  memberikan efek stun selama 1 detik, dan akan menggigit targetnya sebanyak 3 kali secara cepat.

Skill 2: Kupa, Help!

Popol akan memanggil Kupa untuk melindunginya dengan memberikan shield, menghasilkan physical damage kepada lawan di sekitarnya dan memberikan efek slow. Kupa juga akan membantu Popol untuk menyerang di dekatnya selama 3 detik.

Skill Ulti Aktif:
Kupa akan akan kembali untuk melindungi Popol dan memberikan efek Airborne kepada lawan di dekatnya, serta menghasilkan tambahan damage.

Skill 3: Pupil's Surprise

Popol akan memasang sebuah perangkap di lokasi target yang akan meledak setelah jeda waktu singkat dan menyebabkan efek immobilize kepada lawan yang menginjaknya selama beberapa detik serta efek slow (frost zone) selama 4 detik. Movement speed lawan akan berkurang sebesar 35%.

Popol bisa menyimpan hingga 3 perangkap sekaligus dan mendapatkan charge setiap 14 detik. Maksimal 3 jebakan dipasang masing-masing berlangsung selama 60 detik.

Skill Ulti: We Are Angry

Kupa akan memasuki mode Alpha Wolf, meningkatkan semua statistik dan meningkatkan skillnya selama 12 detik. Popol juga akan mendapatkan tambahan movement dan attack speed.

Combo Skill

Jika sudah memiliki 2-3 item, kita bisa melancarkan combo skill maut Popol and Kuppa. Kombo ini akan menghasilkan damage dan CC yang sangat maksimal meskipun hanya berlaku untuk pertarungan 1 vs 1. Kombo ini sangat cocok untuk menyergap hero-hero tipis seperti marksman, mage, dan assassin.

Pertama, kita sembunyi di rumput setelah ada lawan mendekat segera aktifkan skill ulti dan lancarkan skill 1. Setelah itu susul dengan skill 3 supaya mereka terkena immobilize dan stun, kemudian finishing dengan basic attack.

Kira-kira combonya seperti ini: Ulti + Skill 1 + Skill 3 + Basic attack.

Kalau ada lawan yang mendekat, segera gunakan skill 2 untuk mendapatkan backup secepat mungkin. Ketika ulti sedang aktif, skill 2 akan memberikan tambahan damage dan bisa memberikan efek knock up selama beberapa detik.

Baca juga: Build Item Silvanna Tersakit Mobile Legends

Build Item Parpol and Kupa Paling Sakit

Ada dua build item yang saya rekomendasikan untuk hero ini. Build item pertama lebih berfokus pada critical damage dan build item kedua fokus pada attack speed untuk tank killer.


Raptor Machete

Item ini wajib banget digunakan oleh hampir semua hero marksman saat ini. Item ini akan membantu kita bisa farming dengan cepat dan bisa memberikan tambahan true damage pada lawan. Akan lebih efektif lagi kalau kita juga mengambil buff merah.

Swift Boots

Untuk item sepatu kamu bisa gunakan Swift Boots untuk meningkatkan attack speed sebesar 15%.

Windtalker

Di slot ketiga kalian bisa tempatkan Windtalker untuk menambah attack speed Popol and Kupa. Pasif unik dari item ini juga akan berpengaruh terhadap Kupa. Selain itu item ini juga akan memberikan tambahan 10% critical chance untuk serangan Popol.

Endless Battle

Endless Battle bisa kita gunakan untuk memperkuat basic attack Popol and Kupa. Basic attacknya akan memberikan tambahan true damage setelah menggunakan skillnya. Item ini juga akan membantu kita untuk survive dengan tambahan 15% lifesteal-nya.

Berserker’s Fury

Kalau ingin mendapatkan tambahan critical damage, Berserker’s Fury adalah pilihan yang sangat tepat. Item ini akan membuat damage dari Popol and Kupa semakin tinggi.

Blade of Despair

Kalau tim kita sudah unggul, sebaiknya gunakan saja Blade of Despair untuk memberikan physical attack yang tinggi. Untuk seorang marksman item ini sangat tepat karena akan memberikan tambahan damage, apalagi kalau menyerang lawan yang darahnya sekarat.

Build Item Popol and Kupa Anti Tank

Build item yang kedua ini lebih berfokus pada attack speed yang akan membuat hero-hero tebal seperti tank sangat rontok. Ini dia build itemnya.


Demon Hunter Sword

Item yang satu ini sangat cocok untuk melawan hero-hero yang sangat tebal seperti Hylos dan Uranus karena akan memberikan damage tambahan berdasarkan current HP mereka. Dengan begitu damage dari skill ini akan semakin tinggi jika mengenai hero yang darahnya juga tebal.

Selain itu pasif ini juga akan berefek pada Kupa, sehingga Popol and Kupa akan memberikan damage dan attack speed yang tinggi pada targetnya.

Golden Staff

Golden Staff sangat cocok dikombinasikan dengan Demon Hunter Sword karena bisa hack skill pasifnya. Kombinasi kedua item ini juga akan menghasilkan attack speed yang tinggi, Popol and Kuppa bakal memiliki damage yang juga tinggi.

Corrosion Scythe

Item ini akan membuat Popol and Kupa memiliki attack speed yang lebih tinggi lagi. Tidak hanya itu, basic attack-nya juga akan menimbulkan efek slow, sehingga akan membuat musuh sulit untuk kabur.

