Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Peluang Bisnis Anak Kost yang Patut Dicoba di Tahun 2020

Untuk mendapatkan uang tambahan, kamu tentu saja harus mulai berbisnis. Tidak semua sangat cocok untuk seorang mahasiswa karena kamu tetap harus memprioritas kegiatan utama untuk belajar. Oleh karena itu kamu harus bisa memilih beberapa ide bisnis anak kost untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Sebagian besar mahasiswa memiliki jadwal yang sangat padat mulai untuk belajar, mengerjakan tugas, hingga aktivitas organisasi. Dengan aktivitas yang super padat, apakah kamu memiliki waktu untuk berbisnis? Selama kamu bisa mengatur waktu dengan baik, berbisnis juga bisa dilakukan.

Ide Bisnis Anak Kost untuk Mahasiswa

bisnis anak kost untuk mahasiswa

Nah untuk kamu yang mencari ide bisnis untuk anak asrama atau kost, saya akan memberikan rekomendasinya. Ide bisnis sampingan di bawah ini memerlukan modal yang sangat kecil, bahkan kamu tak perlu modal sama sekali. Yu langsung saja kita lihat ulasannya di bawah ini.

1. Menjadi Dropshipper

Peluang usaha anak kost pertama yang bisa kamu lakukan adalah menjadi seorang dropshipper. Bisnis ini sangat mudah untuk dilakukan karena kamu tidak perlu stok barang. Modal utama yang harus kamu miliki adalah smartphone dan kuota internet yang keduanya mungkin saja sudah kamu miliki.

Dropshipper merupakan jenis usaha dimana kamu hanya melakukan promosi produk orang lain (supplier) tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Jika ada orang yang membeli produknya, kamu tinggal order ke supplier. Nah, semua proses packing dan pengiriman barang akan dilakukan oleh supplier.

Karena bisnis ini sangat bergantung pada pihak supplier, tentu saja kamu harus memilih supplier terbaik terlebih dahulu. Karena kalau supplier bermasalah, konsumen akan komplain kepada kamu. Jadi, pastikan untuk memilih supplier yang benar-benar terpercaya.

2. Jualan Makanan Ringan

Menjual makanan ringan termasuk usaha makanan anak kos yang paling banyak dilakukan oleh sebagian besar mahasiswa. Mungkin kamu juga sering menemukan orang lain yang berjualan di kampus. Emang potensinya gimana? Tentu saja menguntungkan.

Untuk bisa menjajal usaha ini kamu memerlukan mental BADAK. Kamu harus harus memiliki mental gak tahu malu (selama untuk kebaikan), untuk menjalankan bisnis ini.

3. Jasa Pengetikan

Kuliah biasanya sangat identik dengan jumlah tugas makalah atau laporan yang sangat menumpuk. Untuk mahasiswa yang super sibuk dan malas, mereka akan mencari cara instan untuk menyelesaikannya. Mereka biasanya akan menggunakan jasa pengetikan untuk mengerjakan tugas tersebut.

Situasi tersebut bisa kamu manfaatkan untuk dijadikan peluang usaha dengan menyediakan jasa pengetikan. Kamu bisa mengerjakan pekerjaan ini dimanapun, termasuk di kosan. Modal utama yang harus kamu miliki untuk menjalani bisnis ini adalah laptop.

Kamu bisa menawarkan jasa pengetikan ke tema-teman kelas terlebih dahulu. Keuntungan yang bakal kamu dapatkan tentu saja besar loh! misalnya kamu mengenakan tarif Rp50 saja untuk satu makalah, lumayan bisa kamu gunakan untuk bertahan hidup di kosan selama  beberapa hari.

4. Penulis Lepas

Ketimbang bikin status yang tidak jelas di media sosial, mending kamu coba saja menjadi seorang penulis. Hasil tulisanmu tidak hanya akan dibaca oleh si doi, tapi juga oleh banyak orang. Karena sekarang ini sudah banyak situs yang menerima tulisan-tulisan pendek atau artikel.

