Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10 Cara Memulai Binsis Mahasiswa Supaya Berpenghasilan

cara memulai bisnis mahasiswa

Di zaman sekarang ini, sudah banyak mahasiswa yang berhasil mendapatkan banyak keuntungan dari bisnis. Cara mereka untuk memulai bisnis sangat beragam mulai dari hanya iseng-iseng hingga akhirnya bisa menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Lalu bagaimana caranya memulai bisnis mahasiswa?

Mahasiswa memang sangat identik dengan jadwal kegiatan yang sangat padat baik untuk keperluan akademis maupun kegiatan UKM. Tapi kalau kamu bukan mahasiswa yang super sibuk bisa memanfaatkan waktu luang untuk berbisnis. Jadi kamu bisa mulai merintis usaha dari sekarang.

7 Cara Memulai Bisnis Mahasiswa

Meskipun masih berada di bangku kuliah, itu adalah waktu yang tepat untuk memulai bisnis. Karena orang kaya di dunia seperti Mark Zuckerberg dan Bill Gates pun juga memulai bisnis ketika sedang menjadi mahasiswa. Inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika akan memulai bisnis ketika menjadi mahasiswa.

1. Buat Proposal

Sangat penting bagi kamu untuk membuat dan mengatur berbagai hal yang berkaitan dengan ide bisnis kamu di dalam sebuah proposal. Fungsi dari proposal ini yaitu untuk memperjelas ide kamu. Selain itu kamu juga bisa lebih memahami setiap detail ide usahamu.

Jika kamu mampu menuangkan semua ide dan langkah eksekusi di dalam proposal, kamu sudah benar-benar merencanakan bisnis dengan sangat baik. Fungsi lain dari proposal ini juga sangat berguna jika kamu nantinya membutuhkan partner bisnis.

Nantinya kamu tinggal ajukan proposal yang telah dibuat ke seseorang yang mungkin bisa mendukung untuk keberlangsungan bisnis kamu. Lalu apa saja isi di dalam proposal itu?

Isi dari proposal ini sama seperti proposal pada umumnya. Didalamnya terdapat tujuan kegiatan, rancangan eksekusi, apa saja yang dibutuhkan, modal yang dibutuhkan, bahan baku, dan sebagainya.

2. Temukan Mentor

Dalam berbisnis kita memang bisa memulainya sendiri dan belajar secara otodidak. Tapi suatu ketika kamu akan membutuhkan seseorang yang bisa membimbingmu supaya tidak salah langkah. Tidak perlu malu untuk belajar karena ini adalah langkah pertama untuk kesuksesan di masa mendatang.

Kamu bisa memanfaatkan status sebagai mahasiswa untuk mendapatkan mentor terbaik. Mentor ini akan membantu kamu dalam menjalankan bisnis supaya lebih terencana dan matang. Nah, di kampus itu banyak sekali ahli atau dosen bisnis yang bisa kamu jadikan mentor.

3. Ikuti Kelas Bisnis

Kalau kamu bukan kuliah di jurusan bisnis, maka kamu harus mempelajarinya dengan sistem yang terpadu. Selain belajar dengan otodidak, kamu juga bisa belajar bisnis dengan mengikuti kelas bisnis. Sehingga nantinya skill kamu di bidang bisnis akan terus berkembang.

Saat ini sudah banyak orang yang menawarkan kelas bisnis di internet yang bisa kamu coba ikuti. Beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan ketika akan memilih kelas bisnis diantaranya adalah akuntansi, manajemen, studi pasar, hingga komunikasi bisnis.

Pihak kampus biasanya juga sering menyelenggarakan seminar kewirausahaan yang bisa kamu ikuti.

4. Perthitungkan Modal

Semua jenis bisnis tentu saja membutuhkan modal meskipun itu hanya sekedar smartphone atau koneksi internet. Nah, ketika akan berbisnis kamu harus mempertimbangkannya sejak awal. Lakukan perhitungan dengan tepat dan akurat.

Jangan hanya memperkirakan keuntungannya saja, tapi perhatikan juga resikonya. Apakah nantinya bakal balik modal atau rugi. Sehingga kamu bisa menentukan langkah yang tepat supaya bisnis kamu itu tidak rugi, setidaknya bisa  balik modal.

5. Manfaatkanlah Sosial Media Untuk Pemasaran

Sekarang sudah serba digital, sehingga tidak ada alasan lagi bagi kamu untuk gaptek. Kamu harus punya wawasan mengenai sosial media seperti Instagram dan Facebook. Pahami karakteristik dari setiap sosial media yang ada kemudian ketahui cara memaksimalkannya untuk kebutuhan bisnis.

