Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10 Ide Bisnis Digital yang Menguntungkan di Tahun 2020

Perkembangan teknologi yang semakin modern telah membuat banyak pengusaha untuk terus berinovasi. Dulu, kita harus pergi keluar rumah untuk berjualan, tapi sekarang kita hanya duduk sejak di depan laptop. Jika kamu berminat, banyak sekali ide bisnis digital yang bisa dilakukan.

Bisnis digital merupakan salah satu jenis jasa yang memanfaatkan teknologi untuk menciptakan produk atau memasarkannya. Hal ini sesuai dengan perilaku masyarakat yang lebih tertarik untuk berbelanja online karena sibuk dengan pekerjaan mereka.

10 Ide Bisnis Digital Terbaik 2020

ide bisnis digital

Berkembangnya pengguna internet menjadi penyebab banyak pengusaha yang melakukan bisnis digital. Bagi kamu yang ingin mengetahui ide bisnis digital apa saja yang saat ini tengah populer di pasaran, silahkan untuk melihat ulasannya di bawah.

1. Menjadi Youtuber

Tak bisa dipungkiri jika saat ini Youtube menjadi salah satu platform yang sangat digemari oleh banyak orang. Bahkan kepopulerannya mengalahkan siaran atau acara yang ada di televisi. Karena konten yang dibuat di Youtube benar-benar sangat menarik dan bermanfaat, meskipun tidak semuanya demikian.

Banyak juga para Youtuber yang sudah berhasil mendapatkan uang, misalnya Ria Ricis, Atta Halilintar, Jess No Limit, dan masih banyak lagi. Mengelola konten di Youtube ternyata benar-benar terbukti menghasilkan jika dilakukan dengan serius.

Tugas kamu hanyalah membuat video yang menarik, menghibur, dan bermanfaat untuk para penonton. Untuk pembuatan kontennya, kamu bisa membuat video yang sesuai dengan hobi atau kemampuan kamu. Kalau kamu punya skill bermain game yang bagus, kamu bisa menuangkannya melalui video kemudian upload ke Youtube.

2. Menjadi Blogger

Kamu mungkin kenal dengan salah satu pemain stand up comedy terkenal di Indonesia yaitu Raditya Dika. Dia mengawali perjalanan suksesnya dengan cara menulis di blog pribadinya bernama kambingjantan.com. Nah, blog juga termasuk jenis bisnis digital yang menguntungkan.

Kamu juga bisa menjadi seorang blogger dengan mudah baik itu secara gratis maupun berbayar. Setelah itu kamu buat konten yang menarik dan bermanfaat untuk mendatangkan pengunjung. Semakin banyak pengunjung ke blog kamu, keuntungan yang akan didapatkan juga semakin besar.

Untuk mendapatkan penghasilan, kamu bisa menawarkan jasa pasang iklan di salah satu ruang blog kamu. Atau juga bisa mendaftarkan blog kamu ke Google Adsense untuk pasang iklan. Tapi untuk bisa mendapatkan banyak pendapatan, kamu tentu saja harus memiliki pengunjung yang sangat besar.

3. Membuat Aplikasi Mobile

Jika kita perhatikan, hampir semua orang di Indonesia sudah menggunakan smartphone. Situasi ini tentu saja bisa dimanfaatkan menjadi sebuah ide bisnis yang menguntungkan. Terlebih lagi kalau kamu memiliki kemampuan programming untuk pembuatan aplikasi mobile baik untuk iOS ataupun Android.

Kamu bisa membuat aplikasi yang benar-benar bermanfaat untuk khalayak orang banyak seperti Gojek. Jadi sebelum membuatnya, kamu bisa mempelajari potensi pasarnya terlebih dahulu. Setelah itu temukanlah ranah bisnis yang memang belum digarap oleh orang lain.

Kalau kamu benar-benar orang pertama dalam menggarap aplikasi, maka kamu memiliki peluang yang besar untuk berhasil. Jika tertarik dengan aplikasi mobile ini, kamu bisa mempelajari lebih lengkap tentang Admob.

4. Menjadi Podcaster

Podcast merupakan sebuah konten audio yang bisa diakses secara online oleh banyak orang. Selain itu konten podcast ini sifatnya on-demand, yakni bisa disesuaikan dengan permintaan. Beberapa platform yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat konten podcast ini adalah Spotify dan Anchor.

5. Menjadi Influencer di Instagram

Sekarang ini rasanya belum gaul kalau belum bermain Instagram, apalagi untuk anak muda generasi milenial. Kamu sendiri juga pasti sering bermain aplikasi ini atau mungkin kamu tertarik untuk memiliki banyak sekali followers. Karena banyaknya followers akan membuat kamu semakin terkenal.

Memiliki banyak followers ternyata tidak hanya akan membuat kamu menjadi terkenal, tapi juga bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah. Dengan memiliki followers dan tingkat interaksi yang tinggi, kamu bisa meraih keuntungan dengan menjadi influencer.

Tapi untuk bisa mendapatkan jumlah followers yang itu tidaklah mudah karena kamu dipaksa harus membuat konten yang menarik. Selain itu konten yang dibuat harus menarik dan harus dilakukan secara konsisten.

