Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

11 Cara Menghasilkan Uang Dari Instagram 2020

Di zaman sekarang ini, menghasilkan uang dari Instagram bukan merupakan hal yang lumrah lagi. Bahkan sudah banyak banyak orang yang membuktikan bahwa bermain media sosial ini bisa menghasilkan dengan jumlah yang cukup fantastis. Lalu bagaimana cara menghasilkan uang dari Instagram ini?

Hari gini siapa sih orang yang tak kenal dengan aplikasi Instagram. Bahkan di Indonesia sendiri aplikasi ini sudah begitu populer hampir di semua kalangan masyarakat. Sehingga kehadiran media sosial ini telah dijadikan peluang usaha untuk para pebisnis.

Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram

cara menghasilkan uang dari instagram
Cara menghasilkan uang dari Instagram
Penasaran seperti apa cara mendapatkan uang melalui Instagram? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Menjual Produk

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menjual produk baik itu produk fisik maupun digital. Instagram merupakan aplikasi yang sangat cocok untuk berjualan karena konten akan disusun seperti katalog di dalam sebuah toko online. Sehingga keunggulan tersebut dimanfaatkan untuk berjualan.

Beberapa contoh produk fisik yang bisa Anda jual di Instagram sangat beragam mulai dari produk fashion, kosmetik, hingga kesehatan. Sementara untuk produk digital bisa berupa ebook, software, dan membership.

Anda yang tidak memiliki produk sendiri juga bisa berjualan dengan menjadi seorang dropshipper atau reseller. Tapi sebelumnya Anda harus memilih distributor yang benar-benar terpercaya sebelum berjualan. Jadi sekarang sudah tidak ada alasan lagi untuk menjual produk melalui aplikasi Instagram.

2. Menjual Jasa

Tidak hanya menjual produk, Instagram ini juga bisa Anda gunakan untuk menjual jasa. Jika Anda memiliki suatu keahlian, tak ada salahnya untuk mencoba mempromosikannya di aplikasi Instagram. Misalnya Anda menawarkan jasa desain logo, banner, dan sebagainya.

3. Menjual Akun Instagram

Tak sedikit orang yang mencoba untuk beternak akun Instagram kemudian menjualnya dengan harga yang cukup mahal. Tapi akun yang dijual tentu saja tidak sembarangan karena harus sudah memiliki cukup umur dan punya followers yang sang spesifik.

Untuk beternak akun Instagram tentu saja tidak mudah karena biasanya mereka menggunakan sebuah tools untuk meningkatkan jumlah followers. Tapi hal itu juga beresiko karena sangat rentan terkena shadowban ataupun akunnya dihapus secara permanen oleh Instagram.

Dengan persyaratan yang cukup rumit, jadi tidak mudah untuk beternak akun Instagram. Terlebih sekarang ini orang juga ingin mencari akun Instagram bukan berdasarkan jumlah followers, tapi jumlah engagement.

4. Menjadi Buzzer

Jenis usaha ini sering digunakan oleh para pemilik akun Instagram dengan jumlah followers yang sangat tinggi. Penghasilan yang mereka dapatkan juga cukup fantastis, setidaknya bisa mendapatkan $40 dalam sehari. Penghasilan tersebut tentu saja sesuai dengan jumlah followers yang mereka miliki.

Calon pengiklan biasanya akan mematok jumlah followers untuk buzzer mulai dari 100 ribu followers, bahkan hingga 500 ribu followers. Calon pengiklan ini biasanya mereka adalah pedagang online yang memiliki jumlah followers yang sedikit. Dengan beriklan di buzzer, followers mereka akan meningkat atau penjualannya meningkat.

5. Menjadi Endorser

Endorses berbeda ya dengan buzzer karena endorser bisa dikatakan seperti seorang ambassador untuk produk tertentu. Tidak hanya dilihat dari sisi followers, seorang endorser juga harus terkenal dan memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap fansnya.

