Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Daftar Jurusan Kuliah Teknik dengan Prospek Kerjanya

Salah satu jurusan favorit di Indonesia dan dunia adalah teknik karena dinilai memiliki prospek yang cerah di masa datang. Meskipun begitu, jurusan kuliah teknik ini terbilang cukup sulit untuk didalami. Mereka harus memiliki daya nalar yang sangat bagus untuk kuliah di jurusan ini.

Ada banyak sekali jurusan teknik yang bisa kamu ambil sesuai dengan minat dan kemampuan. Tak heran jika lulusan dari fakultas teknik memiliki lapangan kerja yang sangat luas. Inilah yang mungkin menjadi kelebihan jurusan teknik dibandingkan dengan jurusan lainnya.

Spesialisasi Jurusan Teknik

jurusan kuliah teknik

Nah, pada artikel kali ini Cecepkocep akan membahas mengenai spesialisasi jurusan teknik. Karena jurusan teknik ini sangatlah luas, sehingga Anda harus mengetahui spesialisasinya. Yuk langsung saja kita simak pembahasannya di bawah ini.

1. Teknik Mesin

Jika kamu memiliki bakat dan suka dengan berbagai hal yang berhubungan dengan teknik, kamu bisa memilih jurusan mesin. Prospek lulusan jurusan ini terbilang cukup luas karena kamu bisa bekerja di berbagai macam industri. Diantaranya adalah industri teknologi, manufaktur, dan otomotif.

Materi yang akan kamu pelajari ketika kuliah di teknik mesin ini yaitu prinsip-prinsip Fisika. Kemudian diterapkan pada desain, analisis, manufaktur, dan pemeliharaan mesin.

Sehingga kalau kuliah di teknik mesin kamu harus memperdalam beberapa cabang ilmu yang ada di teknik mesin. Misalnya mekanika, teknik material, kinematika, dan termodinamika. Kamu perlu menguasai beberapa saja, tidak harus semuanya harus paham begitu detail.

Beberapa universitas di Indonesia yang memiliki fakultas teknik mesin adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Indonesia, dan Universitas Brawijaya.

2.  Teknik Elektro

Seiring dengan berkembangnya zaman, jurusan elektro ternyata juga memiliki prospek yang semakin cerah di masa mendatang. Karena bidang pekerjaan untuk teknik elektro ini sangat mumpuni mulai dari teknisi radar, teknisi telekomunikasi, spesialis jaringan, hingga ahli robot.

Nantinya kamu akan belajar tentang sifat-sifat elektron atau kita kenal sebagai listrik. Kamu akan belajar tentang cara mengaplikasikan dan memanfaatkan listrik dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi terkait.

Materi yang akan kamu pelajari di jurusan teknik elektro ini sangatlah luas mulai dari sistem jaringan distribusi, pembangkit listrik tenaga listrik, hingga pemanfaatannya. Bahkan jurusan ini akan dibagi ke dalam beberapa konsentrasi mulai dari teknik elektronika, teknik listrik, hingga teknik komputer dan telekomunikasi.

Beberapa universitas di Indonesia yang memiliki jurusan teknik elektro adalah Universitas Negeri Trisakti, Universitas Negeri Yogyakarta, dan ITB.

3. Teknik Lingkungan

Ketika kuliah di jurusan teknik lingkungan, nantinya kamu akan belajar tentang bagaimana cara menciptakan lingkungan yang sehat dan terbebas dari penyakit. Ruang lingkup yang akan kamu pelajari diantaranya adalah pengelolaan kesehatan lingkungan, konservasi sumber daya air, hingga pengendalian pencemaran udara.

Prospek jurusan teknik lingkungan juga terbilang sangat cerah di masa datang. Biasanya lulusan jurusan ini akan bekerja di industri yang bergerak di bidang pertambangan, perminyakan, dan petrokimia. Misalnya bekerja di perusahaan PT Pertamina, PT Unilever, Chevron, dan perusahaan tambang lainnya.

4. Teknik Sipil

Dalam beberapa waktu ke belakang ini, program studi teknik sipil memiliki peranan yang sangat penting dalam perkembangan suatu negara, termasuk Indonesia. Karena termasuk ke dalam negara berkembang, pemerintah tengah gencar melakukan pembangunan infrastruktur di berbagai daerah.

