CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr

31 Peluang Usaha Di Desa Yang Menjanjikan Tahun 2020

peluang usaha di desa yang menjanjikan

Buat Anda yang hidup di daerah pedesaan atau perkampungan jangan khawatir untuk memulai bisnis. Karena sekarang sudah banyak peluang usaha di desa berkembang dengan keuntungan yang lumayan besar. Setidaknya keuntungan tersebut bisa membantu kehidupan ekonomi Anda di kampung.

Teknologi yang berkembang pesat telah menciptakan peluang usaha di desa. Karena perkembangan teknologi ini telah membuat pedesaan tidak kalah tertinggal dengan daerah perkotaan.

Kehidupan di desa justru lebih menguntungkan karena memiliki banyak komoditas yang tidak dimiliki oleh orang-orang di perkotaaan. Apalagi usaha yang dilakukan di desa bisa dikembangkan dengan modal yang minim dan keuntungan yang lumayan besar.

Peluang Usaha di Desa Membuka Pertokoan

Meskipun berada di pedesaan bukan berarti Anda tidak pede membuka toko. Bahkan peluang usaha membuka di desa itu memiliki prospek yang cukup besar. Masyarakat di desa tidak perlu ke kota untuk membeli barang kebutuhan mereka. Berikut beberapa peluang usaha di pedesaan dengan membuka pertokoan yang bisa Anda coba.

1. Buka Toko Sembako

peluang usaha membuka toko sembako
Meskipun saat ini telah banyak supermarket yang menawarkan berbagai kebutuhan, tapi toko sembako tetap masih menjadi primadona. Tidak hanya di pedesaan, toko sembako juga masih sangat laku di perkotaan. Alasannya tidak lain karena toko sembako menjual kebutuhan pokok dengan harga yang relatif terjangkau dibandingkan supermarket.

Jadi tidak ada salahnya untuk berbisnis dengan membuka toko sembako. Prospek dan market peluang bisnis yang satu ini masih sangat besar di daerah pedesaan. Apalagi kalau toko sembako Anda sangat lengkap dan harganya terjangkau, tentu saja akan banyak konsumen yang berbelanja ke toko Anda.

Usaha membuka toko sembako akan semakin menguntungkan jika Anda memiliki lahan di pinggir jalan. Karena lokasi yang strategis akan menjaring konsumen lebih banyak. Jika tidak memungkinkan, Anda juga masih buka membuka toko sembako di rumah.

Prospek peluang usaha di desa membuka toko sembako sangat besar. Karena hampir semua orang membutuhkan sembilan bahan pokok seperti minyak, gula, dan beras. Jadi tak ada salahnya untuk memulai usaha yang satu ini.

Untuk masalah modal juga sangat fleksibel. Jika Anda memiliki modal sebanyak Rp5 juta, Anda bisa langsung memulai usaha ini. Anda gunakan modal tersebut untuk membeli bahan-bahan dagangan. Tapi dengan catatan Anda menggunakan rumah sendiri tanpa membuat bangunan khusus untuk toko.

Tapi kalau Anda ingin menjual bahan sembako secara lebih lengkap, modal yang diperlukan juga besar, misalnya di atas Rp50 juta. Tapi semuanya kembali lagi kepada kita sebagai pelaku usahanya.

Meskipun memiliki modal kecil, tapi jika Anda bisa mengelolanya dengan baik pasti bisa. Misalnya dengan modal Rp5 juta itu dibelikan semua bahan. Jika laku Anda tentu bisa mendapat keuntungan. Nah keuntungan tersebut bisa Anda gunakan untuk membeli bahan lain untuk memperlengkap toko sembako Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa semua hal besar berawal dari hal kecil. Jadi tidak masalah untuk usaha membuka toko sembako meskipun dengan modal yang kecil.

2. Jualan Pulsa dan Token Listrik

peluang usaha jualan pulsa dan token listrik
Jualan pulsa termasuk peluang usaha di desa yang sangat menggiurkan. Usaha ini tidak akan pernah mati karena kebutuhan manusia terhadap pulsa semakin tinggi. Hal ini bisa Anda lihat pengguna HP yang sudah semakin meningkat. Hampir semua kalangan masyarakat mulai dari anak-anak sampai orang tua menggunakan HP.

Selain jualan pulsa, Anda juga bisa sekalian menjual token listrik yang sekarang ini juga telah berkembang pesat. Karena sekarang masyarakat disarankan menggunakan kWh dengan sistem prabayar dengan menggunakan token. Dengan begitu prospek menjual pulsa ataupun token listrik masih sangat tinggi.

Peluang usaha yang satu ini sangat cocok untuk masyarakat di pedesaan seperti ibu rumah tangga atau pelajar yang ingin mendapatkan tambahan uang saku. Usaha ini bisa Anda lakukan dengan serius atau hanya kerja sampingan. Tapi jika usaha dilakukan dengan serius, keuntungan yang akan Anda dapatkan juga akan sangat besar.

Modal yang Anda butuhkan untuk memulai usaha ini juga relatif kecil. Dengan modal Rp500 ribu saja Anda sudah bisa menjual pulsa elektrik dan token listrik tanpa harus membuka konter. Modal tersebut Anda belikan pulsa dari distributor yang terpercaya.

Tapi jika Anda ingin membuka konter atau kios, modal yang harus Anda gunakan juga besar yaitu sekitar Rp10 sampai Rp15 juta. Modal tersebut Anda gunakan untuk membangun kios kecil-kecilan di pinggir jalan, membeli pulsa elektrik dan token listrik, serta membeli voucher internet.

