Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cuma 5 Menit! Inilah Cara Membuat CV di Canva dengan Mudah

Cara Membuat CV di Canva

Cecepkocep.com - Salah satu aplikasi membuat CV Online yang gratis adalah Canva. Platform ini telah menyediakan berbagai template untuk berbagai keperluan seperti template Instagram, Facebook, dan CV. Nah untuk cara membuat CV di Canva juga sangat mudah.

Template CV yang tersedia di Canva sangat menarik dan sesuai dengan kaidah penulisan CV yang baik dan benar. Tak menutup kemungkinan jika CV kamu bisa dilirik oleh pihak HRD dan mendapat panggilan wawancara.

Cara Membuat CV di Canva dengan Mudah

Nah disini penulis akan memberikan tips dan trik cara membuat CV di Canva. Tutorial yang diberikan disini bersifat dasar, sehingga kamu membutuhkan kreativitas jika ingin membuat CV yang lebih menarik lagi. Berikut ini adalah tips triknya.

1. Buat Akun Canva

Kalau kamu belum memiliki akun Canva, pastikan harus memilikinya terlebih dahulu. Cara membuat akunnya juga sangat mudah. Caranya bisa kalian lihat di bawah ini.

  • Buka situs resmi Canva disini
  • Kamu akan disambut dengan pop up bertuliskan “Get Started With Canva”.
  • Kamu harus daftar terlebih dahulu dengan menggunakan akun Facebook, Google, atau email. Pilih salah satu dari ketiga akun tersebut.
  • Kemudian klik Sign up
  • Selamat, akun Canva kamu sudah selesai dibuat.

2. Pilih Template CV

Setelah kamu membuat akun Canva, tahap yang selanjutnya adalah memilih template CV yang tersedia. Kalau kamu membuka situs Canva di Laptop, pilih Template yang ada di menu atas, kemudian pilih Resume. Kamu juga bisa langsung ketik “Resume” (tanpa tanda “) di kolom pencarian.

Meskipun Canva mengatakan bahwa fitur yang disediakan adalah resume, tapi tetap kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat CV. 

Kamu juga edit template tersebut seperti mengubah font, gambar, dan warna. Tapi kalau kamu tidak ingin ribet dan tidak punya kemampuan desain yang baik, gunakan saja template CV gratis yang sudah tersedia. Selain itu kamu bisa mengaksesnya secara gratis dan sudah mendapatkan izin dari pihak Canva itu sendiri.

3. Edit CV dari Template

Setelah menentukan template mana yang akan digunakan, tahap yang selanjutnya adalah mengeditnya. Pastika untuk mengedit sesuai dengan ketentuan pembuatan CV. Cara membuat CV yang baik dan benar bisa kalian lihat pada artikel ini: Cara Membut CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Jika telah selesai, pastikan untuk terus melakukan scanning apakah supaya terhindar dari kesalahan seperti typo

4. Simpan dan Bagikan CV

Jika telah selesai, kamu bisa langsung menyimpan dan download. Untuk fitur gratis, kamu hanya bisa download CV melalui PDF dan JPG saja. Untuk mengunduhnya kamu klik tombol panah yang terletak di bagian atas kanan layar laptop. Kamu juga bisa langsung mencetaknya melalui menu print dokumen di posisi yang sama.

Canva juga menawarkan fitur share, sehingga teman-teman atau keluargamu bisa ikut memberikan masukan pada CV yang telah dibuat. Jangan lupa untuk memilih menu edit supaya mereka memberikan masukan melalui akun Canva mereka masing-masing.

Cara membuat CV di Canva di HP juga sangat mudah, kurang lebih caranya sama seperti di atas. Kalau menggunakan HP, kamu juga bisa langsung download aplikasinya di Google Play Store. Sehingga kamu bisa membuat CV Online design dengan sangat mudah.

Itulah cara membuat CV di Canva dengan sangat mudah dan praktis. Kamu tidak butuh waktu banyak untuk membuat CV yang profesional. Kamu juga bisa menggunakan fitur berbayar jika ingin mendapatkan desain CV yang lebih menarik lagi.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "Cuma 5 Menit! Inilah Cara Membuat CV di Canva dengan Mudah"

Berlangganan via Email