Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10 Peluang Usaha yang Cocok di Sekitar Kampus

Salah satu tempat yang sangat strategis untuk mendirikan tempat usaha yaitu di sekitar kampus. Banyak sekali ide usaha yang cocok di sekitar kampus yang bisa kamu coba. Karena lokasinya yang strategis, banyak orang yang telah berhasil meraup banyak keuntungan dari bisnis di sekitar kampus atau universitas.

Tapi, bisnis yang kamu bangun itu harus sesuai dengan aktivitas dan kebutuhan mahasiswa. Karena pada dasarnya target pasar utama dari bisnis ini adalah mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan di bangu universitas. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

10 Peluang Usaha yang Cocok di Sekitar Kampus

usaha yang cocok di sekitar kampus

Nah kali ini Cecepkocep akan sedikit membahas tentang jenis usaha yang sangat cocok didirikan di sekitaran kampus. Bisnis seperti apa sih yang cocok dijalankan di sekitaran kampus ini? Langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini.

1. Buka Jasa Fotokopi

Yang namanya mahasiswa tentu saja akan diliputi oleh banyak tugas dari dosen, misalnya membuat makalah dan laporan. Terkadang mereka harus memfotokopi jurnal atau buku untuk menunjang proses belajar atau mengerjakan tugas. Oleh karena usaha jasa fotokopi sangat tepat kamu coba di sekitaran kampus.

Pastikan juga untuk menyediakan jasa print karena ini juga termasuk kebutuhan utama dari mahasiswa. Tidak semua mahasiswa memiliki printer, meskipun memilikinya pasti akan banyak masalah. Meskipun kamu menghargai seribu rupiah dalam satu lembar, tapi akan ada banyak orang yang fotokopi atau print.

2. Rental Komputer dan Jasa Pengetikan

Ada beberapa mahasiswa yang kurang beruntung tidak memiliki laptop pribadi ketika kuliah. Nah kamu bisa memanfaatkan kondisi ini dengan membuka usaha rental komputer dan jasa pengetikan. Tapi, kamu harus mematok harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan harga di warnet.

Tidak semua mahasiswa juga memiliki kemampuan mengetik yang baik, sehingga akan memperlambat mereka untuk mengerjakan tugas. Jadi tak ada salahnya untuk membuka usaha jasa pengetikan juga untuk meningkatkan jumlah pemasukan. Apalagi kalau kamu memiliki kemampuan mengetik dengan sangat cepat.

3. Jasa Laundry

Sebagai mahasiswa yang jauh dari orang tua membuat mereka harus bisa hidup mandiri mulai dari membuat makanan sendiri hingga mencuci baju. Tapi kalau mereka adalah mahasiswa yang sibuk dengan berbagai kegiatan kampus atau dosen, tentu tidak akan sempat untuk mencuci pakaian.

Nah situasi ini bisa kamu manfaatkan dengan memulai bisnis jasa laundry kiloan yang tentu bisa meraup banyak keuntungan. Karena pangsa pasarnya adalah mahasiswa, jangan sampai mematok harga yang mahal ya! Jadi sediakan harga yang murah meriah saja.

Sediakan juga dengan jasa setrika dan sediakan fasilitas antar jemput supaya pelanggan kamu bisa lebih puas dan nyaman.

4. Warkop Tempat Nongkrong

Mahasiswa sangat suka sekali kumpul-kumpul bareng teman-temannya entah itu untuk mengerjakan tugas, bergaul, atau berkencan. Oleh karena itu membuka usaha cafe atau warung kopi adalah pilihan yang sangat tepat. Kamu tidak harus memiliki tempat yang sangat mewah layaknya cafe-cafe terkenal.

Pastikan untuk menyediakan fasilitas wifi, live musik, dan tentu saja produk yang dijual harus terjangkau oleh mahasiswa. Untuk desain warkopnya sendiri bisa disesuaikan dengan anak-anak muda yang instagramable.

Baca juga: Peluang Bisnis Anak Kost yang Patut Dicoba di Tahun 2020

5. Usaha Jualan Pulsa

Semua orang, termasuk mahasiswa tidak akan terlepas dari smartphone, entah itu untuk menghubungi orang tua atau mengerjakan tugas. Supaya handphone bisa bekerja dengan maksimal, tentu saja membutuhkan pulsa atau kuota internet. Jadi, membuka konter pulsa adalah  pilihan yang sangat tepat.

Lengkapi juga dengan paket internet dengan harga yang terjangkau untuk mahasiswa yang memiliki kantong tipis. Bahkan sekarang ini kuota internet lebih penting dibandingkan pulsa. bisnis konter pulsa dan kuota internet ini tidak akan ada matinya selama masih ada smartphone.