Ketika lulus nanti, kamu bisa bekerja di berbagai industri seperti industri konstruksi, properti, dan pengembang. Bahkan kamu bisa bekerja di berbagai instansi pemerintah seperti Badan Perencanaan Nasional (BPN), dan BUMN yang bergerak di bidang konstruksi.

Nantinya kamu akan belajar merancang, membangung, dan merenovasi infrastruktur mulai dari gedung, jalan, jembatan, bendungan dan sebagainya. Dengan begitu kamu harus mengerti tentang unsur-unsurnya seperti beton, aspal, baja, dsb.

Beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan teknik sipil adalah Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Diponegoro.

5. Teknik Arsitektur

Ketika kuliah di jurusan teknik arsitektur kamu tidak hanya akan belajar tentang hal-hal yang bersifat teknis dari sebuah bangung. Tapi kamu juga akan memperhatikan sisi desainnya. Nantinya kamu akan belajar tentang desain dan rangancan konstruksi dari bangungan.

Nantinya kamu akan lebih cenderung untuk menuangkan ide, konsep, dan desain di atas kertas. Sementara untuk penerapannya akan dikerjakan oleh jurusan teknik sipil. Materi yang akan kamu pelajari di jurusan teknik arsitektur diantaranya adalah firmitas, venustas, dan utilitas.

Jurusan ini memiliki prospek yang sangat cerah di masa depan karena hampir semua perusahaan properti dan konstruksi memerlukan seorang arsitektur. Sementara itu, industri ini masih tetap akan eksis dalam beberapa waktu ke depan.

Beberapa perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang menyediakan jurusan teknik Arsitektur diantaranya ITB, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan UI.

6. Teknik Industri

Materi yang akan kamu pelajari ketika kuliah di jurusan teknik Industri ini umumnya adalah tentang proses industri baik dari sisi teknik maupun manajemen. Kamu tidak hanya akan belajar tentang seluk beluk mesin mesin, tapi juga akan sistem manajemennya.

Lapangan pekerjaan untuk lulusan teknik industri ini sangat luas mulai dari industri kecil hingga besar. Nantinya kamu bisa bekerja di divisi spesialisasi teknik industri, divisi engineering, divisi produksi, hingga divisi HRD.

Beberapa perguruan terbaik di Indonesia yang memiliki jurusan teknik industri diantaranya adalah Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, dan Universitas Telkom.

7. Teknik Perminyakan

Prospek untuk jurusan teknik perminyakan ini sangatlah menjanjikan karena minyak merupakan sumber daya alam yang sangat bernilai. Lulusan teknik ini akan bekerja di berbagai perusahaan yang bergerak di sektor migas baik nasional maupun internasional seperti Chevron dan Medco.

Tidak hanya perusahaan saja, beberapa instansi pemerintah juga memerlukan lulusan teknik perminyakan. Misalnya adalah Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) dan Kementerian Energi dan Sumber daya Mineral (ESDM).

Materi yang akan kamu pelajari ketika kuliah di jurusan teknik perminyakan adalah penambangan fluida seperti minyak bumi, gas alam dan panas bumi. Beberapa aspek yang akan kamu pelajari adalah teknik reservoir, produksi, pengeboran dan manajemen migas.

Tidak hanya akan belajar tentang cara mengeksploitasi dan pengelolaan minyak bumi saja, tapi juga dituntut untuk inovatif dalam menemukan teknik yang efisien. Sehingga nantinya bisa menghasilkan energi dengan tingkat emisi yang sangat rendah. Sehingga dampaknya tidak akan begitu besar untuk lingkungan.

Salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan teknik perminyakan adalah Institut Teknologi Bandung.

8. Teknik Penerbangan

Jurusan ini juga sering disebut dengan jurusan Aeronautika dan Astronautika. Nantinya kamu akan mempelajari tentang ilmu keteknikan pada pesawat mulai dari perancangan, pembuatan, dan pengoperasian pesawat.

Aeronautika adalah program studi yang berkaitan dengan berbagai hal aspek penerbangan di dalam atmosfer bumi seperti halnya pesawat komersil, helikopter, dan militer. Sementara Astronautika berkaitan dengan penerbangan di luar atmosfer bumi seperti roket dan satelit.

Perlu diakui bahwa perkembangan transportasi udara sangat cepat, hanya saja Indonesia masih menunjukkan taringnya. Karena industri ini membutuhkan tenaga ahli yang mampu menciptakan dan mengembangkan teknologi penerbangan.

