Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengenal Jenis Crowd Control di Mobile Legends


crowd control Mobile Legends


Salah satu faktor penting yang bisa menentukan kemenangan ketika bermain Mobile Legends adalah crowd control. Setidaknya harus ada satu hero yang memiliki kemampuan ini supaya kemungkinan untuk menang menjadi lebih besar. Pasalnya kemampuan ini sangat berguna, salah satunya menculik hardcore tim lawan.

Hero-hero yang punya pergerakan lincah dan lifesteal kencang bisa kita hentikan dengan crowd control. Kemampuan ini tentu saja sangat berguna untuk teamfight atau war. Apalagi jika hero tersebut memiliki kemampuan crowd control yang bersifat area.

Sampai saat tulisan ini dibuat, ada 12 jenis crowd control yang ada di game Mobile Legends. Yuk kita lihat ulasannya di bawah ini.

1. Slow

Slow merupakan crowd control yang bisa memperlambat gerakan musuh. Banyak sekali hero di Mobile Legends yang bisa memberikan efek ini. Beberapa yang paling terkenal adalah skill ultimate Johnson, skill 2 Natalia dan Estes.

Efek slow ini tampak sepele, tapi efeknya akan benar-benar terasa ketika di dalam pertarungan. Apalagi jika kamu sedang ingin kabur tapi tidak skill escape hero kamu masih sedang cooldown.

2. Silence

Ketika terkena crowd control ini, kamu tidak bisa mengeluarkan skill hero yang kamu gunakan. Tapi kamu masih tetap bisa untuk mengeluarkan basic attack dan masih bisa bergerak.

Efek silence ini menjadi disable yang paling efektif untuk counter hero-hero yang bergantung pada skill dibandingkan basic attack. Oleh karena itu silence menjadi efek disable yang sangat ditakuti oleh hero-hero mage dan assassin. Hero-hero fighter seperti Chou juga tidak bisa menggunakan skill.

Natalia dan Helcurt adalah hero yang bisa memberikan efek silence dengan skill pasifnya.

3. Immobilize

Musuh yang terkena efek ini tidak akan bisa bergerak selama beberapa detik. Tapi mereka masih bisa mengeluarkan basic attack ataupun skill. Jadi yang dibatasi hanya pergerakannya saja.
Beberapa hero yang bisa mengeluarkan efek ini adalah Odette dan Hanabi dengan skill ultimatenya.

4. Morph

Efek ini akan membuat targetnya berubah wujud. Ketika berubah wujud, mereka tidak bisa menyerang baik itu dengan basic attack ataupun skill. Movement speed mereka juga akan menjadi lebih lambat, sehingga skill ini juga cukup menjengkelkan.

Satu-satunya hero yang memiliki kemampuan ini adalah Nana dengan skill keduanya. Bahkan magic defense hero yang berubah wujud menjadi rakun ini akan berkurang.

5. Stun

Berbeda dengan Immobilize, Stun benar-benar akan melumpuhkan pergerakan lawan. Karena mereka tidak bisa melakukan apapun baik menyerang maupun bergerak.

Hero yang terkenal bisa memberikan efek stun yaitu Selena. Hero mage assassin yang satu ini bisa membuat lawannya kutu mati hingga 3 detik. Meskipun sangat menyebalkan, efek ini bisa kita atasi dengan battle spell Purify atau anti crowd control lain seperti skill ultimate Valir dan Diggie.

6. Knock

Sebenarnya efek ini tidak jauh berbeda seperti stun, hanya saja lawan akan bergerak atau berpindah tempat. Efek yang dihasilkannya bisa knockback (terpental ke belakang) dan knock up atau airborne (terpental ke udara).

Skill 1 Franco dan Minsitthar serta skill ultimate Kaja juga termasuk ke dalam efek knock. Bahkan skill ultimate Tigreal dan Akai juga termasuk ke dalam kategori efek knock.

Sama seperti efek stun, knock juga masih bisa dibatalkan dengan spell Purify dan efek skill debuff dari hero.


7. Taunt

Hero yang mengeluarkan kemampuan ini akan memaksa target untuk menyerangnya dengan basic. Efek disable ini juga akan menonaktifkan skill lawan. Hero yang memiliki kemampuan ini tentu memiliki durability yang sangat besar karena dirinya sendiri akan diserang.

Salah satu hero yang bisa mengeluarkan skill ini adalah Gatotkaca dengan skill keduanya. Hero yang terkena skill ini akan dengan terpaksa menyerangnya dengan basic attack.

8. Disarm

Lawan yang terkena efek disarm tidak akan bisa menyerang dengan basic attack, tapi mereka masih bisa menyerang dengan skill dan masih bisa bergerak. Sampai tulisan ini dibuat, Masha menjadi satu-satunya hero yang bisa mengeluarkan efek disable ini.

9. Charm

Lawan yang terkena efek charm akan bergerak ke arah hero yang mengeluarkan kemampuan disable tersebut. Lawan yang terkena skill ini tidak bisa bergerak dan tidak bisa menyerang baik itu dengan basic attack maupun skill. Salah satu hero yang memiliki kemampuan ini adalah Vexana dengan skill pertamanya.

10. Blind

Lawan yang terkena efek ini tidak akan bisa menyerang dan bergerak sesuai dengan keinginan. Salah satu hero yang memiliki kemampuan ini adalah Helcurt ketika menggunakan skill ultimate.

11. Pull/Fling

Efek ini akan menarik lawan ke udara dan akan terlempar ke satu titik tertentu. Satu-satunya hero yang memiliki kemampuan ini adalah Atlas dengan skill ultimatenya. Efek ini masih bisa dibatalkan dengan kemampuan debuff ataupun suppress.

12. Grounded

Efek ini akan membuat lawannya tidak bisa mengeluarkan skill escape baik itu dash, blink, atau jump. Pergerakan hero akan terbatas selama beberapa detik, bahkan spell Flicker juga tidak bisa digunakan. Hero yang punya skill teleport seperti skill 2 Harley juga tidak bisa menggunakannya.

Sampai tulisan ini dibuat, satu-satunya hero yang memiliki kemampuan ini adalah Minsitthar dengan skill ultimate. Musuh yang terkurung dengan skill ultimatenya tidak akan bisa mengeluarkan skill escape. Dengan begitu Minsitthar merupakan hero yang sangat ampuh untuk counter hero-hero lincah seperti Fanny dan Ling.


Itulah 12 crowd control yang sudah ada di Mobile Legends. Seiring berjalannya waktu, mungkin akan ada crowd control baru pada setiap hero yang dirilis oleh Moonton. Semoga bermanfaat.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "Mengenal Jenis Crowd Control di Mobile Legends"

Berlangganan via Email