Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Jurusan Kuliah yang Banyak Praktikum yang Bisa Kamu Pilih

Jurusan Kuliah yang Banyak Praktikum
Cecepkocep.com - Menentukan pilihan jurusan kuliah memang tidaklah mudah. Terlebih untuk kamu anak IPA yang mungkin ingin memilih jurusan yang banyak praktikum. Oleh karena itu kamu harus menentukan jurusan kuliah dengan tepat.

Supaya proses perkuliahan kamu berjalan dengan lancar, sebaiknya pilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan kemampuan. Pemilihan jurusan kuliah dengan tepat sangat penting karena akan menentukan karir kamu di masa depan.

Jurusan Kuliah yang Banyak Praktikum

Buat kamu yang berasal dari jurusan IPA semasa SMA, mungkin kamu ingin memilih jurusan kuliah yang banyak praktikum. Jurusan kuliah yang sering praktikum biasanya sangat menantang karena selalu berkutat dengan eksperimen. Tanpa basa-basi lagi ini dia beberapa jurusan kuliah yang cocok untuk kamu yang suka praktikum.

1. Kedokteran

Kedokteran memang terkenal sebagai jurusan yang paling susah tapi menjanjikan di masa depan. Selain sulit, kuliah di jurusan kedokteran juga mahal. Tidak hanya sering praktikum, kamu juga harus mempelajari ilmu kedokteran lainnya yang sangat kompleks. Bahkan berbagai ilmu farmasi juga harus kamu kuasai jika kuliah di jurusan kedokteran.

Selain membutuhkan biaya yang besar, waktu untuk lulus dari jurusan kedokteran juga terbilang cukup lama, yaitu sekitar 5 tahun atau lebih. Kalau di jurusan selain kedokteran, waktu yang ditempuh sampai bisa lulus berkisar 3,5 sampai 4 tahun.

Tapi jenjang karir yang dimiliki oleh jurusan kedokteran sangat cerah. Biaya yang digunakan untuk kuliah berbanding lurus dengan pendapatan yang kamu dapatkan ketika sudah kerja.

2. Farmasi

Jurusan farmasi sangat erat kaitannya dengan obat-obatan dan ilmu pendukungnya. Kamu akan belajar banyak tentang senyawa obat dan cara sintesisnya seperti apa. Setelah itu kamu olah hingga menjadi obat yang layak untuk dikonsumsi.

Setelah lulus kamu bisa menciptakan obat yang sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Sehingga layak untuk dikonsumsi oleh manusia. Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang suka pelajar Kimia.

Prospek kerja dari lulusan jurusan farmasi juga cukup luas. Nanti kamu bisa bekerja sebagai dokter pengobatan preventif, apoteker, dan spesialis kimia.

3. Biokimia

Biokimia merupakan ilmu yang mempelajari tentang peranan molekul dalam reaksi kimia serta proses yang berlangsung dalam makhluk hidup. Jangkauan dari jurusan kuliah yang satu ini sangat luas.

Tidak hanya mempelajari proses yang berlangsung dalam tubuh manusia, kamu juga akan belajar tentang proses biokimia pada organisme dari yang sederhana hingga yang kompleks.

Biokimia merupakan gabungan dari ilmu biologi dan kimia. Tapi bidang kimia yang akan kamu pelajari lebih ke kimia organik. jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang suka pelajaran kimia dan biologi.

Setelah lulus kamu bisa bekerja sebagai ahli biokimia dan biofisika, peneliti bioinformatika, ahli biologi molekul dan sel, dan sebagainya. Jenjang karir untuk jurusan ini cukup luas dan menjanjikan di masa depan.

Baca juga: Jangan Salah Pilih! Inilah Pentingnya Memilih Jurusan Kuliah

4. Agroteknologi

Banyak bidang ilmu yang akan kamu pelajari di jurusan Agroteknologi seperti ilmu tanah, agronomi, dan ilmu hama dan penyakit tumbuhan. Nantinya kamu akan diajarkan untuk melakukan inovasi-inovasi yang membawa pertanian Indonesia ke arah modern.

Jurusan ini sangat cocok untuk kamu pecinta pelajaran Biologi. Ketika lulus, kamu bisa bekerja sebagai manajer pertanian dan peternakan, manajer peneliti dan rumah kaca, peneliti tanah dan tumbuhan, dan sebagainya.

5. Ilmu Gizi

Ilmu ini akan mempelajari tentang keterkaitan antara gizi dengan kesehatan manusia. Bahkan kamu juga akan belajar tentang ilmu pertanian, ekonomi, hingga sosial budaya.

