CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr

Tips Belajar UTBK 2020: Menjawab Soal Pemahaman Bacaan dengan Efektif

Cecepkocep.com – Meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19, pelaksanaan UNBK SBMPTN akan tetap dilaksanakan pada tanggal 5 sampai 12 Juli 2020. Dengan begitu kamu harus melakukan persiapan dari sekarang supaya di kampus tercinta. Pada artikel kali ini saya akan berbagi sedikit tips UTBK 2020 yang telah dilansir dari berbagai sumber.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari laman TMPT, materi UNBK 2020 yang akan diujikan dalam Tes Potensi Skolastik (TPS). Di dalam tes ini ada beberapa subtes, salah satunya adalah Pemahaman Bacaan.

Apa itu Tes Pemahaman Bacaan?

Di dalam subtes ini akan diujikan mengenai kemampuan bahasa yang kamu miliki. Di dalam tes ini kamu akan memahami inti paragraf, kesimpulan, pesan tersirat, hingga penggunaan EYD yang tepat.

Sekilas memang sangat mudah, tapi tetap saja kamu tidak boleh menyepelekan soal jenis soal ini.
Ada 2 jenis soal yang ada dalam subtes Pemahaman bacaan yaitu pemahaman isi bacaan dan penalaran kebahasaan.

Di dalam jenis soal pemahaman isi bacaan nantinya akan ada beberapa soal yang akan menguji kamu untuk bisa membaca, mencermati, dan memahami isi teks secara utuh. Nantinya kamu akan melihat soal berupa teks bacaan yang terdiri dari beberapa bacaan.

Setelah itu akan ada pertanyaan tentang judul bacaan dan kata yang paling tepat untuk melengkapi isi bacaan tersebut. Contoh soalnya seperti “Judul yang paling tepat untuk melengkapi teks di atas adalah...” atau “Kata yang paling tepat untuk melengkapi titik-titik pada kalimat kedua pertama adalah..”.

Sudah terbayang kan soalnya seperti apa? Dengan begitu kamu harus memiliki kemampuan membaca yang cepat dan fokus untuk memahami isi bacaannya.

Jenis soal yang kedua adalah penalaran kebahasaan yang akan menguji kemampuan kaidah penulisan bahasa Indonesia kamu. Jenis soal yang biasa ditanyakan dalam penalaran kebahasaan biasanya tentang ejaan yang mengacu pada PUEBI dan KBBI.

Misalnya kamu akan diminta mencari kata berimbuhan yang ada pada salah satu paragraf. Atau diminta untuk memilih kata yang sesuai dengan aturan KBBI.

Baca juga: 6 Tips Lolos SBMPTN 2020, Semoga Kamu Lolos di PTN Favorit

Tips Belajar UTK 2020 Tentang Pemahaman Bacaan


1. Baca Soal dengan Teliti

Untuk mengerjakan soal Pemahaman Bacaan, kamu jangan membaca isi teksnya terlebih dahulu, tapi baca soal yang ditanyakan. Biasanya soal yang akan ditanyakan dalam subtes ini yaitu seputar informasi pada paragraf tertentu.

Misalnya dalam bacaan tersebut ada 8 paragraf. Kalau kamu membacanya dulu, kira-kira berapa waktu yang dibutuhkan untuk membaca semua paragraf tersebut? Padahal yang ditanyakan hanya informasi dari paragraf ketiga saja.

Dengan begitu akan membuang banyak waktu bukan?

2. Pelajari Aturan KBBI dan PUEBI

Di dalam subtes pemahaman bacaan, kamu akan menemukan soal seperti ini: “Kata menganalisa pada paragraf kedua bisa diganti dengan ...”.

Untuk menjawab soal seperti itu, kamu membutuhkan kemampuan penalaran kebahasaan. Soal ini akan menguji kamu tentang KBBI dan PUEBI. Jadi pengetahuan kamu tentang keduanya tidak boleh dilupakan ya!

3. Review Materi yang Belum Dikuasai

Kamu bisa mengukur tingkat kesiapan kamu untuk mengikuti tes UNBK dengan cara mengulas materi UNBK 2020 yang belum dikuasai. Setelah itu tinjau ulang soal-soal yang berkaitan dengan materi tersebut dan pelajari lebih dalam lagi.

Kamu bisa mencatat materi yang sulit dikuasai dengan lebih rinci. Misalnya pertanyaan yang sulit, apa yang akan kamu lakukan untuk memperdalam materi tersebut, dan apa target kamu untuk menyelesaikannya.

Jika sudah memiliki rencana dengan baik, jalankan rencana tersebut supaya bisa tercapai. Dengan membuat catatan penting, kamu akan lebih untuk belajar karena sudah tersusun rapi tahap demi tahap.

