Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

9 Daftar Persiapan Kuliah Pertama Untuk Mahasiswa Baru

persiapan kuliah pertama
Cecepkocep.com – Tahun pertama kuliah akan menjadi fase yang paling menegangkan dalam kehidupan kamu. Karena ketika kuliah kamu akan mendapatkan pengalaman baru, lingkungan baru, teman baru, dan tentu saja tanggung jawab baru. Dengan begitu kamu harus melakukan persiapan kuliah pertama dari sekarang.

Setelah dinyatakan lulus sebagai mahasiswa melalui jalur apapun, kamu harus mempersiapkannya dari  saat itu juga. Bungku perkuliahan dan SMA itu sangat berbeda, dimana kuliah itu membutuhkan persiapan yang sangat matang. Berikut 10 Persiapan yang harus kamu ketahui sebelum mengikuti perkuliahan pertama.

1. Persiapan Mental

Mungkin kamu akan mulai deg-degan ketika harus mempersiapkan mental dari sekarang. Tenang dulu ya, maksud mental disini yaitu kamu harus bisa membedakan mental ketika masa SMA dengan kuliah nanti.

Ketika masih SMA, kamu akan diberikan informasi oleh pihak sekolah. Tapi setelah kuliah kamu tidak akan mendapatkan informasi jika kamu tidak mencarinya sendiri. Kamu harus aktif untuk menanyakan berbagai hal di kampus seperti jadwal ujian dan kehadiran dosen.

2. Persiapan Adaptasi

Ketika memasuki lingkungan baru, kamu tentu saja harus mulai adaptasi dengan lingkungan tersebut. Lingkungan lama ketika di SMA tentu saja akan berbeda ketika kuliah nanti. Jadi tak ada salahnya untuk mempersiapkannya dari sekarang.

Kamu bisa bertanya dulu kepada senior yang sebelumnya telah merasakan lingkungan kuliah itu seperti apa. Dengan begitu kamu akan mendapatkan gambarannya dan akan membuatmu bisa cepat beradaptasi.

3. Kenali Kampusmu Lebih Dekat

Setelah dinyatakan lulus di Perguruan Tinggi incaran, selanjutnya kamu harus tahu sistem kampusmu itu seperti apa, terutama untuk hal akademik. Misalnya cara mengetahui jadwal kuliah dan pengurusan KRS. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan gambaran kalau kamu masuk kelas jam berapa dan tidak telat mengisi KRS.

Sebaiknya kamu juga mengetahui lifestyle kampus seperti apa, misalnya untuk pakaian. Gali informasi apakah jurusan kamu memiliki aturan dalam berpakaian. Misalnya untuk jurusan kedokteran dilarang menggunakan jeans.

Gunakanlah pakaian yang sopan dan nyaman digunakan dalam waktu yang lama. Sebaiknya juga jangan menggunakan pakaian yang mencolok, sehingga bisa menjadi perhatian banyak orang. Untuk sepatu sebaiknya menggunakan flat shoes atau sneaker, jangan sampai pakai sendal ya hehehe.

4. Pergaulan Masa  Kuliah

Kuliah merupakan masa-masa yang sangat tepat untuk memperluas jaringan pertemananmu. Kalau bisa jangan hanya memiliki teman satu jurusan saja, tapi juga dengan jurusan lain atau bahkan kakak tingkat.

Kamu bisa mengikuti berbagai kegiatan mahasiswa atau UKM yang ada di kampus. Dengan begitu kamu akan bertemu dengan teman baru dari berbagai jurusan. Bahkan kamu bisa berteman dengan para senior yang berasal dari jurusan yang berbeda-beda.

5. Tempat Tinggal dan Transportasi

Kalau kamu merantau, tempat tinggal harus kamu siapkan dari sekarang. Kalau kamu tidak akan menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya pilih lokasi kosan yang dekat dengan kampus. Sehingga bisa dijangkau dengan berjalan kaki.

Tapi jika jika membawa kendaraan pribadi, lokasi tempat yang jauh pun tidak begitu masalah. Asalkan kamu tahu estimasi waktu yang dibutuhkan untuk bisa sampai ke kampus. Sehingga kamu tidak telat datang ke kampus.

Oh iya perhatikan juga kebijakan kampus apakah diperbolehkan membawa kendaraan pribadi atau tidak. Kalau tidak, berarti kamu harus menggunakan transportasi umum atau jalan kaki yang akan menguras lebih lama waktu di jalan.