Kalau punya modal kecil, menjual pulsa elektrik dan token listrik tanpa kios pun juga bisa Anda lakukan. Strateginya bisa Anda lihat pada artikel ini: Trik Mendapatkan Keuntungan Bisnis Pulsa Tanpa Buka Konter

3. Buka Depot Air Minum

Semua orang tentu membutuhkan air putih. Tapi sayangnya tidak semua tempat itu bisa menghasilkan air yang baik dan bersih. Sementara kebutuhan manusia terhadap air putih yang bersih dan sehat itu sangat tinggi.

Banyak sekali manfaat air putih bagi tubuh, sehingga tubuh akan bermasalah jika kekurangan air putih. Kebutuhan manusia terhadap air bersih dan berkualitas itu tidak bisa diabaikan.

Kurangnya sumber air minum yang berkualitas bisa Anda manfaatkan untuk membuka usaha depot air minum. Apalagi kalau di daerah Anda tidak ada depot air minum, sehingga masyarakat harus membelinya jauh sampai ke kota. Kondisi ini tentu saja tidak bisa Anda biarkan begitu saja.

Berapa perkiraan modal untuk memulai usaha depot air minum?

Perkiraan modal yang Anda butuhkan untuk memulai usaha ini berkisar Rp25 juta sampai Rp35 juta. Sebagian besar modal tersebut digunakan untuk membeli depot air minum. Sisanya digunakan untuk membeli kebutuhan lain seperti galon, bahan baku air, biaya promosi, dan yang lainnya.

Kalau Anda tertarik dengan peluang usaha di desa yang satu ini, silahkan untuk membaca ulasan kami tentang usaha ini pada artikel ini: Prospek Peluang Usaha Depot Air Minum 2020

4. Membuka Pertamini

Peluang usaha membuka pertamini
Sama seperti Handphone, hampir semua keluarga memiliki kendaraan minimal motor. Hal ini membuat banyak pom bensin yang tersebar di setiap daerah. Tidak hanya di perkotaan, saat ini sudah ada pom bensin di daerah pedesaan meskipun dalam jumlah yang terbatas.

Sebenarnya bahan bakar yang biasa digunakan di pedesaan tidak hanya bensin saja  untuk motor. Tapi ada juga bahan bakar yang digunakan untuk traktor dan penggilingan untuk padi. Keduanya tidak bisa berjalan tanpa ditenagai dengan bahan bakar solar.

Kalau memiliki modal minim, Anda sebenarnya sudah bisa membuka toko bensin eceran. Tapi sayang sekarang masyarakat sudah tertarik dengan bensin eceran jika hanya dalam keadaan mendesak saja. Untuk itu membuka pertamini bisa menjadi opsi yang sangat tepat.

Tapi sayangnya Anda membutuhkan modal yang cukup besar untuk menjual bensin dengan pertamini. Untuk pertamini non digital saja Anda membutuhkan modal sekitar Rp5 juta sampai Rp8 jutaan. Untuk pertamini digital tentu akan lebih besar lagi, yaitu bisa mencapai Rp12 juta.

Tidak ada strategi khusus untuk melakukan usaha yang satu ini. Karena yang perlu Anda lakukan hanya jualan di pinggir jalan. Sehingga masyarakat dengan sendirinya ke pertamini Anda.

Supaya bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar, Anda bisa mengkombinasikannya dengan usaha lain sepert toko sembako, konter pulsa, dan depot air minum. Tapi tentu saja modal yang harus Anda miliki tidak kecil.

5. Membuka Usaha Fotokopi

Peluang usaha di desa yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki lahan di pinggir jalan. Terutama dekat dengan sekolah, kampus, dan perkantoran seperti kecamatan dan balai desa. Karena kebutuhan siswa dan mahasiswa terhadap fotokopi sangat tinggi.

Tapi mungkin Anda pernah berpikir bahwa usaha yang satu ini membutuhkan modal yang besar. Itu memang benar, tapi keuntungan yang akan Anda dapatkan juga berbanding lurus dengan modal yang Anda miliki.

Perkiraan modal yang Anda butuhkan untuk membuka usaha fotokopi yaitu berkisar Rp40 sampai Rp45 juta. Sebagian besar modal tersebut digunakan untuk membeli mesin fotokopi. Sisanya digunakan untuk keperluan seperti etalase, perlengkapan alat tulis, dan sewa tempat.

Kalau punya modal minim, Anda juga bisa membeli mesin fotokopi bekas. Kisaran harga mesin fotokopi bekas mulai dari Rp8 sampai Rp 10 juta. Tapi Anda harus hati-hati jik ingin membeli mesin fotokopi bekas supaya nantinya tidak rewel. Jadi Anda tidak harus mengeluarkan modal lagi untuk biaya perawatan.

6. Menjual Baju

Peluang usaha di desa ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai fashion. Anda mungkin sudah tahu bahwa akses masyarakat untuk ke kota itu cukup sulit. Sementara mereka harus membeli baju di kota untuk memenuhi kebutuhan sandang.

Kondisi seperti ini tentu saja bisa Anda manfaatkan untuk dijadikan bisnis. Anda menjual baju yang dibutuhkan oleh masyarakat supaya mereka tidak membelinya ke kota. Target utama yang sangat cocok untuk usaha ini adalah ibu-ibu.

Kenapa ibu-ibu?

Karena ibu-ibu itu biasanya akan heboh kalau ada baju-baju murah. Sebagian besar dari mereka rela memotong biaya dapur untuk membeli baju baru. Bertolak belakang dengan bapak-bapak yang tidak tertarik dengan baju-baju baru yang dijual murah.

