Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10 Tips Agar Tidak Mengulang Mata Kuliah

tips agar tidak mengulang mata kuliah
Setiap mahasiswa sudah pasti ingin lulus tepat waktu atau bisa lulus 3.5 tahun untuk jenjang S1. Salah satu cara supaya bisa kamu bisa lulus tepat waktu yaitu dengan tidak mengulang mata kuliah. Nah disini saya akan sedikit berbagi sedikit tips agar tidak mengulang mata kuliah yang semoga saja bisa bermanfaat.

Saya sendiri bukanlah mahasiswa yang lulus tepat waktu karena saya harus menambah satu semester. Faktor utamanya bukan karena masalah banyak mata kuliah yang harus diulang. Salah satunya yaitu waktu yang lama untuk mendapatkan data penelitian.

1. Manfaatkan Tahun Pertama Sebaik Mungkin

Tahun pertama harus kamu manfaatkan semaksimal mungkin untuk mendapatkan IPK yang setinggi-tingginya. Karena di dua semester tahun pertama mata kuliah yang akan kamu tidak terlalu sulit. Kamu akan mengulas materi yang telah kamu pelajari selama 3 tahun di bangku SMA.

Kalau kuliah di jurusan kimia, kamu bakal mempelajari semua mata pelajaran kimia selama SMA. Seharusnya kamu bisa memahami semua materi yang diberikan di tahun pertama karena sama saja kamu sedang mengulang mata pelajaran SMA.

Selain itu kamu juga akan belajar mata kuliah penunjang untuk materi kuliah yang akan kamu ambil di semester selanjutnya. Misalnya kamu akan belajar Biologi karena ilmu ini juga memiliki hubungan yang sangat erat dengan ilmu kimia. Kalkulus (Matematika) dan Fisika juga bakal kamu pelajari di dua tahun pertama kuliah.

Momentum ini tentu saja harus kamu manfaatkan semaksimal mungkin untuk mendapatkan nilai IPK yang sangat tinggi. Karena nilai yang tinggi ini akan membantumu jika di semester selanjutnya mendapatkan IPK yang sangat kecil.

Seharusnya kamu bisa menggapainya, terkecuali jika kamu memang tidak suka dengan mata kuliah yang diambil. Atau kamu memang salah jurusan yang inginnya mengambil jurusan IPS tapi terpaksa di jurusan IPA karena terpaksa. Jadi sebaiknya kamu pikirkan terlebih dahulu jurusan apa yang akan kamu ambil ketika kuliah.


2. Manajemen Waktu

Terlihat memang sepele, tapi manajemen waktu yang baik bisa menjadi faktor supaya kamu tidak mengulang mata kuliah. Kenapa sih harus manajemen waktu?

Sebagai seorang mahasiswa sarjana kita tentu saja harus bisa manajemen waktu yang baik. Karena tugas kita selama kuliah itu tidak hanya belajar tentang mata kuliah yang diambil. Banyak hal yang harus kita pelajari baik itu dari sisi akademis maupun non akademis.

Karena kita juga harus mengikuti organisasi atau UKM untuk mengembangkan skill lain. Atau mungkin kamu harus kerja paruh waktu untuk mendapatkan uang saku. Jika tidak bisa manajemen waktu dengan baik, kemungkinan besar kamu akan kesulitan untuk mendapatkan nilai yang bagus.

Kamu sudah harus bisa mengatur kapan waktu yang untuk mengerjakan tugas, kapan waktu buat nongkrong, kapan buat ngembangin skill. dsb. Prioritaskan apa yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu. Yang lebih penting dan deadline dekat tentu saja itu yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

3. Miliki Rasa Penasaran yang Tinggi

Memang tidak salah jika mindset kamu belajar itu ingin mendapatkan nilai yang tinggi. Tapi saya rasa pemikiran itu perlu diluruskan karena pada ujung-ujungnya kamu bisa saja melakukan berbagai cara supaya tujuan tersebut bisa tercapai. Bahkan harus rela berbohong kepada diri sendiri.

Lain halnya ketika kamu memiliki rasa penasaran yang sangat tinggi terhadap materi yang kamu pelajari. Jika sudah memiliki rasa penasaran, kamu tentu bakal mencari solusi atau jawabannya. Sehingga dari sini kamu akan lebih sering aktif bertanya, diskusi, bahkan sering nongkrong di perpustakaan.

Memiliki rasa penasaran yang tinggi juga menandakan bahwa kamu itu benar-benar serius belajar dan kamu ingin bisa. Kalau kamu sudah menguasai materi yang dipelajari, semua soal ujian pasti bisa kamu jawab dengan mudah meskipun soalnya terkadang diputar balikkan.

4. Duduk di Bangu Barisan Depan

Saya sendiri memang jarang sekali duduk di bangku barisan depan karena terornya minta ampun, terutama takut ditanya balik sama dosennya. Entahlah, apakah duduk di barisan depan itu bisa membantumu mendapatkan nilai bagus atau tidak.

