CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr

6 Tips Lolos SBMPTN 2020, Semoga Kamu Lolos di PTN Favorit

Cecepkocep.com – Selamat buat kalian yang sudah lolos masuk perguruan tinggi dengan jalur SNMPTN ya! Buat kalian yang tidak lolos, jangan khawatir karena masih ada jalur lainnya untuk bisa masuk  PTN impian, salah satunya SBMPTN. Disini saya akan memberikan sedikit tips lolos SBMPTN 2020 yang telah dilansir dari berbagai sumber.

Jadwal pendaftaran SBMPTN 2020 memang masih lama ya sob. Tapi tak ada salahnya untuk mempersiapkannya dari sekarang. Kalian bisa lihat jadwal lengkapnya di laman resmi LTMPT ya.

Lantas apa saja persiapan sbmptn 2020 supaya peluang kamu untuk lolos sangat terbuka lebar? Simak ulasannya di bawah ya.

1. Ketahui Informasi UTBK dan SBMPTN 2020

Mulai sekarang kamu harus mengumpulkan informasi tentang UTBK dan SBMPTN 2020 selengkap mungkin. Kamu harus benar-benar up to date dengan perkembangan SBMPTN. Perlu kamu ketahui bahwa SBMPTN 2020 dan 2019 itu sangat berbeda.

Gali informasi seputar aturan main untuk SBMPTN 2020, jangan sampai kamu tidak bisa membedakan SBMPTN dan SNMPTN ya sob. Apa saja yang harus kamu cari seputar SBMPTN? Diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Informasi dasar SBMPTN meliputi apa itu UTBK, LTMPTN, sistem seleksinya seperti apa, dan sebagainya. Kamu bisa mendapatkan informasi lengkap di laman resmi LTMTP.
  • Jadwal SBMPTN dan alur SBMPTN 2020.
  • Sistem penilaian.
  • Dokumen yang diperlukan.
  • Informasi seputar UTBK seperti tempat tes, waktu, biaya, dan sebagainya.
  • Berbagai perubahan dan informasi lain, misalnya jadwal SBMPTN 2020 yang diundur akibat pandemi Covid-19.

2. Perbanyak Latihan Soal UTBK

Latihan soal merupakan hal yang mutlak kamu lakukan jika ingin lolos SBMPTN. Sejak 2019 lalu, sebagian besar soal-soal UTBK SBMPTN menggunakan soal dengan kemampuan analisis tinggi alias HOTS (Higher Order Thinking Skill).

Soal-soal seperti ini akan memaksa kamu untuk melakukan penalaran lebih tinggi dalam proses memahami konsep ilmu. Jadi proses menghafal saja belum cukup untuk memperbesar peluang kamu lolos SBMPTN.

Mulailah dari mempelajari soal yang paling mudah terlebih dahulu, setelah itu lanjut ke soal-soal yang lebih sulit. Kamu harus mampu mencermati materinya dengan baik karena soal-soal yang diberikan adalah soal HOTS.

Belajarlah senyaman mungkin supaya kamu bisa fokus. Kamu bisa berlatih dalam bentuk hard copy atau softcopy untuk mempermudah proses belajar dimanapun dan kapanpun.

3. Rajin Ikut Try Out

Tips lolos SBMPTN 2020 yang selanjutnya yaitu rajin mengikuti Try Out (TO). Dengan rajin mengikuti TO, kamu bisa mengetahui hasil belajar kamu selama ini. Kalau di dekat tempat tinggalmu ada yang menyelenggarakan TO, cobalah untuk ikut selama lokasi dan jadwalnya masih terjangkau.

Kalau malas keluar, kamu bisa belajar di beberapa situs atau aplikasi yang menyediakan TO gratis. Kamu bisa melakukannya kapanpun dan dimanapun karena tidak terikat dengan waktu dan tempat.

Dengan sering mengikuti TO, kamu tidak hanya akan akrab dengan soal-soal ujiannya, tapi juga dengan suasana ujian. Karena sejak 2019 lalu, tesnya tidak lagi menggunakan sistem paper-based, tapi sudah computer-based. Jadi kamu harus terbiasa dengan ujian di depan komputer.

Kemudian yang tak kalah penting dari Try Out adalah melihat sudah seberapa dekatkah skor kamu dengan skor minimal SBMPTN pada jurusan dan PTN yang diincar. Jika masih skornya masih jauh, berarti kamu harus lebih berjuang lagi. Setidaknya jika skor kamu sudah diatas skor minimum, peluang kamu untuk lolos SBMPTN lebih terbuka lebar.