Beberapa jenis pakaian yang biasa diserbu oleh para ibu-ibu diantaranya adalah gamis, daster, jilbab, dan baju anak-anak. Jadi belilah jenis pakain tersebut untuk dijual ke konsumen. Selipkan juga baju untuk bapak-bapak meskipun jumlahnya sedikit. Karena kalau sudah dibelikan oleh istrinya, mereka bakal pakai juga.

Seandainya punya modal besar, Anda bisa menjual baju dengan sistem kredit. Sistem penjualan seperti ini akan semakin memikat konsumen untuk membeli. Karena meskipun mahal, ibu-ibu akan tetap membeli karena dianggap ringan dengan sistem kredit.

Tapi kalau modal Anda minim, jangan pernah coba-coba menjualnya dengan sistem kredit. Karena perputaran uang Anda akan terhenti jika kredit mereka macet. Yang terjadi Anda malah berhenti karena tidak ada modal untuk membeli baju baru.

7. Membuka Warnet

peluang usaha membuka warnet
Keberadaan smartphone memang telah membuat sebagian besar malas pergi ke warnet. Tapi sayang internetan di smartphone tidak bisa dilakukan dengan leluasa seperti halnya di PC. Apalagi kalau digunakan untuk download file yang berukuran besar, tentu kuota internet kita bakal habis tersedot.

Masalah tersebut bisa Anda manfaatkan untuk dijadikan peluang usaha di desa, yakni membuka warnet. Prospek usaha ini akan semakin cerah di masyarakat di tempat tinggal Anda lebih suka bermain game-game online PC dibanding smartphone.

Supaya keuntungannya semakin besar, Anda juga bisa sekaligus membuka jasa pengetikan dan percetakan foto. Sehingga masyarakat di desa tidak harus pergi jauh ke kota untuk mencetak foto.
Modal yang Anda butuhkan untuk memulai usaha yang satu ini memang cukup besar, yaitu berkisar Rp60 sampai Rp70 juta. Tapi keuntungan yang didapatkan juga sesuai dengan modal yang Anda keluarkan.

Sebagian besar modal tersebut digunakan untuk membeli 10 set komputer, printer, sewa tempat, dan akses internet. Supaya usahanya bisa ramai, usahakan untuk membuat warnet di tempat-tempat ramai seperti dekat dengan sekolah. Karena mereka juga membutuhkan jasa pengetikan atau percetakan foto.

Peluang Usaha Kuliner Di Desa

Selain membuka toko-toko yang sudah dijelaskan di atas, Anda juga bisa menjajal peluang usaha di desa untuk bidang kuliner. Usaha di bidang makanan tidak akan pernah ada matinya karena makanan adalah kebutuhan utama manusia. Berikut ini adalah beberapa peluang usaha di desa yang bisa Anda coba.

8. Warung Angkringan + Wifi

Salah satu tempat yang paling favorit yang bisa mendapatkan kesenangan adalah warung angkringan. Karena di warung ini kita bisa mendapatkan makanan murah meriah mulai dari nasi bungkus, lauk pauk, gorengan, kopi, dan aneka minuman lainnya dari yang panas sampai dingin.

Warung angkringan merupakan tempat yang sangat pas untuk nongkrong bercengkrama bersama teman-teman. Biasanya warung ini akan ramai di sore hingga dini hari. Untuk menjalani usaha ini, Anda juga tidak perlu fasilitas yang mewah dan mahal.

Kalau di kampung, lesehan pun sudah pas untuk dijadikan tempat nongkrong. Yang paling tempatnya nyaman dan asyik. untuk menarik banyak pengunjung, Anda bisa memasang Wifi supaya mereka makin betah nongkrong di warung Anda. Penjualan Anda dijamin meningkat kalau diberi akses Wifi gratis.

Perkiraan modal yang Anda butuhkan untuk memulai usaha ini berkisar Rp5 juta. Tapi dengan catatan Anda sudah memiliki perabotan untuk memasak. Modal tersebut digunakan untuk membuat gerobak angkringan, sementara sisanya digunakan untuk membeli bahan baku makanan dan koneksi internet.

9. Warung Kopi

Membuka warung kopi juga termasuk peluang usaha di desa yang cukup menggiurkan. Karena sebagian besar anak muda dan bapak-bapak sangat suka dengan kopi. Kalau lokasi desa Anda dekat dengan jalan antar kota, warkop Anda bisa dijadikan tempat persinggahan para pengendara untuk beristirahat sejenak.

Seperti biasa, untuk menarik anak-anak remaja Anda bisa menyediakan akses Wifi gratis. Karena biasanya mereka suka nongkrong yang ada wifinya. Sambil ngopi, mereka biasanya akan bermain game online atau internetan.

Kalau untuk orang tua, Anda bisa memancingnya dengan menyediakan layar lebar ketika ada pertandingan bola atau MotoGP. Mereka bakal senang hati menonton sambil ngopi.

10. Jual Makanan Ringan

Sumber daya alam yang melimpah di pedesaan bisa Anda olah menjadi makanan ringan seperti keripik singkong, keripik pisang, keripik, tempe dan sebagainya. Makanan ringan tersebut sangat digemari oleh masyarakat mulai dari anak-anak sampai dewasa.

Untuk langkah awal Anda bisa mencoba jenis satu jenis makanan ringan saja, misalnya keripik singkong. Untuk referensi resep Anda bisa mengambil di Cookpad.com. Disana tersedia banyak sekali resep-resep makanan, termasuk juga cara membuat keripik singkong yang gurih dan renyah.

