Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatasi Shadowban Instagram dengan Mudah

mengatasi shadowban Instagram
Cara mengatasi shadowban Instagram

Untuk seorang pengguna Instagram pemula mungkin akan asing dengan istilah “Shadow Banned”. Karakteristik dari shadow banned ini tidak terlihat, apalagi jika kita menggunakan Instagram hanya untuk sekedar upload foto saja. Lalu bagaimana cara mengatasi shadowban Instagram ini?

Apa itu shadow banned Instagram ?

Shadow banned merupakan hukuman yang diberikan oleh Instagram karena akun Anda telah melakukan pelanggaran ketika menggunakannya. Pihak Instagram tidak akan memberikan penjelasan kenapa mereka sampai melakukan hal itu sehingga akun Anda terkena shadowban.

Salah satu cara untuk melihat efek dari shadowban ini adalah dengan melihat Insight di akun Instagram Anda. Di dalamnya Anda akan melihat jika jangkauan postingan akan menurun secara drastis. Apakah ada ciri-ciri lain bahwa akun tersebut terkena shadowban?

Apakah Akun Instagram Kamu Terkena Shadowban?

Selain jangkauan postingan yang menurun, ada beberapa ciri lainnya jika akun Anda terkena shadow banned. Diantaranya adalah postingan Anda tidak akan muncul di hastag dan explore. Postingan Anda hanya akan dilihat oleh sebagian kecil followers saja.

Apakah akun Instagram Anda terkena shadowban?

Untuk cara cek shadowban instagram, cobalah posting satu konten dengan menggunakan sebuah hastag saja. Kemudian masuk ke hastag tersebut dan cek di recent post postingan terbaru pada hastag yang Anda gunakan tersebut. Apakah postingan Anda ada?

Jika tidak ada, berarti Akun Anda sudah terkena shadow banned dari Instagram.

Sebenarnya Instagram sendiri tidak memberikan istilah pasti terhadap shadow banned ini. Karena istilah ini dipopulerkan oleh komunitas pengguna Instagram saja. Berapa lama shadowban instagram berlangsung?

Beruntungnya, jenis hukuman yang diberikan oleh Instagram ini hanya diberikan secara sementara saja. Sepengalaman saya, efek ini akan hilang sekitar 2 sampai 24 jam saja. Tapi ada juga akun Instagram yang terkena shadowban hingga berbulan-bulan.

Apa Efek Shadowban untuk Akun Anda?

Shadowban ini tentu saja akan benar-benar terasa oleh para pengguna Instagram yang sudah berkembang. Karena konten yang Anda posting tidak akan menjangkau banyak orang. Hanya segelintir orang saja yang akan melihat konten yang Anda posting.

Jika jangkauannya sedikit, tentu saja tingkat interaksinya juga akan kecil. Karena banyak atau sedikitnya jangkauan konten Anda akan mempengaruhi interaksi. Akun Instagram Anda akan sangat sulit untuk berkembang jika sedang terkena shadowban.

Kenapa Akun Instagram Terkena Shadowban?

Ada beberapa penyebab kenapa akun Instagram Anda terkena shadow banned. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Beli Followers dan Like

Hmmm, Anda harus hati-hati jika telah sering membeli followers dan like. Karena akun Anda berpotensi akan mendapatkan shadowban dari Instagram. Yang lebih parahnya lagi, akun Anda akan langsung terkena banned permainan. Wah ngeri juga ya!

Membeli followers dan like tentu saja akan membuat akun Anda terlihat populer karena banyak followers dan like. Tapi hal itu juga percuma jika keduanya tidak bisa mendatangkan interaksi atau penjualan. Apalagi jika Anda sedang membangun akun publik yang nantinya akan menawarkan jasa seperti Paid Promote.

Dulu itu orang akan melihat sebuah akun Instagram itu dari banyaknya followers dan like. Karena itulah tak sedikit pula orang yang rela membeli followers dan like. Tapi sekarang followers dan like ini tidak dijadikan parameter lagi untuk melihat interaksi akun Instagram.

2. Pakai Hastag di Komentar

Sebenarnya juga banyak akun-akun besar yang menggunakan hastag di kolom komentar. Itu wajar-wajar saja karena tidak ada aturan khusus mengenai hal itu. Tapi pada dasarnya hastag ini ditaruh di dalam caption, biasanya di akhir caption.

Anda bebas-bebas saja menggunakan hastag di kolom komentar, tapi jangan berlebihan. Karena jika hal itu sering Anda lakukan, tak menutup kemungkinan Instagram akan melakukan shadowban terhadap akun Anda.

3. Menggunakan Hastag Brand Besar

Ternyata menggunakan hastag yang sudah memiliki hak paten juga akan membuat akun Anda terkena shadowban. Hastag-hastag tersebut biasanya sudah dimiliki oleh brand besar seperti #Adidas, #Disney, #RealMardrid, #Barcelona, dan masih banyak lagi.

Mulai sekarang Anda harus hati-hati ketika menggunakan hastag pada konten yang akan diposting. Karena hastag=hastag brand besar hanya boleh digunakan oleh mereka sendiri.

Banyak juga rekan-rekan saya yang akunnya yang dihapus permanen karena menggunakan hastag yang sudah memiliki hak paten. Kebanyakan dari mereka adalah sering menggunakan hastag klub-klub bola seperti Real Madrid. Jadi sekarang hati-hati ketika akan menggunakan hastag.

