Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

21+ Bisnis untuk Mahasiswa Terbaru 2020

bisnis untuk mahasiswa
Menjadi mahasiswa di zaman sekarang dituntut harus lebih kreatif yang tidak hanya berfokus pada kuliah dan organisasi saja. Sambil menyiapkan bekal untuk karir kamu di masa mendatang, tak ada salahnya juga untuk mencoba berbisnis. Banyak bisnis untuk mahasiswa yang bisa kamu lakukan.

Siapa tahu jika setelah lulus kuliah nanti kamu akan menjadi seorang pebisnis yang tidak perlu lagi bekerja di orang orang lain. Banyak bisnis untuk mahasiswa pemula yang bisa kamu lakukan mulai dari jualan offline hingga online. Berikut ini adalah beberapa ide bisnis yang bisa kamu lakukan ketika menjadi seorang mahasiswa.

1. Jualan Makan Ringan

Sebagian besar mahasiswa itu sangat suka dengan makanan ringan atau cemilan untuk menemani mereka mengerjakan tugas. Karena sibuk dengan kuliah, makanan ringan ini juga sangat dibutuhkan oleh mahasiswa untuk mengganjal perut. Kamu bisa memanfaatkan kondisi seperti ini dengan berjualan.

Teman-teman dekat tentu saja menjadi target konsumen terdekat kamu untuk berjualan cemilan. Cari mahasiswa yang malas untuk ke kantin karena lokasinya yang terlalu jauh dari tempat kuliah. Setelah itu kamu bisa berjualan disana dan bisa membantu untuk mengganjal isi perut mereka.

Kalau kamu sibuk, kamu bisa simpan dagangan di tempat-tempat tertentu seperti  di luar ruangan masjid. Kemudian kamu simpan tempat khusus untuk menyimpan uangnya. Jadi pembeli akan menyimpan uangnya ke tempat tersebut dan mereka juga bakal langsung mengambil sendiri uang kembaliannya.

Tapi kalau sedang tidak sibuk, lebih baik dijaga saja jualan kamu supaya terhindar dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Beberapa contoh makanan ringan yang bisa kamu coba diantaranya yaitu kue kering, kue basah, snack, donat, hingga air mineral.

2. Jual Makanan Berat

Kalau sudah berhasil menjual makanan ringan, tak ada salahnya untuk menjajal makanan berat. Bisnis ini tentu saja sangat sangat cocok untuk kamu yang hobi memasak. Tapi kamu membutuhkan kreativitas supaya makanan yang kamu jual bisa laris.

Selain itu, pastikan juga bahan-bahan dan teknik memasaknya terjamin ya. Kalau kamu belum modal yang besar, coba saja untuk membuka warung makan atau stan. Atau kamu juga bisa menjual makanan kamu secara online melalui internet. jika ada yang memesan, kamu bisa langsung mengantarkannya.

Kamu juga bisa mencari proyek kecil-kecil untuk menjual makanan seperti memasak untuk acara buka bersama, acara kantor, pesta ulang tahun, dan sebagainya. Untuk langkah awal, berikan tester kepada mereka untuk mencoba hasil masakan kamu.

Supaya lebih mudah, kamu bisa menitipkan makanan ke warung-warung kampus atau kantin.

3. Jual Beli Buku Bekas

Untuk menunjang perkuliahan, mahasiswa tentu saja membutuhkan buku-buku referensi. Kamu bisa memanfaatkan kondisi ini untuk menjual buku-buku bekas dengan harga yang terjangkau tanpa harus menghilangkan fungsinya. Karena membeli buku baru itu terbilang itu sangatlah mahal dan menguras kantong mahasiswa.

Kamu bisa membeli buku bekas dari pengepul buk, teman, atau orang lain yang tidak membutuhkannya lagi. Kemudian kamu jual lagi buku tersebut kepada orang yang membutuhkan dengan harga yang terjangkau. Menjelang semester baru, kamu bisa menawarkan buku-buku bekas kepada adik-adik kelas.

Uang dari penjualan buku-buku bekas ini bisa untuk menambah pundi-pundi uang jajan kamu. Setidaknya uang dari hasil jualan ini juga bisa kamu gunakan untuk membeli buku untuk menunjang perkuliahan. Sehingga kamu bisa menggunakan uang jatah beli buku untuk keperluan yang lainnya.

4. Membuka Jasa Servis Laptop

Laptop merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk mahasiswa. Sebagian dari mereka tidak bisa memperbaiki jika laptopnya mengalami masalah. Nah kamu bisa memanfaatkan kondisi ini untuk dijadikan bisnis dengan membuka jasa servis laptop.

