Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Perbedaan Motor 2 Tak dan 4 Tak, Mana yang Lebih Bagus?

Banyak orang bertanya apa sih perbedaan motor 2 tak dan 4 tak? Buat orang yang masih awam tentang dunia otomotif mungkin akan asing dengan kedua istilah di atas. Tapi jika Anda adalah pecinta roda dua, tentu saja kedua istilah di atas sangat wajib dipahami.

Kalau kita berbicara tentang motor dengan mesin 4 tak, Anda sudah banyak melihatnya di jalanan. Tapi untuk motor dengan mesin 2 tak mungkin saja Anda tidak tahu karena sudah jarang orang yang menggunakannya. Pasalnya saat ini motor bermesin 2 tak sudah tergantikan dengan motor 4 tak.

Perbedaan Motor 2 Tak dan 4 Tak

perbedaan motor 2 tak dan 4 tak

1# Cara Kerja

Perbedaan mendasar antara motor 2 tak dan 4 tak terletak pada cara kerjanya. Motor dengan mesin 2 tak memiliki 2 langkah kerja dalam satu siklus kerjanya. Setiap langkah membutuhkan setengah putaran engkol, dengan demikian mesin dua tak akan menghasilkan pembakaran pada setiap putaran engkolnya.

Sementara untuk mesin 4 tak terdapat 4 langkah kerja dalam satu siklus kerjanya. Pada setiap langkahnya memerlukan setengah putaran engkol. Dengan demikian mesin 4 tak akan menghasilkan pembakaran setiap melakukan dua kali putaran engkol.

2# Perbedaan Oli Mesin

Perbedaan antara motor 2 tak dan 4 tak terletak pada konsumsi oli mesin yang digunakannya. Jika motor 2 tak memerlukan oli mesin tambahan yang bernama oli samping. Fungsi dari oli samping ini sebenarnya hampir sama seperti oli mesin, hanya saja oli samping akan habis jika mesin terus menerus dihidupkan.

Oli samping akan juga ikut ke dalam ruang bakar untuk melumasi piston dan secara otomatis juga akan ikut terbakar. Hal inilah yang menyebabkan motor 2 tak mengeluarkan asap berwarna putih pada knalpotnya.

Sementara untuk untuk motor dengan mesin 4 tak tak membutuhkan oli samping. Karena pelumasan piston dan komponen lainnya akan dipegang alih oleh oli mesin yang sudah tertampung di dalam engkol. Yang lebih hebatnya lagi, konstruksi mesinnya tidak akan membuat oli mesin masuk ke dalam ruang bahan bakar.

Alhasil, konsumsi oli pada mesin bermesin 4 tak tidak begitu dibutuhkan. Hal inilah yang membuat motor zaman sekarang tidak menghasilkan asap putih dari knalpot.

3# Fluktuasi Getaran Mesin

Pada motor bermesin 2 tak memiliki fluktuasi getaran yang lebih kecil dibandingkan dengan motor bermesin 4 tak. Pasalnya setiap putaran yang terjadi pada mesin 2 tak akan terjadi proses pembakaran yang akan membuat putarannya juga menjadi lebih stabil.

Sementara pada mesin 4 tak akan terjadi proses pembakaran setiap 2 kali putaran engkol. Karena alasan itulah mengapa fluktuasi getaran pada mesin 4 tak lebih besar.

Tapi hal itu juga akan berbeda jika sudah menggunakan mesin 4 silinder karena semua silindernya akan dibuat dengan pembakaran yang berbeda-beda. Dalam setiap dua putaran engkol bakal terjadi 4 kali pembakaran dengan interval yang sama.

4# Tenaga yang Dihasilkan

Seperti sudah dijelaskan di atas, mesin 2 tak akan menghasilkan putaran dalam setiap putaran engkolnya. Jika mesin berputar sebanyak 1000 rpm dalam satu menit, maka dalam satu menit tersebut juga akan menghasilkan 1000 kali pembakaran.

Hal tersebut tidak terjadi pada mesin 4 tak karena pembakaran akan dihasilkan dalam dua kali putaran engkol saja. Jika mesin berputar sebanyak 1000 rpm dalam satu menit, maka mesin akan melakukan pembakaran sebanyak 500 kali dalam satu menit tersebut.