Tapi saya sempat beberapa kali duduk di barisan depan dan ternyata itu work. Sebagian besar materi yang diberikan dosen bisa dipahami. Tapi teman saya yang pintar memang mengakui bahwa duduk di bangku barisan depan itu bisa menyerap materi yang diberikan dosen.

Nah kamu bisa meniru hal seperti itu jika memang ingin mendapatkan nilai yang tinggi. Akan lebih maksimal lagi kalau malamnya itu kamu pelajari materi yang akan diajarkan keesokan harinya.

4. Review Materi

Pastikan meja kamu bersih dan rapi, lalu keluarkan bindermu untuk mengulas materi yang kamu pelajari di dalam kelas. Pahami semua materi tersebut dan ketahui bagian mana yang paling sulit kamu pelajari dan sulit diingat. Segera tanyakan kepada dosen atau teman jika tidak mengerti lalu tulis kembali.

Jika perlu seringlah berdiskusi dengan rekan belajarmu supaya kamu benar-benar paham. Jangan sungkan untuk bertanya kepada temanmu yang pintar. Luangkan juga waktumu jika memang teman-temanmu bertanya kepadamu jika mereka tidak paham materi yang telah kamu pelajari.

5. Temukan Cara Belajarmu

Secara tidak langsung jika cara belajar juga akan mempengaruhi kamu supaya cepat memahami materi yang dipelajari. Sebisa mungkin temukan cara belajar kamu supaya bisa menyerap materi dengan cepat dan efektif. Apakah kamu suka belajar sendiri, sambil mendengarkan musik, atau bahkan harus sering berdiskusi.

6. Ambil Jumlah Mata Kuliah Secukupnya

Sebaiknya jangan terlalu serakah dan ambisius ketika mengambil jumlah mata kuliah di setiap semesternya. Karena semakin banyak mata kuliah yang diambil semakin banyak pula materi yang harus dipelajari. Bahkan semakin banyak pula tugas yang harus kamu kerjakan.

Jadi sebaiknya ambil jumlah mata kuliah secukupnya, tapi mendapatkan nilai yang sesuai dengan harapan.


7. Miliki Mentor

Mentor yang dimaksud disini bisa teman atau dosen. Setidaknya dalam satu kelas itu ada minimal satu orang yang memang sangat pandai. Nah kamu bisa memanfaatkan mereka untuk dijadikan mentor ketika kamu kesulitan memahami materi kuliah.

Jika punya budget yang berlebih, kamu bisa memiliki mentor dari luar kampus yang siap menjadi mentor. Mentor ini juga bisa membantu kamu kamu supaya bisa belajar dengan lebih teratur lagi.

8. Buat Resolusi

Setidaknya kamu harus memiliki resolusi jika memang kamu ingin mendapatkan nilai yang tinggi. Misalnya punya resolusi “jangan ada nilai D”, atau bisa juga “dapat Nilai A minimal 2 matkul”. Jangan terlalu ambisius juga untuk mendapatkan nilai A untuk semua mata kuliah.

Punya resolusi untuk mendapatkan IP 4 untuk semua mata kuliah juga tidak salah. Tapi kamu membutuhkan jam terbang yang sangat tinggi. Misalnya kamu harus meninggalkan kegiatan lain. Tapi saya rasa itu terlalu ambisius ya karena IPK tinggi tidak bisa menjamin 100% kesuksesan kamu setelah lulus nanti.

9. Hindari Sistem SKS

Sebisa mungkin kamu harus menghindari belajar sistem kebut semalam alias SKS. Jangan harap dapat nilai bagus jika belajar saja semalam sebelum ujian. Masih untung juga kalau kamu bisa dapat nilai pas-pasan.

Oleh karena itu manajemen waktu itu sangat penting. Jika berhasil manajemen waktu dengan baik, tidak mungkin kamu belajar dengan sistem SKS.


10. Rehat Sejenak

Sama seperti otot, otak juga memerlukan waktu untuk istirahat. Terlalu memaksakan belajar malah akan membuat kamu jenuh dan stress. Alhasil semua materi yang kamu pelajari tidak akan pernah masuk ke dalam otak.

Istirahatlah sejenak untuk refresh otak kamu. Misalnya setelah 1 jam belajar, keluarlah untuk melihat langit atau tanaman. Atau juga bisa dengan rebahan sambil scroll Instagram. Tapi ingat ya jangan sampai kebablasan….

Itulah sedikit tips agar tidak mengulang mata kuliah yang semoga saja bisa bermanfaat untuk kamu. Meskipun IPK tidak akan menjamin kesuksesanmu di masa depan. Tapi mendapatkan IPK yang tinggi atau pas-pasan akan mencegah mengulang yang bisa menambah waktu kuliahmu.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "10 Tips Agar Tidak Mengulang Mata Kuliah"

Berlangganan via Email