Beberapa contoh endorser yang sangat terkenal berasal dari kalangan para artis seperti Ayu Ting Ting. Dia akan mempromosikan produk melalui akun Instagramnya dengan format tertentu seperti gambar, teks, dan video singkat. Tidak hanya akan mendapatkan uang, mereka juga akan mendapatkan produk yang dipromosikan.

6. Menjual Foto

Jangan sia-siakan kemampuan memotret Anda di era yang sudah modern ini. Salah satunya Anda bisa menjual hasil jepretan Anda melalui Instagram. Anda mungkin sudah banyak para fotografer yang memposting hasil karyanya ke Instagram.

Supaya orang lain tidak bisa mengambil hasil jepretan Anda, maka Anda harus memberikan watermark sebelum mempostingnya. Sehingga orang yang ingin mendapatkan foto tersebut harus membelinya terlebih dahulu dari Anda. Jadi hobi Anda sebagai fotografer tidak akan terbuang begitu saja.

7. Menyediakan Jasa Titip

Peluang usaha di Instagram ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki hobi berbelanja atau travelling. Biasanya hobi ini didominasi oleh kaum wanita dan mereka sering disebut sebagai personal shopper. Nah jika Anda juga suka jalan-jalan ke tempat yang menarik juga bisa menjalankan bisnis yang satu ini.

Jika tak bisa traveling ke luar negeri, jalankan saja usaha ini di dalam negeri. Misalnya Anda sering mengunjungi distro, pusat perbelanjaan, dan tempat-tempat menarik lainnya yang menjual produk yang sangat unik. Sehingga kemungkinan followers Anda akan menggunakan jasa yang Anda tawarkan.

Anda bisa memposting foto produk yang berada di tempat yang Anda kunjungi ke Instagram. Kemudian jangan lupa untuk melengkapinya dengan caption, tag, dan hastag seperlunya. Selain bisa jalan-jalan, Anda juga menjalankan bisnis dengan modal yang sangat minim tapi menguntungkan.

8. Menjadi Pemburu Kuis

Saat ini sudah banyak akun Instagram yang menyelenggarakan kuis baik itu oleh pemilik toko online, perusahaan, hingga pemerintah. Anda bisa bisa memanfaatkan momen tersebut untuk menjadi pemburu kuis.

Model kuis yang diselenggarakan juga sangat beragam mulai dari mention teman Anda, repost konten mereka, hingga beradu kreativitas. Pemenangnya akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai atau jenis hadiah lainnya.

9. Menjadi Selebgram

Jika tidak Anda tidak bisa menjadi endorser yang memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap fans, Anda juga bisa menjadi selebriti Instagram alias Selebgram. Persyaratan utama yang harus Anda penuhi untuk menjadi selebgram yaitu harus memiliki banyak followers dan followers tersebut tidak harus asli.

Selain harus memiliki followers yang banyak, Anda juga harus memiliki engagement yang tinggi. Karena sekarang ini sebagian besar calon pengiklan tidak hanya melihat dari jumlah followers, tapi dari persentase engagement. Jadi, jumlah like dan komentar juga sangat mempengaruhi calon pengiklan.

10. Menjadi Admin

Saat ini sudah banyak tokoh atau orang-orang penting yang membutuhkan seorang admin yang bertugas untuk mempublikasi atau sosialisasi. Karena banyak dari mereka yang tidak bisa mengoperasikan aplikasi Instagram dengan baik. Sehingga mereka membutuhkan seseorang yang bisa mengoperasikannya dengan maksimal.

Karena itulah mereka akan membutuhkan seorang admin untuk mengelola akun Instagram dengan baik. Jika Anda bisa menguasai aplikasi ini dengan baik, tak ada salahnya untuk mencoba menawarkan diri menjadi seorang admin Instagram. Terlebih sekarang juga sudah banyak perusahaan yang membutuhkan jasa tersebut.

11. Menyediakan Jasa Paid Promote

Saat ini juga sudah banyak akun publik yang membahas suatu topik tertentu seperti binsis, anime, dan musik. Jika sudah memiliki followers yang banyak, mereka akan menyediakan jasa paid promote. Seseorang bisa beriklan di akun publik mereka dengan biaya yang telah ditetapkan.