Sebaiknya sehari sebelum kegiatan pertama kuliah, kamu jalan-jalan untuk mengetahui lokasi tempat yang ada di kampus. Sehingga ketika sudah mulai kuliah, kamu tidak kebingungan lagi mencari-cari tempat yang dituju.

7. Kegiatan Non Akademik

Supaya memberikan pengalaman yang lebih banyak, sebaiknya ikuti kegiatan non akademik seperti ikut UKM kampus. Kegiatan non akademik juga akan membuat kamu juga akan memberikan pengalaman praktik di lapangan.

Sebaiknya jangan menjadi mahasiswa kupu-kupu yang hanya bergelut dengan kegiatan akademik saja. Karena jaringan pertemanan kamu akan sangat luas ketika mengikuti kegiatan non akademik. Selain itu pengalaman yang didapatkan dari kegiatan non akademik akan dijadikan bahan pertimbangan ketika akan merekrut kamu di dunia kerja nanti.

8. Manajemen Waktu

Jangan berpikir kalau kuliah itu santai! Jadwal perkuliahan kamu itu padat. Apalagi kalau kamu belajar di jurusan kuliah yang banyak praktikum dan mengikuti kegiatan mahasiswa. Tingkat kesibukan ketika SMA itu berbeda jauh ketika kuliah nanti.

Oleh sebab itu kamu membutuhkan manajemen waktu yang baik. Waktu kamu harus seimbang untuk kegiatan akademik, non akademik, dan tentu istirahat. Akan lebih baik kalau untuk membuat prioritas kegiatan supaya kamu bisa lulus tepat waktu.

9. Peralatan

Untuk peralatan tulis sebenarnya tidak jauh berbeda seperti di zaman SMA seperti pulpen dan buku. Tapi kalau kuliah bergantung pada jurusan yang kamu pilih. Karena setiap jurusan memiliki peralatan khusus yang harus dibawa ke kampus.


Daftar Barang Mahasiswa Baru

persiapan kuliah pertama
Setelah mengetahui cara mempersiapkan diri untuk kuliah pertama, selanjutnya saya akan berbagi mengenai barang-barang yang harus dimiliki mahasiswa baru. Simak ulasannya di bawah ya.

1. Alat Tulis

Peralatan pertama yang wajib kamu miliki adalah alat tulis. Alat tulis kuliah apa saja yang dibutuhkan? Alat tulis yang biasa digunakan saja saja seperti pulpen dan buku catatan yang bisa berupa buku tulis atau binder. Keduanya merupakan alat tulis yang wajib dimiliki mahasiswa.

2. Laptop

Tidak hanya untuk mahasiswa lama, Laptop juga merupakan peralatan yang diperlukan oleh mahasiswa baru. Laptop akan mempermudah kamu dalam mengerjakan tugas kuliah yang diberikan oleh dosen. Bahkan dosen akan memberikan e-book yang harus kamu pelajari, sehingga akan lebih efektif kalau dibaca di laptop.

3. Buku Referensi Mata Kuliah

Buku referensi sangat wajib kamu miliki untuk menunjang proses perkuliahan kamu. Biasanya dosen dari setiap mata kuliah akan memberikan rekomendasi buku terbaik sebagai referensi. Kamu bisa mendapatkannya dengan cara membeli, meminjam dari perpustakaan atau kakak tingkat, atau download bukunya dalam  bentuk e-book di internet.

4.  Botol Minum

Botol minum juga termasuk peralatan yang harus kamu miliki supaya tubuhmu terhindar dari dehidrasi. Karena selain akan menguras otak, kuliah itu juga akan menguras tenaga yang akan membuat tubuhmu kehilangan banyak cairan.

Sudah terbayang kan bagaimana serunya masa kuliah itu? Tetap disiplin dan jaga pergaulan ketika kuliah nanti ya. Jangan sia-siakan kesempatan kamu untuk kuliah karena banyak orang lain yang menempuh pendidikan seperti kamu.

Itulah beberapa persiapan kuliah pertama yang harus mulai kamu siapkan dari sekarang. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini ke sosial media supaya lebih bermanfaat lagi. Terima kasih.
Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "9 Daftar Persiapan Kuliah Pertama Untuk Mahasiswa Baru"

Berlangganan via Email