CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr

10+ Peluang Usaha Ternak yang Menguntungkan di Tahun 2020

Cecepkocep.com – Sampai saat ini, peluang usaha ternak tidak akan pernah ada matinya. Peluang usaha ini tidak hanya berkembang di pedesaan saja, tapi sudah berkembang di daerah perkotaan. Beternak termasuk peluang usaha yang akan terus bertahan karena hasilnya sangat erat kaitannya dengan kebutuhan manusia.

Peluang usaha ternak memiliki prospek yang sangat cerah dan menguntungkan jika Anda menjalaninya dengan baik. Bahkan banyak sekali usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil yang bisa Anda coba. Meskipun modalnya terbatas, Anda bisa memulai usaha ternak dari sekarang.

Peluang Usaha Ternak 2020

Peluang Usaha Ternak yang Menguntungkan
Beternak menjadi ide usaha yang menguntungkan yang bisa Anda coba. Berikut beberapa usaha ternak yang bisa Anda lakukan mulai dari skala rumahan hingga skala besar.

1. Ternak Ayam Kampung

Ayam kampung termasuk hewan ternak yang hampir dimiliki oleh sebagian besar masyarakat di daerah perkampungan. Selain proses pemeliharaannya yang sangat mudah, pakan yang digunakannya pun juga tidak ribet.

Oleh sebab itu banyak masyarakat di kampung yang memelihara hewan ternak ini dengan sistem ‘umbaran’. Ayam mereka dibiarkan begitu saja untuk mencari makan sendiri. Mereka biasanya akan memberi makan pagi dan sore sebelum masuk kandang.

Jika ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar, Anda tentu saja harus memeliharanya dengan baik tanpa sistem umbaran. Jika Anda memiliki lahan sekitar 5x5 meter, cobaalh untuk dipagari bambu supaya ayam tidak bisa keluar.

Setelah itu Anda tinggal membuat kandang kecil yang berfungsi untuk berteduh. Buat juga kandang khusus untuk ayam betina yang berguna untuk bertelur atau mengerami.

2. Ternak Ayam Petelur

Beternak ayam petelur juga sangat layak untuk Anda coba sebagai peluang usaha di desa. Prospek usaha ini sangat cerah karena kebutuhan terhadap telur ayam di pasaran sangat tinggi. Telur ayam merupakan bahan makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena kandungan gizinya sangat baik untuk tubuh.

Tapi Anda membutuhkan pengetahuan lebih dalam jika ingin memulai peluang usaha ternak ayam petelur. Karena pemeliharaan dari hewan unggas ini bisa dikatakan susah-susah gampang. Ayam ini membutuhkan perlakukan supaya bisa tetap produktif menghasilkan telur.

Misalnya kita harus menjaga kebersihan kandangnya dan harus jauh dari pemukiman warga. Waktu pemberian waktu makan pun juga harus diperhatikan. Sebab hal ini akan mempengaruhi produktivitas ayam dalam menghasilkan telur.

Perkiraan modal yang Anda butuhkan untuk memulai usaha ini yaitu berkisar Rp15 juta sampai Rp18 juta untuk beternak 300 ayam petelur. Biasanya ayam ini akan menghasilkan telur setelah bulan ke-4. Setelah bertelur Anda bisa mendapatkan keuntungan berkisar Rp8 juta setiapbulannya.

Untuk sampai bisa menghasilkan dari ternak ayam kampung, Anda membutuhkan waktu sekitar 4 sampai 6 bulan. Besar kecilnya keuntungan yang Anda dapatkan juga dipengaruhi oleh pengetahuan Anda dalam proses pemeliharaannya. Oleh sebab itu Anda sebaiknya memiliki pengetahuan yang luas sebelum memulai bisnis ini.

3. Ternak Ayam Potong

Permintaan pasar terhadap daging di setiap daerahnya sangat tinggi. Hal ini membuktikan bahwa peluang usaha ternak ayam potong sangat menjanjikan. Prospek peluang usaha ini sangat cerah kebutuhan masyarakat terhadap daging tak lekang oleh waktu.

Sama seperti beternak ayam petelur, Anda juga membutuhkan pengetahuan yang luas terlebih dahulu sebelum memulai usaha ternak ayam pedaging. Karena jika Anda memeliharanya secara asal-asalan, jenis ayam ini akan mudah terkena penyakit.

