Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Hidupkan Mimpimu! Inilah 6 Tips Belajar Di Rumah Dengan Efektif

Tips Belajar Di Rumah
Tips Belajar Di Rumah
Pandemi COVID-19 telah memberikan banyak pelajaran terhadap sendi kehidupan, salah satunya pendidikan. Kini semua siswa harus melaksanakan kegiatan belajar di rumah secara online. Hal ini juga sesuai dengan aturan pemerintah untuk mengurangi dampak dari penyebaran virus corona.

Sampai tulisan ini dibuat, Pemerintah belum bisa memastikan kapan belajar dari rumah akan berakhir. Mimpi kamu yang sudah lama kamu rajut harus terombang-ambing karena pandemi yang belum diketahui kapan akan berakhir. Karena belajar di rumah itu mungkin saja membosankan atau tidak efektif.

Di masa pandemi sekarang, mau tidak mau kamu harus tetap bisa memaksimalkan belajar di rumah. Tenang saja, mimpimu tidak akan musnah begitu saja karena pandemi ini. Kamu masih bisa tetap menghidupkan mimpimu meskipun harus belajar dari rumah.

Kunci utama supaya bisa belajar di rumah dengan efektif adalah disiplin. Kalau tekad kamu untuk mencapai impianmu sangat kuat, tentu saja kamu bisa disiplin. Berikut ini adalah beberapa tips cara belajar di rumah yang efektif supaya mimpi kamu bisa tetap hidup di masa pandemi ini.

1. Atur Waktumu

Anggap saja kalau kamu itu sedang belajar di sekolah meskipun pada kenyataannya di rumah. Jadi kamu harus bisa menentukan waktumu seperti di sekolah, tapi tidak harus sama persis. Kalau di sekolah belajar mulai jam 7 pagi sampai jam 1 siang, kamu bisa geser waktunya jadi mulai jam 8 pagi sampai jam 2 siang.

Nah selama waktu 5 jam belajar tersebut, kamu bagi-bagi lagu durasinya untuk setiap mata pelajaran. Sediakan juga waktu untuk beristirahat supaya kamu tidak jenuh belajar. Misalnya jam 8 sampai jam 9 belajar Matematika, kemudian jam 9 sampai jam 10 belajar Bahasa Inggris.

Dengan menentukan waktu yang tepat, kamu akan lebih fokus untuk belajar dan kamu juga tidak akan ketinggalan pelajaran. Kamu juga bakal terhindar dari sistem SKS sebelum ujian nanti.

2. Pastikan Meja Belajar Rapi

Emang kamu yakin bakal rajin dan semangat belajar kalau meja belajar kamu itu masih berantakan? Jangankan mau rajin, mood kamu buat belajar udah jelek dengan melihat meja kamu yang sudah berantakan.

Makanya gunakan momentum ini untuk ajang bersih-bersih dan singkirkan benda-benda yang tidak diperlukan. Kalau sudah rapi dan bersih, mungin meja belajar kamu akan terasa lebih luas dan lenggang. Sehingga kemungkinan kamu bisa berkreasi sebebas-bebasnya.

Biar makin sejuk, kamu isa letakan tanaman hias di atas meja kamu. Atau kamu juga bisa menyimpan aquarium kecil meskipun di dalamnya hanyalah ikan cupang hehehe. Sesekali lihat deh biar otak kamu nggak jenuh melihat buku atau laptop terus.

3. Cari Tahu Tipe Belajar Kamu Gimana

Kamu harus tahu ya kalau tipe belajar untuk setiap itu berbeda-beda loh! Ada yang nyaman belajar di tempat yang sepi, ada pula yang suka belajar sambil ngemil. Bahkan ada juga orang yang nyaman belajar sambil dengerin musik.

Kalau pengen belajar di rumah dengan nyaman, salah satunya kamu harus tahu dulu tipe belajar kamu itu seperti apa. Kemungkinan besar kamu nggak bakalan merasa malas atau ngantuk ketika belajar.

Tapi pastikan dulu kalau cara belajar kamu itu tidak terdistraksi alias on track. Kalau ujung-ujungnya belajar sambil nonton, mending nggak usah belajar aja deh. 

4. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Koneksi internet merupakan hal yang sangat penting ketika kamu melakukan proses pembelajaran di rumah. Tanpa koneksi internet, kamu bakal tidak akan mendapatkan materi. Karena kamu akan terhubung dengan guru dan dosen dengan menggunakan aplikasi.

Contoh kecilnya saja kalau kamu membutuhkan aplikasi WhatsApp. Emang bisa pakai WA tanpa koneksi internet? Apalagi kamu juga harus mengirim tugas ke guru dengan menggunakan email yang tentu saja membutuhkan koneksi internet.

Supaya koneksi internet yang dihasilkan bisa stabil, pastikan kamu menggunakan provider internet yang bagus. Koneksi internet yang labil tentu saja akan membuat proses belajar di rumah kamu menjadi tidak efektif.

5. Belajar Online Bareng Teman

Gaes, sekarang jamannya sudah canggih, jadi kamu nggak perlu lagi ngumpul kalau pengen belajar bareng teman. Kamu bisa pakai aplikasi video call yang sekarang jumlahnya sudah banyak. Bahkan pengen belajar bareng 10 orang temanmu juga masih bisa dilakukan via online.

Mungkin kamu bakal lebih semangat lagi kalau belajarnya bareng teman. Bahkan nggak bakal lagi ngantuk ketika belajar. Kalau ada materi yang tidak paham, tanyakan juga kepada mereka. Pastikan juga untuk menentukan jadwalnya terlebih dahulu ya.

6. Jangan Lupa Minum Air Putih dan Olahraga

Cara belajar di rumah yang juga tidak boleh kamu tinggalkan adalah selalu minum air putih. Konsentrasi kamu akan tetap terjaga jika rutin minum air putih minimal 8 gelas sehari. Supaya tidak bolak-balik ke dapur, siapkan air putih di dalam botol besar.

Satu hal lagi yang tak boleh kamu tinggalkan yaitu olahraga secara rutin. Di sela-sela istirahat, kamu bisa meregangkan tangan, kaki, dan leher. Selain badanmu akan tetap bugar, kamu juga bisa tetap konsentrasi. Olahraga juga tidak akan membuat proses belajar kamu menjadi ngantuk.

Itulah beberapa tips supaya mimpi kamu bisa tetap tumbuh dengan cara belajar di masa pandemi. Tetap produktif dan belajar ya meskipun situasi pandemi belum diketahui kapan akan berakhir. Semoga bermanfaat.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "Hidupkan Mimpimu! Inilah 6 Tips Belajar Di Rumah Dengan Efektif"

Berlangganan via Email