CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr

Kegiatan Anak Kuliah Di Semester Awal yang Tak Boleh Dilupakan

Buat kalian yang sudah lulus seleksi perguruan tinggi pasti menantikan kuliah perdana. Banyak orang yang bilang kalau kuliah perdana itu memiliki berjuta rasa. Berdasarkan pengalaman saya, perasaan itu memang bakal terjadi, karena kita belum tahu kegiatan anak kuliah itu seperti apa.

Saking semangat ngampus, tak sedikit orang yang bingung apa yang harus dilakukan di pekan pertama. Sebagai mahasiswa baru tentu saja kita membutuhkan bimbingan dan arahan yang jelas.

Saya sendiri juga pernah mengalami hal yang sama, jadi kita tidak perlu merasa minder. Ini merupakan fase dimana kita kebingungan dalam menata hari-hari baru di masa kuliah.

Bagaimana sih rasanya menjadi mahasiswa baru?

Ok pada kesempatan ini saya akan memberikan kesan pertama saya ketika kuliah pertama. Kegiatan anak kuliah di pekan pertama itu apa saja sih? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Keliling Fakultas dan Kampus

Kegiatan pertama yang biasanya dilakukan oleh mahasiswa baru adalah keliling fakultas dan kampus. Menurut saya kegiatan ini harus dilakukan supaya nanti kita tidak kebingungan dalam mencari lokasi di waktu selanjutnya.

Sekolah dan kampus itu beda. Umumnya kampus itu memiliki luas yang cukup besar, sehingga kita tak akan mudah untuk pergi ke suatu tempat jika tidak tahu lokasinya dengan tepat. Setidaknya 2 hari sebelum Pengenalan Mahasiswa Baru (PMB), kita sudah berkeliling dulu di kampus.

Sambil jalan-jalan keliling kampus, mungkin kita juga akan bertemu dengan teman baru. Akan lebih senang lagi kalau bertemu dengan teman se-jurusan karena kita akan selalu bersama dengan mereka sampai selesai kuliah nanti.

2. Pengenalan Mahasiswa Baru

Kegiatan pertama masuk kuliah yaitu pengenalan mahasiswa baru alias PMB. Dalam kegiatan ini kita bakal diperkenalkan dengan berbagai hal tentang kampus seperti pemimpin kampus (Rektor), pimpinan fakultas (Dekan), dan ketua jurusan (Kajur).

Kegiatan PMB ini biasanya dilakukan selama 3 hari berturut-turut. Hari pertama perkenalan kampus, hari kedua perkenalan fakultas dan jurusan. Di hari terakhir biasanya kita akan diperkenalkan dengan berbagai organisasi dan kegiatan kemahasiswaan yang ada di kampus.

3. Mengisi KRS

Setelah PMB kita tidak akan langsung memasuki kegiatan perkuliahan. Sebelum itu kita harus mengisi KRS terlebih dahulu. KRS atau Kartu Rencana Studi merupakan list mata kuliah yang harus kita ikuti selama semester awal. Di awal semester, biasanya akan memiliki sistem paket yang telah ditentukan oleh pihak prodi.

Pengisian KRS ini bisa dilakukan secara online maupun manual, tergantung kebijakan pihak kampus atau fakultas. Cara pengisian KRS sangat mudah, kita tinggal programkan semua mata kuliah yang tersedia di semester awal.

Kalau di akhir semester IPK bagus, kita bisa belanja mata kuliah dari jumlah normal. Tapi kalau untuk semester 1 dan 2 biasanya sistem paket yang telah ditentukan oleh jurusan. kita bisa mengambil lebih banyak mata kuliah di semester depan jika IPK di semester sebelumnya bagus.

Kalau kita berhasil mendapatkan IPK bagus di setiap semester, kita memiliki kemungkinan untuk lulus selama 3,5 tahun. Tapi ada faktor lain yang mempengaruhi selain IPK yang tinggi, misalnya Tugas Akhir.

Baca juga: Tips Trik Memaksimalkan Peluang Lolos SNMPTN

4. Penentuan Kelas

Setelah mengisi KRS, selanjutnya kita akan menghadapi hari pertama kuliah. Pada proses ini kita akan mendapatkan gambaran tentang kuliah itu seperti apa.

Jumlah mahasiswa dalam satu kelasnya berkisar 30-40 mahasiswa dan akan dicampur antara perempuan dan laki-laki. Penentuan kelas ini ditentukan oleh pihak kampus, tapi di awal semester kita bisa pindah kelas jika tidak nyaman. Nanti pihak kampus akan menyetujuinya.

5. Pemilihan Ketua Kelas

Sama seperti di tingkat SD, SMP, dan SMA, di tingkat kuliah juga ada ketua kelas yang disebut dengan Kosma (mungkin tiap kampus berbeda istilahnya ya). Hanya saja dalam proses pemilihannya sedikit berbeda dengan tingkat sebelumnya.

Ketika kita masih masih menjadi siswa, pemilihan ketua kelas akan dibimbing oleh ketua kelas. Nah kalau kuliah tidak akan ada hal seperti itu lagi. Karena kalau kuliah itu tidak ada yang namanya ketua kelas.

Untuk sistem pemilihannya masih sama yaitu dilakukan secara demokratis atau perhitungan suara terbanyak. Karena masih malu-malu, biasanya tidak ada orang yang berani mencalonkan diri untuk menjadi kosma.

Oleh karena itu dalam satu kelas itu minimal harus ada satu orang yang memiliki kepemimpinan yang tinggi seperti halnya wali kelas ketika sekolah. Harus ada satu orang yang membimbing jalannya pemilihan kosma.

6. Perkenalan Diri

Tak kenal maka tak sayang! Dalam setiap mata kuliah biasanya kita akan saling memperkenalkan diri terlebih dulu. Tujuannya tidak lain supaya dosen bisa tahu nama para mahasiswanya. Jangan lupa untuk memperkenalkan diri dengan ramah dan santun ya.

7. Ospek Jurusan

Dulu saya melakukan kegiatan ospek jurusan ini menjelang tengah semester, mungkin setiap kampus akan berbeda-beda. Bahkan di beberapa kampus sudah meniadakan kegiatan ini dan hanya diganti dengan PMB.

Tapi di beberapa kampus kegiatan ospek ini masih diselenggarakan untuk menyambut mahasiswa barunya. Kegiatan ini biasanya dilakukan setiap jurusan, tapi ada juga per fakultas.

Ospek menjadi ajang bagi para kakak tingkat untuk menguji nyali para mahasiswa baru. Misalnya dengan menyuruh menyanyi, nge-game, dan sebagainya. Banyak hal yang bakal kita lakukan ketika melakukan kegiatan ini.

Sebagian besar mahasiswa baru berpikir negatif tentang kegiatan ospek. Lebih baik kalian nikmati saja kegiatan ini. Karena ini adalah kenangan indah ketika menjadi mahasiswa baru.

8. Menjadi Mahasiswa yang Sesungguhnya

Setelah melakukan semua kegiatan anak kuliah di atas, selanjutnya kita tinggal melakoni perkuliahan seperti biasanya. kita betul-betul akan melakoni dunia kuliah yang sesungguhnya. kita akan berkutat dengan aktivitas yang berhubungan dengan jurusan kuliah yang diambil.

Itulah pengalaman saya mengenai kegiatan anak kuliah di awal semester. Semoga artikel ini bisa menjadi gambaran untuk kita yang akan menjalani kuliah perdana di kampus tercinta. Selamat telah diterima di kampus tercinta dan sekarang kita telah menjadi mahasiswa. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.
Related Posts
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Post a Comment