Yang paling penting dari ilmu ini yaitu mempelajari tentang bagaimana merencanakan perbaikan gizi serta memberikan konsultasinya. Sangat cocok untuk kamu yang menyukai pelajaran Kimia dan Biologi.

Prospek kerja setelah lulus kamu bisa bekerja sebagai praktisi keluarga dan umum, atau bisa juga menjadi ahli diet dan nutrisi.

6. Teknologi Pangan

Ilmu ini akan mempelajari tentang produksi makanan dan memastikan bahwa makan  yang diproduksi aman untuk dikonsumsi. Selain itu juga harus memenuhi gizi konsumernya.

Kamu juga akan belajar tentang komponen-komponen kimia dan biologis dalam makan yang bisa berefek pada tubuh. Selain dari sisi sains, kamu juga akan mempelajari efek sosial dari makanan yang dikonsumsi seperti pengaruh kultur, ekonomi, dan psikologi.

Jurusan kuliah teknologi pangan sangat cocok untuk kamu yang suka mata pelajaran Biologi dan Kimia. Karena didalamnya akan berkutat dengan kedua mata pelajaran tersebut.

Jenjang karir dari lulusan jurusan Teknologi Pangan juga cukup luas. Misalnya kamu bisa bekerja sebagai Quality Control atau Peneliti dan Ahli Teknologi Pangan.

7. Teknik Lingkungan

Teknik Lingkungan juga termasuk jurusan yang banyak praktikum. Karena kamu akan belajar tentang menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit dengan menggunakan teknik dan teknolog yang kamu pelajari.

Terlebih ruang lingkup dari jurusan ini sangat luas mulai dari konversi sumber daya air, upaya pengendalian pencemaran, pengelolaan limbah, sistem drainase, hingga pencemaran udara. Dengan begitu jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang suka mata pelajaran Biologi dan Kimia.

Jenjang karir dari lulusan Teknik Lingkungan juga cukup luas. Misalnya kamu bisa bekerja sebagai ahli ekologi industri, ahli lingkungan, dan konsultan lingkungan.

8. Teknik Informatika

Buat kamu yang suka pelajaran Matematika dan komputer, Teknik Informatika adalah pilihan yang sangat tepat. Karena untuk menguasai teknik informatika ini kamu harus paham dengan logika dan matematika.

Sebagian besar waktu kamu akan dihabiskan dengan pemrograman yang merupakan wujud dari algoritma, yaitu logika dan matematika. Di dalamnya kamu akan belajar tentang perangkat lunak, jaringan komputer, ilmu komputer, dan implementasinya.

Setelah mengetahui teorinya, kamu diwajibkan untuk mempraktekkan apa yang telah dipelajari. Setelah lulus nanti, kamu bisa bekerja sebagai programmer, web developer, atau software developer.

Baca juga: Kegiatan Anak Kuliah Di Semester Awal yang Tak Boleh Dilupakan

9. Teknik Elektro

Teknik Elektro juga termasuk jurusan paling sibuk karena akan menghabiskan waktu kuliah dengan praktek. Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai mata pelajaran Fisika.

Cakupan dari jurusan Teknik Elektro itu sangat luas, mulai dari sumber pembangkit tenaga listrik, sistem jaringan distribusi, hingga pemanfaatan pengguna akhir. Jurusan ini juga akan dipecah lagi menjadi beberapa konsentrasi seperti Listrik, Elektronika, Instrumentasi, hingga Teknik Komputer dan Telekomunikasi.

10. Kehutanan

Jurusan Kehutanan sangat cocok untuk kamu yang menyukai pelajaran Biologi dan Fisika. Karena di dalamnya kamu akan belajar tentang ekologi hutan, satwa, fisiologi tumbuhan, ilmu tanah, hingga manajemen hasil hutan.

Tidak hanya terbatas pada hasil hutannya saja, tapi juga menitikberatkan pada kelestarian hutannya dengan cara rehabilitasi dan perlindungan hutan. Ketika lulus nanti, kamu bisa bekerja sebagai konsultan lingkungan, ahli konversi hutan, dan pengawas hutan.

Itulah beberapa jurusan kuliah yang banyak praktikum. Sebagian besar memang didominasi oleh mata pelajaran Biologi dan Kimia. Masih banyak jurusan kuliah lainnya yang sering melakukan praktikum, bahkan untuk jurusan IPS sekalipun.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "Jurusan Kuliah yang Banyak Praktikum yang Bisa Kamu Pilih"

Berlangganan via Email