4. Kerjakan Soal UNBK Tahun Sebelumnya

Soal-soal yang akan muncul di UNBK biasanya memiliki pola yang tidak jauh berbeda dengan soal-soal tahun sebelumnya. Dengan begitu kamu bisa mempelajarinya untuk mengukur tingkat penguasaan materi. Kamu juga bisa tahu sudah sejauh mana persiapanmu untuk menghadapi tes UNBK tahun ini.

5. Pelajari Teknik Skimming

Apa itu teknik skimming? Ini merupakan teknik untuk menemukan inti atau gagasan utama dalam suatu bacaan secara keseluruhan. Teknik ini cukup ampuh untuk menjawab beberapa soal seperti “Apa gagasan utama pada teks tersebut?”

Nah, dengan teknik skimming kamu bisa mendapatkan gambaran dari isi bacaan meskipun tidak membacanya secara keseluruhan. Berikut tips belajar UTK 2020 untuk subtes pemahaman bacaan dengan teknik skimming.
  1. Baca judul bacaan terlebih dahulu karena rangkuman dari isi bacaan terdapat disana.
  2. Setelah itu baca seluruh isi paragraf pertama. Tujuannya tidak lain supaya kamu bisa tahu topik bacaan tersebut.
  3. Topik atau gagasan utama biasanya akan terletak di dalam kalimat pembuka atau terakhir dari paragraf pertama. Tapi tak ada salahnya untuk membaca keseluruhan isi teks dalam paragraf tersebut.
  4. Jika di dalam bacaan terdapat subheading, baca satu per satu dan temukan hubungan antar subheading tersebut.
  5. Baca paragraf terakhir atau kesimpulan secara keseluruhan. Karena kesimpulan itu merupakan rangkuman seluruh isi bacaan.

6. Pelajari Teknik Scanning

Berbeda dengan teknik skimming, teknik scanning berfungsi untuk menemukan informasi yang lebih spesifik lagi dalam sebuah bacaan yang panjang. Contoh soal untuk penerapan teknik yaitu seperti ini “Berdasarkan teks diatas, siapa yang bekerja bersih-bersih?”

Untuk menjawabnya kamu tentu saja harus membaca teks secara keseluruhan. Berikut tips belajar UTK 2020 untuk subtes pemahaman bacaan dengan teknik scanning.
  1. Untuk mempermudah kamu dalam menjawab soal ini, pikirkan kata kuncinya terlebih dahulu.
  2. Berbeda dengan teknik skimming, teknik scanning memaksa kamu harus membaca teks secara keseluruhan. Tapi kamu tidak harus mencerna kata dan kalimatnya sampai menemukan kata kuncinya.
  3. Analisis bacaannya terlebih dahulu. Jika bacaannya pendek, kamu bisa menemukan informasi yang dibutuhkan dengan lebih mudah. Tapi jika isi bacaannya pancang, kamu harus melakukan teknik skimming terlebih dahulu.
  4. Setelah menemukan kata kuncinya, baca seluruh kalimat yang mengandung kata kunci tersebut.

7. Ikuti Try Out (TO)

Jika persiapanmu sudah benar-benar matang, cobalah untuk mengikuti simulasi UNBK atau Try Out. Dengan mengikuti simulasi, kamu akan mendapatkan gambaran tentang berlangsungnya proses UNBK. Hasil dari UTBK ini bisa kamu jadikan acuan untuk menentukan strategi kamu ketika tes nanti.

Selain itu kamu juga bisa mendapatkan gambaran kira-kira materi mana yang belum dikuasai. Setelah itu kamu bisa mempelajarinya lagi.

Baca juga: Informasi Pendaftaran SBMPTN 2020, Semoga Lolos PTN Impian!

8. Evaluasi Penguasaan Materi

Setelah mendapatkan gambaran dari simulasi UNBK, kamu bisa mendapatkan gambaran materi mana yang harus diperdalam lagi. Kamu bisa menjawab soal-soal yang sama dan berkaitan dengan materi tersebut. Atau juga  bisa mengerjakan soal yang belum pernah dikerjakan.

Setelah mempelajari materi yang belum diketahui, kamu bisa mendapatkan kemajuan yang signifikan dari sebelumnya. Untuk menjajalnya, kamu bisa mencoba mengikuti simulai UTBK sekali lagi. Kamu lihat apakah hasilnya mengalami peningkatan atau sebaliknya.

Itulah tips belajar UTBK 2020 yang bisa kamu coba dari sekarang. Jangan lupa untuk belajar bersungguh-sungguh ya supaya impianmu untuk kuliah di kampus tercinta bisa terwujudkan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Related Posts
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Post a Comment