Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Patut Diocoba! Inilah 10+ Bisnis Makanan Untuk Mahasiswa

Untuk menambah pemasukan untuk bertahan hidup di perantauan, mahasiswa bisanya akan berbisnis atau bekerja serabutan. Meskipun sangat sibuk, tak sedikit dari mereka yang berhasil mendapatkan pundi-pundi uang dengan cara usaha kuliner. Banyak bisnis makanan untuk mahasiswa yang bisa coba.

Mahasiswa zaman sekarang gemar melakukan wisata kuliner atau nongkrong di kafe. Tapi tak semua mahasiswa bisa melakukan hal itu karena kondisi finansial yang tak mencukupi. Tapi untuk mahasiswa yang bisa melihat peluang, mereka akan melakukan bisnis entah itu bisnis jajanan mahasiswa atau yang lainnya.

10 Bisnis Makanan untuk Mahasiswa

bisnis makanan untuk mahasiswa

Nah dalam artikel kali ini Cecepkocep akan memberikan beberapa rekomendasi jenis usaha makanan yang laku di kampus. Mungkin bisa kamu jadikan referensi ketika akan memulai usaha makanan untuk menambah pundi-pundi rupiah. Yuk langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini.

1. Keripik Singkong

Sebagian besar orang sangat suka dengan cemilan yang satu ini untuk menamani mahasiswa di kala mengerjakan tugas kuliah. Tentu saja akan menguras banyak uang jika harus membeli cemilan keripik singkong ini ke supermarket.

Kamu bisa memanfaatkan situasi ini dengan berjualan keripik singkong. Supaya tidak membosankan, kamu bisa mengkreasikannya dengan berbagai rasa seperti blackpaper, keju, barbeque, dan sebagainya. Perhatikan juga kemasannya juga harus harus cantik supaya bisa menarik orang lain untuk membelinya.

2. Makaroni Pedas

Jajanan ini memang sudah hampir dikenal oleh semua kalangan masyarakat dan sudah lama populer. Salah satu makaroni yang saat ini tengah trend di kalangan mahasiswa adalah makaroni pedas. Karena mahasiswa itu biasanya sangat suka dengan makanan yang menantang alias pedas-pedas.

Kamu bisa memberikan variasi pada makanan makaroni yang dijual sehingga bisa memberikan pilihan terhadap konsumen. Tidak hanya pedas, sekarang juga sudah banyak makaroni dengan aneka rasa yang lebih bervariasi. Sehingga bisa terkesan unik dan menarik di mata konsumen.

3. Pisang coklat

Pisang juga bisa diolah menjadi menu jajanan yang lebih modern dan unik, yaitu dengan dibuat pisang coklat. Makanan ini tengah digemari oleh hampir semua kalangan masyarakat termasuk juga mahasiswa. Tak sedikit juga orang yang meraup banyak keuntungan dari berjualan pisang coklat ini.

Baca juga: 10 Cara Memulai Binsis Mahasiswa Supaya Berpenghasilan

4. Bakso Bakar

Jajanan yang satu ini sangat cocok dijual di sekitar kampus karena sebagian besar dari mahasiswa menyukainya. Untuk proses pembuatannya juga tidak terlalu rumit, sehingga kamu bisa membuatnya bersama saudara atau teman tanpa harus mengganggu kegiatan perkuliahan.

5. Tahu Crispy

Contoh usaha makanan ringan unik yang selanjutnya bisa kamu coba yaitu tahu crispy. Modal yang diperlukan untuk membuatnya juga sangat murah, sehingga kamu bisa memulai bisnis ini dengan modal yang sangat kecil. 

Pastikan kamu harus bisa mengolah rasanya supaya bisa lebih bervariasi misalnya rasa manis, pedas, dan berbagai rasa lainnya. Perhatikan juga kemasannya supaya bisa menarik mahasiswa untuk membelinya.

5. Gorengan

Makanan yang satu ini tidak akan ada matinya karena dari waktu ke waktu terus masih saja laris. Tak sedikit juga mahasiswa yang lebih memilih gorengan untuk sarapan karena sangat murah. Nah kamu bisa memanfaatkan situasi ini untuk dijadikan bisnis.

Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis ini tidak terbilang terlalu besar, kamu bisa patungan dengan teman-teman yang lain untuk membeli peralatannya. Kalau rumah kamu dekat dengan kampus, kamu bisa membuatnya di rumah dan menjualnya di kampus.

