Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

9 Cara Riset Hastag Instagram Gratis dan Terbaru 2020

cara riset hastag instagram gratis

Hastag memiliki peranan yang cukup penting supaya konten yang kita posting di Instagram bisa menjangkau lebih banyak orang. Tapi menggunakan hastag yang sembarangan akan membuat akun Anda menjadi lebih buruk. Lalu seperti apa tips riset hastag Instagram yang baik dan efektif?

Kenapa harus riset hastag?

Hastag akan membuat akun kita menjadi lebih terkenal dan bisa mendapatkan lebih banyak followers. Tapi hastag itu seperti pedang bermata dua yang memiliki dampak positif dan negatif untuk perkembangan akun Instagram. Oleh sebab itu riset hastag itu sangat perlu dilakukan.

Beberapa alasan kenapa Anda harus melakukan riset hastag:
  • Bisa tahu hastag yang relevan dengan konten yang Anda buat.
  • Bisa tahu tingkat kesulitan hastag untuk mencapai top post.
  • Jangkauan konten Anda akan menjadi lebih luas.
  • Mencegah penggunaan hastag yang sama dalam setiap postingan yang bisa berdampak pada shadowban.

Cara Melakukan Riset Instagram secara Manual

Melakukan riset hastag bisa dilakukan secara manual dari aplikasi Instagram itu sendiri. Kita bisa memanfaatkan fitur pencarian yang sudah tersedia di dalamnya. Yuk langsung saja kita lihat tipsnya di bawah ini.

1. Brainstorming Kata Kunci

Sebelum melakukan riset hastag, langkah pertama harus Anda lakukan tentu saja harus membuat daftar kata kunci terlebih dahulu. Daftar kata kunci yang Anda buat harus sesuai dengan bisnis Anda, terutama yang sesuai dengan konten yang nantinya akan Anda posting ke Instagram.

Lakukan brainstorming terlebih dahulu, misalnya produk apa yang akan Anda posting, lokasinya dimana, manfaatnya seperti apa, siapa yang akan melihatnya, dan seterusnya. Hal ini perlu Anda lakukan supaya postingan yang Anda buat bisa optimal dan mudah ditemukan oleh followers suatu hastag.

Anda juga bisa menebak kira-kira kata kunci apa yang akan diketikkan orang di pencarian untuk menemukan sebuah postingan. Sehingga konten akan juga akan lebih mudah ditemukan oleh mereka di kolom pencarian.


2. Cari Hastag di Pencarian Instagram

Setelah memiliki daftar kata kunci yang sesuai dengan bisnis dan konten yang akan diposting, tahap selanjutnya yaitu mencari hastag yang sesuai di Instagram. Untuk melakukannya kita bisa menggunakan fitur pencarian untuk mengetahui hastag-hastag tersebut.

Ketikkan kata kunci yang sesuai dengan konten dan produk Anda di dalam kotak pencarian, lalu pilih menu tag. Catat 10-20 hastag yang menurut Anda sangat menarik. Hastag tersebut nantinya akan kita eksplorasi lebih lanjut dengan mencari hastag turunannya.

Cara riset hastag manual
Cara riset hastag manual di Instagram
Setelah itu kita cari 10-20 akun selebgram (influencer) pada menu account. Tujuannya yaitu untuk mempelajari hastag-hastag apa saja yang mereka gunakan yang sesuai dengan kata kunci yang Anda buat.

3. Lihat Hastag yang Digunakan oleh Top Post

Setelah Anda melakukan pencarian hastag di Instagram, maka Anda akan dibawa ke halaman yang berisi postingan yang menggunakan hastag yang Anda cari. Nah di halaman tersebut akan terbagi ke dalam dua kategori yaitu Recent dan Top.

Recent adalah postingan Instagram terbaru dengan menggunakan hastag yang Anda cari. Sementara Top adalah postingan yang dipilih langsung oleh sistem Instagram karena kontennya dianggap berkualitas dan menarik. 

Nah postingan yang berada di bagian Top akan diprioritaskan untuk disebag ke follower hastag yang digunakan di dalam postingan tersebut. Sehingga post tersebut menjadi viral yang dilihat oleh ratusan hingga jutaan orang. Bahkan akun yang memposting konten viral itu juga akan kebanjiran follower baru.

Dari Sinilah kita akan mencari hastag-hastag apa saja yang digunakan oleh positngan yang dinilai berkualitas oleh algoritma Instagram. Kita klik postingan tersebut lalu catat hastag apa saja yang digunakan.

4. Lihat Hastag yang Difollow oleh Selebgram

Selebgram tentu saja memiliki followers yang berlimpah dan biasanya akan follow hastag-hastag yang penting untuk mereka. Bahkan bisa jadi jika hastag-hastag tersebut adalah andalan mereka untuk bisa menjadi seorang Selebgram. Hastag yang mereka gunakan akan membuatnya menjadi viral.

Hastag yang di-follow oleh Selebgram biasanya postingannya akan menarik dengan sesuai dengan topik yang mereka gunakan. Selain itu, hastag-hastag tersebut juga tidak terlalu sering digunakan oleh pengguna Instagram (spamming).

Jika kita menggunakan hastag yang di-follow oleh Selebgram, kemungkinan postingan kita masuk ke dalam radar Selebgram dan bisa mendapatkan Like dari mereka. Mendapatkan like dari selebgram itu akan dianggap oleh Algoritma Instagram bahwa postingan kita itu berkualitas.

Postingan yang disukai oleh seseorang akan muncul di bagian explore yang menyukai postingan kita. Tak menutup kemungkinan jika postingan yang disukai Selebgram akan membuat postingan tersebut tampil di halaman explore dengan follower jutaan secara gratis.