Hal itu tentu saja sangat merugikan dan Anda akan sering mengalami gagal panen karena banyak ayam yang mati. Oleh sebab itu Anda memerlukan pengetahuan yang mendalam terlebih dahulu. Anda bisa melakukannya dengan mengikuti pelatihan atau bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman.

Anda juga bisa bekerja sama dengan orang yang lebih mengetahui ilmunya. Setelah itu Anda bisa menggunakan sistem bagi hasil. Jika pengetahuan Anda bisa minim, Anda bisa memulai bisnis ini dengan skala kecil kecil terlebih dahulu.

Informasi selengkapnya tentang peluang usaha ternak ayam bisa Anda lihat disini: Prospek Peluang Usaha Ternak Ayam Potong yang Sangat Menguntungkan

4. Ternak Bebek

Daging bebek memang sangat terkenal sangat gurih dan lebih nikmat dari daging ayam. Bahkan hampir semua pecinta kuliner mengakui kenikmatan daging ini. Oleh karena itu banyak sekali restoran ataupun rumah makan yang menjadikan daging bebek sebagai sajian utama mereka.

Tidak hanya itu, telur bebek juga sangat mahal dibandingkan dengan telur biasa. Jadi Anda tidak hanya mendapatkan keuntungan dari dagingnya saja, tapi juga dari telurnya.

Bebek juga menjadi hewan ternak yang mudah dan murah untuk modal dan pemeliharaannya. Perkiraan modal yang Anda butuhkan untuk memulai peluang usaha ini minimal Rp1,5 juta. Buat kandang yang kering, nyaman, bersih, dan sedikit terbuka.

Kandang yang Anda juga buat harus memiliki suhu berkisar 34-40 derajat celcius dengan kelembaman 60%.  Setelah itu beli bibit bebek langsung yang bari berumur 1-2 mingguan. Setelah beberapa waktu, bebek tersebut akan tumbuh dan menghasilkan telur.

Telur yang diperoleh nantinya bisa Anda jual ke warga sekitar, pasar, supermarket, atau restoran.

5. Ternak Burung Puyuh

Peluang usaha ternak yang menjanjikan di masa depan yang selanjutnya adalah burung puyuh. Hewan unggas yang satu ini memiliki ukuran seperti anak ayam. Meskipun ukuran tubuhnya kecil, tapi daging puyuh ini banyak digemari oleh pecinta kuliner.

Daging puyuh memiliki rasa yang gurih dan memiliki kandungan gizi yang tinggi. Telurnya juga tidak kalah lezat dengan telru ayam kampung. Sehingga permintaan telur puyuh juga tinggi dari hari ke hari.

Kesempatan ini juga bisa Anda manfaatkan untuk dijadikan bisnis beternak burung ini. Mungkin Anda bisa menjadi pemasok telor puyuh di daerah Anda.

6. Ternak Burung Kenari

Burung kenari bisa kita jadikan usaha ternak yang mudah dan murah. Apalagi jenis burung ini bisa berkembang biak dengan sangat mudah dan perawatannya yang tidak sesulit hewan-hewan lainnya.

Misalnya Anda bisa membeli satu ekor burung kenari yang dikawinkan dengan beberapa burung betina sekaligus secara bergantian. Karena Anda hanya membeli banyak burung kenari jantan, Anda tidak membutuhkan modal terlalu besar untuk memulai usaha ternak ini. Tapi Anda harus membeli burung kenari jantan yang berkualitas supaya bibit yang dihasilkan nantinya juga berkualitas.

7. Ternak Cacing

Anda mungkin pernah berpikir kalau ternak cacing memiliki prospek yang tidak begitu bagus dan Anda menganggapnya biasa-biasa saja. Padahal cacing ini memiliki manfaat yang beragam, sehingga permintaan pasar juga cukup tinggi.

Ternak cacing merupakan bisnis budidaya unik karena tidak semua orang menyukainya. Padahal peluang usaha ternak ini cukup menguntungkan. Apalagi proses perawatannya tidak akan memakan waktu Anda.

Cacing menjadi hewan ternak yang mudah dan murah untuk dikelola. Anda tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulai usaha ternak ini.

8. Ternak Jangkrik

Ternak jangkrik juga termasuk peluang usaha di desa yang sangat menguntungkan. Karena saat ini pecinta burung di Indonesia semakin meningkat, sehingga permintaan pasar terhadap hewan jangkrik sangat tinggi.

