Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Jangan Salah Pilih! Inilah Pentingnya Memilih Jurusan Kuliah


Cecepkocep.com - Menentukan jurusan kuliah sangat penting karena menentukan nasib hidup kita di masa mendatang. Ilmu yang kita dapat di bangku kuliah juga bisa menentukan kehidupan setelah lulus nanti. Hal ini mengndikasikan bawa pentingnya memilih jurusan kuliah harus kamu perhatikan.

Tapi perlu kamu garis bawahi bahwa kuliah tidak menjamin karir kamu di masa depan. Banyak orang bekerja yang tak sesuai dengan bidang yang mereka alami di bangku perkuliahan. Kamu bisa beruntung jika nanti bisa bekerja sesuai dengan jurusan yang kamu pilih ketika kuliah.

Pentingnya Memilih Jurusan Kuliah

Selain mengacu pada propsek pekerjaan ke depannya, menentukan jurusan kuliah juga sangat berpengaruh pada keseriusan kamu nantinya. Karena banyak juga dampak salah memilih jurusan SMA. Berikut ini adalah beberapa pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah.

1. Apa minat dan hobi kamu?

Pertimbangan pertama dalam menentukan pilihan jurusan kuliah yaitu hobi dan minat. Tidak hanya tahu, tapi kamu juga harus tahu seberaap serisu dan konsisten kah kamu dalam menjalani hobi tersebut.

Menentukan jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat akan membuatmu bisa senang. Karena tugas kuliah yang menumpuk tidak akan bisa selesai jika tidak dibarengi dengan rasa senang.

Misalnya hobi kamu itu menggambar, kamu bisa memilih jurusan kuiah desain grafis. Kamu bisa enjoy menikmati perkuliahan nanti dan tentu saja memiliki orientasi yang baik di masa depan.

2. Kenali juga Potensi Diri Kamu

Akan lebih baik kalau hobi dan minat kamu itu disertai dengan kemampuan yang baik. Sebab ada orang yang memiliki hobi dan minat pada bidang tertentu tapi tidak memiliki kemampuan yang baik. Kamu mungkin saja bisa sukses menekuni hobi tersebut, tapi proses untuk mencapainya akan kesulitan.

Setiap orang memang memiliki potensi yang berbeda-beda dan kamu tidak bisa menyangkalnya. Ada orang yang jago menggambar, tapi buruk dalam menghitung atau juga sebaliknya.

Jadi memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan hobi dan kemampuan yang baik termasuk pilihan yang tepat.

3. Peluang karirnya seperti apa?

Setiap orang tentu ingin memilih jenis jurusan kuliah dan pekerjaannya yang menjanjikan di masa depan. Hal itu memang tidak salah mengingat setiap orang harus cermat dalam menentukan karir dan taraf hidup di masa depan dengan baik.

Tapi di samping itu kamu juga harus memperhatikan peluang kerjanya seperti apa. Apakah pekerjannya itu sesuai dengan lingkugan sosial? Apakah banyak membutuhkan banyak SDMnya?

Sebelum menentukan pilihan jurusan kuliah, kamu cari tahu dulu data tentang pekerjaannya di masa datang. Pastikan kalau jurusan yang kamu pilih itu memiliki peluang karir yang cerah di ketika lulus nanti.

Baca juga: Kegiatan Anak Kuliah Di Semester Awal yang Tak Boleh Dilupakan

4. Sesuaikan juga dengan kunggulan universitas

Biasanya setiap universitas itu memiliki jurusan kuliah yang diunggulkan. Meskipun kamu memilih universitas ranking tinggi, tapi belum tentu memiliki jurusan kuliah yang diunggulkan. Kalau kamu sudah mengincar universitas tertentu, perhatikan juga jurusan apa yang diunggulkan di universitas tersebut.

Biasanya kualitas lulusan juga menjadi pertimbangan perusahaan dalam memutuskan calon pekerjanya. Kualitas yang dimaksud mengacu pada akreditasi jurusan yang dimiliki oleh masing-masing universitas.

Jadi, sebaiknya kamu jangan hanya melihat akreditas univerisasnya, tapi juga jurusannya. Apakah memiliki akreditas baik atau tidak. Akreditas yang buruk bisa memungkinkan kamu kesulitan dalam mencari pekerjaan nanti.

5. Sesuaikan dengan kemampuan finansial

pentingnya memilih jurusan kuliah
Masalah finansial juga harus kamu pertimbangkan. Sebaiknya kamu analisis dulu kira-kira berapa perkuliah per semesternya. Karena tidak hanya uang semsester saja yang yang harus dibayar, kamu juga pasti uang saku, biaya hidup, biaya praktikum, dan sebagainya.

Supaya nanti orang tuamu tidak kelabakan dalam mengurusi dana kuliah, sebaiknya lakukan perhitungan dengan matang terlebih dahulu. Beruntung kalau kamu mendapatkan beasiswa kuliah.

6. Test Personality

Kalau ingin tahu detail mengenai potensi dan karakter yang ada pada diri kamu, tes kepribadian merupakan pilihan yang paling tepat. Test personality atau tes kepribadian akan membatu mengnalisis minat, karakter, nilai-nilai, dan sebagainya.

Tes ini juga akan menunjukkan ketertarikan bidang karir yang cocok, dan gaya bekerja yang cocok untuk kamu.

Kalau kamu ingin mencobanya, sudah banyak tes kepribadian yang dilakukan secara online dan gratis. Dari sini kamu bisa tahu gambaran kira-kira jurusan kuliah apa yang cocok yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu.

Baca juga: Tips Trik Memaksimalkan Peluang Lolos SNMPTN

7. Tanya orang terdekat

Mengikuti apa kata memang termasuk salah satu kunci untuk mencapai kebahagiaan. Tapi tak ada salahnya juga untuk berkonsultasi dengan orang-orang terdekat kamu seperti keluarga atau teman.

Dengan bertanya kepada mereka, kamu akan tahu potensi kamu dari sudut yang berbeda. Siapa tahu potensi yang kamu ketahui itu berbeda dengan pandangan orang lain. Sehingga hal ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan jurusan kuliah.

8. Jangan lupa berdoa

kalau kamu bingung dalam menentukan suatu pilihan, kamu bisa berdoa. Kalau kamu muslim bisa melakukan sholat istikharah. Semoga Allah memberikan pencerahan kepada kamu dalam menentukan pilihan jurusan kuliah.

Meskipun pilihannya tak sesuai dengan apa yang kamu inginkan, tapi setidaknya Allah memiliki tujuan yang baik untuk kamu. Kita hanya tahu apa yang kita inginkan, tapi Allah lebih tahu apa yang kita butuhkan.

Itullah pentingnya memilih jurusan kuliah. Kamu bisa mempertimbangkannya dari berbagai aspek. Dengan begitu kamu tidak akan salah dalam menenentukan jurusan kuliah. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk share ke sosial media kamu ya. Terima kasih.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "Jangan Salah Pilih! Inilah Pentingnya Memilih Jurusan Kuliah"

Berlangganan via Email