Untuk menjalankan bisnis ini tentu saja kamu membutuhkan keterampilan tentang hardware atau software. Sebagai pemula, kamu bisa membuka jasa install ulang laptop. Kamu bisa mempelajarinya di internet seperti cara install ulang laptop, cara install Microsoft Word, dan sebagainya.

Modal awalnya kamu tentu saja membutuhkan skill, kemudian kamu juga butuh beberapa software yang dibutuhkan oleh mahasiswa. Setelah itu kamu tinggal promosikan keahlianmu kepada teman-teman kuliah. Siapa tahu mereka akan servis laptop kepada kamu.

5. Jasa Pembuatan Website

bisnis untuk mahasiswa
Sekarang hampir setiap perusahaan maupun instansi pemerintah membutuhkan website sendiri. Bahkan juga orang yang memiliki website atau blog untuk personal branding atau hanya untuk sekedar berbagi informasi maupun pengetahuan. Nah kamu bisa memanfaatkan situasi ini untuk dijadikan bisnis dengan menjadi seorang pembuat website.

Bisnis ini sangat cocok dijalankan oleh mahasiswa jurusan IT karena membutuhkan keterampilan IT yang sangat bagus. Kamu harus mengerti tentang HTML, CSS, JavaScript, PHP, dan CMS jika ingin membuka jasa pembuatan website. Kalau sudah memiliki kemampuan tersebut, kamu bisa menawarkannya ke beberapa situs freelancer seperti Fastwork atau Sribulancer.

6. Jasa Desain Grafis

Kalau kamu kuliah di jurusan desain grafis, tak ada salahnya untuk membuka bisnis dengan membuka jasa desain grafis. Selain untuk mengasah keterampilan desain, kamu juga akan mendapatkan pengalaman untuk bekerja setelah nanti lulus kuliah.

Selain membutuhkan kemampuan desain yang bagus, kamu juga harus memiliki kemampuan untuk mengoperasikan software desain seperti Adobe Photoshop, Illustrator, dan Corel Draw. Setelah itu kamu bisa menawarkannya ke mahasiswa lain atau bahkan dosen.

Kamu juga bisa menawarkan jasa desain kamu ke beberapa situs freelance yang sudah tersedia di internet. Keuntungan yang akan kamu dapatkan terbilang cukup besar untuk pembuatan satu desain logo saja. Apalagi kalau kamu siap melamar di perusahaan luar negeri.

7. Jasa Penerjemah

Jasa penerjemah merupakan bisnis yang terbilang cukup simpel untuk mahasiswa karena kamu tidak membutuhkan modal untuk membeli peralatannya. Kamu hanya membutuhkan kemampuan translet yang baik dan beberapa perangkat pendukung seperti laptop dan smartphone.

Setidaknya kamu membutuhkan keahlian minimal satu bahasa asing seperti bahasa Inggris. Bisnis ini sangat cocok untuk kamu yang kuliah di jurusan bahasa. Kamu bisa menawarkan jasa penerjemah melalui situs-situs freelance di internet atau kepada rekan-rekan kamu yang membutuhkan.

8. Bisnis Les Privat

Bisnis untuk mahasiswa yang selanjutnya yaitu dengan menjadi guru les privat kepada anak-anak sekolah. Kamu bisa memilih siswa mulai dari SD, SMP hingga SMA dan disesuaikan dengan keterampilan yang kamu miliki. Kalau kamu kuliah di jurusan Kimia, kamu bisa mengajar pelajaran Kimia untuk siswa SMA.

Bisnis ini akan memberikan dua keuntungan kepada kamu yaitu menambah uang saku dan memperdalam penguasaan materi. Apalagi kamu mengajarkan mata pelajaran yang sesuai dengan jurusan kuliah yang kamu ambil.

Bisnis les privat ini biasanya akan laris menjelang ujian nasional atau seleksi masuk perguruan tinggi. Karena banyak siswa yang ingin memperdalam mata pelajaran mereka dengan les privat.

9. Bimbingan Belajar

Tak sedikit juga mahasiswa yang membutuhkan bantuan orang lain untuk bisa menguasai mata kuliah tertentu. Sehingga mereka membutuhkan orang yang bisa memberikan materi tambahan. Nah kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk menjalani bisnis bimbingan belajar.

Jika ingin menjalani bisnis ini, sebaiknya kamu jangan hanya terpaku pada bidang akademis saja. Kembangkan hingga bidang non akademis seperti bimbingan bermain gitar, mengemudi, dan sebagainya. Selain itu kamu membutuhkan kesabaran dalam memberikan bimbingan.