4. Menggunakan Hastag yang Telah Diblokir

Tidak hanya hastan yang telah mendapatkan hak paten, Instagram juga telah menghapus banyak hastag hitam. Jika Anda menggunakan hastag-hastag tersebut, kemungkinan akan terkena shadowban. Sudah ada 300 lebih hastag yang sudah diblokir oleh pihak Instagram.

Untuk menghindari hal ini, jangan pernah sekalipun menggunakan hastag yang berbau SARA dan sejenisnya. Jangan lupa juga untuk tidak menggunakan hastag-hastag jo**k untuk menghindari shadowban.

5. Follow Unfollow Secara Tidak Wajar

Salah satu cara untuk mendapatkan followers secara gratis yaitu dengan melakukan follow unfollow. Tapi mulai sekarang Anda harus memperhatikan aktivitas ini karena Instagram telah membatasinya.

Dalam beberapa tahun ke belakang, kita bisa follow hingga 1000 akun dalams eharai. Tapi sekarang tidak bisa lagi karena bisa-bisa akun Anda terkena shadow banned. Bahkan melakukan aktivitas follow 100 akun saja bisa terkena shadow banned jika dilakukan secara tidak wajar.

6. Menggunakan Tools secara Berlebihan

Saat ini saya menggunakan tools Instagram pihak ketiga bernama Gramatic. Ketika pertama kali memilikinya, saya menggunakan tools ini secara berlebihan. Akibatnya akun Instagram saya terkena shadowban.

Menggunakan tools Instagram itu memiliki dampak yang negatif dan juga positif. Dengan menggunakan tools, akun Instagram Anda akan lebih mudah untuk cepat berkembang. Karena Anda bisa melakukan follow unfollow, like, komentar, dan DM dengan lebih mudah.

Tapi jika digunakan berlebihan efeknya akan terkena shadowban. Pihak pemilik tools yang terpercaya biasanya akan memberikan tutorial lengkapnya supaya dalam penggunaan akun Anda tidak terkena shadowban.

7. Sering Dilaporkan

Hati-hatilah ketika memposting konten di Instagram mulai dari foto atau video, caption, dan hastag. Karena bisa saja akun Anda sering dilaporkan oleh pengguna lainnya karena banyak pelanggarannya. Tidak hanya shadowban, akun Anda malah akan dihapus secara permanen oleh Instagram.

Bagaimana Cara Mengatasi Shadowban Instagram?

Sampai saat ini Anda sudah tahu ya apa itu shadowban, bagaimana ciri-ciri akun yang terkena hukuman ini, dan Anda juga sudah tahu penyebabnya. Lalu bagaimana supaya akun Anda bisa kembali bebas dari shadowban?

1. Jangan Melakukan Aktivitas di Instagram

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika terkena shadowban yaitu jangan melakukan aktivitas apapun seperti follow, like, comment, dan posting. Sebaiknya Anda logout dulu dari akun Instagram Anda paling tidak 24 jam.

Saya sendiri sampai harus memberhentikan akun Instagram dulu selama sehari. Setelah itu saya login kembali dan akun sudah kembali normal.


2. Hapus Hashtag pada Postingan Terakhir

Anda juga bisa menghapus hashtag pada postingan selama 7 hari terakhir. Karena bisa saja akun Anda terkena shadow banned akibat adanya hastag yang telah diblokir oleh Instagram.

3. Aktifkan Kembali & Jangan Pakai Hastag

Setelah 24 jam, Anda bisa kembali mulai aktivitas di Instagram. Tapi jangan terlalu banyak posting konten, minimal 1-3 konten saja. Selain itu jangan dulu menggunakan hastag untuk beberapa waktu.

Setelah beberapa waktu, cobalah taruh satu hashtag pada postingan Anda. Setelah itu cek apakah konten Anda ada dalam hastag tersebut. Jika ada, berarti akun Anda sudah terlepas dari belenggu shadowban.

4. Jangan Gunakan Tools Instagram Sembarangan

Sekarang ini sudah banyak tools yang bisa Anda gunakan untuk mengembankan akun Instagram Anda. Kebanyakan orang menggunakan tools tersebut untuk melakukan aktivitas secara otomatis seperti follow unfollow secara otomatis.

Jika tidak dilakukan secara normal, Instagram akan menganggap Anda sebagai robot. Instagram tidak suka dengan hal itu dan akan melakukan shadowban.

Jika Anda ingin menggunakannya, gunakan tools yang tidak melanggar TOS Instagram.

Penutup

Itulah beberapa tips dan trik mengatasi shadow banned Instagram yang sudah pernah saya coba. Supaya akun Instagram Anda bisa berkembang, gunakan cara organik seperti rajin update konten berkualitas. Atau Anda juga bisa menggunakan jasa paid promote, endorse, atau beriklan di Instagram.

Semoga artikel mengenai cara mengatasi shadow banned Instagram ini bisa bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk share artikel ini ke sosial media Anda supaya menjangkau lebih banyak orang. Jangan lupa juga untuk memasukkan email Anda untuk mendapatkan konten terbaru dai cecepkocep.com. Terima kasih.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "Cara Mengatasi Shadowban Instagram dengan Mudah"

Berlangganan via Email