Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat dan Memaksimalkan Profil Bio Instagram

Cara Membuat Profil Bio Instagram
Cara membuat profil bio Instagram 
Memiliki banyak followers tentu saja akan membuat bisnis Anda di Instagram bisa lebih menguntungkan. Sebab potensi orang yang akan melakukan pembelian atau closing menjadi lebih besar. Salah satu cara untuk memikat banyak followers yaitu dengan memiliki profil Instagram yang menarik.

Menurut Forbes, kita bisa menyimpulkan kesan tentang seseorang  yang kita temui itu hanya dalam waktu 7 detik saja.Bahkan hal itu juga akan mempengaruhi kita dalam mengambil keputusan dan tindakan apa yang akan diambil selanjutnya.

Hal yang sama juga terjadi pada media sosial Instagram. Di mata calon followers Anda, akun Instagram Anda itu akan dianggap sebagai orang asing. Bagian pertama yang akan mereka perhatikan adalah halaman profil Anda. Mereka akan memutuskan apakah akan follow atau tidak Instagram Anda dalam waktu 1-2 detik.

Jadi Anda sudah tahu bahwa profil itu sangat perlu diperhatikan karena akan memikat lebih banyak followers. Pastikan jika profil bio Instagram itu keren dan membuat orang tertarik untuk mengikuti, bahkan bisa melakukan pembelian produk Anda.

Lalu langkah-langkah apa saja yang harus Anda lakukan supaya profil Instagram Anda itu tampak menarik di mata followers. Yuk simak tipsnya di bawah ini.

Membuat Username

Banyak orang yang menganggap sepele ketika membuat username Instagram. Padahal username itu memiliki pengaruh yang sangat penting untuk perkembangan akun Instagram Anda. Bahkan username bisa langsung tertanam di dalam ingatan followers Anda.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika membuat username Instagram.

1. Singkat dan Jelas

Tulisan pertama yang akan muncul di feed Instagram Followers adalah username, bukan nama Anda. Oleh karena itu membuat username yang jelas tentu saja merupakan sebuah keharusan. Maksudnya, username Anda itu harus benar-benar menunjukkan identitas Anda.

Anda bisa membuat username dengan menggunakan nama lengkap Anda, nama panggilan, atau nama bisnis. Pastikan Anda membuat username sesingkat mungkin, tapi tetap bisa menunjukkan identitas Anda.

Misalnya, menggunakan username @bankmandiri tentu saja lebih baik dibandingkan @pt_bank_mandiri. Username pertama akan mudah diingat oleh followers karena singkat dan jelas.

2. Mudah Diingat dan Mudah Diketik

Selain singkat dan jelas, hal lain yang harus Anda perhatikan ketika membuat username adalah mudah diingat dan diketik. Karena ketika seseorang akan berinteraksi dengan Anda, maka hal pertama yang harus mereka lakukan adalah mengetik username Instagram Anda.

Hindari beberapa hal di bawah ini supaya username Anda ini terlihat profesional:
  • Menggunakan emoji,
  • Terlalu banyak angka,
  • Terlalu banyak simbol dan underscore, dan
  • Alay.
Simbol titik dan underscore bisa tetap Anda gunakan jika memang diperlukan, misalnya untuk pemisah antar kata. Sehingga username yang Anda buat itu tetap bisa jelas. Misalnya adalah akun Instagram milik Raditya Dika yang menggunakan username @raditya_dika

3. Tambahkan Kata Kunci

Pada fitur pencarian Instagram, sebagian besar orang akan mencari sesuatu berdasarkan kata kunci. Celah ini bisa Anda maksimalkan dengan memasukkan kata kunci pada username.

Misalnya seseorang akan membeli sepatu, maka dia akan mengetikkan kata kunci “sepatu” di kotak pencarian Instagram. Nah hasil dari pencarian itu akan didominasi oleh akun yang menggunakan username sepatu.

Dengan menggunakan username yang mengandung kata kunci, akun Anda akan lebih mudah ditemukan oleh jutaan pengguna yang mencari produk Anda. Anda juga bisa menggunakan username yang didalamnya terdapat kombinasi nama brand Anda dengan kata kunci bisnis Anda.

Misalnya Anda menjual produk hijab dengan brand Vanilla. Nah Anda bisa menambahkan kata “vanilla” di dalam username yang Anda buat. Misal username akun Instagram Anda menjadi @vanilla_hijab. Selain mengandung kata kunci, orang juga akan lebih mudah menemukan akun Instagram Anda.

Menggunakan Foto Profil

Selain username, foto profil juga akan muncul di feed followers Anda dengan ukuran yang kecil. Meskipun terlihat kecil, pastikan jika foto tersebut bisa membuat followers Anda mengenalinya dengan mudah. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika membuat foto profil Instagram.