4. Cari Informasi Seputar PTN Incaran

Selain belajar, kamu juga bisa memanfaatkan waktu dengan melakukan riset kecil-kecilan mengenai jurusan dan PTN yang diincar. Selain melihat skor minimal yang diperlukan untuk lolos SBMPTN tahun lalu, kamu juga bisa melihat berapa kuota yang tersedia, jumlah peminat, dan persentase diterimanya.

Bila perlu kamu juga  bisa memetakan persaingan untuk masuk PTN incaran dengan lebih seksama lagi. Misalnya melihat tren pada jurusan tertentu di suatu PTN setiap tahunya. Lakukan riset ini pada dua jurusan incaran pada SBMPTN. Kalau bisa kamu juga bisa melakukannya pada jurusan-jurusan untuk PTN lain.

Riset ini cukup berguna untuk melihat peluang kamu bisa lolos SBMPTN. Jika kamu melakukan risetnya dengan benar, kamu bisa melihat dimana posisi kamu di antara peserta SBMPTN yang lainnya. Jika peluang kamu untuk lolos sangat kecil, mungkin kamu bisa berubah pikiran untuk mengganti jurusan yang lain.

5. Pertimbangkan dalam Memilih Jurusan 1 dan 2

Hal ini memang terlihat sepele, tapi memiliki dampak yang cukup besar untuk menentukan apakah kamu lolos SBMPTN 2020 atau tidak. Meskipun nilai UTBK kamu besar, tapi itu tidak bisa menjamin untuk kamu lolos pada jurusan incaran.

Oleh sebab itulah pada poin sebelumnya kita harus melakukan riset kecil-kecilan. Sehingga kamu bisa menentukan strategi terbaik dalam menentukan pilihan jurusan 1 dan 2. Dari riset tersebut kamu sudah tahu data seputar jurusan incaran seperti skor minimum SBMPTN, kuota penerimaan, peminat tahun lalu, dan sebagainya.

Semakin kecil persentase untuk lolos, makan persaingan kamu untuk lolos jurusan incaran sangat ketat. Pilihan jurusan 1 adalah prioritas utama, jadi kalau kamu tidak lolos di pilihan 1 maka diseleksi untuk pilihan jurusan kedua. Sebaiknya pilih jurusan dengan persentase kelolosan tinggi diatas jurusan dengan presentasi lulusnya rendah. Baca juga: Strategi SNMPTN 2020

6. Jaga Kesehatan & Berdoa

Jangan lupa ya sob untuk menjaga kesehatanmu. Jangan sampai kamu lupa pada kondisi diri sendiri karena kelewat sibuk belajar, les, try out, dan lainnya. Usaha kamu bisa saja terhambat kalau tubuhmu ngedrop. Usahakan untuk tetap fit karena kondisi itu akan membantumu dalam menguasai materi dan bisa menghadapi ujian dengan lancar.

Perhatikan juga asupan konsumsi, jangan telat makan, dan istirahat yang cukup. Imbangi aktivitasmu dengan olahraga meskipun hanya jalan-jalan di sekitar rumah. Tidak hanya fisik, kesehatan mental juga harus dijaga supaya tetap percaya diri.

Setelah belajar dengan maksimal, jangan lupa juga untuk berdoa. Semoga Tuhan bisa mengijinkanmu untuk kuliah di jurusan dan PTN yang didambakan. Meskipun tidak, mungkin Beliau akan memberikan kejutan lain yang tentu saja akan sangat baik untuk kamu.

Tips lolos SBMPTN 2019 dan 2020 tentu saja cukup berbeda karena untuk sistem tesnya juga berbeda. Jadi kamu harus segera mengambil ancang-ancang dari sekarang. Tapi untuk soal SBMPTN 2020 tidak akan berbeda jauh dengan soal-soal tahun sebelumnya. Setelah berjuang dengan giat, semoga saja pada pengumuman SBMPTN 2020 kamu lolos.

Itulah beberapa tips lolos SBMPTN 2020 yang bisa kamu lakukan dari sekarang. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk share ke sosial media kamu ya supaya artikel ini lebih bermanfaat lagi. Terima kasih dan Good Luck!
Related Posts
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Post a Comment