Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

8 Masalah Kuliah Dalam Kuliah yang Bakal Dihadapi Mahasiswa

Masalah Kuliah Dalam Kuliah yang Bakal Dihadapi Mahasiswa
Cecepkocep.com – Kuliah merupakan salah satu momen yang sangat dinantikan oleh anak muda. Soalnya kuliah itu ternyata seru banget. Meskipun masalah dalam kuliah itu selalu ada, tapi itu adalah bumbu yang akan membuat kesan masa kuliah tak terlupakan.

Tidak hanya terkenal sebagai tempat belajar, kampus juga merupakan tempat bersosialisasi dan mengembangkan diri. Sebagai seorang mahasiswa kita tidak hanya dituntut untuk pintar dalam kehidupan akademik, tapi juga dalam berbagai aspek termasuk manajemen waktu.

Setiap kampus tentu saja selalu memberikan standar pendidikan yang tinggi, sehingga banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dan perjuangan. Kalau kamu jadi mahasiswa, setidaknya masalah-masalah di bawah ini pasti kamu alami.

1. Sulit Beradaptasi

Mahasiswa itu memang sangat menyenangkan, tapi juga bisa menjadi masa-masa menakutkan. Kenapa? Sebagai seorang mahasiswa baru tentu saja kita harus beradaptasi dengan lingkungan baru dengan kehidupan di kampus. Terlebih lagi perbedaan kuliah dan SMA itu cukup berbeda jauh.

Terkadang kita akan berpikiran ‘ngapain juga ya aku kuliah?’. Tapi itu adalah pilihan kita dan harus siap menerima konsekuensinya sekarang. Di awal-awal itu memang berat, jadi jangan menyerah begitu saja ya sob.

Masalah yang paling aku takuti dulu ketika kuliah yaitu bertemu dosen. Nah supaya bisa mendapatkan kesan pertama dengan mereka, sebisa mungkin kita jangan telat masuk kelas. Tunjukan rasa percaya diri kamu dengan aktif dan penuh inisiatif, serta selesaikan tugas dosen dengan maksimal.

2. Input KRS

Sebagai mahasiswa baru tentu kita tidak akan tahu apa itu KRS. Tapi pengisian KRS di semester pertama tidak akan begitu sulit karena masih menggunakan sistem paket. Tapi tetap saja sebagai seorang mahasiswa baru kita bakal kikuk ketika mengenal istilah baru ini.

Input KRS merupakan salah satu contoh masalah akademik yang pasti bakal kamu hadapi. Kesalahan input data akan memiliki masalah kedepannya, misalnya bentrok jadwal setiap mata kuliah. Jika telat mengisi KRS, kita juga akan akan bermasalah pada pembagian kelas, sehingga proses perkuliahan kita bakal terhambat.

Supaya tidak terjadi hal yang demikian, sebaiknya kamu memiliki hubungan baik dengan admin jurusan. Segera lapor ke admin jika kamu melakukan kesalahan dalam pengisian KRS.

3. Kelas Pagi

Kuliah memang sangat berbeda dengan SMA karena kelasnya tidak menentu. Tapi tetap saja kita bakal ada jadwal mata kuliah yang masuknya pagi. Sebagai mahasiswa bangun pagi itu  beratnya tiada ampun karena malamnya begadang mengerjakan tugas.

Kalau untuk mahasiswa baru yang belum numpuk tugas mungkin bisa bangun pagi. Apalagi kalau kamu sudah membiasakan bangun pagi sejak SMA dulu. Kalau kamu sudah menjadi mahasiswa lama, bangung pagi itu butuh perjuangan yang ekstra.

4. Gugup Saat Presentasi

Setiap mahasiswa pasti pernah merasa gugup ketika pertama kali melakukan presentasi. Apalagi kalau kita seorang introvert yang biasanya bakal belepotan kalau ngomong di depan umum. Meskipun sejak SMA kamu jago public speaking, tapi kalau memasuki lingkungan baru pasti akan ada rasa nervous.

Tapi pola pikir mahasiswa itu berbeda dengan siswa yang menuntut kita harus berpikir kritis dan berani menyuarakan ide-ide kita. Oleh sebab itulah kenapa mahasiswa itu sering melakukan presentasi baik itu secara individu maupun kelompok.

Tidak selamanya kita duduk di kelas sambil mendengarkan ceramah dosen. Kita juga akan diberikan kesempatan untuk bertanya supaya daya kritis kita terasah.

