Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10 Peluang Usaha Sampingan Kuliah untuk Mahasiswa Rantau

Untuk mahasiswa yang ingin mendapatkan uang tambahan tentu saja harus memiliki usaha sampingan. Selain untuk mengasah skill, memiliki usaha sampingan juga akan membuatmu tidak begitu bergantung pada kiriman dari orang tua. Lalu seperti apa ya usaha sampingan kuliah yang cocok untuk kamu?

Sebagai seorang mahasiswa, kamu pasti pernah mengalami kekurangan uang baik untuk membeli buku atau untuk uang jajan sehari-hari. Saat status kamu masih mahasiswa, masih ada waktu yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

10 Usaha Sampingan untuk Mahasiswa

usaha sampingan kuliah

Banyak sekali lowongan pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang tentu saja bisa disesuaikan dengan kemampuan yang kamu miliki. Bahkan jika pekerjaan tersebut dikerjakan dengan serius bisa dijadikan tabungan untuk masa tuamu nanti. Berikut ini adalah beberapa usaha sampingan kuliah yang bisa kamu coba.

1. Menjadi Desainer Grafis

Kalau kamu memiliki jiwa seni dan desain yang bagus, jangan sia-siakan kemampuanmu begitu saja. Jadikan hobi dan kemampuan itu untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Tentu saja kamu akan bekerja dengan nyaman jika sesuai dengan hobi dan keahlian yang kamu miliki.

Sebenarnya desain grafis itu tidak harus terpaku dengan pembuatan logo saja, tapi juga banyak yang lainnya. Misalnya mendesain website, membuat mockup untuk produk, dan editing foto. Saat ini juga banyak perusahaan yang membutuhkan jasa desain untuk konten media sosial seperti Instagram dan Tiktok.

2. Penulis Lepas

Ketimbang tulisanmu hanya dibaca untuk si doi saja, mending bisa dibaca oleh banyak orang. Tidak hanya itu, tulisan kamu itu juga akan dibayar jika berhasil terbit di website. Kamu tidak harus menjadi seorang jurnalis atau penulis buku layaknya Shakespeare untuk menjadi seorang penulis.

Ada dua hal yang perlu kamu kuasai ketika akan menjadi seorang penulis lepas yaitu kemampuan menulis dan bidang yang dikuasai. Misalnya kamu memiliki kemampuan di bidang sains, maka tulisan yang kamu buat adalah tentang sains.

Di awal mungkin kamu akan merasa tidak percaya diri ketika membuat karya tulis sendiri. Tapi seiring dengan berjalannya waktu kamu akan lebih percaya diri dan tulisanmu akan lebih enak untuk dibaca. Perlu jam terbang yang tinggi untuk bisa menghasilkan dari pekerjaan penulis lepas.

3. Jualan Online

Untuk seorang mahasiswa yang tidak memiliki modal yang besar, tentu saja tidak mungkin untuk membuka usaha dengan menyewa kios. Tapi sekarang jamannya sudah canggih dimana kamu tak harus memiliki lapak untuk berjualan. Ya, kamu bisa berjualan online.

Kamu tidak perlu repot-repot buat toko, buat saja lapak di internet kemudian memasarkannya melalui media sosial seperti Instagram dan Tiktok. Kalau kamu tidak memiliki produk yang bisa dijual, kamu bisa menjual produk orang lain dengan sistem dropship.

Panduan lengkap tentang dropshipper bisa kamu pelajari disini ya: Panduan Lengkap Cara Mencari Supplier Tangan Pertama

4. Menjadi Youtuber

Saat ini Youtube menjadi platform yang sangat banyak digunakan oleh sebagian besar orang. Kalau kamu memiliki skill editing video, coba saja untuk menjadi seorang Youtuber. Keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika menjadi YouTuber tentu saja sangat menguntungkan.

Selain harus memiliki kemampuan editing video yang bagus, kamu juga harus memiliki kemampuan lain yang nantinya akan dijadikan konten di Youtube. Misalnya kamu menguasai skill desain grafis, kamu bisa membuat video tutorial tentang desain di channel Youtube.

