Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Perbedaan Softcase dan Hardcase, Mana yang Cocok untuk Kamu?

Cecepkocep.com – Salah satu aksesoris yang banyak digunakan oleh sebagian besar pengguna HP adalah casing. Sebab aksesoris ini sangat penting untuk melindungi HP dari benturan dan gesekan benda tajam. Tapi sampai sekarang masih banyak orang yang bingung mengenai perbedaan softcase dan hardcase supaya efektif untuk melindungi HP mereka.

Ada begitu banyak jenis casing HP yang beredar di pasaran. Tapi pada umumnya kedua case tersebut dibedakan menjadi dua jenis, yakni casing lunak (softcase) dan casing keras (hardcase). Apa perbedaan dari kedua casing tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

Perbedaan Softcase dan Hardcase

Perbedaan Softcase dan Hardcase
1. Material

Perbedaan softcase dan hardcase yang pertama terletak pada material yang digunakannya. Hardcase biasanya terbuat dari material-material solid, sementara softcase terbuat dari bahan-bahan yang fleksibel.

Pada awal pembuatannya, hardcase terbuat dari material polikarbonat dan plastik ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene). Material polikarbonat memang terkenal dengan ketahanannya terhadap peregangan dan pembengkokan. Kemudian material ini juga tahan terhadap suhu tinggi, tidak beracun, transparansi baik, dan tahan terhadap berbagai kondisi seperti cuaca panas dan dingin.

Sementara material ABS tidak dapat  bertahan terhadap suhu tinggi dan memiliki intensitas yang lebih rendah. Tetapi material ini memiliki fluiditas yang baik sehingga akan mudah diwarnai dan disemprot. Dengan begitu hardcase yang terbuat dari bahan ABS bisa dibuat dengan beragam warna dan desain.

Nah untuk sekarang, hardcase terbuat dari material gabungan antara polikarbonat dengan ABS. Sehingga casingnya akan memiliki tingkat ketahanan yang bagus dan bisa kita desain sesuai dengan keinginan. Kombinasi dua material ini akan membuat hardcase sangat kuat terhadap benturan dan goresan benda-benda tajam.

Sementara itu, softcase yang saat ini banyak beredar terbuat dari material silikon atau termoplastik poliuretan (TPU) yang sangat fleksibel. Ada beberapa keunggulan pada softcase yang terbuat dari bahan TPU ini, diantaranya sebagai berikut.

a. Elastis

Tingkat kekerasan pada softcase dihasilkan dari pengubahan rasio komponen pada reaksi TPU. Sehingga para produsen case ini akan membuatnya dengan tingkat kekerasan berbeda-beda dengan tetap mempertahankan elastisitasnya.

Meskipun elastis, bahan TPU juga memiliki daya dukung beban yang luar biasa. Sehingga akan membuat casing HP tahan terhadap benturan dan bisa menyerap guncangan.

b. Tahan Suhu Dingin

Softcase sangat kuat terhadap suhu dingin yang ekstrim karena temperatur yang digunakan untuk transisi kaca TPU sangat rendah. Meskipun berada di dalam suhu dingin, elastisitasnya akan tetap terjaga. Bahkan fleksibilitas juga mampu bertahan dalam suhu minus 35 derajat.

c. Mudah Dibuat

Softcase sangat mudah dibuat karena bahan TPU memiliki kinerja pemrosesan yang baik. Proses ini menggunakan metode pemrosesan bahan plastik yang umum digunakan seperti ekstrusi, cetakan injeksi, penggulungan, dll.

2. Tingkat Proteksi

Perbedaan Softcase dan Hardcase
Karena terbuat dari material solid, hardcase tentu saja memiliki kemampuan melindungi HP dengan sangat baik. Bahkan beberapa hardcase juga sudah dilengkapi dengan fitur proteksi lainnya, sehingga akan memiliki perlindungan yang lebih tinggi. Hardcase tersebut dikenal dengan military grade hardcase.

Dengan begitu jenis case ini sangat cocok untuk kamu yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan. HP kamu akan tetap terlindung dari goresan dan benturan ketika dalam perjalanan.
Karena hardcase memiliki bentuk yang besar dan tebal, kamu tidak akan memegang HP sebagaimana bentuk aslinya. HP kamu akan terasa cukup besar dan berat karena ada pengaruh dari casing HP.

Sementara itu softcase tidak memiliki tingkat proteksi yang sangat tinggi. Bahkan jika materialnya sangat lunak, HP kamu bisa dengan mudah terlepas dan jatuh. Dengan kelemahannya tersebut, softcase lebih cocok untuk digunakan aktivitas sehari-hari untuk melindungi HP dari goresan benda-benda tajam.