Baca juga: 9 Daftar Persiapan Kuliah Pertama Untuk Mahasiswa Baru

5. Belajar Keras Berujung Gagal

Ini adalah salah satu permasalahan dunia studi mahasiswa. Setelah belajar keras hingga larut malam, tapi ujung-ujungnya dapat nilai jelek juga. Tentu saja kita bakalan kecewa kalau hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Jika kamu pernah mengalami hal seperti itu, sebaiknya tanya lagi pada diri sendiri apakah kita belajar dengan efektif atau tidak. Misalnya apakah kita belajar sesuai dengan kisi-kisi yang diberikan oleh dosen? Jangan sampai kamu belajar keluar dari kisi-kisi yang diberikan dosen.

Meskipun kamu sudah bekerja keras, jangan pernah khawatir dengan hasilnya yang jelek. Siapa tahu di lain waktu hasil belajarmu itu berguna di lain waktu. Misalnya menunjang untuk mengerjakan tugas akhir.

6. Ragu Memilih Organisasi Kampus

Untuk menjadi mahasiswa yang sukses tentu tidak hanya terpaku pada bidang akademik saja. Kita juga harus mengembangkan soft skill kita dengan cara mengikuti kegiatan kampus atau UKM. Dengan mengikuti kegiatan mahasiswa, kita akan memiliki networking yang sangat luas.

Tapi yang menjadi masalahnya itu organisasi atau UKM yang ada di kampus itu sangat beragam. Jadinya kita bingung harus memilih yang mana. Terlebih lagi kita juga akan khawatir dengan cara membagi waktunya dengan kuliah.

Untuk menghadapinya, sebaiknya kamu analisis dulu plus minus mengikuti UKM dan lebih spesifik dalam menggali informasi organisasi yang ingin kamu ikuti. Misalnya jadwal kumpul, rapat, presentasi organisasi, dan latihan. Apakah UKM yang akan diikuti itu sesuai dengan minat dan kemampuan kamu.

Hal-hal seperti itu harus kamu pertimbangkan supaya kamu bisa lebih mudah dalam mengatur waktu. Sebagai mahasiswa kamu tentu saja bisa memilih sesuatu sesuai dengan yang kamu inginkan, tapi setiap keputusan yang kamu ambil memiliki konsekuensi.

7. Beradaptasi Sebagai Anak Kosan

Kalau rumah kita jauh dari lokasi kampus, solusi terbesarnya kita harus ngekos. Kita terpaksa harus merantau dan jauh dengan orang rumah. Tentu kita bakal melakukan semua pekerjaan sendiri, terlebih di awal kita belum punya teman.

Batinmu bakal galau banget di malam pertama ngekost. Biasanya di rumah kita ngumpul bareng keluarga sambil nonton TV, tapi sekarang kita harus berada di tempat yang berbeda. Pagi biasanya ada yang bangunin, sekarang kita harus bangun sendiri dan nyiapin sarapan sendiri.

Tapi seiring berjalannya waktu kamu tidak akan kesepian ko. Rasa sedihmu akan terhapus dengan banyaknya ngumpul bareng teman sambil ngerjain tugas. Bahkan kamu bakal sering balik kosan malam karena terlalu lama di kampus.

8. Mencari Lowongan Freelance

Disaat pengeluarn kita banyak untuk keperluan kuliah, sementara jatah kiriman dari orang tua tetap segitu, tentu kita harus berpikir untuk mendapatkan uang tambahan. Malu rasanya kalau harus terus nyusahin orang tua di rumah.

Kalau kamu memiliki kamu memiliki relasi yang luas, mungkin mendapatkan pekerjaan paruh waktu akan lebih mudah. Jadi tak ada salahnya juga buat mengikuti berbagai organisasi di kampus. Kamu bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dari teman atau kakak tingkat.

Tapi di zaman yang sudah modern ini, kamu bisa mencari pekerjaan freelance di internet. Aku dulu juga freelance sebagai content writer di suatu platform atau media. Hasilnya juga sangat membantuku untuk memenuhi kebutuhan kuliah.

Supaya bekerja dengan enjoy, sebaiknya cari pekerjaan freelance yang sesuai dengan kemampuan dan minatmu. Kalau kamu jago menggambar, bekerjalah sebagai desainer atau sejenisnya. Kalau kamu suka menulis, cari pekerjaan menulis. Perhatikan juga bahwa tugas kamu merantau yaitu untuk kuliah.

Baca juga: Kegiatan Anak Kuliah Di Semester Awal yang Tak Boleh Dilupakan

Itulah beberapa masalah dalam kuliah yang harus kamu hadapi. Sebenarnya masih banyak lagi masalah yang bakal kamu hadapi. Tapi kamu jangan khawatir, nikmati masa-masa ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share ke sosial media kamu ya. Terima kasih.
Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "8 Masalah Kuliah Dalam Kuliah yang Bakal Dihadapi Mahasiswa"

Berlangganan via Email