Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Memahami Skill Makro dan Mikro di Game Mobile Legends

Skill Mikro dan Makro Mobile Legends

Ada dua kemampuan penting yang harus diketahui sebagai pemain game MOBA, termasuk Mobile Legends. Kedua kemampuan tersebut adalah makro dan mikro. Seorang pemain Mobile Legends yang sudah profesional tentu saja sudah memiliki kemampuan penting tersebut.

Apa itu skill makro dan mikro? Supaya banyak lebih tahu, yuk kita simak ulasannya di bawah ini.

Skill Mikro

Sesuai dengan namanya, skill mikro adalah kemampuan bermain yang skalanya kecil. Kemampuan ini hanya kita sendiri yang bisa mengendalikannya. Contoh dari kemampuan ini adalah menguasai skill hero. Bagaimana skill tersebut bisa dikombinasikan dengan skill yang lainnya.

Kemudian pengetahuan mengenai item juga termasuk skill mikro. Jika kamu sudah tahu kemampuan hero dan atribut dari setiap item, kemungkinan besar kamu sudah bisa meracik item sendiri. Karena penggunaan item sangat tergantung dari skill yang dimiliki oleh hero itu sendiri.

Misalnya Granger merupakan marksman yang bisa memberikan serangan kritikal dengan skill pasifnya. Sementara atribut attack speed yang berasal dari equipment item ataupun emblem akan dikurangi sebesar 50%.

Menggunakan item Berserker’s Fury adalah pilihan yang sangat tepat untuk Granger. Sementara item attack speed seperti Golden Staff kurang cocok untuknya karena atribut ini tidak akan keluar secara maksimal.


Skill Makro

Jika skill mikro sifatnya sangat sempit dan hanya kamu yang bisa mengendalikannya, lain halnya dengan skill makro. Skill ini sifatnya sangat luas hingga satu map dan memiliki dampak yang sangat besar terhadap kemenangan tim. 

Menguasai kemampuan makro akan membuat tim kamu bisa bermain objective, yaitu menghancurkan turret utama musuh dan memenangkan permainan. Salah satu contoh dari kemampuan makro adalah map awareness dan time awareness

Map awareness merupakan kesadaran kamu atas apa yang sedang terjadi di minimap. Darisana kamu bisa tahu pergerakan rekan setimmu atau tim musuh, kondisi turret dan minion, dan sebagainya. Sementara time awareness adalah tingkat kesadaranmu terhadap jalannya waktu permainan. 

Penerapan Skill Makro dan Mikro

Contoh yang paling sering terjadi dalam skill makro adalah strategi split push. Untuk melakukan strategi ini, kamu tentu saja harus memiliki skill makro yang sangat bagus. Karena strategi ini akan memaksamu untuk menghancurkan turret hingga turret utama lawan.

Untuk menjalankan strategi split push, kamu tentu harus memiliki kemampuan map awareness yang sangat bagus. Kemudian kamu juga harus melakukan rotasi dengan tepat supaya bisa memecah belah konsentrasi lawan. Keduanya termasuk kemampuan makro yang harus dimiliki oleh setiap pemain.

Tidak hanya map awareness saja, banyak sekali aspek yang harus kita pelajari mengenai kemampuan makro. Bahkan seorang pemain Mobile Legends yang profesional sudah tahu pasti apa yang akan terjadi jika kita ikut teamfight atau split push.

Salah satu tips untuk menguasai menguasai teknik makro ini adalah selalu menggunakan hero-hero tank dan support. Seorang support yang profesional tentu saja tidak akan selalu berdiam diri di lane atau menemani hero core-nya. 

Mereka harus selalu keliling map dan selalu melihat minimap untuk melihat pergerakan musuh. Hal seperti itu memang perlu dilakukan oleh tank dan support supaya hero core tidak terculik begitu saja.
Oleh karena itu saya sarankan ketika bermain untuk menggunakan headset atau sejenisnya. Karena kamu akan mendengar dengan jelas apa yang sedang musuh lakukan ketika membuka minimap. 

Biasanya suara itu akan terdengar jelas ketika musuh sedang melakukan farming. Dari sana kamu bisa memberitahukan kepada rekan setim bahwa tim musuh tidak akan melakukan ganking.

Kamu juga bisa belajar skill makro ini dari melihat bagaimana para pro player bermain seperti MPL. Kamu juga bisa belajar banyak dari para Youtuber yang menyajikan konten-konten edukatif. Diantaranya adalah iOS TV dan Kopex Gaming (tapi saya sarankan pakai headset ketika mendengarnya ya hehehe….)


Skill makro dan mikro merupakan skill dasar yang harus dikuasai oleh para pemain game bergenre MOBA. Bahkan pemain Dota 2 League of Legends yang profesional harus memiliki dua kemampuan tersebut supaya bisa lebih mudah untuk memenangkan permainan.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "Memahami Skill Makro dan Mikro di Game Mobile Legends"

Berlangganan via Email