Supaya nilai jual keripik singkong Anda tinggi, cobalah untuk  memberikan merk pada kemasan. Dengan begitu Anda bisa menjualnya dengan harga yang lumayan tinggi mulai dari Rp2 ribu sampai Rp5 ribu per bungkus.

Pemasarannya bagaimana?

Untuk pemasarannya Anda bisa menitipkannya ke warung-warung terdekat yang menyediakan jasa titipan dagangan. Supaya jangkauan produknya lebih luas, Anda bisa mengirimkannya ke pasar tradisional, atau bahkan mendistribusikannya ke kota terdekat.

Jangan lupa untuk meninggalkan jejak kartu nama dan nomor telepon. Kalau keripik singkong Anda memang banyak yang suka, maka akan banyak permintaan untuk mengirimkan keripik singkong dari Anda.

11. Menjual Kue Rumahan

peluang usaha menjual kue rumahan
Menjual kue rumahan termasuk usaha potensial di desa, bahkan di perkotaan sekalipun. Bagi Anda yang suka memasak berbagai aneka kue, tak ada salahnya untuk menjajal usaha yang satu ini.

Anda bisa menjual berbagai jenis kue baik itu kue tradisional (apem, onde-onde, kue kencur) maupun kue modern seperti brownies kukus. Untuk memasarkannya Anda bisa titipkan ke warung yang dekat dengan rumah Anda.

Kalau di perkampungan, setiap ada acara seperti hajat nikahan, sunatan, dan sebagainya mereka akan memberikan bingkisan. Biasanya mereka akan memberikan bingkisan kue baik itu kue tradisional maupun kue modern. Kesempatan ini tentu saja tidak bisa Anda lewatkan begitu saja untuk dijadikan bisnis.

Usaha ini akan melejit menjelang hari raya Idul Fitri atau hari raya lainnya. Karena mereka membutuhkan aneka kue untuk menjamu tamu yang datang ke rumah mereka.

Perkiraan modal yang Anda butuhkan untuk memulai usaha ini sangat beragam, misalnya Rp8 juta. Sebagian modal tersebut digunakan untuk membeli peralatan memasak. Sisanya digunakan untuk membeli bahan baku.

Peluang Usaha di Bidang Jasa

Peluang usaha di desa yang selanjutnya adalah di bidang jasa. Jenis usaha yang satu ini memaksa Anda untuk memiliki keahlian atau keterampilan.

Berikut ini adalah beberapa peluang usaha di desa yang sesuai dengan keahlian Anda.

12. Jasa Potong Rambut

Dulu ketika Anda pergi ke tempat pangkas Rambut, Anda akan ditawari dengan berbagai pilihan model rambut dari poster. Di poster tersebut ada berbagai gaya rambut andalan pria pada masa itu.

Tapi gaya rambut yang terpampang pada poster tersebut sudah tidak efektif lagi. Karena di zaman sekarang sudah banyak pilihan gaya rambut terbaru. Terlebih anak muda jaman sekarang sudah tidak ingin memotong rambut dengan gaya rapi atau standar.

Mereka cenderung ingin memotong rambut dengan gaya yang terpampang pada HP yang mereka genggam. Mereka ingin memiliki potongan gaya rambut yang bisa mendongkrak penampilannya untuk menarik perhatian banyak orang, termasuk wanita. Bahkan anak muda jaman sekarang menyukai model rambut yang beraneka warna.

Perkiraan modal yang Anda butuhkan untuk memulai jasa potong rambut berkisar Rp10 juta. Sebagian besar modal tersebut digunakan untuk membeli sewa tempat dan peralatan cukur.

Keuntungan yang akan Anda dapatkan juga lumayan besar. Ketika artikel ini dibuat, tarif potong rambut untuk orang dewasa adalah Rp15 ribu dan anak-anak Rp13 ribu. Jika dalam sehari ada 10 orang yang potong rambut, berarti Anda sudah mendapatkan Rp150 ribu.

13. Jasa Salon Kecantikan

Jasa salon kecantikan juga termasuk inovasi usaha di desa yang cukup menjanjikan. Apalagi kalau di daerah Anda masih jarang ditemukan salon kecantikan.

Ibu-ibu atau remaja di desa tidak lagi harus ke kota untuk potong rambut, creambath, rebonding, dll. Anda juga bisa menyediakan layanan yang berhubungan dengan salon kecantikan, misalnya perawatan kulit wajah. Layanan ini sekarang sangat dibutuhkan untuk masyarakat di pedesaan.

Perkiraan modal yang dibutuhkan untuk membuka jasa salon kecantikan kurang lebih sama seperti jasa potong rambut. Modal tersebut digunakan untuk membeli peralatan dan sewa tempat.

14. Jasa Menjahit

peluang usaha di desa menjahit
Bidang usaha di bidang fashion memang tidak akan pernah ada habisnya. Selain sebagai kebutuhan primer, tapi sekarang pakaian sudah menjadi kebutuhan tersier untuk tampil ciamik di mata orang lain.

Pakaian telah menjelma menjadi estetika dalam berpakaian yang menunjukkan kelas sosial bagi pemakainya. Bahkan mereka rela merogoh kocek uang berapapun untuk mendapatkan baju model terbaru.

Tapi untuk masyarakat di desa mendapatkan pakaian baru bukanlah perkara mudah karena jaraknya jauh dari kota. Apalagi harganya juga tak bersahabat dengan isi dompet mereka.