1. Untuk Akun Instagram Personal

Jika akun Instagram Anda digunakan untuk personal, pastika gunakan foto Anda sendiri. Pastikan foto Anda sedang tersenyum dan ada kontak mata dengan orang yang melihat akun Anda, sehingga Anda akan terlihat seperti sedang menyapa mereka dengan ramah.

Hindari menggunakan foto profil yang wajah yang terpotong, blur, pencahayaan yang kurang, dan background yang ramai.

2. Untuk Akun Bisnis

Gunakan logo, ikon, atau maskot pada foto profil jika akun Instagram Anda digunakan untuk bisnis. Gambarnya tetap harus terlihat jelas dan tidak terpotong ketika di-crop berbentuk lingkaran.

Jika logo Anda berbentuk persegi panjang yang di dalamnya terdiri dari gambar dan teks, maka gunakan gambarnya saja. Sehingga foto profil Instagram Anda tetap akan terlihat jelas ketika muncul di Instagram meskipun dengan ukuran yang kecil.

Gunakan foto profil yang sama untuk semua jenis media sosial yang Anda gunakan seperti Facebook dan YouTube. Sehingga orang lain bisa mengenal bisnis Anda dengan sangat mudah.


Membuat Nama Instagram

Banyak orang yang menyebut nama Instagram ini sebagai headline ataupun tagline. Nah bagian ini adalah teks tebal yang berada di atas bio Instagram. Sama seperti username, nama Instagram juga bisa ditelusuri melalui kolom pencarian Instagram. Jadi Anda bisa memasukkan kata kunci ke dalam nama Instagram Anda.

Perlu diketahui bahwa nama Instagram ini bisa diganti kapanpun karena sifatnya tidak permanen. Sehingga Anda bisa melakukan eksperimen dengan tagline Instagram tersebut. Tapi untuk jumlah karakternya hanya 30 karakter saja.

Membuat Bio yang Menarik

Anggap saja bio ini adalah kata-kata sambutan untuk orang yang mengunjungi akun Instagram Anda. Jadi Anda harus pastikan jika bio yang Anda buat harus bisa menarik mereka untuk follow akun Anda.
Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika membuat bio Instagram.

1. Informasikan Postingan Anda dan Manfaatnya

Sebisa mungkin jangan hanya menginformasikan konten yang dibuat saja, tapi juga manfaatnya. Sehingga follower Anda akan merasakan efeknya ketika sudah follow akun Anda.

Anda juga bisa melengkapinya dengan perubahan positif yang akan terjadi setelah follow akun Instagram Anda. Misalnya seperti ini.

“Resep masakan (isi konten), inspirasi masakan enak (manfaat), makin disayang suami (perubahan positif).

2. Perkenalkan Akun Anda

Jika akun Instagram Anda bersifat personal, isi bio dengan profesi atau pekerjaan Anda, misalnya blogger. Karena pada dasarnya orang itu akan menjalin hubungan dengan seseorang yang memiliki profesi yang sama.

Anda juga bisa menawarkan jasa dengan profesi yang Anda miliki. Sehingga klien akan tahu jika Anda adalah orang yang benar-benar mereka butuhkan.

Jika menggunakan akun bisnis, perkenalkan value atau keunggulan produk yang Anda jual. Kemas produk Anda dari sisi manfaat untuk para followers Anda. 

3. Gunakan Emoji

Emoji berfungsi untuk membuat bio akun Instagram Anda menjadi lebih hidup dan menari. Karena emoji ini akan memberikan ekspresi, menarik perhatian orang, mengganti kata bio supaya lebih ringkas, dan menjadi simbol bullet point.

4. Ringkas dan Jelas

Jumlah karakter dalam bio itu hanya 150 karakter saja, sehingga Anda harus mengisi informasi seringkas mungkin tapi jelas. Anda bisa menulis bio ini dalam bentuk bullet point atau list.

Membuat Link Website

Hanya inilah satu-satunya link yang bisa diklik pada profil Instagram Anda, jadi Anda harus menggunakannya semaksimal mungkin. Link inilah yang akan membawa orang yang mengklik link ke website Anda.

Link ini juga bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan kontak followers atau database email. Anda juga bisa mengarahkan mereka langsung ke nomor WhatsApp Anda untuk melakukan transaksi.
Pastikan Anda menggunakan kalimat ajakan (call to action) pada bagian akhir bio untuk mengundang lebih banyak orang supaya klik link tersebut.

Dibawah ini adalah contoh profil bio Instagram milik Kang Dewa Eka Prayoga yang tentu saja sangat menarik.
contoh profil bio Instagram
Contoh profil bio Instagram

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat dan memaksimalkan profil bio Instagram. Jangan lupa untuk share artikel ini ke sosial media supaya lebih bermanfaat. Terima kasih.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "Cara Membuat dan Memaksimalkan Profil Bio Instagram"

Berlangganan via Email