Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

6 Cara Bisnis Online Baju Agar Cepat Laku dan Menguntungkan

Cecepkocep.com - Dalam beberapa waktu kebelakang ini, bisnis online sangat diminati oleh banyak orang. Teknologi yang berkembang pesat dan pengguna internet yang semakin meningkat telah membuat jual beli online juga meningkat. Misalnya untuk cara bisnis online baju sekarang sangat mudah dilakukan.

Sekarang ini produk fashion sangat laku keras di pasaran karena termasuk salah satu kebutuhan primer (sandang). Sehingga bisnis baju sangat potensial dan punya prospek cerah untuk kamu yang ingin terjun ke dalam dunia bisnis. Terlebih cara jualan baju online juga sangat mudah dilakukan.

6 Cara Jualan Baju Online

cara bisnis online baju

Untuk kamu yang ingin berjualan baju online dan bingung cara memulainya seperti apa, sekarang tak perlu khawatir lagi. Setelah membaca artikel ini kamu akan tahu cara jualan online untuk produk fashion. Yuk langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

1. Riset Produk dan Pasar

Sebelum memulai bisnis baju online, tahap awal yang harus kamu tempuh adalah melakukan riset produk dan pasarnya terlebih dahulu. Kita harus benar-benar paham terlebih dahulu produk apa yang dijual dan target pasarnya untuk siapa. Sehingga kedepannya kamu tidak akan begitu kesulitan.

Produk baju yang akan kamu jual sebisa mungkin harus sesuai dengan perkembangan jaman. Misalnya kalau kamu mau jualan busana muslim, di tahun 2020 ini model yang paling populer adalah gamis syari dan kurta. Nah, supaya jualannya laku kamu bisa menjual produk tersebut.

Untuk di tren busana muslim di tahun 2021 mungkin saja akan berubah lagi. Sehingga nanti kamu harus bisa menyesuaikan lagi. Karena produk fashion itu selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu.

Selain riset produk,  pastikan juga untuk melakukan riset pasarnya supaya jualan kamu bisa tepat sasaran. Misalnya kamu akan berjualan gamis syari, kira-kira pakaian tersebut target pasarnya untuk siapa saja. Kira-kira orang yang membeli baju tersebut umurnya pada kisaran berapa.

Sebisa mungkin kamu harus menggali potensi target pasarnya secara maksimal. Sehingga kemungkinan jualan kamu laku bisa bertambah besar karena produk yang dijual sesuai dengan pasarnya. Terlebih lagi kalau kamu akan berjualan di media sosial seperti Instagram atau beriklan dengan Facebook Ads.

Untuk langkah awal, kamu bisa berfokus pada satu kategori penjualan saja supaya penjualannya lebih maksimal. Sehingga nantinya kamu bisa mengelolanya dengan baik.

2. Temukan Supplier yang Tepat

Khusus yang tidak punya produk sendiri, kamu harus menemukan supplier terlebih dahulu. Supplier ini memiliki peranan untuk menyediakan produk yang akan kamu jual. Dalam pemilihan supplier pun juga tidak sembarangan, terutama produk yang mereka miliki harus berkualitas.

Kalau kamu sudah menentukan supplier, kamu bisa pilih apakah akan menggunakan sistem reseller atau dropship. Kalau reseller, kamu harus membeli produknya terlebih dahulu dan dan kamu harus punya tempat sendiri untuk penyimpanan barangnya.

Sementara kalau memilih dropship, kamu tidak harus membeli produknya terlebih dahulu untuk stok barang. Karena tugas kamu nantinya adalah memasarkan saja. Orang yang bertanggung jawab terhadap packing dan pengiriman baran adalah supplier.

Selain barangnya yang berkualitas, tips memilih supplier dropship yang lainnya yaitu harus fast respon dan memberikan jaminan atau garansi jika produknya tidak sesuai pelanggan. Sehingga nantinya kamu juga bisa memberikan pelayanan yang baik terhadap pelanggan.

Barang yang dikirim ke pelanggan akan tetap menggunakan nama kamu. Tapi sebelumnya kamu harus melakukan kesepakatan terlebih dahulu. Jadi, kamu tidak harus ribet lagi untuk mengurus barang. Dropship merupakan cara bisnis online baju tanpa modal yang bisa kamu coba.