Untuk menjawab problema di atas, maka menjahit adalah pilihan yang sangat tepat. Mereka akan mendapatkan pakaian sesuai dengan keinginan tanpa harus mengocek banyak isi dompet. Apalagi kalau orang yang memiliki postur tubuh gemuk atau terlalu kurus.

Dengan begitu jasa menjahit termasuk peluang usaha yang cerah di pedesaan. Jasa ini memaksa Anda harus memiliki kemampuan menjahit, sehingga Anda bisa membuat pakaian yang sesuai dengan bagus. Anda juga harus mempertimbangkan kualitasnya mendapatkan respon baik dari pelanggan.

Perkiraan modal yang Anda butuhkan untuk memulai usaha ini berkisar Rp2 sampai Rp3 juta. Sebagian besar modal tersebut digunakan untuk membeli mesin jahit. Selebihnya digunakan untuk membeli peralatan lain seperti benang, gunting, dan bahan.

Untuk promosi Anda bisa melakukannya dari mulut ke mulut mulai dari kerabat dan tetangga. Anda juga bisa bekerja sama dengan pihak sekolah untuk membuat seragam sekolah dari Anda.

15. Jasa Cuci Motor

Peluang usaha di desa yang selanjutnya bisa Anda coba adalah membuka jasa cuci motor atau steam. Usaha yang satu yang satu ini sangat cocok dilakukan di pedesaan, apalagi kalau jalanan di daerah Anda masih jelek sehingga motor akan mudah kotor.

Supaya penghasilannya bisa lebih besar, Anda juga bisa melayani jasa cuci mobil. Ketika artikel ini dibuat, tarif cuci motor di desa sekitar Rp 10.000,00. Sementara untuk mobil berkisar Rp 40.000,00.

Perkiraan modal yang Anda butuhkan untuk membuka jasa cuci motor berkisar Rp8 juta. Modal tersebut digunakan untuk membeli kompresor udara, tabung snow, mesin jet cleaner, dan perlengkapan lainnya. Kalau ditambah dengan renovasi tempat modalnya akan lebih besar lagi.

16. Jasa Laundry

peluang usaha jasa laundry
Tidak hanya di perkotaan, masyarakat di pedesaan juga lebih memilih jasa laundry di jaman sekarang ini. Karena menggunakan jasa ini dinilai lebih irit dibandingkan harus mencuci sendiri di rumah.

Bagi ibu-ibu yang sibuk menyerahkan pakaian kotor ke laundry adalah pilihan yang tepat. Dengan begitu mereka memiliki waktu yang lebih banyak untuk mengerjakan hal lain. Selain itu mereka juga bisa mengirit tagihan air dan listrik. Belum lagi membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menyetrika.

Usaha jasa laundry bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan ruang teras atau ruang depan rumah. Anda hanya perlu menyiapkan mesin cuci, setrika, timbangan, dan plastik. Dengan begitu modal yang Anda butuhkan tidak terlalu besar.

Kalau Anda punya halaman yang luas untuk menjemur tentu akan lebih menguntungkan lagi. Karena Anda bisa mencuci pakaian dengan jumlah lebih banyak. Usaha jasa laundry Anda akan semakin berkembang jika menyediakan jasa antar-jemput, tapi tentu saja Anda membutuhkan sedikit tambahan tenaga dan waktu luang.

17. Jasa Bimbel

Kalau Anda memiliki background sebagai guru, tak ada salahnya untuk mencoba jasa bimbingan belajar alias bimbel. Karena hampir semua orang, termasuk di desa ingin anak-anaknya menjadi pintar.

Selain itu ilmu yang anak-anak dapatkan di sekolah juga tidak cukup, sehingga membutuhkan les tambahan. Terlebih untuk anak-anak yang akan menghadapi ujian nasional. Dengan begitu prospek jasa bimbel ini cukup cerah meskipun dijalankan di daerah pedesaan. Anak-anak tidak harus pergi ke kota untuk bimbel.

Untuk langkah awal Anda bisa memulainya dengan melayani jasa bimbel di rumah sendiri. Atau Anda juga bisa mendatangi rumah murid yang ingin dibimbing oleh Anda.

Sebaiknya Anda pasang tarif di bawah pasaran bimbel di perkotaan karena pendapatan mereka tidak begitu besar. Sehingga para orang tua murid tidak akan keberatan untuk memasukan anaknya untuk bimbel di tempat Anda.

Peluang Usaha di Daerah Sepi dengan Beternak

Daerah pedesaan memang sangat identik dengan lingkungannya yang masih asri, sepi dan sejuk. Kondisi seperti ini tentu saja sangat cocok untuk mengembangkan bisnis di bidang peternakan. Berikut adalah beberapa peluang di desa bidang peternakan yang bisa Anda coba.

18. Beternak Hewan Ayam Kampung

Bagi masyarakat di pedesaan, memelihara hewan unggas merupakan hal yang lumrah. Keuntungan yang didapatkan juga besar jika dilakukan pemeliharaan dengan serius. Salah satu hewan unggas yang bisa Anda coba adalah Ayam Kampung.

Kualitas nutrisi dan keamanan yang dimiliki oleh ayam kampung sangat tinggi dibandingkan ayam potong. Karena peternak di kampung biasanya hanya memberi makan alakadarnya seperti beras dan dedak hasil penggilingan padi menjadi beras.

Lahan yang Anda butuhkan untuk beternak juga tidak besar, ukuran 6x6 meter saja sudah cukup. Selanjutnya Anda buat kandang yang dipagar keliling dari bambu supaya ayam tidak dengan bebas kabur keluar. Selain itu siapkan juga kandang khusus ayam betina yang sedang bertelur.