10. Jasa Pengetikan dan Print

Bisnis jasa pengetikan termasuk bisnis yang sangat menjanjikan untuk mahasiswa, terutama usaha untuk mahasiswa kost. Karena kuliah sangat identik dengan berbagai tugas yang dicetak. Tak sedikit mahasiswa yang memilih untuk menggunakan jasa pengetikkan untuk mengerjakan tugas.

Kamu bisa langsung menawarkan jasa print jika memiliki printer, sehingga keuntungan yang akan kamu dapatkan menjadi lebih besar. Untuk menjalankan bisnis ini tentu saja membutuhkan kemampuan pengetikan yang baik. Salah satunya kamu harus bisa mengetik 10 jari supaya bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

11. Jasa Pengiriman Barang

Kalau kamu punya motor, jangan sia-siakan kendaraan tersebut begitu saja. Kamu bisa memanfaatkan dengan melakoni bisnis jasa pengiriman barang yang ada di sekitar kampus. Kamu tidak perlu membutuhkan modal besar untuk menjalani bisnis ini selain kendaraan dan bisnis. Selain itu kamu juga harus mengenal dengan baik wilayah pengirimannya.

12. Jasa Tour dan Travel

Bisnis yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang suka wisata alam dan traveling serta merencanakan perjalanan wisata dengan baik. Bisnis ini akan memberikan dua keuntungan untuk kamu yaitu mendapatkan uang dan ikut merasakan wisata.

13. Jualan Pulsa Elektrik

Untuk memulai bisnis jualan pulsa elektrik kamu tidak perlu modal yang sangat besar. Selain itu menjalankan bisnis ini juga terbilang cukup mudah, tapi hasilnya cukup menggiurkan jika dikelola dengan baik. Dalam satu kali transaksi, kalian bisa mendapatkan keuntungan sekitar Rp 1500 hingga Rp2500.

Meskipun terbilang mudah bukan berarti jualan pulsa elektrik tidak memiliki resiko. Kamu harus siap modal di awal untuk membeli pulsa. Apalagi kalau kalian menjualnya ke teman atau kenalan. Jadi sebelum terjun langsung ke dalam bisnis ini, pikirkan terlebih dahulu kemungkinan terburuknya.

Baca juga: Trik Mendapatkan Keuntungan Bisnis Pulsa Tanpa Buka Konter

14. Menjadi Dropshipper

Saat ini banyak orang yang berbisnis dengan sistem dropship, bahkan tak sedikit anak-anak SMA yang berhasil meraup puluhan juta dari bisnis dropship. Ya, kamu juga bisa menjajal bisnis ini karena kamu tidak perlu modal, bahkan tam\npa modal sama sekali selain smartphone dan kuota internet.

Tugas kamu hanyalah memasarkan produknya saja baik dari Facebook, Instagram, Blog, atau Youtube. Sementara untuk barangnya akan dikirimkan oleh supplier mulai dari proses packing hingga sampai ke konsumen. Bahkan katalog dan materi jualannya pun akan diberikan oleh supplier.

15. Menjadi Full Blogger

Saat ini profesi menjadi seorang blogger tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Berkat keuletan memposting artikel yang bermanfaat, kamu bisa meraup banyak keuntungan dari blogger. Kamu bisa menguasai satu topik terlebih dahulu untuk konten blognya.

Untuk menjadi seorang blogger kamu tentu saja membutuhkan kemampuan menulis, kemudian mampu membuat blog atu website. Jika kamu rajin posting artikel bermanfaat secara rutin setiap hari, maka semakin banyak orang yang akan membaca artikel kamu.

Jika sudah memiliki banyak pengunjun kamu bisa daftar Google Adsense atau periklanan lainnya.

Baca juga: Cara Membuat Blog Gratis Di Blogger dan Wordpress

16. Menjadi Youtuber

Jika untuk menjadi blogger membutuhkan kemampuan menulis yang baik, maka Youtuber memerlukan skill editing video. Untuk isi kontennya bisa disesuaikan dengan passion kamu ketika kuliah. Bekerja sesuai dengan passion tentu saja akan menyenangkan, apalagi kalau sudah bisa menghasilkan uang.

17. Event Organizer

Ketika menjadi mahasiswa, jangan malu-malu untuk menjadi seorang panitia dalam acara atau event di kampus. Karena dengan menjadi panitia sama saja seperti kamu sedang latihan menjadi event organizer. Siapa tahu kamu itu adalah seorang event planner terbaik.

Dari kemampuan tersebut kamu bisa menjadi seorang event organizer yang tentu akan dibayar. Mulailah dari event kecil-kecilan seperti anniversary dan ulang tahun. Setelah itu bisa menjajal ke event yang lebih besar seperti konser musik kecil-kecilan. Terus asah skill tersebut hingga akhirnya bisa menyelenggarakan event berskala besar.

