Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10 Rekomendasi Inspirasi Usaha Tanpa Modal Tahun 2020

Teknologi yang sudah semakin modern membuat para pelaku bisnis online kian banyak. Bisnis ini nyaris saja tidak ada modal yang dibutuhkan karena hampir semua orang sudah mempunyai gadget dan internet sebagai kebutuhan utamanya. Sehingga banyak sekali inspirasi usaha tanpa modal yang bisa dilakukan.

Banyak sekali bisnis tanpa modal di HP yang bisa kamu lakukan sesuai dengan produk yang kamu minati. Meskipun status kamu masih pelajar atau mahasiswa, bisnis tersebut bisa dilakukan. Bahkan tak sedikit juga karyawan ataupun ibu rumah tangga yang sudah terjun ke dalam bisnis online.

10 Inspirasi Usaha Tanpa Modal

inspirasi usaha tanpa modal

Inspirasi bisnis yang akan penulis bagikan disini adalah bisnis online karena bisnis ini tidak mengharuskan kamu untuk keluar rumah. Dengan bermodalkan Handphone atau laptop dan koneksi internet saja sudah bisa langsung berbisnis. Ini dia beberapa ide bisnis yang bisa kamu lakukan mulai sekarang.

1. Menjadi Dropshipper

Inspirasi usaha tanpa modal yang pertama adalah dengan menjadi dropshipper. Usaha ini tidak memerlukan modal karena kamu akan menjual produk orang lain, tapi toko online yang dibuat atas nama kamu. Usaha ini tengah banyak dilakukan oleh sebagian besar orang dalam beberapa waktu terakhir ini.

Bisnis ini tidak akan merugikan karena kamu tidak harus stok barang terlebih dahulu. Nantinya supplier yang akan menyediakan barang, bahkan untuk proses packing dan pengiriman juga akan mereka tanggung. Tugas kamu hanya memasarkan produk mereka saja.

Selama bisa memilih supplier dropship dengan tepat, seharusnya kamu bisa memulai usaha dengan lancar. Tips memilih supplier dropship sebenarnya sangat mudah, diantaranya harus fast respon, memiliki produk berkualitas, dan memiliki jaminan garansi.

2. Fotographer

Di zaman sekarang, foto menjadi salah satu hal yang sangat lumrah dan sudah menjadi sebuah kebutuhan. Kehadiran media sosial seperti Facebook dan Instagram telah membuat foto menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan. Oleh sebab itu photographer menjadi bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang lainnya.

Sementara itu, sebagian besar anak muda jaman sekarang sangat menyukai fotografi. Dengan bermodal kamera handphone saja, mereka sudah bisa menghasilkan foto yang ciamik. Jika kamu adalah satu dari mereka, jangan sia-siakan kemampuanmu itu begitu saja.

Foto yang bagus bisa dijual untuk mendapatkan keuntungan. Bahkan sebuah foto bisa dibeli dengan harga yang sangat mahal jika kualitasnya sangat bagus. Kalau kamu memiliki skill editing, tentu saja akan menjadi nilai tambah untuk meningkatkan kualitas foto yang ambil.

Jika foto sudah benar-benar siap, kamu bisa langsung upload ke beberapa microstock atau platform lainnya seperti Shutterstock. Banyak orang yang berhasil meraup banyak keuntungan dari menjadi photographer, mungkin selanjutnya adalah kamu.

3. Blogger

Kalau dulu kamu suka bercerita di buku harian, sekarang sudah saatnya beralih ke internet dengan membuat blog. Percaya atau tidak, banyak nyatanya para blogger yang sudah meraup banyak keuntungan. Dengan hanya menulis saja, kamu bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Kalau kamu memiliki produk sendiri atau skill, kamu bisa melakukan promosi di blog. Selain itu kamu juga memasan iklan online seperti Google Adsense atau menjual backlink untuk mendapatkan keuntungan lainnya. Banyak yang bisa kamu lakukan ketika sudah memiliki blog.