3. Desain

Perbedaan Softcase dan Hardcase
Hardcase sangat mudah untuk didesain, bahkan sekarang sudah banyak hardcase yang memiliki spesifikasi tinggi. Sehingga bisa hardcase akan lebih mudah untuk didesain sesuai keinginan. Sekarang kamu bisa membuat desain hardcase custom atau hardcase full print.

Hardcase fullprint sangat cocok digunakan oleh para pria. Sementara kaum perempuan lebih menyukai softcase karakter atau softcase custom yang bisa didesain sendiri. Terlebih tingkat proteksi yang rendah dari softcase lebih cocok digunakan oleh kaum wanita yang tidak memakan banyak waktu di luar ruangan.

Saat ini juga sudah banyak softcase dan hardcase yang bisa didesain sesuai keinginan kamu. Kamu bisa memilih casing HP dengan gambar-gambar keinginanmu seperti superhero, kartun, tokoh favorit, dan sebagainya. Tidak banyak orang yang lebih mementingkan desainnya daripada fungsi dari casing itu sendiri.

4. Harga

Karena tingkat proteksi yang dimiliki oleh hardcase sangat tinggi, maka harganya juga relatif lebih mahal. Harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah, apalagi kalau kamu ingin mendapatkan hardcase custom dengan desain sendiri.

Sementara softcase dijual dengan harga yang relatif murah, bahkan dengan budget kurang dari Rp50 saja kamu sudah bisa mendapatkan softcase.

Kelebihan dan Kekurangan Hardcase

Hardcase memiliki tingkat proteksi yang sangat tinggi, sehingga HP kamu akan kuat terhadap benturan dan gesekan. Hal ini tentu saja sangat cocok untuk kamu yang suka berpetualang seperti naik gunung. Casing ini juga sangat mudah untuk didesain, sehingga akan membuat penampilan HP kamu semakin macho.

Tapi sayang ukuranya yang besar dan tebal akan membuat HP kamu tidak akan terlihat real dan akan terasa berat ketika digenggam. Selain itu kamu tidak akan mudah untuk bongkar pasang hardcase karena sifatnya yang tidak fleksibel. Kalau sering melakukannya, bisa-bisa HP kamu lecet.

Kelebihan dan Kekurangan Softcase

Sifatnya yang sangat fleksibel akan membuat softcase bisa kita bongkar pasang dan akan membuat HP kamu aman tanpa lecet. Selain itu HP kamu tidak akan terasa berat ketika digenggam dan bentuk HP tidak akan terlalu berpengaruh.

Sementara untuk tingkat proteksinya softcase lebih rendah dari hardcase. Jika digunakan dalam jangka waktu yang lama, warnanya akan berubah menjadi kuning dan gelap. Casing juga akan mudah terlepas jika materialnya terlalu lunak, apalagi kalau kamu sering melakukan bongkar pasang casing.

Pilih Hardcase atau Softcase?

Sekarang kamu sudah tahu kan apa perbedaan softcase dan hardcase? Pasti kamu bingung mending beli hardcase atau softcase ya?

Sebaiknya kamu pilih case yang sesuai dengan kebutuhan, bukan hanya sekedar untuk tampilan saja. Ingat bahwa fungsi utama casing yaitu untuk melindungi HP dari benturan dan goresan. Dari situ kamu sudah bisa menentukan apakah harus memilih hardcase atau softcase.

Selain menyesuaikannya dengan kebutuhan, kamu juga bisa membeli casing HP sesuai dengan desainnya supaya lebih pede dan macho. Hardcase tentu saja sangat mudah untuk didesain karena semua bagian luarnya bisa di print (hardcase fullprint).

Beli Case Custom Berkualitas

Kamu bisa membeli casing custom (hardcase dan softcase) di Kocepcase.id. Kamu bisa order casing HP yang sesuai dengan desain dan tipe HP kamu. Durasi pengerjaannya tergantung dari banyaknya antrian order, namun rata-rata selesai dalam waktu 2-3 hari kerja.

Jika kamu berminat, silahkan untuk menghubungi kami melalui nomor WA/SMS ke 082215441875 atau Line ke @kocep95. Sebutkan terlebih dahulu merk dan tipe HP yang kamu inginkan, lalu kami akan cek ketersediaannya. Jika tersedia, kamu bisa kirim desainnya untuk diproses lebih lanjut.

Untuk melihat katalog produk kami, silahkan untuk mengikuti akun Instagram kami bernama @kocepcase.id. Berikut beberapa contoh desain casing yang telah dibuat.

case hp doraemon

case hp gintama

case hp mickey mouse


Itulah 4 perbedaan softcase dan hardcase. Semoga kamu tidak salah membeli casing yang sesuai untuk HP kamu. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share ke sosial media kamu ya. Terima kasih.
Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "Perbedaan Softcase dan Hardcase, Mana yang Cocok untuk Kamu?"

Berlangganan via Email