Jangkrik merupakan makanan untuk burung kicauan. Kualitas kicauan ini sangat tergantung pada pakannya. Sehingga prospek peluang usaha ternak jangkrik juga cukup menjanjikan.
Pemeliharaan hewan ternak ini sangat mudah. Anda bisa memberi kedelai, jagung atau dedaunan sebagai pakannya. Sementara untuk kandangnya terbuat dari kayu berbentuk kotak.

9. Ternak Kroto

Sambil beternak jangkrik, Anda juga bisa beternak kroto. Tetapi Anda harus memiliki tempat yang terpisah supaya jangkrik tidak menjadi makanan empuk semut rangrang. Kroto juga paling banyak dicari oleh para pecinta burung kicau, pemancing, dan pembuat jamu-jamu.

Proses pemeliharaan untuk hewan ini sangat mudah. Anda tinggal sediakan toples sebagai sarang buatan. Sementara untuk pakannya bisa berupa ulat, belalang dan cairan gula. Anda tinggal simpan saja pakan tersebut di dekat sarangnya karena kroto akan mengambil makanannya sendiri.


10. Ternak Belut

Belum banyak orang yang membudidayakan hewan ternak yang satu ini. Meskipun bentuknya mirip seperti ular, tapi jenis ikan yang satu ini memiliki rasa yang gurih dan kay akan gizi.

Jadi tak ada salahnya untuk memulai usaha yang satu ini. Terlebih peluang usaha ternak ini tidak perlu modal yang cukup tinggi. Dengan begitu Anda tidak akan begitu terkendala dengan minimnya modal.

Selain itu ternak belut juga tidak membutuhkan proses yang rumit. Tapi satu hal yang harus perhatikan yaitu kualitas airnya. Kualitas air yang bagus akan membuat belut bisa tumbuh dengan baik.

11. Ternak Ikan Lele

Sebagian besar para pecinta budidaya sangat suka dengan ikan lele. Karena pemeliharaan dari ikan ini sangat mudah, bahkan untuk para pemula sekalipun. Daya tahan dari ikan ini juga sangat kuat, sehingga tingkat kematian dari hewan ini sangat rendah.

Kalau Anda perhatikan, para pedangan makanan di pinggir jalan selalu ada yang menjual pecel lele. Belum lagi permintaan di warung makan biasa hingga restoran pun selalu ada menu ikan lele. Dengan begitu permintaan pasar terhadap ikan ini sangat tinggi.

Kalau Anda tidak memiliki lahan yang besar, Anda beternak lele dengan sistem bioflok. Anda tidak akan menggunakan media kolam dari tanah, tapi menggunakan terpal. Ulasan selengkapnya tentang budidaya ikan lele dengan sistem bioflok bisa lihat disini: Usaha Budidaya Ikan Lele dengan Sistem Bioflok.

12. Ternak Ikan Nila

Selain ikan lele, masyarakat di kampung juga sering beternak ikan nila. Permintaan pasar terhadap ikan ini cukup tinggi dan harganya juga cukup terjangkau. Jadi Anda juga bisa mencoba peluang usaha ternak yang satu ini.

Anda tidak terlalu membutuhkan lahan yang luas untuk memulai usaha ternak ikan nila. Anda bisa membuat kolam dari tanah, semen, atau terpal. Selain itu proses pemeliharaannya juga cukup mudah.

Bibit ikan nila yang Anda beli harus berkualitas supaya hasil panennya juga bisa maksimal. Untuk pakannya bisa dari pur aau makanan alami seperti plankton atau sayur kangkung yang sangat disukai oleh ikan nila.

13. Ternak Kambing

Ternak kambing memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai menghasilkan. Tapi jika Anda memliki penjadwalan dan rencana yng baik, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar per bulannya.

Selain itu modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini juga cukup besar. Tapi itu juga sesuai dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan. Karena Anda tidak hanya menjual dagingnya saja, tapi juga kotorannya yang bisa digunakan sebagai pupuk alami.


14. Ternak Sapi

Ternak sapi juga membutuhkan modal dan tanah yang cukup luas. Kita membutuhkan kandang yang luas dan pakan yang banyak karena ukuran dari hewan ini jgua sangat besar.

Tapi jika Anda bisa memeliharanya dengan tepat, keuntungan yang akan Anda dapatkan juga sangat besar. Karena permintaan pasar terhadap hewan ternak ini sangat tinggi. Bahkan harganya dari tahun ke tahun selalu meningkat.

Itulah beberapa peluang usaha ternak yang bisa Anda coba baik di kampung maupun perkotaan. Untuk memulainya, Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Related Posts
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Post a Comment