Malefic Roar

Kalau di tim lawan memiliki banyak hero tank dan fighter, sebaiknya gunakan item Malefic Roar. Karena item ini akan memberikan physical penetration yang tinggi, sehingga serangan Popol and Kupa bisa menembus armor mereka.

NOTE!!!
Build diatas hanya rekomendasi saya saja ya, selebihnya kembali lagi pada preferensi kalian masing-masing. Cobalah untuk bereksperimen dan sesuaikan dengan gaya permainan kalian.

Rekomendasi Emblem dan Battle Spell

Untuk emblem kalian bisa menggunakan Custom Assassin atau Assassin. Kalau ingin farming lebih cepat dan dapat movement speed tinggi gunakan assassin. Kalau ingin mendapatkan tambahan critical damage dan attack speed, gunakan Custom Marksman.

Untuk Battle spell sebaiknya gunakan Flicker atau Sprint saja karena Popol and Kupa tidak memiliki mobilitas yang tinggi. Kalau kalian ingin bermain Hyper Carry, mungkin bisa menggunakan Retribution. Tapi kamu harus benar-benar dimanjakan oleh tim.

Cara Bermain Popol and Kupa


1. Jaga Jarak

Permainan Popol and Kupa ini mirip seperti Zhask karena keduanya sangat mengandalkan partnernya untuk menyerang ataupun bertahan. Keduanya juga memiliki keterbatasan pada mobilitasnya. Sehingga kita harus bisa positioning dengan baik dengan cara berlindung di belakang Kupa.

2. Gunakan skill 3 untuk Cek Map

Kalau kita ragu ketika sedang berada di lane, lemparkan saja perangkap dari skill ketiganya di dalam bush untuk memastikan keberadaan lawan. Skill ini juga bisa kita gunakan untuk menghentikan pergerakan lawan yang sedang menyerang selama kita tahu kemana mereka akan bergerak.

Lawan yang terkena perangkap ini akan membuat kita bisa memberikan damage lebih lama. Karena skill ini juga akan memberikan efek immobilize dan stun selama beberapa detik.

3. Poke Musuh dengan Skill 1

Untuk poke musuh kita bisa gunakan skill 1 dan basic attack. Skill ini cukup berguna untuk farming atau laning dengan cepat karena Lupa bisa menjadi tameng seperti tank. Tanpa  bantuan tank sekalipun kita bisa farming buff tanpa harus dibantu. Tapi jika sedang teamfight, jangan sampai Lupa mati karena tanpa keberadaanya, Popol tidak berguna sama sekali.

4. Simpan Skill 2

Sebaiknya gunakan skill 2 untuk jaga-jaga ketika ada musuh yang akan menyerang kita. Jika dalam kondisi itu, segera gunakan skill ini untuk mendapatkan backup secepat mungkin. Ketika skill ulti aktif, skill ini juga akan memberikan efek CC. Tapi biasanya skill ini digunakan untuk kondisi darurat saja.

5. Sering Berlatih

Supaya bisa menguasai hero ini dengan lebih baik lagi, sebaiknya sering-seringlah berlatih dan lihat para pro player bermain. Kalian bisa contek permainan dan build item yang mereka gunakan.

Cara Counter Popol and Kupa

Cara untuk counter Popol and Kupa sebenarnya sangat mudah karena dia tidak memiliki skill escape sama sekali. Dia juga tidak memiliki skill immune, sehingga sangat mudah untuk diciduk dengan hero-hero CC. Berikut ini adalah beberapa hero yang bisa counter Popol and Kupa Mobile Legends.

1. Fanny & Ling

Fanny dan Ling akan sangat mudah untuk menyerang Popol and Kupa, tapi dengan catatan kalian harus pandai menggunakannya ya. Pergerakan dari kedua hero assassin ini sangat lincah, sehingga bisa dengan mudah untuk menyerang Popol. Terlebih Ling punya skill immune yang akan membuatnya bisa bebas jika terkena efek CC dari Popol and Kupa.

2. Natalia & Helcurt

Kedua hero ini memiliki kemampuan menciduk sangat baik berkat efek silence-nya. Keduanya juga akan sangat mudah untuk menciduk Popol and Kupa dari bagian belakangnya. Jika sudah terkena silence, Popol tidak bisa menggunakan skill keduanya untuk memanggil Kupa.

3. Silvana & Guinevere

Silvanna dan Guinevere juga bisa dengan sangat mudah untuk membungkam pergerakan Popol and Kupa. Combo skill kedua hero ini akan membuat Popol sulit untuk mengeluarkan skill karena terkena efek CC.

4. Aldous

Dilate Pupil and Kupa bisa mendominasi permainan. Tapi hal itu tidak akan berjalan mulus jika di tim lawan ada Aldous. Karena damage Aldous di late game juga sangat mengerikan (tergantung stack). Combo skill ulti, skill 1, dan skill 2 Aldous saya rasa cukup untuk membunuh Popol (tanpa item Wind of Nature).

5. Harley dan Chang’e

Berkat skill keduanya, Harley bisa menempel Popol untuk diberikan damage. Combo skill ulti dan 1 Harley cukup untuk menewaskan Popol di early hingga mid game. Tidak hanya Harley, Chang’e juga bisa menyerang Popol dengan mudah dengan menggunakan skill 1 dan ulti karena jangkauannya yang sangat luas.

Kalau kalian punya tambahan hero lainnya untuk counter Poppol and Kupa, share di kolom komentar ya.

Itulah build item Popol and Kupa Mobile Legends beserta tutorial lengkapnya. Semoga bermanfaat dan selamat push rank!
Related Posts
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Post a Comment