Selanjutnya Anda tinggal membeli ayam kampung jantan dan betina yang berkualitas. Untuk pakannya bisa menggunakan dedak (kalau di Sunda namanya huut). Dengan perawatan yang baik, Anda bisa memetik hasilnya mulai dari telur, anak ayam, atau ayam yang sudah dewasa.

Baca juga: Prospek Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung dan Cararanya

19. Beternak Bebek

peluang usaha beternak bebek
Daging bebek memang terkenal dengan rasanya yang gurih dan enak. Jadi jangan heran kalau menu daging bebek selalu ada di penjual makanan pinggir jalan hingga restoran bintang lima sekalipun.

Tapi yang menjadi permasalahannya yaitu pasokan daging bebek itu cukup sulit. Sehingga para penjual makanan sangat kesulitan untuk mendapatkan bahan bakunya. Hal ini tentu saja bisa Anda manfaatkan untuk dijadikan peluang usaha yang menguntungkan.

Biasanya di perkampungan masih memiliki lahan yang cukup luas untuk memelihara hewan seperti bebek. Terlebih lagi pemeliharaan hewan bebek tidak begitu susah, bahkan pakannya juga tidak aneh-aneh.

Selain menjual bebek, Anda juga bisa menjual telurnya yang memiliki nilai jual lebih tinggi dibandingkan ayam kampung. Harga jual satu butir telur bebek berkisar Rp 2.000,00 lebih. Seandainya Anda memiliki 100 bebek yang sedang bertelur setiap hari, keuntungan yang Anda dapatkan juga besar.

20. Budidaya Ikan Lele

Lele menjadi menjadi ikan para pecinta budidaya ikan karena pemeliharaanya yang mudah, bahkan untuk para pemula sekalipun. Selain itu ikan ini juga tahan banting dan memiliki resiko kematian yang sangat rendah.

Sementara itu permintaan pasar terhadap ikan lele juga cukup tinggi. Kalau Anda perhatikan di pinggir jalanan perkotaan selalu ada yang menjual pecel lele. Sehingga permintaan ini cukup tinggi. Belum lagi permintaan dari pasar tradisional hingga restoran.

Kalau Anda tertarik dengan budidaya ikan lele, Anda bisa mengikuti pelatihan yang biasanyanya selalu diselenggarakan di daerah perkotaan. Pada pelatihan tersebut Anda akan diajarkan cara pembuatan kolam hingga perawatannya.

Kalau Anda tertarik dengan budidaya ikan lele dengan sistem bioflok, Anda bisa membaca artikel saya sebelumnya disini: Usaha Budidaya Ikan Lele dengan Sistem Bioflok

21. Budidaya Ikan Nila

Selain ikan lele, masyarakat di kampung juga sering berbudidaya ikan Nila. Anda pasti sering menemukan jenis ikan yang satu ini di pasar ikan, harganya pun juga terbilang cukup mahal. Sehingga tak ada salahnya untuk mencoba bisnis budidaya yang satu ini.

Anda juga tidak terlalu membutuhkan lahan yang luas untuk memulai usaha budidaya ikan nila. Anda bisa membuat kolam dari tanah, terpal, atau kolam semen. Untuk proses pemeliharaannya pun juga terbilang cukup mudah.

Supaya hasil panennya bisa maksimal, Anda harus memperhatikan bibit dan pakan yang berkualitas. Anda bisa memberi pakan mulai dari pur atau makanan alami seperti plankton atau sayur kangkung yang disukai ikan nila.

22. Budidaya Kroto Rumahan

Biasanya kroto dicari oleh para pecinta burung kicau, pemancing dan pembuat jamu. Tapi produsen kecantikan juga membutuhkannya untuk dijadikan bahan campuran produk mereka.

Anda bisa memulai budidaya ini dengan menggunakan media toples terlebih dahulu sebagai sarang buatan. Untuk langkah awalnya Anda bisa membeli 100 toples terlebih dahulu. Sementara untuk harga kroto per toplesnya berkisar Rp 65.000,00.

Pemeliharaannya pun juga terbilang cukup mudah. Semut rangrang sebagai penghasil kroto juga bisa mengambil makanannya sendiri. Jadi Anda tinggal letakkan pakan semut di dekat sarangnya seperti ulat, belalang, dan cairan gula.

Karena proses pemeliharaanya yang mudah dan tidak memakan banyak waktu, Anda bisa menjadikan budidaya kroto sebagai usaha sampingan. Anda bisa mengerjakan usaha ini di waktu luang.
Harga kroto per kilogram bisa mencapai Rp 300.000,00. Jika Anda bisa memproduksi dengan jumlah banyak, keuntungan yang akan Anda dapatkan juga akan sangat tinggi.

23. Beternak Jangkrik

Sambil melakoni budidaya kroto, Anda juga bisa sekalian beternak jangkrik. Tapi Anda harus memiliki tempat yang terpisah. Karena kalau berdekatan ditakutkan jangkrik akan menjadi makanan empuk semut rangrang.

Sama seperti budidaya kroto, pemeliharaan ternak jangkrik juga sangat mudah. Anda bisa memberi pakan berupa kedelai, jagung, bahkan dedaunan. Kandangnya bisa Anda buat dari kayu berbentuk kotak dengan panjang 30 cm dan tinggi 50 cm. Anda juga bisa membuat beberapa kandang secara sekaligus.