Misalnya ketika kamu menggunakan Instagram, pastikan Feed akun Instagram jualan kamu itu rapi. Manfaatkan juga fitur-fitur lainnya seperti Instastory, IGTV, dan sebagainya. Media sosial lain bisa kamu sesuaikan dengan karakteristiknya masing-masing.

6. Langsung Terjun Ke Dunia Bisnis

Cara belajar bisnis yang paling tepat adalah dengan langsung mempraktekannya. Kamu bisa memulainya dengan langsung terjun ke lapangan atau magang di sebuah perusahaan. Sehingga kamu bisa memiliki kesempatan untuk belajar dan ilmu yang sangat berharga.

Baca juga: 10 Peluang Usaha Sampingan Kuliah untuk Mahasiswa Rantau

7. Atur Waktu untuk Belajar

Meskipun berbisnis, kamu tetap harus tetap memanfaatkan statusmu sebagai mahasiswa yaitu untuk belajar. Kecuali jika bisnis kamu sudah benar-benar menjamin pendapatan yang fantastis sejak awal. Sangat penting bagi kamu untuk bisa memanajemen waktu dengan baik.

Sebisa mungkin untuk menjadi mahasiswa yang fleksibel, misalnya bisa mengontrol bisnis kamu melalui smartphone. Mungkin kamu bisa memulai bisnis online supaya bisa menghemat ongkos kirim dan tenaga. Karena saat ini juga tengan trend bisnis online.

8. Memanfaatkan Situasi

Status kamu sebagai mahasiswa mungkin bisa dianggap sebagai penghalang untuk mewujudkan mimpi sebagai pengusaha. Tapi kamu tetap harus memandangnya dengan positif dan memanfaatkan situasinya dengan baik. Misalnya dengan mempertimbangkan jumlah pelanggan di kampus itu sangat potensial.

Kamu bisa bisa beriklan di kampus dengan menyebarkan selebaran dan stand pameran untuk melakukan promosi bisnis. Tapi dengan catatan harus mendapatkan izin dari pihak kampus terlebih dahulu. 

9. Jalankan Bisnis Sewajarnya

Menjalankan bisnis itu bukanlah perkara yang sangat mudah dan butuh jam terbang yang tinggi hingga akhirnya bisa berhasil. Terlebih status kamu juga sebagai mahasiswa yang pada dasarnya juga memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi hingga akhirnya bisa lulus.

Nah kamu bisa mengkombinasikan keduanya supaya bisa mengatur waktu keduanya dengan sangat wajar. Jangan sampai kamu terlalu berusaha keras untuk berbisnis. Selain itu tugas kamu itu bukan hanya sekedar bisnis atau hanya berbisnis saja.

Kamu harus melakukan aktivitas lain seperti berolahraga, tidur yang cukup, dan makan yang baik supaya tubuh kamu bisa tetap sejahtera. Kamu juga butuh berkumpul dengan teman-temanmu atau bahkan dengan keluarga tercinta di rumah.

Baca juga: 10 Peluang Usaha yang Cocok di Sekitar Kampus

10. Menjadi Pribadi yang Tangguh

Tidak ada jalan yang mudah untuk mencapai kesuksesan, termasuk berbisnis. Yang perlu kamu lakukan sejak awal adalah tetap berupaya sekeras mungkin dan yakin bahwa usaha kamu bisa membuahkan hasil.

Mental yang kuat sejak awal akan membantu kamu untuk tetap bertahan, belajar, dan belajar dalam mengembangkan bisnis yang kamu jalankan. Gagal merupakan hal yang sangat biasa terjadi, tugas kamu adalah untuk bisa bangkit dari kegagalan tersebut.

Dari setiap kegagalan yang kamu hadapi, pastikan untuk menganalisis beberapa faktor yang membuat kamu bisa gagal. Sehingga kamu bisa memiliki strategi yang lebih baik di langkah yang selanjutnya.

Memulai  bisnis bisa dilakukan oleh siapapun dan kapanpun, termasuk kamu sebagai mahasiswa. Jangan risau meskipun memiliki mimpi yang sangat besar untuk menjadi pengusaha sejak muda. Mungkin saja impianmu juga akan lebih cepat tercapai jika memulainya dari sekarang.

Itulah beberapa cara memulai bisnis mahasiswa yang bisa kamu coba mulai sekarang. Pada prakteknya mungkin tidak akan semulus dengan apa yang dibayangkan dimana kamu bakal memperoleh kegagalan terlebih dahulu. Tapi kamu harus bisa menghadapinya dengan positif. Semoga bermanfaat.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "10 Cara Memulai Binsis Mahasiswa Supaya Berpenghasilan"

Berlangganan via Email