Hasil tulisan kamu tidak hanya akan dibaca oleh ribuan orang saja, tapi juga bisa mendapatkan bayaran lho! Untuk bayaran yang diberikan juga bervariatif mulai dari puluhan ribu hingga jutaan per artikel yang berhasil diterbitkan. Bahkan tak sedikit juga yang berhasil membiayai kuliah sendiri dari pekerjaan ini.

5. Reparasi dan Instalasi Laptop

Bisnis rumahan untuk mahasiswa yang selanjutnya yaitu dengan menyediakan jasa reparasi dan instalasi laptop. Laptop ini menjadi salah satu alat tempur yang wajib dimiliki oleh mahasiswa untuk mengerjakan tugas kuliah. Jadi, prospek untuk menajal usaha ini sangat terbuka lebar.

Untuk membuka jasa reparasi dan instalasi laptop, kamu tentu saja harus memiliki keahlian khusus untuk memperbaiki dan instalasi laptop. Tapi kamu tidak harus menjadi seorang yang benar-benar jago. Misalnya bisa memperbaiki keyboard laptop dan instal saja sudah cukup ko!

Untuk biaya instalasi software saja, kamu bisa mendapatkan keuntungan mulai dari Rp20 ribu sampai Rp50 ribu untuk satu perangkat saja. Untuk modalnya kamu hanya butuh keahlian dan software yang bisa kamu download di internet atau toko software terdekat.

Kalau skill sudah meningkat, kamu bisa instalasi sambil mengerjakan tugas atau aktivitas lainnya. Kecuali kalau kamu memiliki keahlian reparasi yang tentu saja memerlukan waktu khusus untuk mengerjakannya. Tapi tentu saja keuntungan yang bakal kamu dapatkan menjadi lebih besar.

6. Bimbingan Belajar

Kalau kamu suka ngomel atau kuliah di jurusan pendidikan, bimbingan belajar adalah peluang usaha sampingan yang sangat menguntungkan. Selain menerapkan ilmu yang didapatkan di bangku kuliah, kamu juga akan memberikan memberikan banyak manfaat kepada orang lain.

Saat ini banyak para orang tua murid yang mencari guru untuk membimbing proses belajar mereka. Apalagi menjelang Ujian Nasional dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi, pekerjaan ini sangat banyak dibutuhkan.

7. Photographer

Sebagian besar mahasiswa itu suka sekali dengan foto-foto, termasuk kamu juga kan? Ketimbang foto-foto yang tidak jelas, mending manfaatkan hobimu itu untuk menghasilkan uang. Karena sekarang usaha menjadi photographer ini sangat menggiurkan.

Kamu bisa mengambil pekerjaan photography pada event-event tertentu seperti pernikahan, seminar, outbound, hingga acara formal. Untuk memulainya, kamu harus memiliki kartu nama yang menunjukan branding dan membagikannya kepada orang lain.

Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas para pecinta photography untuk mendapatkan banyak ilmu dan pekerjaan. Tapi aku tidak punya kamera yang bagus?

Tenang saja, sekarang sudah banyak orang yang menawarkan jasa penyewaan kamera. Selama memiliki kemampuan yang sangat bagus, kamu bisa menyewanya. Dalam sekali event, kamu bisa mendapatkan keuntungan mulai dari Rp 300 ribu sampai Rp500 ribu, bahkan lebih.

8. Jasa Desain Grafis

Buat kamu yang punya skill desain grafis yang bagus, kamu bisa menjajal usaha sampingan menjadi seorang desainer. Saat ini desainer grafis menjadi peluang usaha yang sangat menggiurkan. Untuk satu logo saja bisa dibayar mulai dari Rp300 ribu sampai jutaan lho!

Jangan buat logo, bisa edit gambar atau buat mockup saja bisa mendapatkan keuntungan yang besar lho! Untuk memasarkan keahliannya, kamu bisa gabung ke komunitas-komunitas desain grafis. Atau kamu juga bisa mengikuti kompetisi logo baik berskala nasional maupun internasional.