Tapi, untuk bisa menjadi blogger yang berpenghasilan tentu saja tidak instan. Karena kamu butuh waktu yang tidak sebentar untuk mengumpulkan banyak visitor ke blog. Semakin tinggi visitor blog kamu, semakin besar keuntungan yang akan didapatkan baik itu dari Google Adsense maupun yang lainnya.

4. Penulis Lepas

Sambil menunggu blog ramai pengunjung, kamu bisa menjadi seorang penulis lepas untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Usaha online ini sangat populer dan sangat penting untuk mempromosikan produk. Jadi tak ada salahnya kalau kamu juga menjadi seorang penulis lepas.

Dengan memiliki blog pribadi, setidaknya kamu sudah memiliki skill menulis yang nantinya bisa diterapkan ketika menjadi seorang penulis lepas. Beberapa jenis artikel yang sangat dibutuhkan saat ini adalah artikel berita dan SEO. Ingin mendapatkan bayaran lebih mahal lagi?

Kamu harus menguasai copywriting untuk mempromosikan produk orang lain. Kemampuan ini sangat sulit apalagi untuk seorang pemula, jadi tidak heran jika perusahaan berani membayar mahal para penulisnya.

5. Youtuber

Kalau kamu pede berada di depan kamera dan punya skill editing video yang bagus, kamu bisa menjadi seorang youtuber. Konsep dari Youtube ini hampir sama seperti blog, tapi konten yang kamu buat adalah video. Sebagian besar orang lebih suka menonton daripada membaca, sehingga Youtube bisa lebih populer saat ini.

Untuk bisa sampai dimonetisasi dengan Google Adsense, akun Youtube kamu harus memiliki 1000 subscriber dan memiliki 4000 jam tayang. Sehingga konten yang kamu buat itu harus benar-benar berkualitas untuk memikat banyak orang agar subscribe.

Sekarang dengan hanya bermodal HP saja sudah bisa membuat video yang sangat bagus. Kalau kamu memiliki HP dengan kualitas kamera yang bagus, jangan disia-siakan begitu saja. Manfaatkanlah untuk membuat konten kemudian upload ke Youtube.

Tidak hanya dari Google Adsense, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan dari memberikan jasa review produk atau jasa. Bahkan juga bisa mempromosikan produk jualan kamu di video yang kamu buat.

6. Admin Sosial Media

Sekarang ini hampir semua orang memiliki akun media sosial entah itu Instagram, Facebook, atau Tiktok. Situasi ini dimanfaatkan dengan baik oleh para pebisnis online. Ya, mereka mempromosikan produk atau jasa mereka melalui Instagram.

Bahkan banyak perusahaan yang gencar melakukan promosi melalui media sosial. Sehingga hal ini memberikan kesempatan kepada orang lain untuk menjadi admin media sosial mereka. Karena mengelola media sosial itu tidak semudah yang dibayangkan.

Kalau kamu memang hobi bermain media sosial, tak ada salahnya untuk bekerja freelance atau full time menjadi admin. Nantinya kamu akan dituntut untuk membuat konten yang menarik untuk meningkatkan jumlah like dan followers. Kamu juga harus berinteraksi dengan followers.

Jika dilihat sepintas pekerjaan admin media sosial ini terbilang mudah, tapi sebenarnya tidak demikian. Karena mereka harus bisa meningkatkan brand awareness perusahaan yang mereka kelola. Jadi tidak heran jika promosi ini juga dibayar dengan nilai yang cukup tinggi.

7. Penerjemah

Tidak semua orang memiliki kemampuan bahasa asing, sehingga profesi penerjemah juga sangat dibutuhkan. Banyak perusahaan yang membutuhkan seseorang yang memiliki kemampuan bahasa asing. Karena banyak dari mereka yang melakukan kerja sama dengan perusahaan asing.

Hal ini tentu saja bisa kamu manfaatkan menjadi peluang bisnis online tanpa modal dan terbukti membayar. Profesi ini tentu sangat menguntungkan jika kamu kuliah di jurusan bahasa seperti bahasa Inggris. Karena kamu akan semakin mudah untuk menerjemahkan bahasa asing ke bahasa Indonesia atau sebaliknya.