Setelah memiliki banyak followers, kamu bisa menawarkan kerja sama dengan orang lain. Kamu bisa menawarkan paid promote untuk mempromosikan produk orang lain atau juga bisa melakukan review langsung. Setelah itu kamu akan mendapatkan bayaran dari klien.

6. Jasa Pembuatan Website

Jika memiliki membuat website yang menarik, kamu bisa membuatnya menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Kalau kamu kuliah di jurusan yang terkait dengan pembuatan website seperti Teknik Informatika, maka jangan disia-siakan begitu saja. Karena ini juga termasuk peluang bisnis digital bagi mahasiswa.

Saat ini kita bisa membuat website dengan sangat mudah, tapi untuk kustomisasi lebih lanjut sangatlah rumit. Kita perlu skill pemrograman tingkat lanjut dan kemampuan ini hanya dimiliki oleh seorang web developer. Kalau sudah jago, kamu bisa bekerja di sebuah perusahaan secara freelance dari rumah ataupun full time.

7. Menjadi Penulis Lepas

Pekerjaan ini sangat sesuai jika kamu adalah seorang blogger. Sambil menunggu blog banyak pengunjung, kamu bisa menjadi seorang penulis lepas. Sekarang ini banyak sekali website yang rela membayar tulisan berkualitas dengan harga yang sangat tinggi.

Kamu bisa mempromosikan jasa kamu itu di berbagai situs seperti Upwork, Fastwork, dan Sribulancer. Kalau blog kamu sudah memiliki banyak pengunjung, kamu bisa mempromosikannya melalui blog tersebut. Semakin berkualitas konte yang kamu buat, semakin besar tawaran untuk menulis konten.

8. Bisnis Afiliasi

Afiliasi menjadi salah satu contoh bisnis di era digital yang sangat populer. Afiliasi merupakan bisnis untuk memasarkan barang orang lain kemudian kamu akan mendapatkan imbalan berupa komisi. Untuk produk yang dipasarkan biasanya adalah produk digital seperti hosting, kursus, dan template.

Untuk menjalani bisnis ini kamu harus mendapatkan diri untuk mengikuti program afiliasi terlebih dahulu. Setelah itu kamu akan mendapatkan kode referal atau tautan khusus. Setelah itu kamu memasarkan produk tersebut baik dengan menggunakan website atau sosial media.

Jika ada orang yang membeli produk melalui kode referal yang kamu sarankan, maka kamu akan mendapatkan komisi. Kode referal yang kamu sarankan tersebut adalah kode referal yang didapatkan setelah mengikuti program afiliasi.

Banyak sekali program afiliasi yang bisa kamu ikuti baik di Indonesia maupun luar negeri. Salah satu program afiliasi luar negeri yang sangat terkenal adalah Amazon.

9. Kursus Online

Jika dulu kamu harus pergi ke tempat kurus untuk mendapatkan ilmu baru, sekarang kamu tinggal duduk saja di depan laptop. Di era digital ini, kamu bisa mendapatkan ilmu baru dengan cara mengikuti kursus online. Situasi ini tentu bisa kamu manfaatkan untuk mengajar jika memiliki kemampuan tertentu.

Beberapa platform yang menawarkan mengajar online adalah Udemy dan RuangGuru. Atau kamu juga bisa membangun kursus online sendiri dengan cara membuat website yang didukung dengan sistem LMS (Learning Management System).

10. Menjadi Dropshipper

Kalau kamu ingin berjualan tapi tidak memiliki produk, dropship merupakan ide bisnis yang patut kamu coba. Tugas kamu hanya memasarkan saja karena nantinya yang akan mengurus packing dan pengiriman barang adalah supplier. Dengan begitu dropship bisa menjadi inspirasi usaha tanpa modal yang bisa dicoba.

Dropship berbeda dengan afiliasi karena kamu tidak akan mendapatkan keuntungan dengan sistem komisi. Dengan dropship, kamu bisa mendapatkan keuntungan sesuai dengan keinginan. Kamu bisa mendapatkan 100-200% keuntungan dari produk yang dijual, sehingga keuntungannya akan jauh lebih besar.

Karena orang yang bertugas mengurus barang adalah supplier, maka kamu harus  benar-benar bisa memilihnya dengan benar. Supplier yang baik biasanya sangat fast respon, memiliki kualitas produk yang baik, dan berani memberikan garansi. Karena orang yang akan disalahkan ketika barang cacat adalah kamu.

Baca juga: 10 Tips Memilih Supplier Dropship Tangan Pertama Terpercaya

Banyak sekali macam macam bisnis digital yang bisa kamu lakukan selain dari uraian  diatas. Ide bisnis digital di atas tentu saja bisa sangat menguntungkan jika kamu bisa melakukannya dengan serius dan konsisten. Tak sedikit juga orang yang berhasil meraup banyak keuntungan dengan cara menjalani bisnis digital. 


Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "10 Ide Bisnis Digital yang Menguntungkan di Tahun 2020"

Berlangganan via Email