Ketika lulus dari jurusan ini kamu bisa bekerja di industri manufaktur seperti Dirgantara Indonesia, Industri jasa perawatan pesawat seperti GMF AeroAsia, maskapai penrbangan, hingga departemen perhubungan udara.

Beberapa universitas terbaik di Indonesia yang memiliki jurusan teknik penerbangan diantaranya adalah ITB, Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Curug, dan Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan.

9. Teknik Nuklir

Sebagian besar orang sangat takut dengan hal-hal yang berhubungan dengan nuklir karena sangat membahayakan. Padahal prospek kerja untuk lulusan teknik nuklir sangatlah mumpuni. Karena nuklir menjadi sumber energi yang sangat menjanjikan di masa depan.

Tenaga ahli nuklir sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan, perminyakan dan energi. Misalnya Adalah PLTN, BATAN, BPPT, Kementerian ESDM, dan Pertamina.

Ketika kuliah di jurusan teknik nuklir, kamu akan belajar tentang inti atom dan menggunakan prinsip-prinsip nuklir. Kamu juga akan banyak belajar tentang interaksi antara material dan radiasi sebagai dasar dari jurusan teknik nuklir. 

Subjek materi pembelajaran yang akan kamu pelajari adalah pengoperasian dan perawatan dan komponen fisi nuklir seperti reaktor nuklir. Teknik ini juga telah digunakan untuk bidang kedokteran seperti radioterapi dan radiodiagnosis.

Salah satu universitas terbaik yang menyediakan jurusan teknik nuklir adalah Universitas Gadjah Mada (UGM).

10. Teknik Kelautan

Untuk kamu yang ingin mempelajari tentang rekayasa kelautan, teknik kelautan adalah jurusan yang sangat tepat kamu pilih. Kamu akan banyak belajar tentang bangungan dan struktsur yang berhubungan dengan laut. Kamu juga akan belajar teknik manajemen dan perkapalan sumber daya kelautan.

Banyak industri yang membutuhkan ahli kelautan misal adalah PLN dan Pertamina. Beberapa universitas yang menyediakan jurusan ini adalah Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Hasanudin (UNHAS).

11. Teknik Informatika

Teknik Informatika adalah jurusan yang mempelajari tentang pengolahan data yang berbasis komputasi atau permasalahan transformasi. Nantinya kamu juga akan belajar tentang algoritma yang menjadi dasar dari jurusan teknik informatika.

Tidak hanya harus paham, kamu juga harus bisa menganalisis, menerapkan, menilai, dan menciptakan perangkat lunak. Sehingga nantinya kamu akan diarahkan untuk bisa menguasai ilmu dan keterampilan rekayasa informatika.

Prospek kerja untuk lulusan teknik informatika ini sangat luas, bahkan semua industri membutuhkan tenaga ahli dari jurusan ini. Nantinya kamu bisa bekerja sebagai programmer, IT Audit, atau analisis sistem.

Beberapa perguruan tinggi terbaik yang menyediakan jurusan teknik informatika adalah ITB, Universitas Telkom, dan ITS.

12. Teknik Kimia

Ketika kuliah di jurusan Teknik kimia kamu akan belajar tentang rekayasa untuk menghasilkan produk dengan nilai ekonomis yang tinggi. Jurusan ini berbeda dengan jurusan kimia atau pendidikan. Karena nanti kamu akan mengembangkan penelitian yang terkait dengan desain molekul baru, sintesis, dan reaksi kimia untuk mewujudkan masyarakat yang ramah terhadap lingkungan.

Lulusan teknik kimia sangat dibutuhkan oleh hampir semua industri misalnya industri perminyakan. Beberapa kampus terbaik di Indonesia yang menyediakan jurusan teknik kimia diantaranya adalah ITB, UI, UGM, dan ITS.

Itulah beberapa jurusan kuliah teknik yang bisa dijadikan referensi untuk kamu yang masih bingung memilih jurusan. Program studi teknik di atas termasuk jurusan kuliah IPA, sehingga untuk kamu yang suka dengan mata pelajaran tersebut bisa masuk ke jurusan teknik. Semoga bermanfaat.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "Daftar Jurusan Kuliah Teknik dengan Prospek Kerjanya"

Berlangganan via Email