Semakin banyak portofolio yang berkualitas, peluang kamu untuk bekerja sebagai penerjemah di perusahaan menjadi terbuka lebar. Kamu juga bisa bekerja baik secara freelance atau full time. Kamu bisa menawarkan jasa penerjemah di internet seperti Sribulancer atau Fastwork.

8. Membuka Jasa Pembuatan Website

Banyak perusahaan yang membutuhkan website baik itu untuk mempromosikan produk/jasa mereka atau untuk brand awareness. Website dengan tampilan yang profesional tentu saja bisa membuat perusahaan menjadi lebih terpercaya. Nah, situasi ini bisa kamu manfaatkan menjadi sebuah peluang usaha.

Untuk membuat website yang sederhana, kamu bisa belajar secara otodidak karena tutorialnya sudah tersebar luas di internet. Cara pembuatan website juga sangat bervariasi seperti Wordpress.

Kalau kamu sudah mulai mahir dalam pembuatan website, tak ada salahnya untuk mempromosikan jasa kamu. Untuk pemula, cari saja perusahaan menengah ke bawah atau per orang saja. Upah yang akan kamu dapatkan memang tidak besar, tapi setidaknya kamu sudah dapat pengalaman dan menggemukkan portofolio.

9. Desain Grafis

Sebagian orang lebih tertarik untuk melihat konten-konten yang bergambar, sehingga banyak perusahaan yang membutuhkan jasa desain grafis. Tapi kalau kamu masih pemula, teruslah belajar untuk meningkatkan kualitas desain. Bisnis yang satu ini bisa dilakukan di rumah.

Meskipun pekerjaan ini dilakukan di rumah, tapi pekerjaan ini tak bisa dianggap remeh. Sebuah desain logo yang berkualitas bisa dijual dengan harga yang sangat fantastis. Untuk setiap desain, kamu bisa mengantongi uang hingga jutaan rupiah.

Bagi kamu yang kuliah di jurusan desain grafis atau sudah memiliki skill ini, teruslah berlatih. Karena untuk membuat desain yang berkualitas tentu saja membutuhkan jam terbang yang tinggi. Sementara desain yang berkualitas bisa dijual dengan harga yang sangat mahal.

Nantinya kamu bisa mempromosikan jasa desain grafis kamu ke internet seperti Upwork atau Fiver. Kamu juga bisa menjual hasil desain kamu ke beberapa platform seperti Freepic, Shutterstock, dan Creative Market.

10. Agen Properti Online

Menjadi seorang agen biasanya harus keliling untuk mencari properti, tapi sekarang kamu tidak harus melakukan hal seperti itu lagi. Memang kamu harus keluar rumah terlebih dahulu di awal saja. Kalau kamu sudah dikenal dan dipercaya, kamu tidak harus lagi banyak keluar rumah.

Para pemilik rumah akan menitipkan properti mereka yang nantinya akan diiklankan oleh kamu. Tapi untuk memulai bisnis ini, kamu harus benar-benar memberikan pelayanan yang maksimal. Karena yang dijual adalah produk dengan nilai jual yang sangat tinggi.

Jika kamu sudah benar-benar dipercaya oleh banyak orang, kamu bisa merekrut orang lain untuk survey ke lapangan. Jadi tugas kamu hanya melakukan transaksi dan memaksimalkan iklan online saja. Tapi untuk bisa mencapai tahap ini tidaklah mudah karena di awal kamu harus benar-benar bisa dipercaya.

Masih banyak usaha tanpa modal dan terpercaya yang bisa kamu lakukan di zaman sekarang. Semua bisnis tentu saja akan benar-benar menghasilkan jika kamu melakukannya dengan serius dan konsisten. Karena butuh jam terbang yang tinggi untuk bisa menjadi seorang pebisnis yang sukses.

Dari beberapa inspirasi usaha tanpa modal di atas, semoga saja bisa memberikan sedikit pencerahan untuk kamu yang bingung untuk memulai bisnis. Uraian di atas memang berfokus pada bisnis online karena sekarang sudah banyak orang yang beralih ke bisnis seperti. Semoga bermanfaat.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "10 Rekomendasi Inspirasi Usaha Tanpa Modal Tahun 2020"

Berlangganan via Email