Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Formasi Mobile Legends yang Banyak Digunakan

Formasi Mobile Legends

Sama seperti bermain bola, kamu juga membutuhkan strategi untuk menang di Mobile Legends. Ada beberapa formasi Mobile Legends yang bisa kamu gunakan sesuai dengan meta yang tengah populer. Dengan menggunakan formasi dengan cepat, kemungkinan kamu untuk memenangkan permainan menjadi lebih besar.

Mobile Legends hanya memiliki 3 lane dan hanya bisa dimainkan oleh 5 hero dalam setiap timnya. Setiap ada update terbaru, formasi yang biasa digunakan oleh para pemain juga selalu berubah. Setidaknya ada lima formasi yang sudah umum dan masih digunakan. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Formasi 2-1-2

Formasi ini sudah umum digunakan oleh para pemain Mobile Legends. Formasi ini akan membuat fase laning menjadi lebih stabil karena dua sidelane dijaga oleh masing-masing dua hero.

Ketika menggunakan formasi 2-1-2, seorang midlaner harus bisa menguasai lane tengah seorang diri dan bisa rotasi ke side lane untuk push ataupun ganking. Formasi ini memiliki resiko di lane tengah karena hanya dijaga oleh satu hero saja. 

Sehingga midlaner harus hati-hati dan bisa menjaga jarak dengan baik supaya tidak mudah terkena ganking.

Formasi 1-1-3

Formasi ini akan menempatkan tiga hero di salah satu side lane, biasanya bottom lane. Dua hero yang menempati bottom lane ini bertugas untuk menjaga hero carry sekaligus juga untuk menekan pertahanan lawan.

Ketika menggunakan formasi ini, tiga hero akan berada di lane penting atau lane dimana turtle muncul. Dengan begitu hero carry bisa memiliki kemungkinan untuk mendapatkan turtle secepat mungkin.
Formasi ini memaksa tim kamu untuk bermain agresif di salah satu lane karena dihuni oleh tiga hero sekaligus. Supaya bisa bermain agresif, kamu bisa menggunakan hero-hero yang memiliki banyak skill nuke atau disable.

Tujuannya supaya tim kamu bisa cepat melakukan invasi kepada ara jungle lawan, mendapatkan turtle, memotong wave minion, dan push lane dengan cepat. Midlaner bisa berotasi ke sidelane membantu ganking bersama 3 hero lain, atau berotasi ke side lane membantu offlaner.

Formasi 1-2-2

Formasi yang satu ini terbilang sangat kompleks karena setiap pemain membutuhkan kerja sama yang sangat baik. Sama seperti tiga formasi di atas, formasi 1-2-2 juga membutuhkan 2 core yaitu midlaner dan safelaner (marksman atau assasin).

Setiap hero core akan dijaga oleh satu tanker, mage, atau support. Salah satu support yang ada di mid atau sidelane bisa roaming ke lane yang lain jika mengalami kekalahan.

Tapi yang paling penting dari formasi ini adalah pergerakan support yang selalu mengejutkan lane lain ketika melakukan rotasi. Oleh sebab itu tim kamu setidaknya ada satu hero support yang bisa roaming dengan cepat dan bisa memberikan surprise attack.

Formasi 1-3-1

Formasi ini tengah banyak digunakan di awal tahun 2020 atau lebih tepatnya Season 16-17. Formasi ini akan menitikberatkan keunggulan di posisi mid lane sebagai playmaker.

Dengan mendominasi mid lane terlebih dahulu, potensi untuk push dan war menjadi lebih cepat, bahkan bisa berujung pada kemenangan. Hero core di mid lane akan ditemani oleh satu support dan tank yang berfungsi untuk harras lawan dan membantu clear minion dan creep.

Sementara untuk dua side lane masing-masing akan ditempati oleh satu hero yang memiliki pertahanan yang sangat baik seperti Esmeralda, Thamuz, dan Uranus. Mereka akan dibantu oleh support dan dua hero lainnya yang berotasi dari tengah.

Formasi 1-3-1 digunakan untuk meta hyper carry yang menitikberatkan pada satu hero core atau carry saja yang berada di mid lane. Berbeda dengan formasi-formasi sebelumnya yang menggunakan dua hero carry, satu carry untuk mendominasi early game, dan satu carry untuk late game.

Sementara seorang carry yang mendominasi di early game bisa digantikan oleh hero support seperti Valir, Pharsa, dan Luo Yi. Mereka memiliki damage dan crowd control yang sangat merepotkan di early game. Sehingga bisa mengganggu tim lawan ketika sedang farming.

Formasi ini sangat beresiko karena tim kamu tidak bisa berbuat apa-apa ketika hero carry sudah tumbang. Sehingga hero carry harus benar-benar dijaga dengan baik oleh tank dan support.

Formasi 0-5-0

Formasi ini disebut dengan Tryhard Player yang tujuannya untuk mencari jalan mudah dalam mencapai kemenangan. Kelima hero akan berkumpul di satu lane tengah di early game untuk melakukan push hingga turretnya hancur sebelum hero lawan memiliki kesempatan untuk melakukan serangan balik.

Untuk menggunakan formasi ini, tim kamu harus terdiri dari hero-hero yang memiliki kemampuan push dan damage yang tinggi di early game. Selain itu dua hero support lainnya harus memiliki regen HP yang sangat tinggi.

Strategi ini lebih  berisiko dibandingkan formasi 1-3-1 karena hanya bertumpu pada satu lane saja. Sehingga musuh memiliki kemungkinan yang sangat besar untuk push di dua lane yang kosong.

Formasi mana yang sering kamu pakai?

Terlepas dari semua itu, kamu tetap membutuhkan komposisi hero dan kerja sama antar pemain dengan baik. Jangan sampai kerja sama yang kurang baik bisa membuat kamu salah untuk melakukan rotasi, push, dan ganking. Semoga bermanfaat.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "5 Formasi Mobile Legends yang Banyak Digunakan"

Berlangganan via Email