Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Menentukan Ukuran Feed Instagram, Instagram Story, dan IGTV

ukuran feed instagram

Ada dua ukuran feed Instagram yang bisa kamu gunakan yaitu Portrait dan Square. Keduanya tentu saja memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Tapi kamu bisa mengkombinasikannya kedua ukuran feed Instagram itu untuk menarik banyak interaksi dengan fans.

Selain dengan memanfaatkan feed, kamu juga bisa memanfaatkan fitur Insta Stories dan IGTV yang sudah tersedia di Instagram. Bahkan Instastories memiliki tingkat interaksi yang lebih tinggi dibandingkan feed. Berikut ini adalah ukuran untuk feed, instastory, dan IGTV.

1. Feed Portrait

Ukuran feed Instagram Portrait yaitu 1080 x 1350 dengan rasio 4:5. Feed model ini memiliki stimulus visual yang cukup baik untuk orang yang melihat feed Instagram kamu. Tingkat interaksi yang dimiliki oleh model feed Instagram ini juga sangat baik karena cukup mendominasi layar smartphone.

Kamu juga memiliki ruang yang cukup luas untuk membuat konten di dalamnya, terutama untuk membuat microblog. Tapi ketika dilihat dari halam Profil, kita hanya akan melihatnya dengan rasio 1:1, sehingga konten yang akan terlihat hanya di bagian tengah saja.

2. Feed Square

Ukuran Feed Instagram Square adalah 1080 x 1080 piksel dengan rasio 1:1. Visual stimulus yang dimiliki oleh feed Instagram model ini sangat lemah jika dibandingkan dengan feed Portrait. Pasalnya model feed ini masih memiliki ruang untuk postingan yang lain muncul.

Desain yang simetris akan membuat tingkat interaksi dari model feed Instagram yang satu ini terbilang cukup baik. Bentuk desainnya yang simetris juga lebih pas untuk dilihat mata, sehingga orang yang melihatnya bisa lebih nyaman. Desain feed model ini juga sangat mudah diposting di media sosial lainnya seperti Facebook.
Ukuran Feed Instagram

3. Instastory dan IGTV

Ukuran Instagram Story dan IGTV yaitu 1080 x 1920 piksel dengan rasio 9:16. Ukurannya yang Full HD membuat stimulus visual dari Instastory dan IGTV sangat kuat. Karena semua gambar akan terlihat penuh di smartphone.

Tingkat yang dimiliki oleh model ini juga sangat tinggi karena di dalam Instastory dan IGTV banyak fitur menarik. Kamu bisa memanfaatkan fitur yang ada di dalamnya dengan sangat baik. Dengan begitu tingkat interaksi Instagram kamu akan menjadi meningkat.

Ruang desainnya yang sangat luas juga bisa kita manfaatkan untuk diisi dengan informasi yang lengkap. Kamu bisa memanfaatkan kelebihan ini supaya bisa menimbulkan lebih banyak interaksi dengan followers kamu.
ukuran Instagram Story dan IGTV

4. Ukuran Foto Profil

Foto Profil Instagram memiliki ukuran 110 x 110 dengan rasio 1:1. Jika foto profilnya ingin lebih tajam lagi, kamu bisa menggunakan ukuran 180 x 180 piksel. Kamu bisa membuat foto profil atau logo brand kamu dengan ukuran yang maksimal dengan ukuran yang sudah disebutkan sebelumnya.
ukuran foto profil Instagram

Tips Menentukan Ukuran Feed Instagram

Sebelumnya kamu sudah tahu jika feed Instagram memiliki dua model yaitu Portrait dan Square. Jika Kamu ingin mendapatkan banyak interaksi dari followers, kamu bisa menggunakan Feed Portrait. 

Pasalnya kamu bisa menambahkan lebih banyak informasi di dalamnya.
Feed Portrait ini sangat banyak digunakan oleh untuk konten-konten microblog atau Carousel. Karena banyak informasi yang akan diberikan di dalam kontennya, sehingga membutuhkan ruang yang cukup banyak. 

Tapi jika kamu memang fokus terhadap estetika, feed Square tentu saja adalah pilihan yang sangat baik. Nantinya feed Instagram kamu akan terlihat sangat rapi dan enak untuk dipandang.

Feed Square biasanya digunakan untuk membuat katalog produk yang menarik. Di dalam desain katalog biasanya tidak banyak informasi yang diberikan karena  hanya untuk menunjukkan produk yang dijual saja.

Kamu bisa mengkombinasikan kedua model feed Instagram tersebut. Untuk produk katalog gunakan ukuran Feed Square, dan Feed Portrait untuk membuat konten carousel atau microblog. Meskipun akun Instagram kamu fokus pada jualan, kamu juga harus mengkombinasikannya dengan konten untuk menarik interaksi.

Tak bisa dipungkiri jika sekarang banyak para pebisnis yang menggunakan Instagram untuk jualan online. Karena sebagian besar anak muda zaman sekarang sudah menggunakan Instagram sebagai media sosial favorit. Bahkan sekarang kita juga bisa mendapatkan banyak informasi dari Instagram.

Itulah berbagai macam ukuran feed Instagram beserta Instatory dan IGTV. Kamu bisa memanfaatkan semua fitur yang ada di Instagram untuk mendapatkan banyak interaksi dengan followers kamu. Semoga bermanfaat.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "Menentukan Ukuran Feed Instagram, Instagram Story, dan IGTV"

Berlangganan via Email