3. Cari Keunikan Bisnis

Perlu diakui bahwa sekarang ini persaingan usaha online itu semakin ketat, apalagi kalau kamu berjualan di marketplace. Oleh sebab itulah produk kamu harus benar-benar unik dan harus terus berinovasi supaya berbeda dari yang lain.

Kamu tidak hanya harus berinovasi pada produk saja, tapi juga pada penawaran dan pelayanannya. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan promosi yang bisa menarik konsumen untuk membeli produk kamu. Misalnya dengan promo gratis ongkir, diskon, cashback, beli 2 gratis 1, dan sebagainya.

Meskipun memberikan promo, tapi tetap pastikan kamu bisa mendapatkan profit. Percuma saja berbisnis kalau pada akhirnya kamu harus rugi atau balik modal. Itu wajar saja terjadi di awal-awal, tapi kalau dilakukan secara terus menerus tentu saja tidak mungkin.

4. Buat Media Sosial atau Toko Online

Setelah memiliki produk yang akan dijual, tahap selanjutnya adalah membuat media sosial dan toko online atau landing page. Untuk langkah awal kamu bisa berjualan melalui media sosial seperti dahulu. Ada banyak platform media sosial media yang bisa kamu gunakan seperti Facebook, Instagram, dan Tiktok.

Sebaiknya pilih salah satu media sosial saja, misalnya Instagram atua Tiktok. Instagram menjadi salah satu media sosial yang sangat cocok untuk berjualan. Karena pengguna aplikasi ini sangat banyak dan bisa digunakan juga seperti toko online untuk katalog produknya.

Pastikan juga untuk mengusung tema media sosial yang sesuai dengan produk fashion yang kamu jual. Misalnya kalau kamu jualan baju muslim, buatlah media sosial dengan desain ilmiah. Kesesuaian konsep dan tema ini akan membantu kamu dalam mempromosikan produk.

Apalagi kalau Instagram itu adalah platform media sosial yang berfokus pada gambar, jadi desainnya harus enak untuk dipandang. Selain itu lakukan optimasi juga yaitu dengan menambahkan caption yang menarik dan hastag yang sesuai supaya produk kamu mudah ditemukan.

5. Lakukan Promosi dan Pemasaran

Salah satu supaya jualan kamu bisa cepat laku adalah dengan memiliki strategi pemasaran yang unik dan kreatif. Cobalah untuk berpikir kira-kira teknik pemasaran yang akan kamu lakukan seperti apa. Karena pemasaran produk yang baik akan berpengaruh terhadap performa penjualan produk kamu.

Cara jualan online supaya bisa mendapatkan pelanggan bisa dengan cara organik dan berbayar. Jika menggunakan cara organik, kamu memerlukan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan pelanggan. Jika ingin cepat, kamu harus menggunakan cara berbayar yaitu dengan beriklan.

Jika ingin beriklan kamu bisa menggunakan Instagram Ads, Facebook Ads, Paid Promote, dan sebagainya. Supaya bisa menghasilkan, kamu harus beriklan dengan tepat sasaran. Oleh sebab itulah di awal kamu harus riset produk dan pasarnya terlebih dahulu.

6. Lakukan Pelayanan Terbaik

Jika sudah ada pelanggan yang masuk ke WhatsApp, DM, atau chat lainnya, pastikan untuk melayaninya dengan baik. Misalnya dengan menggunakan kata-kata yang sopan. Kamu juga bisa menggunakan emoji supaya berkesan ramah, tapi jangan digunakan secara berlebihan.

Selain itu, berikan penawaran yang menarik supaya peluang pelanggan kamu untuk beli menjadi besar. Misalnya dengan menawarkan promo beli 2 gratis 1, tapi khusus hari ini. Sebaiknya pelajari teknik closing supaya calon pelanggan bisa membeli produk kamu.

Cara jual baju online agar cepat laku kamu harus menemukan produk yang tepat dan target pasar yang tepat juga. Setelah itu kamu bisa melakukan pemasaran dengan cara beriklan. Karena jika menggunakan cara organik akan sangat lama.

Itulah beberapa cara bisnis online baju yang bisa kamu lakukan. Pastikan untuk melakukannya dengan serius supaya bisa cepat menghasilkan. Seringlah untuk bereksperimen, berinovasi, dan melakukan promosi yang menarik agar jualan kamu cepat laku.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "6 Cara Bisnis Online Baju Agar Cepat Laku dan Menguntungkan"

Berlangganan via Email