Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

4 Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview dengan Baik dan Benar

Dalam sesi wawancara, langkah awal yang harus kamu hadapi biasanya adalah memperkenalkan diri. Tujuannya tidak lain yaitu untuk memberitahu pihak recruiter perusahaan yang kamu lamar dalam waktu yang sangat singkat dan padat. Cara memperkenalkan diri saat interview nyatanya tidak bisa dilakukan sembarangan.

Nah, dalam proses memperkenalkan diri ini juga bisa menjadi kesempatan untuk mempromosikan diri kamu. Jadi, pastikan kamu memanfaatkan momentum ini dengan elegan supaya recruiter menyukai kamu.

Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview Fresh Graduate

cara memperkenalkan diri saat interview

Nah dalam artikel kali ini Cecepkocep akan memberikan tips trik buat kamu mengenai perkenalan diri ketika interview kerja. Yuk langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

1. Tunjukan Bahwa Kamu Adalah Kandidat yang Tepat Dipilih

Dalam perkenalan diri ini, kamu tentu saja harus bisa memberikan kesan pertama yang baik untuk pihak recruiter. Pastikan kalau dia merasa kalau kamu itu adalah kandidat yang tepat untuk dipilih.

Oleh sebab itu sangat penting  untuk menunjukkan tata krama kepada recruiter ketika memperkenalkan diri. Misalnya ketika pertama kali datang ke kantor, sebutkan terlebih dahulu nama kamu dan tujuan kedatangan kamu kepada resepsionis.

Setelah bertemu dengan recruiter, katakan juga kalau kamu sangat senang bisa bertemu dengannya. Tersenyumlah dan berikan kontak mata secara langsung ketika memperknalkan diri. Bagi seorang pemula atau fresh graduate tentu akan sangat gugup, bahkan bisa tangan kamu bisa berkeringat.

2. Perkenalkan Diri Dengan Singkat dan Jelas

Sebelum wawancara berjalan lebih lanjut, pihak recruiter akan memberikan kesempatan untuk memperkenalkan diri kamu. Nah, ketika memperkenalkan diri, pastikan untuk berfokus pada elemen kuncinya tentang latar belakang kamu. Sehingga memungkinkan kamu lebih unggul dari kandidat lainnya.

Apa saja yang harus kamu katakan?

Pertama perkenalkan nama kamu terlebih dahulu, kemudian latar pendidikan dan pekerjaan kamu, kemudian bidang yang dikuasai dan minat atau keterampilan khusus. Pastikan untuk menyampaikannya secara singkat, padat, dan jelas. Tapi tetap harus tetap fokus terhadap hal-hal yang harus disampaikan.

Sebaiknya jangan terlalu banyak menceritakan tentang motivasi bekerja karena nantinya recruiter juga akan menanyakan poin tersebut. Penjelasan lebih detail tentang diri kamu bisa kamu simpan untuk menjawab pertanyaan yang akan diajukan oleh recruiter nantinya.

Dalam penyampaiannya, bicaralah dengan suara yang jelas dan lakukan kontak mata secara langsung dengan recruiter. Dia biasanya akan memberikan waktu kepada kandidatnya untuk memperkenalkan waktu mulai dri 30 detik hingga 2 menit. Jika tidak ada aturannya, perkenalkan saja kurang lebih 1 menit saja.

3. Fokus Terhadap Kualifikasi Diri

Supaya recruiter tertarik dengan kamu, sebaiknya untuk memberikan pengantar perkenalan diri yang sangat ringkas. Selanjutnya kamu bisa menceritakan tentang hal-hal yang cukup ringan, tapi merefleksikan diri kamu secara personal. Misalnya kamu suka menulis di blog dan sebentar lagi akan menerbitkannya di buku.

Dengan melakukan hal seperti itu, kamu bisa berhubungan secara lebih mendalam dengan recruiter. Selain itu kamu juga akan menunjukkan kualifikasi kamu dalam bekerja kepada recruiter.

Baca juga: Tips Melontarkan Jawaban Interview Motivasi Kerja

4. Siap dengan Pertanyaan Lanjutan

Setelah kurang lebih 1 menit memperkenalkan diri, recruiter akan memberikan pertanyaan lanjutan kepada kamu. Jadi kamu kamu harus bersiap untuk menjawab pertanyaan yang akan diajukan. Pernyataan kamu yang lebih kompleks bisa disampaikan dalam jawaban tersebut.

Beberapa contoh pertanyaan yang akan recruiter ajukan kepada kandidat pekerja yang wawancara biasanya kelebihan dan kelemahan, gaji yang diharapkan, motivasi kerja, dan sebagainya. Jadi pastikan kamu sudah mempersiapkan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan seperti itu.

Bagi seorang fresh graduate, proses perkenalan diri tentu saja akan menjadi hal yang sangat menegangkan. Terlebih jika mereka belum tahu hal-hal apa yang harus disampaikan. Semoga saja dari uraian di atas bisa membantu kamu untuk menghadapi tes wawancara, terutama dalam sesi perkenalan diri.

Baca juga: 9 Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate yang Sering Muncul

Itulah beberapa cara memperkenalkan diri saat interview yang semoga saja bermanfaat buat kamu para pencari kerja. Interview tentu saja tak bisa kamu lewatkan begitu saja jika ingin diterima di perusahaan yang dilamar. Karena sebagian besar karyawan yang bekerja harus melalui tahap ini.


Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "4 Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview dengan Baik dan Benar"

Berlangganan via Email