6. Roti Bakar

Sekarang makanan ini sudah tersedia dengan berbagai rasa, sehingga bisa menjadi makanan yang sangat cocok untuk mahasiswa. Proses pembuatannya sangat mudah dan untuk membuatnya juga tidak terlalu butuh modal yang besar. Sehingga kamu bisa memulai bisnis mahasiswa ini dengan modal yang tidak terlalu besar.

Biasanya roti bakar ini akan laris ketika di waktu sore sampai malam hari, sehingga tidak akan mengganggu perkuliahan kamu di siang hari. Bahkan sambil berjualan kamu juga bisa sempat untuk baca-baca buku.

7. Tela-Tela

Singkong tidak hanya dibuat keripik saja, tapi juga bisa dibuat menjadi tela-tela yang dilengkapi dengan berbagai rasa. Proses pengolahannya sangat mudah dan modal yang dikeluarkan juga terbilang cukup minim. Jadi tak ada salahnya untuk menjajal jajanan kuliner mahasiswa yang satu ini.

8. Bakpao

Dengan isian yang bervariasi, bakpau ini menjadi makanan yang sangat disukai oleh kalangan masyarakat dari generasi ke generasi. Makanan ini bisa disantap untuk sarapan atau juga bisa di malam hari, sehingga kamu bisa menjualnya di waktu yang tidak mengganggu kuliah.

9. Donat

Jenis jualan makanan yang laku di kampus yang selanjutnya adalah donat. Makanan ini tidak hanya digemari oleh anak-anak tapi juga oleh mahasiswa. Hanya saja kamu harus membuatnya dengan rasa yang bervariasi dan tampilan yang unik supaya bisa menarik konsumen untuk membelinya.

Kamu bisa membuat donat dengan berbagai variasi misalnya dengan membuat donat indomie, donat kentang, dan donat unik lainnya. Sebisa mungkin untuk membuatnya sangat unik. Karena sebagian besar mahasiswa itu sangat suka dengan makanan yang unik-unik.

Baca juga: 10 Peluang Usaha Sampingan Kuliah untuk Mahasiswa Rantau

10. Seblak

Makanan khas Parahyangan ini juga termasuk makanan yang sangat digemari oleh mahasiswa. Cara pembuatannya juga sangat mudah dan tidak memerlukan bahan-bahan yang sulit ditemukan. Banyak ternyata orang yang berhasil meraup banyak keuntungan setiap harinya dari jualan seblak.

Kamu bisa mengembangkan seblak sesuai dengan kreasi kamu tapi tetap harus mempertahankan rasanya yang lezat. Misalnya saat ini sudah banyak yang membuat seblak dengan campuran telur, ceker, makaroni, dan sebagainya.

11. Lumpia Basah

Makanan yang satu ini bisa kamu gabungkan dengan seblak karena cara pembuatan dan bahan-bahannya tidak jauh berbeda. Makanan yang satu ini terbilang sangat lezat dan murah, sehingga mahasiswa sangat menyukainya. Dengan harga 5 ribu hingga 10 ribu saja sudah kenyang.

12. Mozarella Stick

Kamu bisa memulai usaha makanan kekinian dengan berjualan Mozarella Stick. Rasanya yang lezat membuat makanan ini sangat disukai oleh mahasiswa. Makanan ini sangat laku di kalangan mahasiswa karena kejunya bisa melar elastis layaknya karet.

Meskipun terlihat cukup unik, tapi pada proses pembuatannya ternyata cukup mudah. Bahkan kamu bisa mempraktekannya di kosan.

13. Pancake

Selain Mozarella Stick, jenis makanan yang terbilang laku di kalangan masyarakat adalah Pancake. Proses pembuatan ini ternyata cukup mudah, kamu hanya perlu belajar dasarnya saja. Selebihnya kamu bisa berkreasi sendiri misalnya dengan menambahkan aneka toping.

Sebagian besar mahasiswa itu sangat suka dengan makanan yang sangat unik tapi dengan harga yang terjangkau. Sehingga jika kamu ingin memulai bisnis dengan target pasarnya mahasiswa, jangan sampai menjualnya dengan harga tinggi. Sesuaikan dengan budget yang mereka miliki.

Itulah beberapa bisnis makanan untuk mahasiswa yang bisa kamu coba. Sambil kuliah, tak ada salahnya untuk merintis usaha sendiri untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Mungkin setelah lulus nanti, usaha kamu itu bisa menguntungkan sehingga tidak perlu lagi untuk mencari kerja di perusahaan.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "Patut Diocoba! Inilah 10+ Bisnis Makanan Untuk Mahasiswa "

Berlangganan via Email