5# Emisi yang Dikeluarkan

Emisi merupakan kandungan gas yang dikeluarkan oleh sisa pembakaran mesin. Pada mesin 2 tidak terjadi proses pembakaran tidak berjalan dengan efektif, tapi tentu sajanya memiliki tenaga yang besar. Tapi perbandingan tenaga yang dihasilkannya tidak mencapai 2 kali lebih besar dari mesin 4 tak.

Karena masih ada kandungan bensin di dalamnya, emisi dari mesin 4 tak begitu berbahaya. Hal inilah yang menjadi penyebab kenapa sekarang ini motor 4 tak sudah disuntik mati.

Sementara untuk mesin 4 tak, langkah kerjanya dilakukan secara teratur tanpa akan ada tumpah didih. Sehingga proses pembakarannya akan berlangsung sempurna. Alhasil, emisi yang dihasilkannya pun hanya Karbon Dioksida (CO2) saja tanpa ada kandungan bensin.

6# Penggunaan Bahan Bakar

Mesin 2 tak tentu saja memerlukan konsumsi bahan bakar yang lebih boros dibandingkan dengan mesin 4 tak. Mesin 2 tak tak akan menghasilkan kecepatan yang sebanding dengan jumlah pembakaran yang dilakukan oleh mesin. Sementara mesin 4 tak akan menghasilkan setengah dari jumlah pembakaran yang dilakukan oleh mesin.

7# Konstruksi Mesin

Konstruksi mesin pada motor 2 tak tentu saja berbeda dengan mesin 4 tak. Mesin 2 tak memiliki konstruksi mesin yang lebih sederhana karena hanya terdiri dari kepala silinder,  blok silinder, poros engkol, dan piston & connecting rod. Sementara pada mesin 4 tak memiliki konstruksi mesin yang lebih kompleks.

Lebih Unggul Mesin 2 Tak atau 4 Tak?

Motor dengan mesin 4 tak tentu saja memiliki tingkat akselerasi yang lebih cepat dibandingkan motor dengan mesin 2 tak. Anda bisa lihat saja bagaimana kecepatan dari motor Yamaha RX-King. Motor ini dijuluki sebagai motor jambret karena memiliki akselerasi yang sangat cepat.

Anda bisa lihat lagi contoh motor bermesin 2 tak lainnya seperti Kawasaki Ninja 250, Suzuki RGR 150, dan Yamaha F1ZR. Bahkan motor dengan mesin 2 tak ini disebut-sebut setara dengan 1,6 kali mesin 4 tak. Dengan kata lain, motor 2 tak yang berkapasitas 150 cc memiliki performa yang seimbang dengan motor 4 tak 250 cc.

Tapi akselerasinya yang cepat harus dibayar dengan kandungan emisinya yang kurang bersih dan tidak efisien. Karena proses pembakaran pada mesin 4 tak membutuhkan 2 langkah piston. Maka proses masuknya bahan bakar ke ruang mesin akan menjadi lebih cepat. Sehingga asupan bahan bakarnya jadi lebih banyak.

Proses pada pembakaran mesin 2 tak juga tidak hanya menggunakan bahan bakar saja, tapi juga oli samping. Sehingga akan ada efek asap putih yang keluar dari knalpot karena olinya juga ikut terbakar. Jadi, adanya asap putih bukan menandakan motornya rusak, tapi memang seharusnya begitu.

Oli samping sangat berguna untuk melumasi piston dan ring piston yang nantinya akan bergesekan dengan silinder supaya bisa bekerja dengan baik. Karena alasan itulah kualitas dari oli samping juga mempengaruhi performa dari motor 2 tak.

Itulah perbedaan motor 2 tak dan 4 tak yang perlu Anda ketahui. Jika ditinjau dari akselerasinya, motor dengan mesin 2 tak tentu saja lebih diunggulkan dari mesin 4 tak. Sementara motor 4 tak akan menghemat konsumsi BBM dan emisi yang dihasilkannya juga ramah lingkungan serta tidak perlu biaya perawatan yang besar.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "Perbedaan Motor 2 Tak dan 4 Tak, Mana yang Lebih Bagus?"

Berlangganan via Email