Pihak pengiklan juga bisa request jadwal posting yang ideal untuk memposting konten iklan mereka. Jasa paid promote ini terbilang cukup murah dibandingkan dengan jasa endorsement atau selebgram karena memiliki jumlah followers akun publik tidak sebanyak endorser dan selebgram.

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari Instagram yang bisa Anda coba. Pengguna Instagram di dunia, termasuk dunia saat ini sudah sangat banyak. Sehingga Anda bisa memanfaatkan media sosial ini untuk dijadikan peluang usaha yang menguntungkan.

Cara  Memaksimalkan Akun Instagram

Dari semua cara yang bisa Anda coba untuk menghasilkan uang Instagram, hal yang paling penting tentu saja Anda harus memiliki jumlah followers yang banyak. Tidak hanya itu Anda juga harus menjalin kedekatan dengan followers (engagement). Berikut ini adalah sedikit cara untuk memaksimalkan akun IG Anda.

1. Buat Profil Bio Instagram yang menarik

Bagian pertama yang akan dilihat oleh orang ketika melihat akun Instagram Anda adalah profil bio. Bagian ini memiliki peranan yang sangat penting apakah orang lain akan follow akun Anda atau tidak. Sehingga profil bio itu juga bisa mempresentasikan akun Anda. 


2. Posting Konten secara Konsisten

Dengan memposting konten minimal 1 kali sehari akan membuat akun Instagram Anda bisa berkembang. Sehingga konten Anda akan sering dilihat oleh followers, bahkan bisa muncul di halaman explore. Memposting konten secara konsisten juga akan meningkatkan jumlah followers Anda.

3. Buat Konten Berkualitas

Alangkah lebih baik jika postingan yang Anda buat juga harus berkualitas dan yang paling penting bisa membuat followers Anda merasakan efeknya. Sehingga kemungkinan besar mereka untuk mempromosikan konten Anda ke yang pengguna yang lainnya juga sangat besar. Sehingga followers akun Instagram bisa meningkat.

4. Jangan lupakan Caption

Jangan lupakan juga untuk mengisi caption pada setiap postingan yang telah Anda buat. Meskipun sebagian besar orang sangat tertarik pada gambar atau video yang Anda buat, tapi Anda bisa memberikan informasi tambahan pada bagian caption.

5. Gunakan Hastag (tidak berlebihan)

Selain caption, perhatikan juga hastag. Tapi Anda harus hati-hati ketika akan menggunakan hastag karena bisa memberikan dampak buruk pada akun Instagram Anda seperti shadowban. Jadi sebelumnya Anda harus melakukan riset hastag terlebih dahulu sebelum menggunakannya.


6. Berinteraksi dengan Followers

Popularitas akun Instagram Anda akan meningkat jika selalu melakukan interaksi dengan followers Anda. Interaksi ini bisa Anda lakukan dengan cara memberikan like atau berkomentar di konten yang mereka posting. Sehingga akun Instagram Anda akan lebih dikenal oleh followers Anda.

7. Sabar

Segala sesuatu memang tidak akan berjalan secara instan dan membutuhkan proses. Setelah saya perhatikan, banyak orang yang menghasilkan uang dari Instagram setelah berhasil melakukan 6 cara di atas secara konsisten. 

Untuk jasa paid promote dan endorsement paling tidak membutuhkan waktu sekitar 3 bulan untuk berkembang secara organik. Tapi lain lagi ceritanya jika Anda beriklan baik itu menggunakan Instagram Ads maupun jenis iklan Instagram yang lainnya.

Dari uraian di atas kita tahu bahwa peluang untuk menghasilkan uang dari Instagram itu sangat terbuka lebar. Bahkan bisnis ini terbilang cukup menjanjikan jika kita optimis dan mau konsisten melakukan cara di atas. Sehingga semua orang memiliki peluang yang sangat besar untuk menghasilkan uang dari Instagram.
Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "11 Cara Menghasilkan Uang Dari Instagram 2020"

Berlangganan via Email