9. Event Organizer

Bisnis ini sangat minim modal, tapi juga sarat dengan ilmu terapan. Untuk permulaan, kamu bisa ikut serta dalam kegiatan-kegiatan kampus. Setelah mahir dalam mengorganisir kegiatan seperti manajemen waktu, keuangan konflik, dan sebagainya, kamu bisa terjun sendiri dan membentuk tim.

Keuntungan yang akan kamu dapatkan dari bisnis ini ternyata sangat menggiurkan. Dalam sekali event saja, kamu bisa mendapatkan keuntungan bersih mulai dari Rp2 juta sampai Rp10 juta. Keuntungan lainnya dari bisnis ini yaitu kamu bisa belajar dari berbagai aspek seperti membangun tim, leadership, negosiasi dan sebagainya.

10. Ojek Online

Kalau kamu suka jalan-jalan kesana kemari tanpa alasan yang jelas dan ngabisin bensin, mending kamu jadi tukang ojek online saja. Selain bakal dapat teman baru, kamu juga bakal dapat duit. Untuk memulainya kamu tidak perlu modal besar karena hanya butuh motor, SIM,  dan bensin saja.

Setelh itu kamu tinggal bekerja sama dengan penyedia ojek online. Semakin kamu sering narik penumpang, semakin banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan. Pastikan usaha ini dilakukan di luar kegiatan kampus ya biar tidak mengganggu belajar dan mengerjakan tugas.

11. Tour Guide

Kalau kamu kulilah di tempat yang memiliki banyak tempat wisata, jangan sia-siakan kesempatan ini. Ya, kamu bisa menjadi seorang tour guide untuk bertemu dengan orang-orang baru dan tentu mendapatkan keuntungan. 

Kamu bisa melakukannya di akhir pekan atau hari-hari libur karena para wisatawan akan datang di waktu-waktu libur. Dengan begitu kamu tidak harus mengorbankan waktu belajar maupun mengerjakan kelas.

Keuntungan yang akan kamu dapatkan bisa saja lebih besar lagi jika sudahmenguasai bahasa Asing seperti bahasa Inggris. Karena kamu bisa menjamu turis dari mancanegara, sehingga kamu bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar.

12. Jasa Pembuatan Website

Bisnis ini sangat cocok untuk kalian yang kuliah di jurusan ilmu komputer, sistem informasi, atau teknik informatika. Karena di jurusan tersebut kamu akan diajarkan cara membuat website yang profesional. Nah ilmu tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Untuk tahap awal, kamu bisa menawarkan jasa pembuatan website kepada teman-teman kamu yang sedang mengerjakan skripsi. Atau kamu juga bisa menjadi seorang freelancer khusus pembuatan website. Beberapa situs yang bisa menyediakan jasa freelancer yaitu Fiver, Sribulancer, dan Fastwork.

13. Penerjemah

Biasanya mahasiswa itu harus mengambil referensi untuk tugas dan skripsi dari karya ilmiah luar negeri. Hal ini tentu saja akan menjadi kesulitan tersendiri jika mereka tidak menguasai bahasa asing. Jika kamu memiliki kemampuan tersebut, jangan dibiarkan begitu saja.

Kamu bisa menjadi seorang penerjemah dan menawarkan jasanya kepada rekan-rekan kamu yang membutuhkan. Atau kamu juga bisa langsung menjadi seorang freelancer. Untuk menambah relasi, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas para penerjemah di Facebook atau Telegram.

Itulah beberapa ide bisnis anak kost yang bisa kalian coba ketika sedang menjadi seorang mahasiswa. Bisnis di atas bisa dilakukan di luar kegiatan kampus, sehingga tidak akan mengganggu waktu belajar dan mengerjakan tugas. Semoga bermanfaat.
Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "Peluang Bisnis Anak Kost yang Patut Dicoba di Tahun 2020"

Berlangganan via Email