Untuk bisa sampai menghasilkan uang, kamu harus bisa mengumpulkan banyak subscriber terlebih dahulu. Syarat utama supaya akun Youtube kamu bisa dimonetisasi adalah harus punya 1000 subscriber dan 40000 jam tayang. Jika persyaratannya terpenuhi, kamu bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah.

5. Menjadi Blogger

Usaha Sampingan Mahasiswa

Cara melatih untuk menjadi seorang penulis lepas salah satunya dengan menulis terlebih terlebih dahlu di blog pribadi. Setelah blog kamu berkembang dengan memiliki banyak pembaca, maka bisa langsung dimonetasi dengan Google Adsense atau yang lainnya.

Meskipun tidak dari Google Adsense, kamu juga bisa menjadi affiliate marketer dari sebuah blog. Setelah itu kamu akan dibayar oleh perusahaan yang mempromosikan produk mereka di blog kamu. Untuk memulainya kamu harus tahu dulu apa hobi atau skill yang dimiliki.

Misalnya kamu suka travelling, maka tulislah artikel tentang travelling di blog. Kalau jago desain, kamu bisa membuat artrikel tentang desain. Sama seperti Youtube, kamu membutuhkan kesabaran untk bisa menghasilkan uang.

6. Jual Akun Game Online

Sekarang ini sudah sedang zamannya game-game online seperti Mobile Legends, Free Fire, dan PUBG Mobile. Daripada bermain game hanya untuk menghabiskan waktu, lebih baik dimanfaatkan untuk mendapatkan uang. Caranya yaitu kamu bisa menjual akun game ke orang lain.

Jika rank dari akun kamu sudah tinggi dan memiliki banyak karakter dan skin, coba saja untuk menjualnya. Kamu bisa memannfaatkan sosial media seperti Facebook dan Instagram untuk menjualnya.

7. Kerja di Cafe

Kamu bisa mencoba usaha dekat kampus dengan bekerja di cafe atau warung kopi. Cafe-cafe biasanya akan buka di sore sampai malam hari. Nah waktu tersebut bisa dimanfaatkan untuk bekerja mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

Kamu bisa melamar menjadi waiters atau barista di kedai kopi. Biasanya pemilik cafe akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bekerja yang bisa menyesuaikan dengan jadwal kuliah. Sehingga aktivitas belajar dan kegiatan kampus tidak akan terganggu.

8. Supir Ojek Online

Saat ini pekerjaan ojek online juga tengah banyak diminati oleh masyarakat, termasuk juga mahasiswa. Pekerjaan ini bisa kamu sesuaikan dengan jadwal kelas atau kegiatan kampus. Sambil mengisi waktu luang, mending bekerja saja menjadi ojek online untuk menambah pemasukan.

Pekerjaan ini memang dikhususkan untuk mahasiswa yang memiliki kendaraan pribadi. Daripada keluyuran ngga jelas dan buang-buang bensin, lebih baik mendapatkan uang menjadi supir ojek online. Bahkan kamu juga bisa menambah relasi karena bertemu dengan para penumpang.

9. Mengajar Les Privat

Kamu juga bisa mencoba mengajar les privat untuk memanfaatkan kemampuan yang amu miliki. Misalnya kamu kuliah di juran Matematika, kamu bisa tuh mengjar les privat tentang pelajaran matematika. Selain akan memberikan ilmu kepada orang lain, kamu juga akan mengaplkasikan ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah.

10. Pemandu Wisata

Pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai public speaking, apalagi kalau kampus kamu ini dekat dengan lokasi wisata. Biasanya akan ada banyak turis yang akan liburan. Nah kamu bisa menawarkan pekerjaan untuk memandu mereka selama liburan.

Tentu saja akan menjadi keuntungan lebih kalau kamu memiliki kemampuan bahasa asing. Karena biasanya bayaran yang akan didapatkan dari para wisatawan asing akan lebih besar.

Itulah 10 usaha sampingan kuliah yang bisa kamu lakukan ketika sedang menjadi mahasiswa. Peluang usaha di atas tentu bisa disesuaikan dengan kegiatan kamu selama kuliah. Ingat ya, prioritas kamu ketika kuliah adalah belajar, bukan bekerja!

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "10 Peluang Usaha Sampingan Kuliah untuk Mahasiswa Rantau"

Berlangganan via Email