6. Membuka Warung Makan Murah

usaha yang cocok di kampus
Warung makan murah. Sumber: Kagama

Untuk mahasiswa yang memiliki kantong tipis, apalagi di akhir bulan tentu membutuhkan makanan yang serba murah. Di sekitaran kampus memang banyak warteg atau warung nasi, tapi dalam satu porsi biasanya perlu menggocek uang yang lumayan banyak.

Nah kamu juga bisa membuka warung makan kecil-kecil yang sangat pas untuk mahasiswa seperti di atas. Kamu tidak harus membuat makanan yang dilengkapi dengan lauk pauk yang enak. Karena mahasiswa biasanya lebih mementingkan porsi nasi dibandingkan lauk pauknya (kecuali awal bulan).

Kamu bisa menyediakan paket nasi campur yang dibandrol dengan harga yang terjangkau, tapi bisa membuat mereka kenyang. Ini adalah salah satu usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa.

7. Membuka Warnet

Perlu diakui jika sekarang ini smartphone tengah menjamur di kalangan semua masyarakat termasuk mahasiswa. Tapi kebutuhan untuk berinternet di komputer diras masih cukup tinggi. Karena berselancar di komputer akan lebih nyaman dan cepat.

Bagi mahasiswa, internet merupakan perpustakaan elektronik yang bisa memberikan banyak pengetahuan dan informasi. Bahkan internet merupakan komponen penting untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dosen. Sehingga membuka usaha warnet masih memiliki prospek yang cukup menggiurkan.

Untuk membuka usaha warnet memang membutuhkan modal yang cukup besar karena kamu harus menyediakan banyak komputer. Belum lagi kamu harus menyediakan jaringan dengan provider yang handal. Tapi bisnis ini memiliki pangsa pasar yang jelas, sehingga modal tersebut bisa kembali dengan cepat.

8. Buka Toko Buku Kecil Kecilan

Ide usaha dilingkungan kampus yang bisa Anda coba adalah membuka toko buku kecil-kecilan. Usaha ini memiliki prospek yang sangat cerah karena kebutuhan mahasiswa akan informasi dan pengetahuan sangat tinggi. Bahkan buku bisa menjadi sumber yang lebih baik dibandingkan sumber dari internet.

Sebenarnya di perpustakaan kampus juga menyediakan buku-buku yang bisa digunakan secara gratis, tapi kebanyak tidak update. Terlebih mereka harus mengembalikannya dalam waktu tertentu. Hal ini menimbulkan resiko jika buku yang dipinjam itu hilang.

Untuk membuka toko buku kecil-kecilan, kamu tidak harus memiliki banyak buku yang sangat lengkap. Kamu hanya benar-benar menyediakan buku yang sangat dibutuhkan untuk keperluan belajar mahasiswa. Misalnya menjual buku-buku yang direkomendasikan oleh para dosen sebagai bahan ajar.

9. Jual Produk Penunjang Mahasiswa

Produk penunjang yang dibutuhkan oleh mahasiswa bisa berupa peralatan tulis dan buku. Keuntungan yang akan kamu dapatkan dari usaha ini tentu saja sangat menggiurkan apabila lokasinya berada di sekitaran kampus. Bahkan menjual produk penunjang ini termasuk usaha modal kecil dekat kampus yang bisa kamu coba.

Baca juga: 21+ Bisnis untuk Mahasiswa Terbaru 2020

10. Sewa Kos-Kosan

Salah satu hal yang paling penting untuk mahasiswa perantau adalah tempat tinggal atau kos-kosan. Sebagian besar mahasiswa pasti berasal dari luar kota yang memilih hidup untuk merantau. Sehingga situasi ini bisa kamu maksimalkan untuk menyediakan tempat kos-kosan.

Semakin dekat kos-kosan dekat dengan kampus, keuntungan yang akan kamu dapatkan bakal lebih besar lagi. Karena sebagian besar dari mereka lebih suka kosan yang dekat dengan kampus. Apalagi kalau mereka tak memiliki kendaraan pribadi untuk bisa sampai ke kampus.

Karena pangsa pasarnya adalah mahasiswa yang belum memiliki pekerjaan, pastikan untuk mengenakan tarif yang terjangkau. Kamu bisa menyediakan kamar kost sederhana dengan harga sewa per bulannya sangat murah dan ramah kantong untuk mereka.

Untuk membuka usaha ini memang memerlukan modal yang tidak sedikit. Di tahun pertama kamu tidak akan mendapat keuntungan yang signifikan. Tapi di tahun-tahun selanjutnya kamu bakal mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

Itulah beberapa usaha yang cocok di sekitar kampus yang bisa kamu coba. Yang perlu diperhatikan adalah harga yang ditawarkan harus terjangkau dan ramah dengan isi kantong mahasiswa. Karena mereka adalah perantau yang ingin mendapatkan banyak pengetahuan, bukan untuk bekerja.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "10 Peluang Usaha yang Cocok di Sekitar Kampus"

Berlangganan via Email