Di pasaran harga jangkrik per kilogramnya mencapai Rp 50.000,00. Seaindainya Anda bisa menghasilkan 50 kg saja, keuntungan yang Anda dapatkan sebesar Rp2,5 juta. Sangat menggiurkan bukan?

Peluang Usaha di Bidang Pertanian

Sama seperti pertanian, peluang usaha di bidang pertanian sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di pedesaan. Karena bertani atau bercocok tanam merupakan pekerjaan utama mereka.
Tapi disini saya akan memberikan ada peluang usaha di kampung yang bisa Anda coba. Diantaranya sebagai berikut.

24. Menanam Sayuran Hidroponik

Hidroponik merupakan sistem bercocok tanam baru di bidang pertanian. Jika umumnya bertani menggunakan media tanam berupa tanah, tapi hidroponik menggunakan media tanam berupa air.
Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh sistem bercocok tanam ini yaitu tidak membutuhkan lahan yang luas. Hasilnya pun juga lebih higienis dan nilai jualnya sangat tinggi dibandingkan dengan tanaman dengan sistem biasa.

Perkiraan modal yang Anda butuhkan untuk memulai usaha yang satu ini berkisar Rp7 juta sampai Rp10 juta. Modal tersebut digunakan untuk membeli peralatan utama seperti pompa air, pipa, alat pengukur NFT, tempat penampungan air, jaring, bibit tanaman, rockwool, selang, dan perlengkapan lainnya.

Kalau punya lahan kosong, Anda bisa memanfaatkannya untuk bercocok tanam dengan sistem hidroponik. Supaya tidak salah arah, sebaiknya Anda ikuti dulu pelatihannya yang biasanya diselenggarakan di daerah-daerah tertentu.

Selain itu Anda juga bisa browsing di Google tentang bagaimana cara bercocok tanam dengan sistem hidroponik. Salah satu referensi yang bisa Anda kunjungi tentang bercocok tanam hidroponik adalah Bibitonline.com.

25. Menanam Sayuran Organik

Selain tanaman hidroponik, masyarakat di jaman sekarang juga menyukai tanaman hidroponik, terutama masyarakat di perkotaan yang sadar dengan pentingnya makanan sehat tanpa bahan kimia.

Bercocok tanam secara hidroponik dan organik memang lebih sulit dibandingkan sistem biasa. Perawatannya harus lebih ekstra dan modal yang dibutuhkannya pun juga terbilang cukup besar.
Tapi nilai jual tanaman organik lebih tinggi dibandingkan tanaman biasa. Karena tanaman organik tidak menggunakan pupuk atau pestisida dari bahan kimia, sehingga hasilnya lebih higienis dan sehat.

Untuk pemasarannya Anda bisa menargetkan supermarket dan restoran. Kalau Anda bisa menjadi supplier untuk kedua tempat tersebut, kemungkinan besar usaha Anda akan semakin besar. Tapi untuk bisa menjadi supplier supermarket dan restoran tidaklah mudah karena Anda membutuhkan jaringan bisnis yang luas.

Selain menjualnya secara offline, Anda juga bisa menjual tanaman secara online seperti di Facebook dan Instagram. Sebagai langkah awal, cobalah untuk bergabung dengan grup-grup pecinta sayuran. Setelah aktif di dalam grup tersebut, Anda bisa mempromosikan produk tanaman organik Anda.

26. Budidaya Jamur Tiram

peluang usaha budidaya jamur
Kalau Anda ingin memiliki pendapatan harian meskipun tinggal di pedesaan, maka budidaya jamur tiram adalah usaha yang tepat. Sebab prospek dari usaha untuk berbilang cukup cerah.
Untuk memulai budidaya jamur tiram Anda juga tidak membutuhkan modal yang tidak terlalu besar.

Sebab bahan baku yang dibutuhkan untuk media pertumbuhan jamur di desa itu sangat murah, bahkan gratis. Misalnya serbuk kayu, kapur, dan dedak yang biasa digunakan sebagai pakan ayam.
Sebagian besar modal anda digunakan untuk membeli drum bekas dan plastik yang digunakan untuk menanak baglog. Sementara untuk merebusnya Anda bisa menggunakan kayu.

Anda bisa belajar mengenai cara budidaya jamur tiram dan cara memasarkannya ke orang yang sudah berpengalaman atau searching di Google. Anda juga bisa mengikuti pelatihan yang biasanya diselenggarakan oleh pihak-pihak tertentu.

27. Menjual Bibit Tanaman

Selain menjual hasil panen, Anda juga bisa menjual bibit tanamannya. Prospek peluang usaha di desa ini cukup menjanjikan mengingat kebutuhan masyarakat terhadap bibit tanaman cukup tinggi.

Beberapa jenis bibit tanaman yang bisa coba Anda jual adalah cabe, tomat, terong, dll. Biasanya harga per pot kecil itu berkisar Rp 300,00 sampai Rp 400,00.

Untuk memulai usaha ini Anda juga tidak membutuhkan lahan yang luas. Anda bisa memanfaatkan lahan kosong atau pekarangan rumah. Kunci utama usaha ini adalah bibit tanaman harus berkualitas, sehingga masyarakat bisa percaya dengan produk Anda.

Karena jika seseorang sudah cocok dengan tanaman yang dibeli di suatu tempat itu, mereka akan terus membelinya ke tempat itu lagi. Oleh sebab itu bibit tanaman yang Anda juga harus berkualitas.