Lalu bagaimana cara untuk melihat hastag yang digunakan oleh para Selebgram? 

Pertama Anda buka halaman profil selebgram, kemudian tap bagian following. Setelah itu kita tap tab Following yang berada di bagian kanan atas. 

Jika Anda tidak menemukan hastag di bagian following, berarti selebgram tersebut tidak ada hastag yang mereka follow.


5. Gunakan Hastag yang Sering Digunakan Selebgram

Hastag memang akan membuat jangkauan konten yang kita posting menjadi sangat luas. Tapi kita tentu saja tidak tahu pasti hastag apa saja yang digunakan oleh followernya. Kita juga tidak tahu secara pasti hastag mana yang sering dicari oleh para pengguna Instagram.

Untuk mengetahuinya kita harus sering melakukan eksperimen trial and error dan hal itu membutuhkan banyak waktu. Karena kita harus tahu terlebih dahulu hastag-hastag apa saja yang membuat postingan kita masuk ke dalam top post dan mendatangkan banyak followers dan like.

6. Gunakan Hastag Turunan

Suatu hastag biasanya akan memiliki hasta turunannya atau related hastag. Jika Anda kehabisan ide untuk mencari kata kunci, Anda bisa mengeksplorasi hastag turunannya. Untuk lebih jelasnya Anda bisa lihat gambar di bawah ini.

7. Gunakan Hastag yang Relevan

Sampai tahap ini seharusnya Anda sudah mendapatkan banyak hastag. Di tahap selanjutnya kita harus memilih hastag mana yang akan digunakan di dalam postingan. Karena dalam satu postingan hanya bisa menggunakan maksimal hingga 30 hastag.

Hastag yang akan Anda gunakan tentu saja harus relevan dengan konten yang akan diposting.

8. Perhatikan Popularitas Hastag

Setiap hastag akan memiliki tingkat popularitas yang berbeda-beda. Jika Anda mencari sebuah hastag di pencarian, maka di bawahnya akan terdapat jumlah post. Angka tersebut menunjukkan jumlah postingan di Instagram yang menggunakan hastag tersebut.

Semakin besar popularitasnya, semakin banyak postingan Instagram yang menggunakan hastag tersebut. Tapi, menggunakan hastag yang popularitasnya tinggi tidak akan membuat postingan Anda dilihat oleh banyak orang.

Popularitas bukan menunjukkan jumlah followers hastag ataupun seberapa sering dicari oleh pengguna Instagram lainnya. Popularitas hanya menunjukkan jumlah post yang menggunakan hastag tersebut.

Dengan begitu, semakin populer suatu hastag, maka postingan Anda akan semakin sulit untuk ditemukan jika menggunakan hastag tersebut. Kemungkinan postingan Anda akan muncul di hasil pencarian juga akan semakin kecil karena tingkat persaingannya sangatlah besar.

Kita bisa membagi popularitas hastag ke dalam tiga kategori yaitu high, medium, dan low.
High: hastag yang memiliki memiliki lebih dari 1M postingan.

  • Medium: hastag yang memiliki jumlah postingan antara 100-999 ribu.
  • Low. Hastag yang memiliki jumlah postingan dibawah 99 ribu.
  • Hastag yang sudah Anda miliki bisa digolongkan ke dalam tiga kategori berdasarkan tingkat popularitasnya.
Baca juga: Cara Membuat dan Memaksimalkan Profil Bio Instagram

9. Kombinasikan Antar Hastag

Setelah dikelompokkan ke dalam tiga kategori, selanjutnya adalah menggunakan kombinasi ketiganya pada postingan secara bergantian. Misal postingan 1 menggunakan hastag high, postingan 2  menggunakan hastag medium, postingan 3 menggunakan hastag low, postingan 4 kembali menggunakan hastag high.

Dengan begitu Anda tidak akan menggunakan hastag yang sama di setiap postingannya. Tak menutup kemungkinan postingan Anda akan masuk ke dalam top post.

Tips lain yang bisa Anda lakukan yaitu menggunakan hastag yang sesuai dengan jumlah follower yang Anda miliki. Jika followers Anda masih baru gunakanlah hastag dengan popularitas medium. Jika akun Instagram Anda masih baru, gunakan hastag dengan popularitas kurang dari 50k alias spesifik.

Cara Riset Hastag dengan Hastag Generator

Cara yang kedua ini yaitu dengan menggunakan tools pihak ketiga yang bernama Instagram Hastag Generator. Tools ini memang berbayar, tapi ada juga fitur gratisnya. Kita bisa melakukan riset hastag di dalam tools ini secara gratis.

Step 1: masuk ke halaman Instagram Hastag Generator disini.
Step 2: Masukkan kata kunci pada kolom Generate by keyword.
Step 3: Klik tombol Submit and Generate Hastags.

Setelah itu Anda akan melihat daftar hastag yang telah Anda masukan sesuai kata dengan kata kunci.

Keuntungannya:
  • Anda akan melihat hastag berdasarkan kata kuncinya.
  • Anda Akan melihat daftar hastag terkait.
  • Hastag sudah dikelompokkan secara otomatis yaitu Frequent (High), Average (Medium), dan Rare (Low).
Itulah beberapa Tips untuk melakukan riset hastag di Instagram secara grarits. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk memasukkan email Anda di kolom di bawah untuk mendapatkan artikel terbaru.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "9 Cara Riset Hastag Instagram Gratis dan Terbaru 2020"

Berlangganan via Email