18. Menjadi Influencer

Instagram telah memberikan keleluasaan yang cukup besar untuk para mahasiswa. Karena saat ini industri endorsement telah berhasil membuat Instagram menjadi tempat untuk share foto saja. Industri ini telah merambah ke bisnis online yang tentu saja juga bisa kamu manfaatkan sebagai mahasiswa.

Kamu bisa membuat konten-konten menarik dan bermanfaat di Instagram untuk menarik banyak followers. Kalau kamu tidak jago fotografi, kamu bisa membuat konten-konten microblog dengan topik yang spesifik. Misalnya membahas tentang desain grafis.

Jika akun Instagram kamu sudah memiliki banyak follower dan tingkat interaksi yang besar, siap-siap saja untuk menyambut orang lain yang akan beriklan di Instagram kamu. Untuk jasa Paid Promote saja bisa mencapai Rp50 ribu untuk followers sebanyak 300 ribu.

Baca juga: 11 Cara Menghasilkan Uang Dari Instagram

19. Menjadi Fotographer dan Videographer

bisnis untuk mahasiswa
Sebagian besar mahasiswa sudah pasti sangat suka dengan foto-foto, termasuk kamu juga suka kan? Nah kamu bisa memanfaatkan hobi tersebut untuk dijadikan bisnis dengan menjadi seorang fotografer atau videografer. 

Untuk langkah awal, kamu bisa mempelajari terlebih dahulu teknik dasar fotografi. Tutorialnya bisa bisa dipelajari di Youtube, Blog, Instagram, atau juga bisa kursus online di Udemy. Jika sudah mahir,  kamu bisa bekerja sama dengan organizer atau wedding organizer untuk memulai bisnis.

Jika memang terlalu sulit, kamu bisa foto-foto bunga yang ada di taman supaya menghasilkan gambar yang bagus. Setelah itu kamu tinggal upload ke microstock seperti Shutterstock. Jika ada orang yang tertarik, dia akan membelinya dengan harga sekitar 0.25 dolar setiap fotonya.

20. Bisnis Jual Beli Barang Bekas

Banyak orang yang menganggap remeh bisnis yang satu ini. Padahal jika dijalani dengan serius bisa mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Barang bekas yang menurutmu tidak berarti bisa saja berarti untuk orang lain yang benar-benar membutuhkannya.

Kamu bisa menawarkan jasa jual barang bekas kamu ke teman-teman dekat yang memiliki barang bernilai tetapi sudah tidak dibutuhkan lagi. Kamu bisa membelinya lalu dijual lagi kepada orang lain yang membutuhkan. Tentu kamu bisa menjualnya dengan harga yang lebih mahal untuk mendapatkan keuntungan.

21. Menjual Ebook

Selain menjadi seorang blogger, kamu juga bisa menulis ebook jika memiliki kemampuan menulis yang sangat baik. Bahkan kamu bisa menjualnya ke banyak orang yang membutuhkan. Tapi kamu harus menulis ebook dengan topik yang menarik dan dicari orang.

Kamu bisa menjualnya mulai dari harga Rp10 ribu hingga puluhan juta rupiah. Untuk masalah harga tentu saja disesuaikan dengan kualitas konten yang kamu buat di dalam ebook.

22. Mengikuti Program Afiliasi

Afiliasi merupakan cara menghasilkan uang dengan cara menjual produk dari perusahaan pemilik produk tersebut. Kamu harus memasarkan produk perusahaan dan akan mendapatkan bayaran jika produk tersebut berhasil terjual. 

Misalnya jika kamu ingin menjual barang, kemudian teman kamu membantu untuk mencarikan orang yang akan membeli barang kamu. Jika orang tersebut membeli barang yang kamu jual, maka kamu akan memberikan komisi terhadap teman kamu.

Saat ini afiliasi tidak hanya untuk produk fisik saja, tapi sudah merambah ke produk-produk digital seperti kursus online dan ebook. Sangat cocok untuk kamu coba karena cara kerjanya tidak terlalu ribet.

Sebenarnya ada 100 peluang usaha untuk mahasiswa jika kamu benar-benar bisa menjaganya. Jika dilakukan dengan serius, kamu bisa menjadikannya bisnis jangka panjang untuk mahasiswa.

Untuk mendapatkan ide bisnis, kalian juga bisa ikut serta di forum bisnis mahasiswa yang sudah tersebar luas di Internet. Semoga artikel tentang bisnis untuk mahasiswa ini bisa bermanfaat. Terima kasih.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "21+ Bisnis untuk Mahasiswa Terbaru 2020"

Berlangganan via Email