28. Menjual Pupuk Kompos

Selain bercocok tanam, Anda juga bisa menjual pupuk kompos sebagai peluang usaha di desa. Lahan yang Anda butuhkan untuk memulai usaha ini juga tidak terlalu besar. Dengan modal Rp5 juta sampai Rp6 juta pun Anda sudah bisa memulainya.

Modal tersebut digunakan untuk membeli peralatan yang diperlukan seperti mesin pencacah, ayakan, aktivator pengomposan (seperti SuperDec dan EM4), plastik kemasan, dan mesin segel. Selain itu Anda juga membutuhkan sampah organik seperti sayuran, dedaunan, ampas pertanian.

Setelah bahan dan peralatannya terkumpul, selanjutnya anda membutuhkan media pengomposan berupa lobang tanah atau bak. Lubang tersebut bisa Anda buat sebesar 2 x 4 meter dengan kedalaman 1,5 meter. Buat dua lubang supaya proses pembalikan bisa lebih mudah.

Selain untuk diperjual belikan, Anda juga bisa gunakan kompos tersebut untuk pupuk tanaman Anda. Jadi Anda tidak perlu beli lagi, sehingga bisa memangkas biaya pengeluaran usaha Anda.

Peluang Usaha Online

Selain usaha online, Anda juga bisa melakukannya secara online. Banyak sekali peluang usaha online yang bisa Anda jalankan di pedesaan. Disini saya akan bahas beberapa usaha unik di desa secara online diantaranya sebagai berikut.

29. Menjadi Dropshipper

Di jaman sekarang hampir semua jenis barang yang dijual secara online laku. Tapi apa yang mau dijual jika Anda tidak memiliki produk?

Jangan khawatir, Anda bisa masih jadi seorang dropshipper. Jadi Anda hanya menjualkan produk orang lain tanpa harus stok terlebih dahulu. Modal yang Anda butuhkan untuk memulai usaha ini juga tidak terlalu besar selain koneksi internet dan smartphone.

Kunci utama menjalankan usaha ini terletak pada supplier. Sebab orang yang mengurus barang dari packing sampai terima pelanggan kamu adalah supplier. Tugas Anda adalah memasarkannya saja. Tapi jika ada masalah dengan barang tersebut, Anda sendiri yang kena imbasnya.

Oleh sebab itu Anda harus bisa menemukan supplier yang bisa dipercaya. Cara mencari supplier yang bisa dipercaya juga cukup sulit. Anda bisa mencarinya di Google atau Marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak. Saat ini sudah banyak sekali supplier yang siap membantu anda menjadi seorang dropshipper.

Setelah mendapatkan supplier Anda tinggal upload foto dari supplier ke media sosial seperti Facebook atau Instagram untuk mendapatkan pelanggan. Anda akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga yang ditentukan oleh supplier dan harga yang ditawarkan pada konsumen.

Misalnya Anda menjual baju online dengan harga dari suppliernya adalah Rp 100,000,00. Kalau Anda ingin mendapatkan keuntungan sebesar Rp 50.000,00, berarti Anda harus menjualnya ke konsumen seharga Rp 150.000,00.

Seandainya Anda mampu menjual rata-rata 10 baju, berarti pendapatan Anda per hari mencapai Rp 500.000,00. Sangat besar bukan?

30. Menjadi Youtuber

Selain menjadi dropshipper, Anda juga memanfaatkan peluang usaha di desa dengan menjadi youtuber. Anda tidak menjual barang, tapi menjual kreativitas Anda berupa video kemudian diupload ke Youtube.

Proses untuk upload ke YouTube sangat mudah, tapi yang sulit itu adalah membuat kontennya. Karena konten yang dibuat harus disukai banyak orang. Sebab Anda membutuhkan banyak viewer dan subscriber untuk mendapatkan uang dari Youtube.

Modal yang Anda butuhkan juga sangat kecil karena sebagian besar modal. Sebagian besar modal tersebut digunakan untuk internet karena untuk upload satu video itu cukup menguras banyak kuota internet. Jadi sebaiknya Anda berlangganan WiFi dengan harga yang terjangkau.

Untuk kameranya Anda bisa menggunakan kamera Handphone. Proses editing pun juga bisa dilakukan di HP. Tapi akan lebih mudah dilakukan di laptop.

31 Menjadi Blogger

Cara kerja menjadi blogger sebenarnya sama seperti Youtuber, yakni Anda harus membuat konten yang disukai oleh banyak orang. Hanya saja konten yang dibuat blogger berupa tulisan atau artikel.

Supaya Anda bisa sukses dengan dunia blog, Anda harus harus memiliki banyak visitor terlebih dahulu. Untuk bisa memiliki banyak visitor berkualitas Anda membutuhkan konten yang menarik dan tentu saja membutuhkan sedikit keterampilan SEO.

Jika blog Anda sudah memiliki banyak visitor, Anda bisa bekerja sama dengan iklan PPC seperti Google Adsense. Anda juga bisa menyediakan content placement atau jasa pasang iklan dengan tarif yang bervariatif.

Baca juga: Cara Membuat Blog Gratis Di Blogger dan Wordpress

Itulah beberapa peluang usaha di desa berkembang yang bisa Anda coba. Hidup desa jangan hanya menjadi petani saja karena sekarang sudah banyak usaha lain yang cukup menjanjikan.

Tapi kalau menjadi petani adalah pekerjaan utama Anda, jadilah petani yang sukses.Semoga artikel tentang peluang usaha di desa berkembang ini bermanfaat. Jangan lupa untuk membagikannya ke sosial media supaya lebih banyak lagi orang yang terinspirasi untuk memulai bisnis.

Related Posts
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Post a Comment